Cara mudah menghapus akun Google Mail dan Produk google lainnya

Adakah diantara kamu yang memiliki beberapa akun email Gmail? Apa alasan kamu memiliki akun Google sebanyak itu? Jika kamu bingung menjawabnya, coba periksa kembali semua email kamu. Barangkali ada akun email yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan, sehingga kamu dapat fokus pada satu atau beberapa akun utama saja.

Atau bagi kamu yang memang tidak memerlukannya lagi dan sudah berniat pindah ke alamat Google mail atau akun email yahoo atau penyedia layanan email lainnya,  kamu dapat menghapus akun Gmail tersebut secara permanen.

Perlu diingat bahwa akun yang telah berhasil dihapus, nantinya akun tersebut tidak dapat digunakan dan dipulihkan kembali. Sebaiknya kamu sudah berpikir matang dan yakin dengan keputusan itu.

Beruntung perihal penghapusan akun bisa dilakukan dengan mudah, karena di akun Google tersedia fitur yang bisa diakses sendiri oleh penggunanya. Namun mungkin saja masih ada orang yang belum mengetahui caranya ya.

Kalau begitu tak perlu khawatir, karena saya akan menjelaskan bagaimana cara menghapus email Gmail pada akun Google kamu. Kali ini prosesnya dilakukan melalui komputer dan akun Gmail yang dijadikan contoh telah diatur dengan menggunakan bahasa Inggris. Jadi kamu bisa menyesuaikan terlebih dahulu ya.

Cara hapus akun Gmail atau produk google lainnya

Tentu saja pertama kali kamu harus masuk terlebih dahulu ke akun Google kamu. Aku anggap kamu bisa login ke akun kamu. Kalau akun nya dalam keadaan lupa sandi dan tidak bisa di akses, lakukan reset sandi akun google tersebut terlebih dahulu.

Yudha note :

Akun google bisa digunakan untuk mengakses semua produk google, bukan cuma gmail (google mail), tapi produk google lainnya seperti google drive, youtube, adsense, adword, webmaster tools, developer, blogger, google support forum, google cloud hosting dan cdn, dsbnya.

Banyak banget produk google yg aku sendiri ga pernah cobain, jadi pastikan bahwa kamu bener-bener udah ga ingin akses ke produk google yg aku sebutin diatas, sebelum menghapus akun google kamu.

1. Pertama, Buka “My Account” 

 

Setelah berhasil sign in, maka kamu akan mendapati halaman depan Gmail seperti itu. Klik logo akun kamu yang berbentuk lingkaran di ujung kanan atas, kemudian klik pada tab “My Account”.

Atau bisa dengan klik link ini : https://myaccount.google.com/

2. Klik “Delete Your Account or services”

DIbawah ini adalah laman “my account”. Pada bagian ini kamu juga dapat memastikan telah masuk ke akun Google yang tepat dengan melihat nama dan photo kamu yang terpampang dengan jelas dibagian atas.

Lalu akan muncul menu yang tersedia pada My Account seperti tampilan diatas. Sebagian menu aku sensor karena tidak di perlukan untuk tutorial kali ini.

Arahkan pencarianmu ke Account Preferences disebelah kanan, lalu klik “Delete your account or services” untuk mulai menghapus email Gmail kamu .

3. Tentukan pilihan penghapusan akun, “Delete Products” atau “Delete Google Account and data”

Dibagian ini ada dua pilihan, sama seperti judul, disini aku akan bagi menjadi dua bagian.

3.1.  Menghapus produk google tertentu, misalnya “google drive” atau “youtube”

Klik Delete Products pada akun Google mail


Pada menu Account Preferences terdapat dua pilihan penghapusan akun. Apabila kamu hanya mau menghapus email Gmail saja, sedangkan produk lain seperti Google Plus, Youtube, atau lainnya yang telah kamu miliki sebelumnya tetap ingin digunakan, berarti yang harus kamu pilih adalah “Delete Product”.

Kamu perlu memasukkan password akun Google kamu kembali, lalu klik “Sign in” untuk melanjutkan.

Kami sarankan agar kamu melakukan back-up terhadap data yang diperlukan terlebih dahulu, silakan klik “Download Data”.  Namun jika kamu telah melakukannya, abaikan pilihan tersebut dan lanjutkan dengan meng-klik logo tempat sampah disisi samping email Gmail kamu untuk menghapusnya.

Setelah klik logo tempat sampah, akan muncul Laman yang meminta password sekali lagi. Masukkan lagi password, lalu akan muncul laman seperti dibawah ini.

Dicontoh ini, aku akan menghapus youtube.

Pilih “I want to permanetly delete my content”. Akan muncul dropdown berisi persetujuan mengenai hal ini. Centang semuanya dan klik “delete my content”

3.2. Menghapus Akun google

Klik Delete your account or services pada My Account di akun Google mail

Sedangkan jika kamu ingin menghapus seluruh  produk dan layanan pada akun Google kamu, klik pada “Delete Google Account and data”. Kamu pun harus memasukkan password kembali seperti yang sudah diterangkan sebelumnya.

Setelah itu baru lah muncul laman persutujuan untuk menghapus akun. Baca baik-baik semua keterangan yang tertera dilaman tersebut.

 

Sekedar mengingatkan agar kamu melakukan back-up  data dengan meng-klik “Download Your Data”. Disini kamu perlu memastikan kembali produk dan data yang akan terhapus adalah benar seperti pada halaman tersebut. Scroll sampai kebagian bawah, kamu akan lihat semua data dan produk yang terkait dengan akun tersebut.

Dibagian paling bawah ada persetujuan yang harus di centang.

Perhatikan pernyataan persetujuan yang tertera. Jika sudah yakin, lakukan centang pada bagian konfirmasi bahwa kamu bertanggung jawab untuk setiap transaksi tertunda (jika kamu memiliknya) dan menyetujui penghapusan seluruh akun beserta datanya. Jika semuanya sudah siap, langsung klik “Delete Account”.

4. Sukses

Kamu akan langsung mendapatkan pemberitahuan bahwa akun Google (termasuk email Gmail kamu tentunya) beserta seluruh data yang telah berhasil dihapus. Pemberitahuan serupa juga akan kamu dapatkan saat menghapus salah satu produk seperti email Gmail saja.

Sampai saat ini kamu sudah mengetahui caranya menghapus akun Gmail, sangat mudah melakukannya bukan?

Oh iya, ingin mengingatkan kembali agar kamu sudah benar-benar mempertimbangkan tentang penghapusan akun tersebut.

Jika kamu memang tidak memerlukan email Gmail lagi, kamu bisa melakukannya tanpa harus menghapus produk lainnya. Tentu kalau ingin semua produk dan datanya yang dihapus pun juga bisa. Jadi sesuaikanlah dengan kebutuhanmu.

Seperti yang sudah saya jelaskan pula bahwa akun Google kamu beserta datanya akan terhapus secara permanen. Meskipun ada cara untuk memulihkan akun yang baru kamu hapus, namun Google menerapkan syarat dan ketentuan beserta jangka waktu.

Yudha note :

Perhatikan bahwa google ga mencantumkan berapa lama waktu tersisa untuk bisa recover akun kamu.Jadi bener banget kata mas Ahmad, bahwa harus pikirkan matang-matang sebelum menghapus akun google kamu.

Ohya, tambahan “bahan pertimabangan” untuk kamu, kalau kamu udah pernah “beli” game di playstore, data pembayaran game tersebut terkait sama akun google play. Jadi kalau akunnya dihapus, “menurutku” data ini juga ikut terhapus. Jadi kalaupun nanti kamu ingin main game yang sama, besar kemungkinan kamu harus beli lagi, walaupun device yang di pake masih device yang sama.

Jika kamu tidak dapat memenuhinya, maka akun yang telah kamu hapus benar-benar tidak dapat dikembalikan lagi. Selamat mencoba!

2
Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
Paling baru Paling lama Banyak di vote
yohanis irianto sakti missah
Guest
yohanis irianto sakti missah

saya lupa kata sandi

sultan
Guest
sultan

Saya suka cara gini gampang