Cara mudah membuat Acara (Event) di Facebook

Pernah ga sih kamu mendapatkan informasi sebuah acara dari media sosial. Pastinya pernah dong. Media sosial sendiri adalah marketing yang ampuh bagi sebuah perusahaan untuk mempromosikan sebuah acara tanpa perlu bersusah payah untuk menyebarkan brosur di tepi jalan. Hal ini tentu saja memudahkan perusahaan untuk menghemat biaya dan SDM yang ada. Selain itu, media sosial lah yang akan bekerja untuk perusahaan selama 24 jam tanpa perlu kita kontrol. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi kita ataupun perusahaan. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar untuk memanfaatkan media sosial dengan baik.

Media sosial sendiri banyak jenisnya  dan tentunya memiliki manfaat yang berbeda-beda. Salah satu media sosial yang sering kita gunakan yaitu facebook. Mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa pun mengenal facebook. Facebook sendiri mudah untuk digunakan dikarenakan fiturnya yang mudah dimengerti oleh semua orang. Selain itu, kita dapat melakukan berbagai hal seperti menulis status, ataupun mengupload gambar.

Salah satu kelebihan lainnya lagi yang dapat dilakukan di facebook itu sendiri yaitu kita dapat membuat sebuah acara ataupun menginformasikan sebuah acara kepada orang lain tanpa perlu mengeluarkan uang. Tentu saja hal ini merupakan kabar baik apalagi bagi kita yang kekurangan dana ataupun minimnya pengetahuan mengenai sebuah promosi. Promosi di media sosial juga dapat membuat acara kita menjadi terkenal dan dikunjungi oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan media sosial menjangkau berbagai orang dimana pun berada tanpa mengenal usia maka tak heran bila banyak yang memanfaatkan media sosial seperti facebook untuk promosi.

Untuk mengoperasikan facebook sendiri bukanlah hal sulit bagi semua orang. Apabila kita adalah orang baru yang baru saja mengenal facebook maka untuk mempelajarinya pun tidak membutuhkan waktu yang banyak. Bahkan selama 1 jam pun sudah dapat kita kuasai. Maka tak heran bila orang tua kita sekarang ini sudah mempunyai facebook sendiri di zaman era modern ini. Facebook sendiri juga berguna untuk kamu mengumpulkan para teman yang sudah lama bertemu bila kamu ingin menikah ataupun ingin mengundang dalam sebuah reunian sekolah.

Namun sebelum kita akan membuat sebuah acara di facebook. Pertama-tama kamu harus mengetahui jenis  acara yang ada di facebook itu sendiri. Facebook sendiri mengkategorikan sebuah acara menjadi 2 yaitu Acara Rahasia dan Acara Publik. Acara Rahasia sendiri biasanya hanya dikhususkan untuk orang yang diundang saja dan bagi yang tidak diundang tentu saja tidak bisa melihat detail acara walaupun sudah berteman di facebook. Sedangkan Acara Publik sendiri adalah acara yang dikhususkan untuk semua orang dan orang yang tidak berteman dengan kita pun juga dapat melihat detail acara.  Untuk lebih jelasnya kamu dapat melihat acara publik dan acara rahasia di bawah ini.

jenis acara di facebook

Dalam hal ini, Acara Rahasia dan Acara Publik pun mempunyai sebuah kelebihan dan kelemahan. Kelebihan dari Acara Rahasia adalah orang yang tidak kita sukai tidak dapat mengetahui dengan acara yang telah kita buat. Sedangkan kekurangannya adalah kita harus mengundang satu-persatu orang yang akan mau kita undang sehingga dibutuhkan sebuah ketelitian dan hanya dapat dibuat oleh akun pribadi contohnya saja seperti sebuah acara pernikahan.  Berbeda halnya dengan Acara Publik.  Acara Publik sendiri memiliki sebuah kelebihan yaitu acara dapat diakses secara luas tanpa perlu kita mengundang seseorang. Selain itu, di Acara Publik sendiri dapat dibuat orang akun pribadi ataupun sebuah halaman. Perbedaan antara akun pribadi dengan sebuah halaman facebook yaitu hanya pada informasi tiket acara. Bila sebuah halaman facebook dapat memberikan harga tiket pada sebuah acara maka akun pribadi tidak bisa memberikan informasi tiket. Biasanya sebuah acara yang mempunyai informasi tiket yaitu sebuah acara konser ataupun workshop berbayar.

Tanpa perlu berbasa basi lagi, berikut ini aku jelaskan bagaimana cara membuat acara (event) di facebook tanpa gagal.

Baca Juga : Cara mudah nge-blokir dan melepas blockir akun Facebook orang lain.

Langkah-langkah Membuat Acara (Event) di Facebook Melalui PC

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah yaitu login ke akun facebookmu sendiri. Setelah itu, kamu dapat membuat acara di facebook dengan cara berikut ini.

Versi 1

  1. Menuju Beranda Facebook

membuat acara di facebook

Ketika kita sudah berada di beranda facebook maka langkah selanjutnya adalah mata kita harus tertuju pada bagian kiri beranda facebook. Setelah itu, carilah Acara yang tepat di bawah Jelajahi.

  1. Membuat Acara di Facebook

  • Setelah itu, kamu akan dibawa ke Acara yang Akan Datang, kamu dapat mengklik Buat Acara yang tepat di samping Anda Tidak Memiliki Acara yang Datang atau Buat Acara yang persis di bawah Lampau.

  • Setelah kamu sudah mengetahui jenis acara yang ada di facebook itu sendiri. Kali ini aku akan memilih Acara Rahasia. Kamu hanya perlu mengisi Foto, Nama Acara, Lokasi, Waktu Acara, serta Keterangan. Setelah itu, jangan lupa klik Buat Acara Pribadi.

  • Acara yang sudah kita buat akan terlihat seperti di atas.

  • Langkah selanjutnya adalah mengundang tamu dengan cara klik Undang.

Versi 2

  1. Menuju Beranda Facebook

Hal yang harus kamu perhatikan ketika sudah berada di Beranda Facebook adalah bagian kiri Beranda Facebook. Setelah itu, klik Acara yang persis di samping Grup.

  1. Membuat Acara di Facebook

  • Setelah itu klik Acara Umum.

  • Dalam hal ini kamu dapat menentukan siapa yang akan menjadi Penyelenggara Acara apakah dirimu sendiri ataupun sebuah halaman facebook. Kemudian isi Info Dasar dan Perincian. Jangan lupa klik Buat.

  • Acara yang telah jadi akan tampak seperti di atas.

  • Lalu lakukan kegiatan untuk mengundang tamu agar mengetahui acara dengan cara mengklik Bagikan.

 

Langkah-langkah Membuat Acara (Event) di Facebook Melalui HP

Salah satu hal yang sangat kamu perlu lakukan ketika membuat acara di facebook itu sendiri yaitu melakukan login facebook. Setelah itu, kamu dapat membuat acara dengan langkah berikut ini.

Versi 1

  1. Menuju Beranda Facebook

Ketika sudah berada di Beranda Facebook maka langkah selanjutnya adalah kamu hanya perlu mengklik Acara yang berada di bawah Grup.

  1. Membuat Acara di Facebook

  • Setelah itu klik Buat Acara.

  • Langkah selanjutnya adalah mengisi Nama Acara, Tempat, Tanggal, Waktu, Keterangan, Privasi kemudian klik Lanjutkan.

  • Kemudian jangan lupa undang tamu ataupun teman agar acara didatangi banyak orang dengan memilih teman lalu klik Lewati.

Versi 2

  1. Menuju Beranda Facebook

Salah satu hal yang perlu dilakukan ketika ingin membuat acara di facebook itu sendiri yaitu klik Menu.

  1. Membuat Acara di Facebook

  • Setelah itu klik Acara.

  • Kemudian klik Buat Acara.

  • Sebuah acara yang bagus pastinya mempunyai sebuah informasi yang akurat dan jelas. Oleh karena itu, informasi pun harus lengkap dengan cara mengisi Nama Acara, Tempat, Tanggal, Waktu, Keterangan serta Privasi Acara. Jangan lupa klik Lanjutkan.

  • Kemudian pilih teman yang akan diundang lalu klik Lewati.

  • Acara yang kita buat akan tampak seperti di atas.

Hal yang harus kamu putuskan ketika ingin membuat sebuah acara itu sendiri yaitu kamu harus mempunyai foto atau video yang akan dijadikan cover pada acara tersebut. Hal inilah yang akan membuat daya tarik kepada pengunjung ataupun tamu. Ketika cover acara yang ditampilkan sangat menarik dan bagus dilihat maka seseorang akan berpikir untuk datang ke acara tersebut dan mengklik untuk datang. Dalam hal ini, cover tidak boleh dianggap remeh.

Setelah itu, kamu harus membuat nama untuk Acaramu. Semakin unik nama acara yang akan dibuat pastinya akan semakin membuat penasaran para pengunjung untuk datang. Kemudian pilihlah lokasi acara yang strategis yang mana lokasi acara mudah dikenal serta diakses oleh angkutan umum. Ketika lokasi acara mudah diakses oleh angkutan umum pastinya hal ini tidak akan membuat pengunjung berpikir ulang untuk datang ke sebuah acara. Acara yang baik pastinya memiliki lokasi acara yang sangat strategis untuk dikunjungi.

Lalu tentukan waktu acara yang sesuai dengan jenis acaramu. Bila kamu ingin membuat acara pernikahan dan ingin didatangi banyak tamu maka pilihlah waktu di hari pekan agar teman-temanmu bisa melihat acara pernikahanmu karena pada umumnya orang akan sibuk dihari biasa karena bekerja, ataupun sekolah. Sama halnya ketika kamu ingin membuat acara konser pastinya waktu acara yang cocok adalah ketika malam hari. Untuk yang terakhir adalah kamu harus menjelaskan secara detil mengenai acaramu pada bagian kolom keterangan. Dengan begitu para pengunjung tidak akan bingung mengenai acara yang telah kamu buat.

Salah satu faktor keberhasilan acara adalah kamu harus mengundang orang yang tepat. Ketika kamu mengundang orang yang tepat pastinya acara kamu akan ramai dan tidak sepi. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui siapa target acaramu serta kisaran usia para pengunjung. Namun ketika kamu mengundang orang yang salah tentu saja hal ini bisa membuat dirimu rugi sebagai penyelenggara acara. Dalam hal ini, facebook sendiri memberikan kemudahan kepada penggunanya sehingga kita dapat melakukan research. Tentu saja hal ini sangat menolong dirimu sekali. Melakukan research sendiri tentu saja sangatlah penting agar kamu mengetahui seberapa besar potensi peminat sebuah acara. Ketika sebuah acara mempunyai peminat yang besar tentunya hal ini dapat membuat ladang uang bagi kita sendiri. Hal itulah yang tidak boleh kita hiraukan.

Sekian penjelasan dariku mengenai cara membuat acara (event) di facebook. Cara membuat acara di facebook sendiri ternyata mempunyai banyak cara jika kita selidiki lebih detil. Dalam hal ini kamu tidak perlu pusing ataupun bingung karena kamu hanya perlu memilih salah satu dari cara tersebut. Cara yang aku jelaskan di atas sendiri adalah panduan bagi kamu agar lebih pintar ketika ingin membuat acara baik acara privat ataupun acara publik di kemudian hari. Aku harap penjelasan yang aku jelaskan di atas akan sangat berguna bila suatu hari nanti kamu ingin membuat sebuah acara khususnya bila kamu ingin membuat acara pernikahan hehehe. Bila ada hal yang ingin kamu tanyakan ataupun kamu masih bingung, kamu bisa menulis pertanyaanmu di kolom komentar. Terimakasih sudah membaca tulisanku yang sangat panjang ini.

Annisa

Hi, Panggil saja saya Annisa. Mencoba menulis untuk berbagi informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *