Cara mudah kirim (share) lokasi kamu melalui WhatsApp

Semakin hari, WhatsApp menyediakan banyak fitur baru yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Salah satu fitur tersebut yaitu membagikan lokasi atau yang lebih sering disebut dengan Share Loc (singkatan dari share location). Share Loc sendiri merupakan fitur yang sudah cukup lama disediakan oleh WhatsApp namun masih belum banyak orang yang mengetahuinya.

Fitur Share Loc pada WhatsApp ini memungkinkan kita untuk membagikan lokasi kita berada saat ini kepada orang lain yang tentunya sesama pengguna WhatsApp. Dengan begitu, orang tersebut akan dengan mudah menemukan kita. Selain membagikan lokasi kita berada, kita juga bisa membagikan alamat tertentu walaupun kita tidak sedang berada di tempat tersebut.

Kelebihan fitur Share Loc ini adalah bahwa orang lain akan lebih mudah mencari tempat yang dimaksud tanpa harus bertanya kepada orang sekitar sehingga lebih cepat sampai. Selain itu juga akan lebih akurat karena sudah ada titik pasti dimana tempat tersebut berada.

Dibandingkan dengan membagikan lokasi secara manual seperti memberikan arahan lewat tulisan maupun secara lisan, Share Loc jauh lebih memudahkan. Apabila secara manual kita harus menyebutkan secara detail dan bertele-tele atau lama, maka dengan Share Loc cukup sekali ketukan saja sudah bisa diikuti.

Cara Membagikan Lokasi (Share Loc) Lewat WhatsApp

Untuk memudahkan kita memberikan arah ke suatu tempat tertentu, kita bisa menggunakan fitur Share Loc pada WhatsApp. Share Loc sendiri memberikan #3 tipe share lokasi yang berbeda. Ketiga tipe share tersebut akan di jelaskan di bagian bawah, untuk sekarang, kita kembali ke pembahasan bagaimana share lokasi terbaru kita di Whatsapp.

  1. Buka WhatsApp dan pilih orang yang ingin kita kirimi lokasi

Untuk membagikan lokasi, orang yang mengirim dan yang menerima harus memiliki aplikasi WhatsApp. Setelah kalian membuka aplikasi WhatsApp, pilih kontak atau orang yang ingin kalian kirimi lokasi.

  1. Klik ikon klip

Klik ikon klip yang berada di sebelah kanan kotak dialog yang digunakan untuk menuliskan pesan. Ikon klip berisi pilihan untuk mengirim pesan di WhatsApp selain tulisan. Ikon klip ini yang juga pernah kita bahas untuk mengirim gambar di whatsapp tanpa terkompress.

  1. Pilih Lokasi / Location

Setelah kalian memilih ikon klip tersebut, maka akan muncul 6 pilihan yang diantaranya adalah Lokasi atau Location yang berada di tengah pada baris kedua. Pilih pilihan tersebut untuk membagikan lokasi kalian.

  1. Pilih jenis lokasi yang ingin kalian bagikan

Seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa WhatsApp menyediakan 3 pilihan atau jenis lokasi yang dapat kita bagikan. Lokasi yang dapat kita bagikan tersebut yaitu lokasi secara ‘Live’, lokasi terkini dan sebuah alamat tertentu. Ketiga pilihan tersebut memiliki tujuan dan kelebihannya masing-masing.

Namun pada dasarnya, Share Loc secara umum berfungsi untuk memberitahukan lokasi suatu tempat tertentu berdasarkan GPS yang ada di smartphone kalian. Jadi sebelum Share Loc, pastikan GPS kalian aktif agar lokasi yang dibagikan lebih akurat.

#3 tipe Lokasi yang bisa dibagikan melalui whatsapp

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa fitur Share Loc pada WhatsApp ini memberikan tiga pilihan atau cara. Ketiga pilihan tersebut mempunyai tujuan dan kelebihan kekurangan masing-masing.

  1. Live

Sesuai dengan namanya, Live memberikan akses yang sangat menarik kepada penerima lokasi. Dengan mendapatkan lokasi Live oleh kita, maka penerima lokasi akan tahu keberadaan kita dari waktu ke waktu. Share Loc secara Live ini biasanya digunakan oleh orang yang sedang bepergian atau sedang berada di atas kendaraan, sehingga pergerakannya bisa dipantau.

Share Loc secara Live sendiri memberikan tiga pilihan lama waktu kita mau membagikan lokasi Live kita. Kita bisa membagikan lokasi Live selama 15 menit, 1 jam atau 8 jam. Lebih banyak waktu yang kita pilih untuk Share Loc secara Live akan berpengaruh ke daya baterai kita karena GPS harus selalu on.

Kelebihan dari fitur Share Loc secara Live ini yaitu orang lain bisa memantau posisi kita walaupun kita terus bergerak. Sedangkan kelemehannya, baterai akan cepat habis karena GPS yang selalu on akan menguras daya baterai smartphone kita. Selain itu, koneksi internet kita juga harus kuat agar lokasi kita selalu bisa terdeteksi.

  1. Lokasi Terkini

Pilihan kedua yang bisa kita gunakan untuk Share Loc yaitu membagikan lokasi terkini. Lokasi terkini merupakan lokasi saat kita membagikan lokasi tersebut. Share Loc dengan cara ini merupakan cara Share Loc yang paling sering digunakan.

Membagikan lokasi terkini banyak digunakan karena tujuannya yang sangat umum. Misalnya untuk mengabarkan titik kumpul untuk anggota kelompok yang ketinggalan rombongan, atau bisa juga untuk sekedar membagikan posisi kita saat ini sedang dimana.

Kelebihan membagikan lokasi terkini ini yaitu sangat mudah dilakukan dan tidak membuat baterai smartphone boros karena cukup menyalakan GPS sekali dan setelah itu bisa dimatikan. Cukup dengan sekali ketukan dan kita bisa membagikan lokasi terkini kita dengan bantuan GPS.

  1. Alamat Tertentu

Selain bisa membagikan lokasi terkini dan lokasi secara Live, Share Loc juga bisa digunakan untuk membagikan alamat tertentu. Caranya yaitu dengan fitur search yang muncul pada halaman saat kita akan memilih jenis lokasi mana yang akan kita bagikan. Kita bisa mengetikkan alamat yang ingin kita bagikan disana.

Agar alamat yang kita bagikan lebih akurat, kita bisa membesarkan peta GPS agar titik yang kita maksud pas dan tidak melenceng. Jika alamat yang kita berikan tidak pas, maka yang menerima pun akan salah menemukan tempat.

Kelebihan dari fitur ini yaitu adalah kita tidak harus berada di lokasi tersebut saat kita membagikannya. Selain itu, untuk tempat-tempat terpencil yang memiliki banyak gang atau jalan setapak, maka tempat tersebut akan lebih mudah ditemukan dengan fitur Share Loc ini.  Kita juga tidak perlu memberikan penjelasan panjang lebar untuk mengarahkan seseorang ke tempat tersebut.

Nah, itulah tadi penjelasan yang lebih mendetail tentang perbedaan ketiga pilihan Share Loc yang ditawarkan oleh WhatsApp. Penggunannya tentu saja menyesuaikan tujuan kita saat akan membagikan lokasi.

Kesimpulan

Untuk langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk membagikan lokasi cukup mudah bukan? Yups. Cukup pastikan GPS kalian aktif dan koneksi atau jaringan internet kalian lancar sehingga GPS bisa menentukan lokasi kalian dengan lebih tepat dan akurat. Dengan lokasi yang akurat, maka orang yang kalian kirimi lokasi pun akan lebih mudah menemukan lokasi yang kalian maksud.

Share Loc banyak digunakan oleh orang yang biasanya sedang mengadakan perkumpulan di suatu tempat. Dalam banyak kasus, ada beberapa orang atau peserta yang tidak bisa berangkat bersama dan harus menyusul. Apabila orang tersebut tidak mengetahui jalan atau tujuan, maka mereka cukup meminta dikirimi lokasi dengan menggunakan Share Loc.

Share Loc juga bisa digunakan untuk memperjelas apabila suatu waktu kita minta dijemput. Jadi misal kita minta dijemput oleh keluarga atau orang lain, kita cukup Share Loc ke mereka dan mereka akan menemukan lokasi kita dengan lebih mudah. Lalu dari tiga pilihan Share Loc, yang mana yang harus kita pilih? Hal tersebut sesuai tujuan kita membagikan lokasi.

Yang sering menjadi kendala adalah koneksi internet yang tidak stabil. Dengan koneksi internet yang tidak stabil, GPS akan sedikit susah untuk mengikuti jalan yang sudah kita bagikan. Namun dengan sedikit kesabaran, pasti GPS akan bisa memusatkan lagi lokasi yang kita tuju.

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar