Cara menggunakan fitur translate chat di Telegram

Di awal tahun 2022 lalu, Telegram menghadirkan sejumlah fitur baru. Salah satunya adalah fitur untuk menerjemahkan pesan berbahasa asing. Ini adalah fitur yang sangat penting untuk para pengguna Telegram yang sering mendapatkan pesan seperti itu, baik dari rekan kerja, parner bisnis maupun dari grup dan channel yang mereka ikuti.

Dengan fitur translate ini, kita tidak perlu lagi menggunakan aplikasi penerjemah lain untuk menerjemahkan pesan berbahasa asing yang tidak kita mengerti karena kita bisa langsung melihat terjemahannya dari aplikasi Telegram.

Telegram sendiri menggunakan layanan penerjemah dari Google untuk menerjemahkan pesan-pesan yang kamu terima. Beberapa tahun lalu, layanan dari Google ini bukan program yang bisa diandalkan untuk menerjemahkan kata-kata dari bahasa asing. Terjemahannya sering kali tidak tepat. Apalagi kalau kamu menerjemahkan lebih dari satu kata. Tapi kini, kamu bisa menggunakannya untuk menerjemahkan beberapa paragraf sekaligus dengan terjemahan yang mudah dimengerti.

Fitur translate dari Telegram ini tidak aktif secara otomatis. Jadi kalau kamu ingin menggunakannya, kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Mengenai cara untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur tersebut, kamu bisa mempelajarinya dengan mengikuti tutorial di bawah.

1. Buka Telegram, kemudian tap ikon hamburger di kiri atas.
2. Selanjutnya tap “Pengaturan”.

3. Gulir ke bawah, cari dan pilih menu “Bahasa”.

Tap “Bahasa”.

4. Disini, aktifkan tombol slide disamping “Tampilkan Tombol Terjemahan”.

Tap “Tampilkan Tombol Terjemahan”

Sekarang setelah fitur translate aktif, maka kita bisa menggunakan fitur tersebut untuk menerjemahkan pesan berbahasa asing di Telegram.

5. Selanjutnya buka percakapan yang berisi pesan yang ingin kamu terjemahkan.

Tap percakapan yang berisi pesan yang ingin kamu terjemahkan.

6. Tap satu kali pada pesan yang ingin kamu terjemahkan.
7. Kemudian tap menu “Terjemahkan”.

8. Selesai. Terjemahan akan muncul dilayar kamu.

 kamu akan langsung melihat hasil terjemahan dari pesan tersebut.

Kamu akan langsung melihat hasil terjemahan dari pesan tersebut, diatas bisa dilihat contohnya. Selanjutnya, jika kamu sudah selesai membaca terjemahan tersebut, kamu bisa tap “Tutup Terjemahan”.


Itulah cara mengaktifkan dan menggunakan fitur translate untuk menerjemahkan pesan di Telegram. Setiap pesan bisa kamu terjemahkan dengan mudah.

Hasil terjemahannya sendiri cukup bagus. Tapi bisa dibilang masih belum sempurna sehingga jika kamu sering mendapatkan pesan berbahasa asing, maka selain memanfaatkan fitur translate untuk menerjemahkan pesan, mungkin kamu juga perlu mempelajari bahasa dari pesan yang sering kamu dapatkan.


Sekian untuk artikel mengenai cara menggunakan fitur translate di Telegram ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *