Cara Melihat Chat Telegram yang Dihapus Oleh Pengirimnya

Terbit

Diperbarui

Kita tahu bahwa fitur “Hapus Pesan” dapat dipakai untuk menghapus pesan Telegram yang sudah terlanjur terkirim. Pesan salah kirim, pesan salah kalimat, dan lain sebagainya dapat dihapus dengan fitur ini tanpa terlihat telah terhapus. Ruang obrolan pun tetap bersih. 

Disisi lain, hal trsbt tentu akan membuat penerima pesan merasa penasaran. Bagaimana jika dia sedang membaca pesan, tapi sebelum bisa memahami maksud pesan tiba-tiba pesan sudah hilang?

Nah, adakah cara melihat pesan Telegram yang sudah dihapus oleh pengirimnya? Itulah yang akan dibahas kali ini.

Yang perlu diketahui

Kamu perlu terapkan dulu penjelasan dibawah, barulah kedepannya kamu bisa melihat pesan yang dihapus lawan chat kamu di Telegram.

Jadi jika kamu ingin melihat pesan yang sudah dihapus sebelum kamu menerapkan tutorial ini, hal tsbt tidak bisa dilakukan.

Melihat Pesan Telegram yang Dihapus Pengirimnya

Update tanggal 2 Desember 2023: Aplikasi Ninjagram sudah tidak tersedia diplaystore. Kamu bisa saja cari dan donwload aplikasinya dari penyedia aplikasi pihak ketiga seperti apkmirror, dll. Hanya saja kita tidak bisa pastikan keamanan aplikasi tsbt. Jadi silahkan pertimbangkan sebelum menginstall aplikasi tsbt dari penyedia aplikasi pihak ketiga yang kamu pilih.

Disini kita akan gunakan aplikasi Telegram mod, Ninjagram. Pahami bahwa ada resiko dalam penggunaan aplikasi mod seperti Ninjagram ini. Dibawah nanti akan dibahas terkait resikonya ini.

Untuk sekarang kita lanjut dulu ke langkah-langkahnya:

  1. Silahkan install aplikasi Ninjagram dari Playstore disini (https://play.google.com/store/apps/details?id=me.ninjagram.messenger&hl=id&gl=US). Kamu tidak perlu menghapus aplikasi Telegram official–kalau ada di hp-mu. Aplikasi ini tidak akan “menimpa-nya” karena nama package-nya berbeda.
  1. Jika sudah di install, silahkan buka aplikasi Ninjagram tsbt.
  2. Masukkan nomor HP yang terdaftar di Telegram kamu. Kamu bisa gunakan nomor HP yang sudah terdaftar di Telegram ataupun yang baru. Dicontoh ini, aku memakai nomor yang sudah terdaftar di Telegram.
  3. Setelah menginput nomor, kamu tinggal tap tombol selanjutnya.
  1. Selanjutnya kode verifikasi yang nanti akan dikirim lewat sms atau ke akun Telegram-mu.
  2. Masukkan kode verifikasi trsbt ke kolom yang tersedia.
  1. Dititik ini seharusnya kamu sudah berada didalam aplikasi Ninjagram dengan akun Telegram-mu dalam keadaan login. 
  2. Selanjutnya tap pada menu ‘Garis tiga’ yang ada diberanda.
  3. Cari dan pilih menu ‘Ninjagram Settings”.
  1. Selanjutnya cari dan tap menu “Obrolan”.
  2. Selanjutnya cari dan aktifkan pengaturan ‘Show deleted messages’. Entah kenapa bahasa indonesia dan bahasa inggris bercampur aduk diaplikasi ini, menu ini sendiri artinya adalah “Tampilkan pesan yang dihapus”.
  1. Selesai.

Pengaturan sudah aktif, dan kedepannya, setiap pesan yang dihapus oleh lawan chat kamu akan tetap terlihat di ruang obrolan tsbt.

Berikut contohnya, pesan yang dihapus oleh pengirim akan terlihat dan diberi label ‘Deleted’ yang artinya ‘Sudah dihapus’.

Apakah fitur anti-delete ini bisa tetap ada jika ruang obrolan dihapus?

Di Telegram, pengirim dapat menghapus ruang obrolan secara keseluruhan untuk kedua pihak. Di aplikasi Telegram resmi, ruang obrolan akan ikut terhapus–termasuk di pihak penerima.

Dengan fitur anti-delete yang ada di Telegram Mod (ninjagram) ini, ruang obrolan akan tetap ada, bahkan tampak seolah-olah tak terjadi penghapusan.

Kenapa kamu perlu pertimbangkan penggunaan aplikasi mod ini?

Fitur anti-delete milik Ninjagram sangat powerfull untuk mempertahankan chat yang dihapus.

Namun disisi lainnya, aplikasi Ninjagram yang merupakan hasil modifikasi dari aplikasi Telegram resmi, tentu tidak seaman aplikasi resminya.

Ada resiko pencurian data oleh pengembang, karena kita tidak tau pengembang ini siapa dan dimana.

Selain itu ada juga resiko terdapat celah keamanan baru ataupun jumlah bug dan error yang lebih banyak dibandingkan Telegram resmi.

Selain itu aplikasi ini juga berisi iklan, yang artinya sistem iklan bisa saja menggunakan (membaca) chat kita untuk menyarankan iklan yang sesuai.


Mungkin sampai disini dulu bahasan kali ini. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu akan gunakan aplikasi ini?

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *