Cara menggunakan stiker Telegram di aplikasi WhatsApp

Fitur terbaru whatsapp yang akhir-akhir ini sedang ramai di pakai adalah fitur stiker. Fitur stiker didesain oleh whatsapp agar para pengguna whatsapp bisa mengekspresikan dirinya dengan media gambar stiker yang lucu dan keren, sehingga pengguna bisa lebih betah dan dapat berlama-lama berada pada obrolan mereka.

Meskipun fitur ini terlebih dulu di gunakan oleh aplikasi lain seperti line, facebook, dan aplikasi lainnya tetapi whatsapp membuktikan bahwa fitur ini masih di minati banyak penggunanya.

Yang membuat fitur di aplikasi ini berbeda adalah kemampuan aplikasi ini dalam mengadopsi sticker yang di import dari aplikasi lain, misalnya line, telegram, dll.

Menurut saya fitur sticker yang keren-keren dan menarik untuk di gunakan dalam obrolan adalah stiker di telegram.

Maka dari itu saya akan mengajarkan kepada kalian, bagaimana cara menggunakan sticker keren yang ada di telegram, di aplikasi whatsapp kalian. Ada dua metode yang akan saya share ke kalian kali ini. keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. Simak penjelasan lebih lanjutnya dibawah ini.

A. Upload stiker telegram ke whatsapp dengan aplikasi “stiker pribadi untukmu”

Cara yang pertama ini kita akan lakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan untuk mengupload stiker pilihan kita di telegram ke whatsapp. Aplikasi tambahan yang kita butuhkan adalah aplikasi “stiker pribadi untukmu“. Aplikasi ini dapat kalian download di playstore, silahkan install dulu aplikasinya. Setelah itu baru ikutin petunjuk dibawah ini.

1. Silahkan kalian buka aplikasi telegram yang ada di smartphone kalian masing-masing, lalu tap icon garis tiga yang ada di pojok kiri atas.

2. Akan muncul tampilan menu seperti dibawah ini, pilih menu settings.

masuk ke menu setting

3. Setelah kalian klik bagian setting maka kalian akan di bawa ke halaman profil kalian. setelah itu kalian klik di bagian pencarian. Lalu setelah kalian klik kalian tuliskan di sini “sticker and mask”. Tap pilihan “sticker and masks”.

4. Setelah kalian klik tulisan “sticker and mask” tadi maka kalian akan di bawa ke halaman seperti ini. Disini kalian tinggal pilih stiker mana yang kalian suka. Setelah itu, tap icon titik tiga yang ada di sisi kanan stiker tersebut.

halaman sticker and mask

5. Setelah itu kalian akan muncul pop-up menu seperti dibawah ini, pilih dan tap “copy link”, untuk mengkopi link/url-nya yang nanti akan kalian gunakan untuk donwload sticker tersebut.

pilih menu copy link

6. Jika sudah kalian sudah copy linknya. Lalu kalian kembali lagi ke menu beranda dan kalian cari bot “sticker downloader” di bagian pencarian. Pastikan bahwa logo akun sticker downlodernya sama seperti gambar di bawah.

7. Setelah itu kalian klik “start” untuk memulai chat. Kebetulan saya sudah lama pakai botnya, jadi saya tidak perlu klik start lagi. Saya sudah bisa langsung pakai botnya. Setelah di “start”, kalian pastekan link yang tadi kalian copy, lalu kalian kirim pesan berisi link tadi ke bot telegram tbst.

pastekan link yang tadi di sini

8. Setelah kalian kirim, tunggu balasan dari botnya. Biasanya ada tiga balasan link download sticker, ada link png, webp, dan jpeg. Karena kita menggunakan aplikasi “stiker pribadi untukmu” maka kita pilih yang file png agar terbaca nantinya.

9. Setelah kalian tadi pilih/klik file nya, maka kalian akan di bawa ke bagian penyimpanan, silahkan kalian klik ekstrak. Untuk mengekstrak filenya. Kalian tunggu hingga ekstraknya selesai.

10. Setelah kalian ekstrak silahkan kalian keluar dari aplikasi telegramnya. Lalu kalian buka aplikasi “stiker pribadi untukmu” yang sudah di install tadi. Setelah kalian buka maka tampilan awalnya seperti gambar di bawah ini. Setelah itu, tap “icon tambah” yang ada di pojok kanan bawah.

11. Nah setelah kalian klik icon tambah tadi , kalian akan di bawa ke halaman seperti gambar di bawah ini.

halaman stickernya

12. Di halaman ini akan muncul sticker yang kalian ekstrak tadi di telegram. Nah lalu kalian pilih stiker mana saja yang akan kalian gunakan di whatsapp. Sticker yang kalian pilih akan muncul di bar atas.

sticker yang di pilih muncul di sini

13. Setelah kalian selesai memilih stickernya, silahkan kalian klik centang setuju yang ada di pojok kanan atas.

klik centang untuk menyimpan pilihan stikernya

14. Akan muncul pop-up seperti dibawah ini, pilih “TAMBAH”. Lalu tunggu hingga proses menambahkan stiker ke whatsapp selesai.

15. Setelah stiker masuk ke whatsapp maka akan ada tanda centang seperti gambar di bawah ini. Yang menandakan bahwa sticker kalian tadi siap di gunakan di whatsapp.

sticker berhasil di kirim ke whatsapp

Sampai disini prosesnya sudah selesai. Kalau kalian ingin coba stikernya, silahkan buka menu stiker di aplikasi whatsap. Berikut contoh penggunaan stickernya, bisa kalian lihat di gambar dua di bawah ini.

B. Pilih sticker Telegram langsung dari aplikasi “10 sticker packs for whatsapp”

Jika kalian merasa bingung dengan cara yang pertama, ada acara yang kedua yang bisa kalian gunakan untuk menggunakan sticker telegram di whatsapp kalian. Cara yang kedua ini menurut saya sangat simpel, karena kita menggunakan aplikasi resmi dari telegram, yang sudah menyediakan banyak sticker telegram di dalamnya. Ok langsung saja kita ke tutorialnya.

1. Kali ini aplikasi yang kita gunakan namanya “10 sticker packs for whatsapp“. Jika kalian belum punya aplikasi ini silahkan download dulu di playstore kalian.

download apk 10 sticker packs for whatsapp

2. Buka aplikasinya, berikut tampilan awal aplikasi tsbt, seperti gambar di bawah. Di dalam aplikasi ini sudah tersedia banyak pilihan sticker-sticker telegram.

tampilan beranda apk

3. Kalian tinggal klik “icon tambah” yang ada di sebelah kanan sticker yang kalian suka.

4. Akan muncul pop-up seperti dibawah ini, langsung tap saja “TAMBAH”.

klik tambah

5. Setelah kalian klik tambah maka aplikasi akan memproses pengiriman stickernya, kalian tunggu hingga prosesnya selesai. Jika sudah selesai, akan muncul tanda centang di sticker yang kalian pilih tadi, yang menandakan sticker sudah aktif di whatsapp.

berubah jadi centang

Jika sudah kalian tinggal buka apk whatsapp kalian. Tap icon sticker, lalu tinggal kalian pilih sticker mana yang ingin kalian kirimkan ke teman kalian.


Itulah tadi dua cara yang bisa kalian gunakan untuk menggunakan sticker telegram di whatsapp kalian, saya share dua cara diatas, untuk alternatif jika salah satu cara tidak support di ponsel kalian.

Cara kedua jauh lebih simpel, dan saya lebih sarankan jika kalian butuh yang simpel.

Cara pertama memang lebih ribet, tapi aplikasi “sticker pribadi untukmu” ini bisa dipakai untuk menambahkan sticker dari mana saja, bukan hanya dari telegram, jadi lebih banyak pilihan stiker yang bisa kalian coba.

Terlepas dari kedua hal diatas, jika gagal, pastikan untuk update aplikasi whatsapp dan aplikasi stikernya, ke versi paling baru.


Saya rasa sudah cukup jelas tutorial yang saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan tutorial ini ke teman kalian. Terima kasih.

Share woy :D

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan