Cara mengirim (share) lokasi palsu di WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi messenger yang sangat digilai orang-orang Indonesia. Beragam fitur telah disematkan di aplikasi tersebut, sebut saja chat, telpon, video call, dan share lokasi.

Ngomong-ngomong soal lokasi, kamu bisa kok mengirimi lokasi palsu ke lawan chat kamu. Tujuannya? Buat ngeles saja kalau misalnya kamu tidak ingin menemui seseorang, padahal orang itu ngebet banget ketemu kamu. Dengan begitu, kamu bisa berpura-pura sedang ada di lain tempat.

Admin: ehm.. berhubung ini bulan puasa, admin cuma ingin mengingatkan kalau bohong itu dosa. Kurang-kurangin bohong woy. Admin sendiri tak lepas dari kesalahan ini, satu-satu cara biar ga bohong sepengetahuan admin adalah jadi social recluse, menghindar dari orang lain, ga ada interaksi dengan orang, akhirnya ga ada orang yang perlu dibohongin. 😛

Untuk caranya, ada dua nih: tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi.

Kirim lokasi palsu tanpa aplikasi tambahan

1. ‌Kamu buka aplikasi WhatsApp, cari lawan chat, cari ikon penjepit kertas, klik kirim lokasi.
‌2. Kamu jangan langsung klik berbagi lokasi terkini/kirim lokasi anda saat ini. Tapi kamu klik ikon kotak di pojok kiri atas.

Klik ikon kotak pojok kiri atas aplikasi WhatsApp.

3. ‌Terus kamu bisa geser ke lokasi yang kamu inginkan.

Geser titik GPS berwarna merah kemanapun kamu suka

4. Kamu akan melihat titik merah, dan baru kamu klik kirim lokasi ini.

Lihat perbedaan antara lokasi asli dan lokasi palsu

5. ‌Lokasi palsu tanpa aplikasi telah terkirimkan.

Admin: Saat penulis nge-pitch ide ttg lokasi palsu ini, admin sempat kepikiran apakah ada yang beneran cari ttg ini. Setelah di search di google, ternyata ada. Banyak juga yang niat bohong. Fitur ini seharusnya dipakai untuk kasih lokasi tujuan atau lokasi tempat ketemuan, tapi ternyata bisa dipakai buat hal ini. Satu trik baru untuk admin. 😀

Kirim lokasi palsu dengan aplikasi tambahan

Untuk cara kedua ini, sebelum melanjutkan, kamu perlu melakukan satu hal yaitu menyetel akurasi tinggi GPS ke mode GPS only/khusus perangkat. Cara menyetelnya, ikuti petunjuk berikut ini.

1. ‌Slide panel notifikasi di HP kamu.
2. ‌Tekan lama tombol GPS.

Slide panel notifikasi, dan cari tombol GPS.

3. ‌Cari opsi mode, terus pilih khusus perangkat/GPS only.

Cari mode akurasi GPS, lalu klik.
Kamu pilih mode khusus perangkat/mode GPS only.

Catatan: Penyetelan ini perlu dilakukan supaya nanti lokasi palsu kamu tidak bolak-balik ke lokasi asli kamu.

4. ‌Pasang aplikasi fake GPS di Playstore. Kamu bisa menggunakan aplikasi fake GPS apapun, tapi aku rekomendasikan Mock Locations (fake GPS patch). Soalnya, fake GPS ini punya kelebihan bisa membuat rute perjalanan dan no root. Dengan cara ini kamu bisa seolah-olah sedang melakukan perjalanan menuju lawan chat kamu, padahal kamu sedang asik di dalam rumah.

5. ‌Buka Mock Locations untuk membuat rute perjalanan. Kamu tekan lama di tempat yang diinginkan untuk titik A dan titik B.

6. ‌Klik ikon checklist.

Tentukan titik A ke titik B sesuka kamu, lalu klik checklist.

7. ‌Setelah itu, setel kecepatanmu bergerak dan berapa lama jangka waktunya bergerak dari titik A ke titik B. Saat menetapkan hal ini, kamu harus pakai logika ya.

Setel kecepatan kamu. Juga, berapa lama kamu akan menunggu di TKP.

8. ‌Habis itu, kamu buka WA, dan ikuti petunjuk seperti kirim lokasi palsu tanpa aplikasi di atas.

9. Bedanya, kamu bisa pilih berbagi lokasi terkini dalam beberapa jam. Kamu bisa berbagi lokasi terkini dalam waktu 15 menit, 1 jam, dan 8 jam.

Lokasi GPS kamu akan bergeser dari titik A ke titik B. Pilih berbagi lokasi terkini.
Orang yang mendapat lokasi palsu pun marah-marah.

7. ‌Lokasi palsu memakai aplikasi fake GPS pun telah terkirimkan.

Admin: Ini buat yang niat banget ngebohongnya. Trik ini seperti nya yang dulu dipakai untuk main pokemon go sih kayaknya. Admin sendiri pernah nyobain pokemon go, tapi cuma main beberapa menit sebelum nyerah. Admin jarang keluar rumah soalnya 🙁

Apa ada cara mengetahui kalau lawan chat kita itu mengirimi lokasi palsu?

Gampang! Kamu tinggal minta dikirimi foto dari lawan chat kamu. Kalau dia menolak ada indikasi lokasi yang disharenya itu palsu. Jadi kalau misalnya dia ngaku lagi dirumah, misalnya selain dari minta photo, bisa ajak video chat. Dengan video chat, semua kebohongan bisa keliatan.

Itulah cara share lokasi palsu di WA dan cara untuk mengetahuinya. Semoga bermanfaat![]

Share woy :D

Tinggalkan Balasan