Halo semua. Sebelum kalian baca dibawah ini, BACA INI DULU plis. Dalam sebulan ini aku udah dapet cukup penulis, dan saat ini aku manage sendiri, cukup kewalahan sih, karena masih banyak penulis yang baru. Jadi untuk sekarang aku tutup dulu pendaftarannya.

Nanti kalau penulisnya udah cukup paham semua formatnya, sehingga aku ga banyak kali ngedit, aku mungkin akan tambahkan penulis lagi. Thanks.

Bukugue.com adalah situs niche sosial media yang aku mulai dengan membicarakan tips serta tutorial terkait sosmed. Disini aku masih menerima penulis, walaupun saat ini sudah ada lebih dari 20 penulis aktif, masih ada hari dimana tidak ada post baru yang terbit. (jadi ada penulis yang suka sekali masukin 10 artikel lalu menghilang dan muncul lagi pas masukin banyak artikel, ada juga yang menulis kapan sukanya aja, jadi kadang seminggu hanya submit satu, ada yang sebulan cuma submit satu, ada yang mungkin punya kesibukan lain dan udah lama tidak submit artikel baru).

Situs ini aku kelola sendiri, aku sebagai admin, editor dan juga seo manager, dstnya, semuanya aku kerjain sendiri, jadi fungsi penulis disini adalah meringankan bebanku, sehingga aku bisa fokus ke hal lain seperti promosi, seo, dan experiment.

Targetku sebenernya adalah minimal publish 1 blogpost perhari (minimal). Dan ini masih belum tercapai, karena memang aku tidak memaksakan setiap penulis harus nulis berapa, tidak ada target artikel selesai dalam beberapa hari, ini problem memang, karena ini blog pertamaku yang banyak penulisnya, jadi disinipun aku masih belajar.

Ok, aku akan jelaskan kriteria penulis yang aku inginkan disini.

  1. Penulis haruslah bisa menggunakan wordpress, ini karena cms bukugue.com adalah wordpress, aku sering banget dapet penulis yang banyak tidak taunya dalam penggunaan wordpress, jadi di sini, aku akan batasin, kalau kamu punya blog wordpress.com sebelumnya, silahkan daftar.
  2. Penulis harus bisa menulis dengan benar dan setting/format tulisannya dengan benar
  3. penulis harus bisa mengedit photo di paint, minimal tau cara “crop” foto.
  4. Penulis tau cara setting photo di wordpress, ini balik lagi kepoint nomer 1 sebenernya.
  5. Mungkin nanti akan aku tambahkan lagi

Jenis tulisan yang diterima

  1. Tema tutorial (sejauh ini tulisan hampir 95 percent bertema tutorial)
  2. Tips dan trik serta informasi menarik 

Niche atau topik tulisan yang diterima 

  1. Sosial media (FB/TWITTER/IG)
  2. aplikasi chatting ato messenger (WA/LINE/telegram)
  3. Email (gmail/yahoo/outlook)

Jadi sebagai contoh, kamu bisa menulis tutorial cara menghapus nomer hp utama di akun facebook (ini jenis tutorial, niche sosmed). Ngertikan maksudnya disini ?

Topik pembicaraannya adalah sosmed, email dan aplikasi chatting, dengan penyajian berupa tutorial, dan tips serta info menarik.

Ok, masuk ke topik pembayaran karena ini topik penting, aku membayar penulis berdasarkan jumlah kata, ini artinya semakin panjang tulisan semakin tinggi pembayaran. Berikut ini screnshot total pembayaran penulis. Kamu bisa lihat beberapa penulis paling bawah itu udah diatas 1 juta yg aku bayarkan.

(klik untuk zoom)

Dan pembayaran yang aku lakukan bukan hanya yang keliatan diatas aja, ada penulis yang terpaksa aku berhentikan (akunnya di downgrade sehingga catatan pembayarannya tidak masuk ke catatan diatas).

Selain itu aku juga bayar penulis untuk nulis update-an dari tulisan lama (yang aku butuh update-annya) dan pembayarannya diluar catatan diatas, Aku juga beli tulisan di situs seperti sribulancer (situs freelancer indonesia). Aku juga beli tulisan di Ads.id.

Tab total due pay diatas menunjukkan total dana yang belum ditarik/request pembayaran oleh penulis.

Jadi berapa perkiraan pembayarannya ? Perkiraan pembayaran adalah minimal idr 40.000 per 1000 kata, ada bonus biasanya untuk gambar, dan kalo artikelnya bagus aku tambahin bonus juga walaupun mungkin ga gede.

Syarat dan ketentuan penulisan

Menulis tujuannya adalah membantu pembaca atau visitor. Ga perlu perhatiin keyword density, menulis aja secara natural agar mudah dipahami oleh pembaca.

Untuk format penulisan, aku ingin kamu mengikuti format dibawah ini. Perlu di ingat, tulisan harus berada dikisaran 600-1500 kata, aku ga ingin tulisan super pendek atau tulisan super panjang yang bertele-tele. Aku udah pernah keluarkan penulis yang suka nulis bertele2. Jadi pastikan menulis dangan tujuan membantu pengunjung, artinya ditulis dengan bahasa yang enak dibaca, detail dan jelas, tapi ga bertele2.

a. Format penulisan tema tutorial

  • Gunakan paragraph pendek, artinya 1 paragrap terdiri dari 2-5 kalimat.
  • Pembukaan terdiri dari 3-5 paragrap
  • Beri heading. Heading 1 udah ada di judul, jadi gunakan heading 2, 3, dstnya.
  • Setelah itu barulah masuk ke inti pembicaraan, jelasin langkah demi langkah, kasih bullet list atau penomoran untuk tiap langkahnya
  • Di tiap langkah harus ada penjelasan disertai gambar screenshot
  • Lalu ending atau kesimpulan berisi beberapa paragraph lagi
  • Jangan lupa tambahkan dan set featured image untuk tulisan tersebut

Berikut ini beberapa contoh tulisan :

b. Format penulisan tips dan trik serta info menarik

Formatnya hampir sama seperti format sebelumnya, hanya saja disini karena bukan tutorial, jadi kamu ga wajib menambahkan screnshot di tiap langkahnya. Berikut ini beberapa contoh tulisannya:

c. Format gambar

#nama file

Pastikan untuk upload gambar yang udah di rename. Artinya jangan upload file dengan nama Screenshot_01.jpg atau DCIM_19_jan_2019.jpg dst. WAJIB di rename dulu. Di rename nya sesuai dengan topik tulisan. Misalnya topik tulisan adalah cara membuat email gmail, maka rename semua gambar ke “cara membuat email gmail 01.jpg cara membuat email gmail 02.jpg, cara membuat email gmail 03.jpg, dstnya”.

Sampai sini paham kan? aku punya banyak alasan kenapa aku minta gambarnya seperti ini, kelewat panjang klo aku harus jelasin, yang jelas, pastikan file yang diupload itu udah di rename dulu.

Pakai common sense aja klo mau renamenya, kira2 topik tersebut cocok dikasih judul apa, pake judul tersebut untuk jadi basis kamu ngerename gambar.

Ngerename pun gampang banget, klo kamu pake komputer windows, itu kamu tinggal Ctrl+A untuk select all semua gambar, lalu klik kanan+rename gambar pertama, dan beri nama baru, nanti semua gambar yang keselect bakal ikutin berubah namanya ngikutin gambar pertama.

2. Ukuran

Generally, ada 3 tipe gambar di blog ini.

  1. gambar stock photo (free license photo dari pixabay misalnya)
  2. Hasil screnshot dari laptop/tablet
  3. Hasil screnshot dari hp.

Kita akan bahas dari screnshot di hp dulu.

Nah disini kalau kamu ambil screnshot dari hp, kamu ga perlu crop dan sebagainya, kamu cuma perlu edit kalo ada info yang perlu di blur, misalnya nomer hp kamu keliatan di screnshot, dan kamu mau blur, silahkan diblur. Tapi ga usah di crop. Nanti ketika di upload, kamu pilih ukuran medium. Ukuran medium ini widht nya 300px.

"Terapkan berkas tema" untuk menginstal tema di Telegram
contoh gambar

Nah, kalau kamu perlu dua poto ini berdekatan misalnya, gunakan fitur create gallery. sperti dibawah misalnya.

dan ga perlu di edit dan digabungin langsung jadi 1 poto seperti di bawah.Gamnbar 2.4 Ketik alamat Email Yahoo, kemudian Password/sandi dan ketuk Sign in

contoh salah

Note: Nanti aku tambahkan lagi, lagi banyak yang perlu di edit soalnya. Haha..

Alur penulisan

Jadi login dan masuk ke dashboard. Lalu buat new post, tulis ide tulisan kamu di judulnya dan beri deskripsi penulisan nya di bagian isi, lalu simpan post tersebut dengan status pitch idea.

Ini tujuannya agar tulisan yang kamu akan tulis benar2 bisa diterima di blog ini. Aku akan perform rough analisys untuk ide tulisan kamu, untuk liat apakah ada yang cari ato enggak,  apakah ada yang tulis ato engga. Ini karena 90% lebih tulisan disini bertema tutorial, kalau tulisannya ga ada yang cari, percuma ditulis.

Kalau kamu ga bisa cari ide tulisan, aku udah sediain beberapa ide tulisan di dashboard, aku akan tambahkan ide baru jika ide lamanya udah mulai ditulis oleh penulis.

Aku juga kadang butuh update untuk tulisan2 lama. Aku juga kadang butuh tulisan untuk projek blogku yang lain. Jadi jangan takut ga ada yang bisa ditulis, asalkan kamu kreatif, artinya bisa cari ide tulisan selain dari yang udah disediakan, aku pasti terima ide tulisan yang bagus (dicari orang). Aku juga akan tutup lagi pendaftaran jika target tulisan sudah tercapai.

Ok, jadi alurnya adalah

  1. Sediakan ide/pilih ide yang tersedia simpan dengan status “pitch idea”
  2. Lalu aku beri OK atau aku tolak. Kalau di ok, nanti statusnya berubah jadi “Draft (in-progres)” sedangkan kalau ditolak statusnya akan berubah jadi “Ditolak”
  3. Kalau di terima idenya, kamu bisa mulai nulis ide tersebut, setelah selesai, kamu submit tulisannya dengan status “Pending review”. Status ini menandakan bahwa tulisan kamu sudah siap untuk aku review. Aku hanya akan cek tulisan dengan status ini. Jadi pastikan untuk ubah status dari “Draft (in-progres)” menjadi “Pending review”
  4. Aku akan review dan edit sendiri tulisannya jika kesalahan minor, klo terlalu banyak salahnya, aku minta kamu edit lagi dan statusnya akan aku balikin ke “Draft (in-progres)”. Tapi kalau semuanya udah ok, maka tulisan akan aku publish (atau schedule untuk publish), lalu saldo akan masuk ke akun kamu.

Kenapa ada alur seperti diatas, diawal aku banyak dapet tulisan yang ga nyambung sama blog ini, tulisannya bagus, dan mereka udah cape2 nulis, tapi ga bisa aku terima karena temanya beda banget sama blog ini. Kesalahannya ada di mereka memang karena ga baca laman ini dengan teliti, tapi kasian aja udah habisin banyak waktu gitu. disini aku akan bener2 meminimalisir hal seperti ini.

Aku juga liat di blog2 lain, penulis diminta kirim tulisan lalu klo tulisan diterima penulis akan dibayar, sementara kadang penulis kirimnya tulis yang topiknya udah dibahas di blog tersebut, akhirnya ga diterima, dan kasian penulisnya buang2 waktu.

Jadi proses diatas, aku bisa double cek, apakah ide tersebut beneran dicari orang (profitable untuk ku) dan apakah idenya udah ditulis sebelumnya.

Ketentuan pitch idea

Untuk menghindari waktuku terbuang banyak untuk cek ide tulisan. Aku ingin setiap penulis untuk cek dulu di blog ini mengenai ide yang akan di ajukan. Waktu tulisannya masih dibawah 100, aku masih hapal luar kepala, mana yang udah ada, mana yang belum, sekarang total post, baik itu berupa pitch, scheduled, draft, dan published, itu udah lebih 400. Untuk yang publish aku biasanya masih bisa ingat, tapi ini ada yang udah draft lama dan kadang lupa ngeceknya. Jadi minimal cek dulu sih.

1. Cek laman ini https://bukugue.com/daftar-isi/ untuk liat tulisan yang udah di publish. atau bisa lewat cara dua. Otomatis google yang bantu cari.

2. Cek google dengan cara ketik keyword ini:

site:bukugue.com ide tulisan

Cuma memang ga 100 percent akurat, kamu harus cari beberapa kali dengan keyword alternatif. Contoh misalnya kamu mau nulis tentang “cara menambah follower instagram”, keyword yang dipakai disini bisa “follower ig” atau “pengikut ig” atau “follower instagram”, atau “menambah follower ig”. Jadi coba aja sekitar 2-3 kombinasi, dan liatin semua tulisan terkait ini di hasil search result.

contoh 1
contoh 1
contoh 2
contoh 2

 

3. Jadi coba cari dulu semua artikel yang udah terpublish. Setelah itu cek yang belum di publish. Cek pitch idea, draft dan scheduled post, dan coba search pakai kolom search. Ini semua udah aku tandai dibawah.

4. Kalau udah cek, dan memang ga ada, barulah pitch, jangan ngepitch suka2 kamu, hehehe.. aku kadang kewalahan sendiri kalau lagi rame gitu pitchnya.

5. Jangan nge-pitch terlalu banyak sih, cukup 5 aja, kalau keterima semua 5 itu, draftnya belum bakal selesai semua dalam seminggu. Trus buat yang udah ada draft lebih dari 3, jangan ngepitch dulu. Kalau dibawah 3 draftnya, barulah tambahin beberapa pitch.

6. Kalau ga niat nulis jangan nge-pitch. Artinya gini, kalau kamu memang ada kerjaan atau kesibukan lain misalnya, lebih baik ga ngepitch dari pada idenya ditelantarkan berbulan2. Aku mau kasih kepenulis lain pun ragu, nanti aku kasihkan ke yang lain, kamunya login setelah 4 bulan dengan tulisan tsbt. Kan serba salah kan. Jadi ya itu, kalau ga bisa yakin bisa nulis dalam 1hari sampe 1 minggu kedepan, lebih baik tunda pitch nya sampe kamu punya waktu nulis lagi.

7. Atas asumsi ini, semua draft yang lewat dari sebulan, akan aku hapus dan ide tulisannya aku kasihkan ke yang lain.

8. Thanks untuk penulis yang udah sempatin untuk baca dan mengingat serta menerapkan 7 hal diatas.

Ketentuan Pembayaran

Semua tulisan yang di submit dan dipublish akan dibayar dalam bentuk saldo. Kamu bisa lihat saldo saat kamu login ke dashboard.

# Pengguna rekening mandiri

Kamu bisa mencairkan pembayaran ke rekening mu jika saldo sudah melebihi 100.000 rupiah.

# Pengguna rekening lain selain mandiri

Aku sendiri menggunakan bank mandiri, jadi saat transfer ke bank lain, akan ada biaya 6500 rupiah.

Jadi untuk pengguna rekening lain lain, silahkan request saat saldo diatas 200ribu. Kalau kamu tetap ingin ambil pembayaran dibawah 200ribu, biaya transfer akan aku potong dari total saldo. Jadi mulai dari saat ini, laman di edit, pengguna bank lain hanya akan aku tanggung biaya trfnya jika req diatas 200ribu.

Note; Biasanya aku tanggung sendiri biaya trfnya, tapi kadang ada yang sering req pembayaran di 100ribuan, dan ini bikin total biaya trfnya aja bisa dibeliin ke domain baru. hehe.. Mungkin nanti aku akan tambahin fitur pembayaran pake uang elektronik misalnya tcash atau sejenisnya.

# Cara penarikan saldo

  • Login ke akun kamu, catet saldo terakhir yang belum dibayar (due-pay). Lalu buat post baru dengan judul “Penarikan untuk akun [username kamu] jumlah [total saldo yang belum dibayar]”.
  • Isi tulisan tersebut dengan data rekening plus email, Lalu simpan post dengan status “Request pembayaran”

Berikut ini contoh postnya :

Perlu diperhatikan bahwa jika saat itu saldo kamu misalnya 351.000, aku akan transfer semuanya. Jadi kamu ga bisa nentuin berapa jumlah yang akan ditarik. Aku akan kirim seluruh saldo yang bisa dicairkan.

Gimana tertarik ? Kalau tertarik, kamu bisa daftar jadi penulis dengan cara menghubungiku melalui [email protected] dengan mengirimkan email bersubyek “DAFTAR JADI PENULIS BUKUGUE”.

Di dalam email kamu hanya perlu menjelaskan apakah kamu pernah menulis sebelumnya, dan cantumkan link tulisan kamu, misalnya kamu punya blog subdomain wordpress.com atopun blogspot.com, kamu cantumin link blognya, nanti akan aku cek blog kamu untuk lihat bagaimana kamu menulis.

Ohya, cantumkan juga apakah kamu itu freelance atau fulltime penulis. Aku terima freelance, tapi penulis fulltime lebih baik. Karena bisa konsisten upload tulisannya.

Sekali lagi, kalau kamu ga tau cara pakai classic editor wordpress, jangan daftar, ini syarat minimum banget untuk jadi penulis online saat ini. Sebagian besar situs biasanya pakai wordpress, dan atau editornya mirip2 wordpress.