Cara mengetik pesan whatsapp dengan suara di smartphone kamu

Whatsapp adalah aplikasi yang memiliki banyak sekali fitur-fitur yang tersembunyi di dalamnya. Mungkin terkadang kita sering melihat teman kita menggunakan whatsapp mereka dengan cara-cara yang keren, salah satunya adalah dengan menulis chat whatsapp tanpa harus mengetik atau menempelkan tangan mereka ke layar hp mereka.

Saya juga pernah melihat teman saya yang tiba-tiba berbicara di depan layar hp mereka saya kira mereka sedang merekam suara mereka untuk mengirim pesan suara, eh ternyata setelah saya lihat mereka berbicara untuk mengetikkan rangkaian kata-kata yang secara otomatis tertulis di kolom pesan mereka.

Fitur ini akan membuat kalian terlihat keren di depan teman-teman kalian. Selain untuk keren-kerenan saya rasa fitur ini akan sangat membantu bagi teman-teman kita yang memang sangat membutuhkan fitur ini didalam kondisi tertentu maupun di dalam keterbatasan mereka.

Tetapi fitur ini bukan fitur bawaan whatsapp ya kawan fitur ini adalah fitur bawaan google yang kita sambungkan ke aplikasi whatsapp.

Baca juga :

Jadi kita membutuhkan aplikasi pendukung lainya, nah kali kita akan menggunakan aplikasi yang namanya Gboard. Ya udah deh gak usah panjang lebar saya jelasin mending kita langsung aja ke tutorialnya.

Download aplikasi keyboard dari google Gboard

Yudha note : Fitur mengetik dengan suara ini sebenernya udah ada cukup lama setauku, cuma memang mungkin baru support bahasa indonesia belum lama. Aku sendiri lebih nyaman ngetik pakai jari. Tapi aku pernah liat setting nya di ponsel androidku. Fitur ini setauku udah lengket dengan keyboard android bawaan. Tapi mungkin ga semua hp ada fitur bawaan seperti ini. Kalau kamu bisa otak-atik hp, cek setting keyboardnya. Kalau ga yakin ya download aja aplikasi Gboard seperti yang udah dijelaskan mas anwar dibawah ini.

Bagi kalian yang belum memiliki aplikasi Gboard silahkan download dulu aplikasinya di google play. Langkah pertama download dulu aplikasi GBoard, caranya masuk ke google play lalu search di kolom pencarian Gboard. Setelah itu kalian install aplikasi Gboardnya.

aplikasi google keyboard untuk mengetik pesan dengan suara

Setelah kalian selesai menginstal aplikasi Gboard, sekarang Kalian masuk ke apliaksinya di situ ketika kalian masih pengguna baru biasanya tampilanya seperti ini kalian tinggal aktifkan saja.

download dan setting aplikasi Gboard kamu

Cara mengaktifkanya juga mudah kalian tekan kolom biru yang ada tulisan aktifkan dalam setelan, stelah itu kalian kan di bawa ke pengaturan android kalian lalu kalian centang saja yang ada tulisan Gboard.

setting keyboard di android

tampilan setting keyboard tergantung versi android kalian. Jadi bisa beda jauh kalo android nya beda versi. Yang terpenting untuk cek bagian pengaturan “keyboard” atau “papan tombol”

Setelah itu kalian tekan tombol recent app dan tutup aplikasi Gboardnya. Untuk recent app biasa untuk setiap system android berbeda type berbeda juga cara bukanya ya.

close semua recent app

Setelah kita selesai mendownload dan memasang aplikasi Gboard pada ponsel android, kini saatnya kita mengaitkan/mengaktifkan aplikasi Gboard ini di Whatsapp kita.

Cara Menggunakan Gboard untuk mengetik pesan dengan suara

  1. Masuk dulu ke aplikasi Gboar untuk mengaktifkan speakernya agar bisa di gunakan di Whatsapp. Setelah kalian masuk lalu kalian pilih prefensi/prefences.setting keyboard gboard
  2. Setelah kalian masuk ke menu prefensi maka tampilanya seperti gambar di bawah ini. Lalu kalian silahkan centang Tombol Masukan Suara. Jika Gboard yang kalian instal berbahas inggris biasanya namanya Voice Input Key.aktifkan fungsi "tombol masukan suara" di preferensi gboard
  3. Setelah itu kalian kembali ke menu setting/setelan setelah itu kalian masuk ke dikte jika punya kalian berbahasa inggris namanya Voice Typing.
    masuk ke pengaturan "dikte" atau "ketik dengan suara"
  4. Setelah kalian masuk ke Dikte tadi lalu kalian masuk ke pengenalan ucapan offline setelah itu kalian download Bahasa Indonesia. Karena saya sudah menginstalnya jadi saya tidak perlu install lagi tapi bagi kalian yang belum menginstalnya silahkan kalian lihat gambar nomor yang bawah itu cara menginstal Bahasa. dan kalian tunggu proses downloadnya.

menu bahasa di google gboard

download bahasa indonesia

Setelah proses di atas telah selesai kini saatnya kalian bisa buka aplikasi whatsapp kalian untuk menggunakan fitur dikte/voice typing ini.

Cara Menggunakan Fitur Voice Typing di Whatsapp

  • Langkah pertama adalah kalian buka aplikasi whatsapp kalian lalu pilih teman kalian yang ingin kalian hubungi.

buka aplikasi whatsapp

  • Setelah kalian pilih teman yang akan kalian hubungi lalu kalian masuk ke kolom pesan. Setelah itu akan muncul tampilan keyboar yang baru di situ kalian bisa memulai voice typing kalian. Caranya dengan menekan icon micropon yang berada sejajar dengan logo google.

klik tombol voice typing di keyboar kamu

  • Setelah kalian menekan icon microphon tadi otomatis micropon akan berwarna biru selama icon mic masih biru di situ kamu bebas ngomong apa aja yang secara otomatis akan mengetik sendiri apa yang akan kalian katakana.

  • Dan untuk hasil ketikan otomatis atau voice typing seperti gambar di bawah ini.

Nah mudah kan cara mengetik dengan menggunakan aplikasi Gboard dengan fitur dikte (Bahasa kerennya voice typing). Hehehe

O iya bagi kalian yang males ngetik apalagi kalau jempol kalian gede banget gitu, pasti males kan ngetik, fitur ini bisa jadi terobosan terbaik buat kalian. Bukan hanya itu kalian yang mempunyai orang tua yang tidak memungkinkan untuk mengetik kalian bisa pasangkan fitur ini di hp mereka. Jadi kalian bisa coba sekarang juga fitur ini di hp android kalian. o iya jangan lupa juga untuk nggak pelit berbagi tutorial kepada temen-temen kalian supaya apa yang kalian dapetin gak sia-sia ok.

anwarnulis

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar