Cara Menghapus GIF Telegram (di Obrolan, Keyboard, dan Penyimpanan HP)

Terbit

Diperbarui

Jika kita terlalu sering mengirimkan GIF di pesan Telegram, maka akan banyak file video GIF menumpuk di halaman GIF maupun di ruang penyimpanan ponsel. Kita bisa menguranginya sedikit atau bahkan menghapus semua sekaligus agar kita tidak bingung ketika hendak mengirim lagi. Sebab, GIF tidak bisa diorganisasir seperti halnya stiker.

Bagaimana cara menghapus GIF di Telegram, baik di pesan pribadi/grup, halaman GIF, dan media penyimpanan? Pada kesempatan ini, aku akan membahasnya secara tuntas. Cekidot!

Menghapus GIF pada Obrolan Pribadi atau Grup

Hal ini bisa dilakukan ketika kamu salah mengirim GIF. Berikut langkah-langkahnya, 

  1. Buka ruang obrolan pribadi/grup dimana terdapat GIF yang mau dihapus. 
  2. Jika sudah, silakan kamu tap titik tiga di pojok kanan GIF. 
  3. Kemudian, kamu tap opsi hapus.
  1. Nanti akan keluar jendela notifikasi tentang “apakah GIF mau dihapus dari ruang obrolan lawan bicara atau anggota grup lainnya”. Ceklis atau tidak tergantung dari kamu. Setelah itu, jika sudah memutuskannya, kamu tinggal tap hapus.

Menghapus GIF dari keyboard Telegram

Ketika kamu pernah mengirimkan GIF Telegram, maka GIF trsbt akan tersimpan secara otomatis di halaman GIF keyboard. Jika GIF kamu gunakan terlalu banyak, kamu akan kesulitan mencari GIF tertentu yang kamu suka dari laman pemilihan GIF ini.

Disinilah pentingnya menghapus beberapa GIF yang tidak lagi kamu gunakan, supaya yang tersisa diurutan atas hanya GIF yang memang sering kamu gunakan saat ini.

Hanya saja, kamu perlu tahu bahwa GIF yang bisa dihapus adalah GIF yang tersimpan bukan “GIF Trending” yang disediakan oleh Telegram.

  1. Buka ruang obrolan pribadi/grup.
  2. Kemudian, kamu tap logo emoji/stiker/GIF yang ada terletak di sebelah kiri kolom pesan. 
  3. Kemudian, masuk ke tab GIF.
  4. Pilih salah satu GIF tersimpan disana, tekan dan tahan beberapa detik pada GIF tsbt.
  1. Setelah beberapa detik, akan muncuk kotak pilihan menu, disini kamu tap opsi ‘Hapus’.

Mengapus GIF Telegram Dari Ruang Penyimpanan Ponsel

Umumnya, file video GIF yang telah terkirim / dilihat di halaman GIF akan tersimpan otomatis ke ruang penyimpanan. Walaupun satu file video GIF berukuran kecil, tapi jika terlalu banyak ukurannya jadi besar juga. Cara menghapus GIF Telegram ini bisa dilakukan lewat telegram langsung.

  1. Di halaman depan Telegram, kamu tap garis tiga di sudut kiri atas. 
  2. Kemudian, kamu tap pengaturan. 
  1. Di halaman pengaturan, kamu tap ‘Data dan Penyimpanan’. 
  2. Kemudian, kamu tap ‘Pemakaian Penyimpanan’.
  1. Ada beberapa pilihan file yang bisa dihapus dari media penyimpanan ponsel. Untuk menghapus file video GIF, kamu ceklis dokumen dan foto. Lalu, tap tombol ‘Hapus Dipilih’.
  2. Begitu muncul jendela baru konfirmasi, kamu tap lagi ‘Hapus Dipilih’. Maka, semua file video GIF yang ada di media penyimpanan ponsel akan langsung terhapus.
  1. Selesai. Sayangnya, hal ini hanya bersifat sementara. Ketika kita membuka lagi halaman GIF dan GIF yang ada disana terputar, maka file video GIF akan muncul lagi di media penyimpanan. Tidak ada pengaturan untuk menghentikannya secara otomatis.

Demikianlah tiga cara menghapus GIF di Telegram yang bisa aku sampaikan. Mudah-mudahan penjelasan yang kuberikan tidak ruwet dan bermanfaat untuk kalian. Selamat mencoba ya!

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *