Cara mengamankan akun Yahoo dengan alamat email pemulihan

Salah satu provider email yang cukup populer adalah Yahoo! Mail. Bagi sebagian orang akun email Yahoo! merupakan media komunikasi yang sangat penting. Komunikasi jarak jauh yang dirasa resmi adalah menggunakan komunikasi melalui email.

Email bisa digunakan untuk menggantikan fungsi pengiriman surat fisik maupun faksimile. Email sering kali digunakan untuk keperluan pekerjaan baik untuk pekerjaan kantoran maupun bisnis swasta.

Mengingat pentingnya akun email untuk keperluan pekerjaan, maka tidak jarang hacker yang berusaha untuk meretas alamat email seseorang.

Alamat email yang berisi informasi penting tentu saja bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sehingga bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan dan mengganggu profesionalisme pekerjaan.

Oleh karena itu perlu dilakukan langkah-langkah pengamanan akun agar tidak di retas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Berbagai cara mengamankan akun Yahoo! Mail sudah disediakan oleh Yahoo! dengan berbagai fiturnya. Salah satu cara mengamankan akun  Yahoo! Mail adalah dengan menggunakan alamat email pemulihan.

Baca juga : Cara cepat buat akun email yahoo

A. Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Alamat Email pemulihan Yahoo! Mail

Setiap fitur yang disediakan oleh provider sering kali memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itulah provider menyediakan fitur ini sebagai fitur pilihan. Kamu bisa memilih untuk memanfaatkannya atau tidak. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan alamat email pemulihan untuk mengamankan akun.

Kelebihan Alamat Email Pemulihan

  1. Bisa digunakan saat lupa password email

Lupa password email, merupakan hal yang sering dialami oleh para pengguna. Misalnya email sudah sejak lama login di perangkat computer maupun smartphone. Kemudian ketika ingin login di perangkat baru atau cache browser dihapus, tidak bisa lagi login karena lupa password. Salah satu cara reset password email Yahoo! Mail adalah dengan menggunakan alamat email pemulihan. Hal ini karena ketika kamu mengajukan permohonan untuk reset password Yahoo!, maka akan diminta nomor HP maupun alamat email pemulihan.

  1. Bisa untuk recovery ketika akun diretas

Sama halnya ketika lupa password, maka kamu juga bisa menggunakan alamat email pemulihan ketika akun disalahgunakan orang lain. Orang yang bisa memiliki akses ke akun kamu, bisa melakukan penggantian password sehingga kamu tidak lagi bisa login ke akun. Namun dengan alamat email pemulihan, kamu bisa mengakses email, lalu menghapus akses yang dilakukan oleh orang lain.

Kekurangan Alamat Email Pemulihan

Menggunakan alamat email pemulihan sebenarnya tidak memiliki kekurangan maupun kesulitan apapun. Namun satu hal yang harus diketahui bahwa kamu harus memiliki akses ke akun tersebut. Ketika kamu ingin melakukan reset password, maka tautan akan dikirim ke alamat email pemulihan. Sehingga, yang harus kamu setidaknya harus memiliki dua alamat email.

Selain itu, kamu juga tidak boleh lupa password alamat email pemulihan tersebut. Jika kamu lupa password email utama dan alamat email pemulihan, maka kamu akan cukup sulit untuk mengakses akun Yahoo! Mail yang lupa password atau diretas.

Menggunakan alamat email pemulihan memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun jika dibandingkan, tentu saja pilihan yang tepat adalah dengan menggunakan fitur yang bagus ini. Memasang alamat email pemulihan tidak akan memberikan kerugian apapun. Justru kita dapat memperoleh berbagai keuntungan.

B. Cara menambahkan alamat email pemulihan Yahoo! Mail untuk mengamankan akun

  1. Login ke akun email Yahoo!

Langkah pertama tentu saja kamu perlu untuk masuk ke akun Yahoo! Mail kamu. Kali ini aku menggunakan browser di laptop untuk menambahkan alamat email pemulihan. Tampilan yang digunakan pada akun Yahoo! ini adalah yang versi terbaru. Kamu bisa menyesuaikan dengan pengaturan yang hampir sama jika masih menggunakan tampilan yang basic.

  1. Klik nama kamu

Setelah masuk ke Yahoo! Mail, klik nama kamu yang ada di pojok kanan atas.

  1. Klik ‘account info’

Di bagian bawah nama kamu, akan muncul account info, kamu tinggal klik saja.

  1. Masuk ke bagian account security

Kamu akan dibawa masuk ke pengaturan akun. Halaman awal yang tampil adalah untuk pengaturan profil. Pada bagian kiri atas, klik account security.

  1. Pada bagian bawah pilih add recovery email address

Dibagian bawah, kamu bisa melihat opsi ‘add recovery email address’, klik pilihan ini.

  1. Masukkan alamat email kamu yang lain

Setelah muncul dialog box, kamu bisa memasukkan alamat email kamu yang lain. Alamat email yang digunakan bisa dari provider manapun. Kali ini aku menggunakan alamat email gmail.  Jika kamu belum memiliki akun email lain, tentu saja harus membuatnya terlebih dahulu.

  1. Klik Send verification email

Setelah memasukkan alamat email dengan benar, klik ‘Send verification email’. Maka pada opsi yang tadi kamu klik akan memberikan instruksi untuk masuk ke alamat email recovery.

  1. Buka akun email recovery kamu

Masuk ke akun email recovery kamu. Jika menggunakan gmail, kamu bisa langsung masuk. Sedangkan jika kamu ingin membuka akun yahoo lain, kamu tinggal klik nama kamu pada Yahoo! Mail, kemudian klik ‘Add or Manage accounts’. Kemudian login dengan akun Yahoo kamu yang lain.

  1. Buka pesan dari Yahoo

Email dari Yahoo biasanya masuk dengan cepat. Kamu bisa langsung membuka email dari Yahoo yang berisi konfirmasi penambahan alamat email sebagai recovery email.

  1. Klik pada bagian ‘click here’

Pada badan email, terdapat tautan yang bertuliskan ‘click here’, klik tautan ini untuk mengonfirmasi bahwa akun tersebut milikmu.

  1. Klik Verify

Klik tautan bertuliskan verify pada bagian tengah browser kamu.

  1. Selesai

Selesai, selamat kamu telah berhasil menambahkan alamat email pemulihan untuk akun Yahoo! Mail.

Menambahkan alamat email pemulihan sangat bermanfaat untuk mengamankan akun kamu. Aku sangat merekomendasikan untuk menggunakan fitur ini agar keamanan akun kamu menjadi lebih baik.

Meskipun sebenarnya recovery bisa dilakukan dengan menggunakan nomor HP, tetapi menambahkan keamanan akun dengan menggunakan alamat email tentu menjadi lebih lengkap. Hal ini untuk menghindari jika kamu sewaktu waktu lupa password email. Sedangkan nomor HP yang kamu gunakan sudah ganti. Sehingga sulit untuk melakukan pemulihan akun.

Biar bagaimanapun alamat email merupakan salah satu akun penting yang perlu dilindungi. Hal ini karena berbagai akun yang lain juga terkait dengan alamat email. Misalnya akun media social seperti Instagram, Whatsapp, Twitter, Path dan lain sebagainya. Bahkan lokasi smartphone kita bisa ditemukan hanya dengan menggunakan informasi login email yang kita miliki. Apabila informasi login email dikuasai oleh orang lain, maka bisa dibilang cukup berbahaya dan bisa menyebabkan hal hal yang tidak diinginkan.

Sekian dulu penjelasan cara mengamankan akun Yahoo! Mail dengan menggunakan alamat email pemulihan. Semoga kamu bisa melakukannya dengan lancer.

Semoga bermanfaat ^.^

Advertisements
Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

1 Response

  1. tatang says:

    email inget pasword inget tapi no hp veryfikasi nomor nya sdh tidak aktip mau di ganti bagaimana caranya mohon info nya gan mksh jadi gk bisa masuk ke email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *