Jadi penulis lepas (freelancer) di situs niche sosial media no #1 se-indonesia

Yup, bukugue.com adalah situs niche sosial media nomer #1 di indonesia, harapannya sih gitu. ūüė≥¬†

Untuk kamu yang ingin kontribusi ke situs ini, mohon baca semua syarat dan ketentuan dibawah ini, agar tidak terjadi kesalah-pahaman diantara kita.

Keliatannya ada banyak syarat dan ketentuannya, tapi sebenernya tidak, sebagian besar berisi penjelasan agar mempermudah kamu kedepannya.

“Kenapa kamu harus nulis di bukugue.com ?”

Aku tau ada banyak hal yang bisa kamu lakuin ketimbang nulis di blog ini. Well, i’ll give you a reason why you should write here.

First, kalau kamu tipe yang suka banget nulis, dan berinteraksi di dunia internet, entah itu melalui blog atau sosial media, disini tulisan kamu bakal dilihat oleh banyak orang. Di januari 2017 pengunjung blog ini lebih dari 200.000, berdasarkan statistik dari adsense, ada 373.321 Pageviews dibulan tersebut. (note: jumlah pengunjung beda sama pageviews)

Aku ga bisa janjiin apa2, tapi satu hal yang aku tau pasti, bahwa tulisan kamu memiliki potensi besar untuk dilihat oleh ribuan orang perbulannya jika publish di blog ini.

Second, Kamu akan aku bayar. Tiap artikel yang berhasil dimuat (diterima dan di publish) di blog ini akan dibayar.

Berapa dibayarnya ? Ga ada angka pasti, karna sistem pembayarannya berdasarkan jumlah kata, fixed bonus payment, dan bonus lainnya. Aku punya kriteria tersendiri untuk perhitungan pembayaran tulisan yang ditulis oleh penulis.

Ini adalah¬†perhitungan pembayaran yang di terima penulis. Tab “total payment” adalah jumlah pembayaran yang diterima untuk artikel tersebut. Sedangkan tab “due pay” adalah saldo yang belum di cairkan.¬†Contoh dibawah bisa dijadikan patokan pembayaran yang akan kamu terima.

Penulis akan dibayar dengan perhitungan yang sama dengan contoh diatas, perlu diketahui bahwa pembayaran yang diterima bukan hanya dari jumlah kata. Jadi jangan “terpaku” pada jumlah kata.

Third, kamu bisa memasukkan deskripsi di biographical info berisi email dan alamat website kamu dibagian profile, sehingga ditiap tulisan yang kamu tulis, akan kelihatan Author bio kamu yang berisi nama, deskripsi dan juga photo kamu. (Note: tidak boleh ada link aktif di biographical info)

Ini setidaknya akan meningkatkan exposure kamu di dunia blogging, selain itu jika pengunjung bener-bener suka gaya tulisan kamu, bukan tidak mungkin mereka mengunjungi website kamu.

dan………akan ada kelebihan-kelebihan lainnya untuk author blog ini. Tunggu aja ūüėÄ Seiring dengan berkembangnya blog ini, akan ada¬†benefits lainnya yang akan aku berikan.

A. Syarat dan ketentuan penulisan

Format penulisanTema tulisan yang diterimaSyarat yang harus dipenuhi agar tulisan di terimaKetentuan penggunaan gambar dan optimasi gambar

Untuk format penulisan, aku ingin kamu mengikuti format dibawah ini. Perlu di ingat, tulisan harus berada dikisaran 600-1500 kata, aku ga ingin tulisan super pendek atau tulisan super panjang yang bertele-tele.

  • 3-6 paragraf pertama berisi penjelasan atau intro menarik mengenai apa yang akan dibahas diartikel tersebut
  • lalu dilanjutkan dengan H2 heading ( bukan H1 dan bukan H3, tapi H2 heading)
  • setelah itu barulah masuk ke inti pembicaraan, untuk tema tutorial, gunakan list (bullet list atau number list) untuk setiap menjelaskan tiap langkahnya.
  • Di tiap langkah harus ada penjelasan disertai gambar screenshot
  • lalu ending atau kesimpulan berisi 3-6 paragraf lagi
  • jangan lupa tambakan dan set featured image untuk tulisan tersebut

Ga perlu perhatiin keyword density, menulis aja secara natural agar mudah dipahami oleh pembaca. 

Selain itu, luangkan waktu kamu sebentar, untuk lihat semua tulisan yang sudah dipublish di blog ini agar kamu familiar dengan gaya penulisan dan format penulisan di blog ini. Perhatiin peletakan H2 dan gambarnya, ukuran gambar, dan sebagainya.

Bukugue.com bukanlah blog gado-gado, seperti yang sudah aku sebutin sebelumnya, aku ingin situs ini jadi situs authority di niche sosial media. Jadi topik yang aku terima di blog ini hanya topik terkait sosial media.

Ada banyak banget sosial media diluar sana, aku hanya ingin fokus di beberapa sosial media populer untuk saat ini.

Kamu bisa submit tulisan yang berhubungan atau berkaitan dengan :

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • dan sosial media lainnya, jika nanti banyak yang submit mengenai sosial media tsbt.

Disini banyak banget tulisan yang bisa kamu tulis, dengan¬†tema tutorial seperti “cara mendelete akun facebook secara permanen” atau “cara reset akun facebook yang lupa sandi” atau “cara menggunakan aplikasi facebook di android”, dan banyak lagi.

Ada syarat yang wajib kamu penuhi jika ingin tulisan kamu diterima di situs ini. Selain menulis dengan tema yang udah di tentukan, kamu harus mengikuti panduan dibawah ini.

Pertama, kamu harus menulis dengan sudut pandang personal/pribadi/orang pertama. Seperti saat aku menulis disini, aku menggunakan sudut pandang orang pertama. Ini tujuannya agar terkesan deket sama pengunjung.

Kedua, Gunain gambar dan¬†Optimasi gambar.¬†jangan sekali-kali menggunakan gambar yang memiliki hak cipta. Gunain gambar screenshot ataupun gambar free license dari situs penyedia gambar gratis seperti pixabay.¬†Baca lebih lengkap mengenai hal ini di bagian¬†“Ketentuan penggunaan gambar dan optimasi gambar”

Ketiga, tulisan berada di kisaran 600-1500 kata. Menulis itu tujuannya adalah pengunjung. Jadi sebaiknya berikan tulisan yang detail dan menjawab pertanyaan pengunjung. Detail tapi ga dipaksa dipanjang-panjangin.

Keempat, Jangan masukin link ke website non-authority di dalam tulisan. Aku berhak menghapus dan mengganti link ke website yang aku anggap lebih cocok untuk di beri link dari artikel tersebut. Aku prefer kamu ga masukin link apa2, kecuali ke web seperti fb, twitter, atau instagram. aku tidak akan terima artikel copy-paste. Yup, jangan sekali-sekali submit artikel copas. Aku juga ga akan nerima artikel kamu yang sudah pernah di publish di blog kamu sendiri ataupun blog orang lain.

Kelima, aku akan tolak artikel dengan topik atau tema yang menyinggung semua hal yang dilarang oleh adsense guidelines. Jangan ngomongin topik tentang hacking atau cracking dan topik lain yang dilarang oleh adsense guidelines. Misalnya “cara hacking fb orang lain”, aku ga akan terima, tapi jika kamu tulis “cara mendapatkan kembali akun fb yang di hack”, ini akan aku terima. ¬†Intinya jangan melanggar adsense guidelines, karena sumber income situs ini berasal dari adsense.

Kemungkinan nanti aku akan tambahin lagi sih.¬†Aku sebenernya tidak ingin ada banyak syarat dan ketentuan, karena ini bisa menghalangi kamu untuk menulis. Aku hanya ingin kamu tau, tujuan “adanya” syarat dan ketentuan ini adalah untuk pengunjung. Gambar yang ringan berfungsi mempercepat loading speed blog, tulisan yang panjang bisa membuat pengunjung mudah mengerti, tulisan yang tertarget dengan keyword tertentu biasanya lebih fokus dan ga keluar dari konteks tujuan awal penulisan. Point pentingnnya adalah saat menulis, utamakan pengunjung.¬†

Sebelumnya udah aku jelasin sedikit mengenai hal ini.

Untuk ketentuan mengenai gambar/pic, kalau kamu menggunakan gambar screenshot untuk tulisan dengan tema tutorial, kamu ga perlu nulisin sumber gambarnya.

Tapi jika kamu memakai gambar dari web lain, pastikan bahwa gambar tersebut ada gambar free license, dan jangan lupa cantumin link dimana kamu ambil gambar tersebut didalam artikel (letakkan dibawah gambar).

Aku sebagai admin, berhak mengganti atau mengedit gambar agar lebih sesuai dengan tulisan kamu.

Ga ada batasan untuk ukuran gambar, tapi untuk ukuran gambar yang super besar, misalnya dengan lebar (width) sekitar 3000 px, ini akan berat banget, sebaiknya resize widthnya ke ukuran sekitar 1000-1500px.

untuk screenshot dari hp, jika dimasukin ke artikel, akan besar banget, normalnya screenshot dari hp akan berukuran 700px width, dan sekitar 1500 px height. Aku ingin saat di wordpress editor, kamu set custom sizenya jadi sekitar 300-350 px untuk widthnya.

Contoh artikelnya disini : https://bukugue.com/cara-menyembunyikan-instagram-stories-orang-lain/ dan beberapa artikel lainnya diblog ini.

PENTING : Setiap gambar harus di link ke media file, lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya. Ini dilakukan supaya image nya saat di klik akan muncul pop-up berisi image dengan ukuran full. Jangan lupa image juga harus “align center”.

Penting lagi : jangan lupa untuk menyediakan featured image. featured image adalah gambar yang keliatan saat tulisan di share ke sosmed, dan gambar yang keliatan di laman homepage/archive page untuk post tersebut, jika kamu udah terbiasa menggunakan wordpress, harusnya udah tau pentingnya featured image.

Untuk featured image, aku sarankan gunain canva.com untuk buat sendiri, atau cari di situs free license seperti pixabay.

B. Penjelasan tambahan

step-by-step proses penulisanApa itu Editorial Comment ?Apa itu status published, draft, pitch idea, dan pending review ?

Hal yang pertama kamu harus lakuin adalah buat akun author di blog ini. Setelah buat akun, jangan lupa untuk cek bagian profile, ganti password kamu, masukin photo profile dan isi bagian biographical info. (wajib).

Setelah itu, kamu “pitch idea” terlebih dahulu, aku udah jelasin lebih lengkap dibagian “Apa itu status published, draft, pitch idea, dan pending review ? “.

Pitch idea ini tujuannya agar topik yang kamu tulis bener-bener sesuai dengan yang bisa dipublish di blog ini. Ada yang pernah ingin menulis topik “cara membuat dokument word menggunakan gmail di internet”, aku agak lupa, tapi kira-kira seperti itu topik yang ingin ditulis.

Bukugue.com memang ada kategori email, dan aku juga terima tulisan terkait email, hanya saja, topik tersebut udah jauh menyimpang dari kategori email, aku ga yakin bakal terima artikel tersebut, walaupun hasilnya bagus. Jadi aku tolak.

Disinilah pentingnya “pitch idea”, ini agar memastikan, bahwa tulisan yang akan ditulis, bisa diterima atau enggak nantinya.¬†

Setelah topik yang kamu “pitch” aku approve, kamu bisa mulai menulis, dan pastikan tulisannya sesuai syarat dan ketentuan. Selalu simpan dengan status “draft” jika tulisan belum selesai, dan ubah status menjadi “pending review” jika tulisan kamu sudah kelar dan kamu ingin tulisan tersebut aku review.

Setelah itu tunggu beberapa hari, jika ada yang perlu di perbaiki, aku akan beri komentar di bagian editorial comment dan status post akan aku ubah jadi “draft”.

Apa itu editorial comment ? dan kenapa aku mention disini ?

Aku menggunakan plugin edit flow, yang bisa membuat ku memberikan komentar di laman edit post. Kamu bisa liat gambar dibawah ini untuk contoh editorial comment.

Editor comment adalah komentar yang hanya tampil dilaman edit post dan hanya bisa dilihat oleh penulis dan admin. Tujuannya adalah agar admin bisa memberikan masukan agar tulisannya memenuhi syarat yang udah di tentuin sebelumnya.

Jadi jika tulisan kamu belum dipublish, setelah¬†3×24 jam, kemungkinan besar ada yang perlu diperbaiki dari tulisan tersebut. Kamu bisa buka laman edit,dan scroll kebawah untuk nemuin editorial comment. Ikuti saran perbaikan yang diberikan oleh admin, dan save post kamu dengan status “Pending review”.

Kamu bisa lihat di gambar, bahwa ada empat jenis status dari post.

Published : ini adalah status post yang sudah tampil (published). Dan tiap artikel dengan status ini akan dibayar.

Pitch Idea : Kamu hanya gunakan status ini, jika kamu tidak yakin tema yang kamu tulis bisa ditampilin di blog ini. Contohnya gini, kamu ingin menulis tulisan tentang “apa itu tumblr?”, dalam kenyataannya tumblr adalah jenis web yang mirip sama blogger, tapi fitur communitynya cukup aktif disana, jadi kamu tidak yakin apakah tulisan tersebut bisa diterima di blog ini. Kamu cukup menulis tema dan penjelasan mengenai apa yang ingin kamu tulis, lalu simpan sebagai “pitch idea”. Jika ide tersebut disetujui, artinya kamu bisa menulis dengan ide (tema) tersebut.

Draft(in-progress) : Ini adalah status yang memberitahukan admin bahwa tulisan kamu belum rampung/belum selesai. Admin tidak akan men-check, tidak akan mengedit dan tidak akan memberikan editorial comment. Karna tulisan kamu masih dalam progress , jadi jangan menunggu editorial comment atau menunggu tulisan kamu di publish jika statusnya masih “Draft(in-progress).

Pending review : Ini adalah status yang HARUS kamu gunakan, jika tulisan kamu sudah selesai dan kamu ingin men-submit artikel tersebut untuk di review dan dilihat oleh admin. Jika tulisan kamu sudah sesuai dan memenuhi syarat, tulisan tersebut akan di “Publish” oleh admin. Jika belum, admin akan meninggalkan editorial comment. Dan kamu bisa mengedit sesuai dengan saran yang diberikan admin melalui editorial comment.

TAMBAHAN:

Ada status tambahan, yaitu, Request pembayaran, status ini HANYA digunakan untuk meminta/request pembayaran. Cara request pembayaran bisa kamu baca di tab “Cara melakukan pay-out (pencairan saldo)

C. Pembayaran

Ketentuan lain mengenai pembayaranCara melakukan pay-out (pencairan saldo)

Semua tulisan yang di submit dan dipublish akan dibayar dalam bentuk saldo. Kamu bisa lihat saldo saat kamu login ke dashboard.

Kamu bisa mencairkan pembayaran ke rekening mu jika saldo sudah melebihi 100.000 rupiah. 

Aku sendiri menggunakan bank mandiri, jadi saat pencairan selain bank mandiri, akan ada biaya 6500 rupiah, tapi aku tidak akan potong saldo kamu. Aku yang tanggung biayanya.

Untuk saat ini, kamu bisa lakukan penarikan dengan cara berikut ini.

Login ke akun kamu, catet saldo terakhir yang belum dibayar (due-pay). Lalu buat post baru dengan judul “Penarikan untuk akun [username kamu] jumlah [total saldo yang belum dibayar].

Isi dari post tersebut adalah

Nama kamu, nomer rekening, dan nama bank. Sekaligus saldo “due-pay”

Lalu simpan post dengan status “Request pembayaran”

Perlu diperhatikan bahwa jika saat itu saldo kamu misalnya 251.000, aku akan transfer semuanya. Jadi kamu ga bisa nentuin berapa jumlah yang akan ditarik. Aku akan kirim seluruh saldo yang bisa dicairkan.

Kamu ga bisa melakukan payout lewat sms atau telpon untuk saat  ini. Karna aku berencana untuk memperlihatkan total saldo antar user. Jadi kamu bisa liat saldo si A dan si B, mereka juga bisa liat saldo kamu. Jadi satu-satunya cara untuk bisa pencairan dana adalah dengan login ke akun kamu dan buat post seperti yang sudah aku jelasin diatas.

Catatan Penting: Semua tulisan yang sudah dibayar oleh ku (bukugue.com), berhak aku edit ataupun hapus. Ini karena tulisan mengenai sosial media, bisa saja out-of-date. Jika tulisan tersebut tidak lagi relevan atau perlu diupdate, aku akan hapus atau minta penulis (bisa kamu atau penulis lain) untuk menulis ulang tulisan tersebut. Akibatnya, tulisan tersebut bisa saja dihapus dari profil kamu dan pindah ke profil penulis lain (jika ternyata bukan kamu yang menulis ulang update-an nya). 

Dan, aku akan membayar tulisan update-an tersebut dengan rate yang sama seperti tulisan baru. Jadi kalau kamu punya tulisan yang dirasa tidak lagi up-to-date, kamu bisa hubungi aku dan jika aku setuju, kamu bisa mulai menulis versi update dari tulisan tersebut.

Jika kamu sudah baca semua syarat dan ketentuan diatas, dan kamu setuju untuk mengikutinya. Kamu bisa melakukan registrasi ataupun login ke dashboard untuk memulai menulis.

Login or Register

Atau sudah mendaftar tapi lupa password. Kamu bisa minta ulang password baru disini : 

Lupa password