Cara mengaktifkan dark mode di Facebook Messenger

Selain Whatsapp, aplikasi Messenger merupakan aplikasi perpesanan instan yang dimiliki Facebook. Sejak tahun lalu, pihak Facebook telah mengembangkan fitur baru untuk aplikasi Messenger ini, yaitu dark mode / mode gelap.

Namun, saat itu, hanya beberapa pengguna saja yang bisa menikmatinya. Kini fitur teranyar tersebut sudah bisa dinikmati oleh semua pengguna aplikasi Messenger. Bagaimana cara mengaktifkannya?

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode Messenger

Sebelum lanjut ke cara mengaktifkan fitur dark mode Messenger ini, kamu harus memastikan kalau aplikasi Messenger telah terpasang di smartphone kamu adalah versi yang paling baru.

Saat tulisan ini dibuat (20/04/2019), fitur ini baru diluncurkan secara global sejak beberapa hari yang lalu. Jadi kalau belum update, segera di update dulu.

Jika sudah, silakan ikuti tiga langkah mudah berikut ini.

Pertama, Buka aplikasi Messenger. Lalu, Klik ikon Profil yang posisinya ada di sebelah pojok kiri atas.

Klik ikon Profil Messenger

Di laman profil, kamu bisa langsung slide opsi dark mode (mode gelap) yang ada di menu toggle yang ada dibawah foto profil.

Slide mode gelap

Saat mode gelap aktif, maka seketika itu juga tampilan antar-muka aplikasi Messenger kamu berubah menjadi gelap.

Saat fitur mode gelap diaktifkan, Messenger akan langsung gelap.

Catatan: Fitur dark mode / mode gelap ini hanya bisa diaktifkan di aplikasi Messenger reguler smartphone Android.

Untuk sekarang, kamu tidak bisa mengaktifkan fitur dark mode di aplikasi Messenger Lite Android atau Messenger versi browser Android atau PC.

Mengapa Fitur Mode Gelap?

Fitur mode gelap / dark mode tidak hanya dipunyai aplikasi Messenger saja. Beberapa aplikasi besutan Google diketahui juga telah memilikinya – seperti aplikasi Youtube, Messages, Phone, dan Contacts. Tentu kamu bertanya-tanya mengenai alasan para pengembang besar itu mengeluarkan fitur mode gelap?

Pada acara Android Developer Summit 2018 Google menyampaikan bahwa fitur mode gelap dari sebuah aplikasi akan memberikan penghematan daya. Sebab, ketika mode ini aktif, warna dan kecerahan layar takkan menguras baterai. Selain itu, tampilan antarmuka aplikasi akan semakin kece juga.

Admin: Setauku mode gelap juga nyaman dimata kalau dipakai dikondisi minim cahaya, misalnya malam hari saat mati lampu. Cmiiw.

Oiya, sekadar informasi, fitur mode gelap ini juga sedang dikembangkan di WhatsApp. Akhir Maret 2019, tampilan ujicoba fitur WhatsApp mode gelap sudah muncul di versi beta 2.19.82.

Demikianlah cara mengaktifkan fitur mode gelap / dark mode di Messenger. Mudah-mudahan, ketika kamu menerapkan fitur ini smartphone kamu jadi tidak boros baterai ya.

aripranowo

Penyuka kopi item yang sering begadang malam.

Tinggalkan Balasan