Layanan cloud storage gratis terbaik

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : Maret 16, 2020
  • Post category:Topik : Internet

Data digital dengan berbagai macam format, baik itu foto,video, dokumen, dan data- data lainnya kini dapat disimpan dengan mudahnya didalam ponsel masing-masing.

Semakin banyaknya data-data tersebut disimpan didalam ponsel, membuat ponsel tidak mampu untuk menampung data-data tersebut.

Namun kini permasalahan itu dapat diselesaikan. Cloud Storage menjadi alternatif terbaik untuk menyimpan semua data-data tersebut.

Banyaknya layanan cloud storage yang menyediakan ruang penyimpanan secara gratis dengan besaran ruang penyimpanan yang berbeda-beda dimasing-masing penyedia layanan terkadang membuat bingung.

Layanan cloud storage Kapasitas Penyimpanan Gratis
Google drive15 GB
One drive5 GB
Dropbox2 GB
Mediafire10 GB
Box10 GB
PCloud10 GB
Mega50 GB

Tapi jangan khawatir, aku akan mengulas masing-masing penyedia layanan cloud storage gratis yang bisa kamu gunakan berikut ini.

1. Google Drive

Produk besutan Google yang satu ini menjadi salah satu layanan cloud storage yang paling populer. Terbukti dengan jumlah download aplikasi ini di PlayStore hingga lebih dari 5 milyar. Mantap bukan??

Jika kamu menggunakan Google Drive sebagai tempat penyimpanan, kamu akan mendapatkan 15 GB penyimpanan secara gratis. Ruang penyimpanan 15 GB tersebut sudah termasuk Google Photo, dan juga Gmail.

Tampilan aplikasi cloud storage Google Drive

Google Drive dikenal sebagai layanan penyimpanan yang aman dan mudah digunakan. Selain itu, kamu dapat langsung terintegrasi dengan layanan lainnya seperti Google Photo, Google Mail, Google Spreadsheet, Google Document, Google Slide, dan lainnya.

Di Google Drive kamu dapat dengan mudah berbagi file kepada orang lain. Kamu juga dapat mengundang orang lain untuk melihat, mengedit, ataupun berkomentar pada file atau folder yang kamu bagikan kepada mereka.

Google Drive juga dilengkapi dengan fitur pembaca offline dan alat pemindai yang dapat memindai dokumen kertas kemudian diconvert menjadi file PDF.

Google Drive dapat diakses disemua perangkat, dimanapun, dan kapanpun. Jika kamu membutuhkan Google Drive dengan ruang penyimpanan yang lebih besar, ada beragam paket Gsuite yang bisa kamu gunakan dengan harga yang beragam juga.

2. OneDrive

Dahulu bernama SkyDrive, salah satu produk besutan Microsoft ini yang sekarang berganti nama menjadi OneDrive memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB secara gratis yang bisa kamu akses diberbagai perangkat.

Di OneDrive versi gratis, kamu bisa mendapatkan berbagai fitur dasar seperti pada penyimpanan awan lainnya.

Tampilan aplikasi cloud storage OneDrive

Jika kamu menyimpan banyak file dan folder, OneDrive memiliki kemampuan dalam memfilter file sesuai dengan huruf abjad, terbaru, terlama, atau ukuran file yang terbesar atau terkecil sesuai dengan kebutuhan kamu. Ini akan jauh lebih menghemat waktu untuk mencari file.

Kamu juga bisa melakukan pemindaian file dan dokumen untuk dijadikan file PDF. Jadi kamu akan lebih mudah mengubah catatan, foto, atau file lainnya menjadi format PDF.

Jika kamu membutuhkan kapasitas lebih banyak, ada paket penyimpanan yang disediakan OneDrive sampai dengan 6 TB untuk 6 pengguna dengan tambahan berbagai alat produktifitas, tools pendukung lainnya, dan keamanan yang ditingkatkan.

Untuk pengguna dasar, kamu tidak mendapatkan alat produktifitas, tools pendukung, dan keamanan yang masih menggunakan verifikasi 2 langkah.

3. DropBox

Dropbox menjadi salah satu layanan penyedia penyimpanan awan yang cukup populer. Terbukti dari jumlah download yang lebih dari 500 juta orang di PlayStore.

Versi gratis, kamu bisa menyimpan file hingga 2 GB.  Sementara untuk versi berbayar, kamu bisa mendapatkan ruang penyimpanan hingga 3 TB.

Tampilan aplikasi cloud storage DropBox

Untuk Dropbox versi gratis, kamu bisa mengupload semua file dengan bantuan aplikasi desktop maupun mobile. File yang tersimpan di Dropbox bisa dibagikan kepada siapapun, bahkan kepada seseorang yang tidak memiliki akun Dropbox.

Jika kamu menggunakan Dropbox untuk menyimpan berbagai file, kamu akan mendapatkan Fitur Dropbox space yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pinned pada file atau folder penting.

Jika kamu ingin mengubah file dokumen, foto, nota, catatan, dan lainnya kedalam format PDF, kamu bisa memanfaatkan fitur pemindai dokumen yang tersedia di Dropbox.

Sayangnya, untuk Dropbox versi gratis kamu tidak akan mendapatkan fitur sinkronisasi serta tidak menggunakan enkripsi untuk keamanannya. Dropbox versi dasar hanya menggunakan verifikasi 2 tahap untuk mengamankan file pengguna yang tersimpan dalam penyimpanan awan Dropbox.

4. MediaFire

MediaFire akan memberikan ruang penyimpanan 10 GB buat kamu setelah membuat akun MediaFire.

Namun jika ruang penyimpanan 10 GB masih belum cukup. Kamu bisa mendapatkan hingga 50 GB gratis jika kamu mengajak teman bergabung dan mendownload software mereka.

Tampilan aplikasi cloud storage MediaFire

Di MediaFire, kamu bisa menyimpan file dokumen, excel, slide, foto, video, dan bahan musik. Jadi kamu bisa streaming untuk mendengarkan musik yang kamu simpan di MediaFire.

Kamu juga bisa berbagi file melalui email, facebook, twitter, link aktif, dan berbagi ke aplikasi android lainnya. Silahkan download di PlayStore jika kamu ingin mencobanya.

5. Box

Kamu ingin mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar? Box bisa menjadi salah satu alternatif. Box menyediakan ruang penyimpanan sebesar 10 GB Gratis buat kamu yang ingin menyimpan banyak file.

Namun kamu hanya bisa mengupload file paling besar 250 MB saja dalam sekali upload. Jadi kamu tidak bisa mengupload file dengan ukuran lebih dari itu untuk sekali upload.

Tampilan aplikasi cloud storage Box

Layanan cloud storage yang telah didownload lebih dari 10 juta orang ini akan memudahkan kamu untuk membuat file office, baik word, slide, excel, maupun text file. Karena jika kamu ingin membuat file baru, maka akan langsung menghubungkan kamu dengan office yang tersedia di ponsel kamu dan akan tersimpan langsung secara otomatis ke drive.

Kamu ingin berbagi file dengan rekan-rekanmu? Mudah sekali. Kamu bisa berbagi file melalui email dan kamu bisa tentukan apakah dia hanya bisa sebagai viewer (hanya bisa download, preview, dan share file) ataukah sebagai editor (upload, download, preview, dan edit file).

Atau kamu juga bisa berbagi file melalui link yang kamu bagikan, jika kamu tidak ingin berbagi melalui email. Jangan lupa kamu bisa mengatur file untuk dibaca offline jika kamu membutuhkan file tersebut kapanpun.

6. PCloud

Selain Box, pilihan lain yang bisa kamu coba yaitu layanan dari PCloud yang juga menyediakan ruang penyimpanan awan sebesar 10 GB.

Aplikasi PCloud sendiri tergolong ringan, kurang dari 15 MB. Meskipun belum se-populer layanan cloud storage lainnya, tapi PCloud perlu untuk dicoba.

Tampilan aplikasi cloud storage PCloud

Dengan PCloud kamu dapat melakukan upload dengan cepat menggunakan berbagai perangkat seperti iOS, Windows, MacOS, dan Linux. Kamu juga bisa mengakses melalui web browser populer lainnya, baik melalui PC maupun ponsel.

Seperti layanan cloud pada umumnya, PCloud juga memungkinkan kamu untuk berbagi file dan folder, mengubah file menjadi mode offline jika kamu membutuhkan file tersebut kapan saja, dan kamu juga bisa melakukan sharing link file tersebut ke orang lain, sehingga lebih mudah untuk berbagi.

Untuk keamanan, PCloud memiliki fitur yang disebut dengan PCloud Crypto yang akan memastikan bahwa file kamu benar-benar ter-enkripsi dan aman.

Dengan PCloud Crypto, file kamu akan dienkripsi di perangkat kamu kemudian mengirimnya ke penyimpanan. Untuk membukanya, kamu harus menggunakan password yang sudah kamu atur yang disebut dengan CryptoPass.

Jika kamu merasa kurang puas dengan ruang penyimpanan gratis sebesar 10 GB dari PCloud, kamu bisa update ke premium dengan berlangganan paket tertentu sampai dengan 2 TB.

7. Mega

Layanan penyimpanan online yang satu ini memiliki ruang penyimpanan yang besar untuk versi gratisnya, yaitu sebesar 50 GB. Sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan penyimpanan gratis namun menyediakan ruang yang besar.

Mega menjamin keamanan untuk para penggunanya. Pesan yang dikirimkan maupun file yang tersimpan sudah terenkripsi secara end to end sehingga hanya pengirim dan penerima saja yang dapat mengetahui data tersebut.

Tampilan aplikasi cloud storage Mega

Ruang penyimpanan gratis sebesar 50 GB dari Mega bisa kamu akses dengan mudah melalui berbagai perangkat, mulai dari browser, desktop, maupun ponsel, serta dapat tersinkronisasi antar perangkat satu dengan lainnya.

Untuk fitur-fiturnya sama seperti layanan penyimpnanan lainnya. Mega memungkinkan kamu untuk berbagi file melalui link, baik link dengan key/kunci untuk keamanan maupun tidak. Kamu bisa mengaturnya sendiri.

Ingin membagi folder atau ingin dibagikan folder dengan orang lain? Kamu bisa melakukannya dengan mudah di Mega.

Kamu juga bisa mengakses file secara offline jika kamu menginginkannya. Jadi meskipun kamu tak terhubung di internet, kamu masih tetap dapat mengaksesnya.

Fitur “Chat” yang dimiliki Mega juga semakin memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan pengguna lain. Kamu bisa mengundang kontak (email) untuk dapat saling terhubung dan berbagi file.

Jika memiliki banyak kontak, kamu juga bisa membuat grup kontak yang semakin memudahkan kamu dalam melakukan obrolan dengan aman di Mega, karena percakapan kamu sudah ter-enkripsi.


Dari ketujuh layanan cloud storage yang sudah dibahas diatas, mana kira-kira yang ingin kamu gunakan?

Kalau aku sendiri lebih suka menggunakan Mega atau Google Drive. Selain karena ruang penyimpanan yang lebih luas, kemanan dan fitur-fiturnya memudahkan aku untuk beraktivitas.

Nah, jika kamu punya rekomendasi layanan cloud storage lainnya, kamu bisa menambahkannya dengan berkomentar dibawah.

ariskisaputri

Halo! Saya Ariski. Menyukai hal-hal yang berkaitan dengan Computer and Tech. Ada yang sama? Let's to discuss :) My email: [email protected]

Tinggalkan Balasan