Cara setting ganjil genap di google maps

Seperti yang kita ketahui, saat ini di Jakarta sudah diberlakukan sebuah aturan yaitu Genap Ganjil di beberapa ruas jalan. Kendaraan yang tidak mematuhi aturan tersebut akan dikenakan sanksi yang sangat tegas oleh pihak kepolisian. 

Hal ini agak sulit apalagi bagi kalian yang belum terlalu mengerti mengenai seluk beluk Jakarta.

Jika kendaraan yang kalian kemudikan tidak memenuhi syarat untuk melewati ruas jalan tersebut, maka mau tidak mau kalian harus mencari jalan alternative agar terhindar dari aturan ganjil genap ini.

Jalan alternative biasanya akan lebih jauh dan memutar dari jalan sebenarnya, namun ini lebih baik dari pada melanggar kebijakan ini.

Nah agar tidak nyasar, kalian bisa menggunakan aplikasi Google Maps di Android atau IOS, saat ini pembaruan dari google maps sudah mampu untuk mendeteksi ruas jalan yang terkena aturan genap ganjil.

Cara menghindari jalur ganjil genap dengan menggunakan Google Maps

Seiring berkembangnya tekhnologi, Google Maps memberikan pembaruan kepada kalian para pengguna berupa fitur pendeteksi ruas jalan ganjil genap. Jika hari ini adalah tanggal genap sedangkan plat kendaraan kalian adalah plat ganjil, maka Google Maps akan memberikan alternative jalan lain.

Berikut adalah cara untuk setting ganjil-genap di Google Maps.

Step 1: Masuk ke Google Maps.
Step 2: Sebelum mengatur rute ganjil genap, kalian harus menentukan lokasi terlebih dahulu.

Masuk Google Maps dan Tentukan Lokasi
Masuk Google Maps dan Tentukan Lokasi

Jadi jika kalian mencari pengaturan sebelum memasukkan lokasi tujuan, maka kalian tidak akan menemukan pengaturan ganjil genap. Isikan alamat kalian pada kolom yang ada di atas layar

Step 3: Setelah selesai menentukan lokasi, pilih Petunjuk Arah

Plilih Petunjuk Arah
Plilih Petunjuk Arah

Step 4: Pilih Mulai

Pilih Mulai
Pilih Mulai

Step 5 : kalian akan memasuki halaman navigasi. Untuk mengatur genap ganjil, pilih tanda panah di kanan bawah layar.

Pilih Panah di Kanan Bawah Layar
Pilih Panah di Kanan Bawah Layar

Step 7: Pilih Setelan

Pilih Setelan
Pilih Setelan

Step 8: Scroll ke bawah di menu Opsi Rute, pilih Hindari jalan dengan aturan plat nomor ganjil – genap

Pilih hindari jalan genap ganji
Pilih hindari jalan genap ganji

Step 9: Pilih jenis plat kendaraan kalian lalu pilih simpan

Pliih Jenis Plat Kendaraan
Pliih Jenis Plat Kendaraan

Step 10: Kembali kelayar navigasi, kalian akan diarahkan ke rute tercepat. Jika di rute tersebut terkena aturan ganjil genap sedangkan plat kendaraan kalian tidak memenuhi syarat, maka Google Maps akan memberikan jalur alternative.

Kesimpulan

Pengaturan plat genap ganjil memang seharusnya ada di Google Maps. Hal ini dikarenakan peraturan Ruas jalan yang akan diberlakukan genap ganjil akan semakin diperluas.

Nah jika kalian sudah memiliki akun Google Maps dan sering menggunakan aplikasi ini dalam kehidupan sehari hari, maka sebaiknya pengaturan genap ganjil ini sudah kalian atur dari sekarang agar nanti tidak lupa mengatur ketika sedang berkendara.

Itulah tips dan cara untuk menghindari jalur ganjil – genap dengan menggunakan google maps. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam melakukan perjalanan. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan di kolom komentar.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan