Cara Mengaktifkan Mode Hemat Daya Telegram

Sejumlah fitur Telegram, terutama untuk tampilan visual seperti emoji yang bergerak dan beberapa animasi lain dibuat agar tampilan Telegram menjadi lebih menarik.

Bisa dibilang ini cukup berhasil.

Tetapi kehadiran fitur ini menimbulkan masalah pada sejumlah smartphone tua dimana daya baterainya menjadi cepat menurun saat menggunakan Telegram.  

Untuk mengatasi masalah ini, beberapa bulan lalu Telegram memperkenalkan fitur power saving mode atau mode hemat daya yang dapat mengurangi pemakaian daya saat menggunakan Telegram.

Penasaran dengan fitur ini, silahkan simak pembahasannya.

Mengaktifkan Mode Hemat daya Telegram

Kamu bisa mengatur supaya mode hemat daya ini aktif ketika daya smartphone-mu berada dipersentase tertentu, misalnya 20%.

Kamu juga bisa atur agar mode hemat daya selalu aktif, dengan mengatur persentasenya di 100%. Dan mengatur supaya tidak pernah aktif, dengan menurunkan persentase ke 0%.

Berikut langkah-langkahnya,

  1. Silahkan update Telegram ke versi paling baru dari PlayStore.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi Telegramnya seperti biasa.
  3. Diberanda, tap ikon hamburger yang terdapat di sebelah kiri atas.
  4. Lalu pilih menu “Pengaturan”.
  1. Gulir ke bawah, cari dan tap menu “Penghematan Daya”.
  1. Dihalaman ‘Penghematan daya’, fokus ke pengaturan ‘Mode hemat daya’, atur persentasi baterai yang kamu mau supaya mode ini otomatis ‘Menyala’. Abaikan opsi yang ada dibawahnya dulu, nanti dijelaskan terpisah.
  1. Selesai. Sampai disini pengaturan mode hemat daya sudah berhasil dilakukan. Ketika baterai turun dibawah persentasi yang diatur, maka mode hemat daya akan menyala. Disini kamu bisa lihat, semua opsi yang ada dbawahnya, otomatis mati (kecuali ‘Tansisi Halus’), saat mode ini menyala.

Jadi ketika mode hemat daya ini menyala, maka fitur ‘Animasi stiker’, ‘Animasi Emoji, ‘Animasi dalam obrolan’, ‘Animasi dalam panggilan’, ‘Pemutaran otomatis video’, dan ‘Pemutaran otomatis GIF’, akan mati. Disini kita tidak bisa atur salah satu untuk menyala.

Mengatur opsi hemat daya tanpa mengaktifkan mode hemat daya

Jika mode hemat daya tidak diaktifkan, maka opsi hemat daya yang ada dibawahnya bisa diatur sesukamu. Opsi tadi akan berlaku selagi mode hemat daya tidak menyala, saat opsi hemat daya menyala, maka semua opsi akan mati, seperti yang sudah dijelaskan diatas sebelumnya.

Disini kamu bisa pilih opsi mana yang kira-kira kamu butuhkan dan biarkan opsi tsbt aktif. Secara default, semua opsi akan aktif seperti dibawah. Artinya tidak ada penghematan daya sama sekali.

Silahkan matikan opsi yang dirasa tidak diperlukan, kamu bisa testing satu persatu. Misalnya matikan opsi “Otomatis putar video’, setelah itu coba buka chat yang ada videonya, bandingkan ketika opsi ini aktif dan opsi ini dimatikan. Jika kamu tidak masalah atau terganggu saat opsi-nya mati, maka bisa dimatikan saja.


Penghematan daya Telegram ini memang tidak akan berpengaruh besar ke penghematan baterai secara keseluruhan, mengingat Telegram hanyalah satu dari sekian banyak aplikasi yang dipakai setiap hari.

Namun tidak ada salahnya juga diatur, apalagi jika kamu pengguna aktif Telegram, Telegram akan terasa lebih ringan dengan matinya opsi seperti pemutaran otomatis video.

Mungkin sekian untuk pembahasan kali ini. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *