Apa itu aplikasi VPN? contohnya dan cara menggunakannya

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : April 20, 2020
  • Post category:Topik : Internet

Pernah mendengar istilah VPN? Apa yang kamu tau tentang VPN? Kenapa perlu menggunakannya?

Mungkin sebagian besar pengguna internet sudah sering mendengar bahkan menggunakan yang namanya VPN.

Buat kamu yang belum pernah pakai, atau tidak tau sama sekali dengan istilah tsbt. Disini akan dibahas dengan detail, mulai dari apa itu aplikasi vpn, apa manfaat dan fungsinya, contoh-contoh aplikasi vpn, dan cara menggunakan aplikasi vpn tsbt.

Apa itu aplikasi VPN?

VPN atau Virtual Privat Network merupakan bentuk privat internet dengan menggunakan jaringan publik. Maksudnya, VPN menghubungkan kamu dengan jaringan internet publik namun bersifat privat sehingga tidak semua orang dapat terkoneksi dan dapat mengakses jaringan tersebut.

Tujuannya banyak, dengan memprivat koneksi kita ke internet, kita bisa mem-bypass situs yang diblokir pemerintah, bisa mengakses situs yang hanya tersedia di negara tertentu, bisa mencegah pemerintah dan provider mengetahui kegiatan kita di internet.

Secara simpel, aplikasi VPN ini adalah untuk orang yang ingin bebas berinternet.

Bagaimana cara kerja VPN?

VPN merutekan koneksi internet di perangkat kamu melalui server private dari VPN yang kamu pilih.

VPN berfungsi sebagai perantara sebelum kamu terhubung ke internet.

Sebelum kamu terhubung ke internet, VPN akan memberikan alamat IP baru dan menyembunyikan IP asli kamu. VPN seperti sebuah jaringan dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan publik, terdapat sebuah jalur jaringan privat milikmu yang dihasilkan dari infrastruktur pihak ketiga (layanan VPN).

Perangkat dengan aplikasi VPN Client akan mengontak VPN Server dan kemudian akan diverifikasi. Jika verifikasi berhasil maka VPN Server akan memberikan IP Address baru ke perangkatmu untuk terhubung ke internet melalui jaringan privat.

Jika digambarkan, kira-kira cara kerja VPN yang menggunakan protokol PPTP (Point to Point Tunneling Protocol) dapat dilihat seperti pada gambar.

Cara kerja VPN

Jadi, ketika VPN kamu (client) sudah terhubung dengan VPN server, maka akan terbentuk koneksi baru yang bersifat privat didalam sebuah jaringan publik. Jika pihak-pihak lain seperti hacker, ISP, pemerintah, dan lainnya ingin mencoba mengakses lalulintas data milikmu maka mereka akan kesulitan karena data sudah diacak dan dienkripsi oleh VPN.

Jika mereka ingin melihat identitas kamu, mereka juga akan mengalami kesulitan karena identitas kamu yang asli akan disembunyikan dan hanya menggunakan identitas virtual yang diberikan oleh VPN.

Apa fungsi penggunaan VPN?

a. Kerahasiaan

VPN akan menyembunyikan identitas kamu. Menyembunyikan IP Address kamu yang asli dan memberikan IP Address yang baru untuk berselancar di internet. Sehingga informasi pribadi kamu tetap pribadi.

b. Keamanan data

VPN akan melakukan enkripsi terhadap lalulintas data sehingga keamanan data tetap terjaga dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Meskipun ada yang mencoba untuk menyadap atau mendeskripsi data milikmu, mereka akan sulit melakukannya karena data telah teracak.

c. Autentikasi sumber

VPN berkemampuan untuk melakukan autentifikasi terhadap sumber data yang akan di terima client. Jika proses autentifikasi sumber berhasil dilakukan, maka akan diteruskan kepada client. Hal ini berguna untuk menjamin lalulintas data berasal dari sumber yang seharusnya.

Keuntungan menggunakan VPN

a. Berselancar menjadi lebih aman. Dengan menggunakan VPN, kamu dapat melakukan penjelajahan internet dengan aman meskipun harus mengaksesnya melalui jaringan publik seperti wifi atau hotspot publik yang tersedia di cafe-cafe atau di tempat tertentu.

b. Menjaga informasi pribadi. Seperti yang sudah kita tau, VPN menyembunyikan identitas asli pengguna dan menggunakan identitas virtual untuk berselancar di internet. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir jika identitas kamu dapat diketahui pihak lain yang berusaha memantau lalulintas data kamu.

c. Dapat membuka situs tertentu yang diblokir. Situs-situs tertentu yang diblokir bisa kamu akses dengan menggunakan VPN. Misalnya saja Netflix. Netflix hanya diizinkan oleh negara-negara tertentu saja. Namun saat kamu menguhubungkan perangkat kamu ke VPN maka VPN akan menunjukkan pada Netflix bahwa alamat IP kamu berasal dari lokasi yang mereka izinkan. Jadi kamu bisa saja mengakses Netflix.

Kerugian menggunakan VPN

Penggunaan VPN bukan berati tidak ada kelemahannya. Ada beberapa kelemahan atau kerugian jika kamu menggunakan VPN:

a. Tidak ada VPN mendukung untuk semua perangkat. Jadi kamu harus memilih VPN yang support dengan device yang kamu gunakan.

b. VPN premium yang mahal. Jika kamu ingin mendapatkan layanan keamanan ekstra dari VPN, kamu tentu harus berlangganan VPN premium dengan harga yang tergolong cukup mahal. Tetapi jika kamu tidak terlalu mempermasalahkannya, silahkan saja.

Dengan VPN premium tentu kamu akan mendapatkan layanan lebih yang tidak akan kamu dapatkan jika kamu memilih untuk menggunanakan VPN versi gratis.

c. Tidak semua VPN gratis aman digunakan. Bila kamu memilih VPN gratis untuk mengamankan identitas dan lalulintas datamu di internet, kamu harus tetap berhati-hati.

Banyak sekali layanan VPN gratis yang bertebaran di internet. Kamu harus pintar memilih mana VPN yang gratis namun mengedepankan keamanan dan sudah teruji oleh pengguna lain yang lebih dulu sudah menggunakannya.

Salah memilih layanan VPN sama saja membuat identitas milikmu dipertaruhkan keamanannya. Tak semua layanan VPN berniat baik dan ingin mengamankan identitas serta lalulintas datamu sepenuhnya.

Contoh aplikasi VPN yang gratis dan aman

a. Nord VPN (gratis 7 hari, setelah itu premium)

Nord VPN menjadi salah satu layanan VPN yang memiliki sistem keamanan yang kuat,  bahkan telah menjadi salah satu keunggulan yang dimiiki Nord VPN.

Tak hanya menjamin keamanan privasi kamu, Nord VPN juga memiliki kecepatan jaringan yang tak perlu diragukan lagi. Nord VPN mendukung di lebih dari 5500 server di seluruh dunia untuk kecepatan yang maksimal.

Teknologi enkripsi yang diterapkan juga menggunakan Open VPN protocol + AES 256-bit yang kuat. Sehingga mereka sudah memastikan bahwa lalulintas data benar-benar aman dari pihak tertentu yang merugikan. Nord VPN menjamin bahwa mereka tidak akan menyimpan apapun atas pengguna mereka.

Jika kamu ingin memasang Nord VPN, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Download saja aplikasi Nord VPN lalu kamu hanya perlu login menggunakan username dan password untuk masuk dan menggunakan layanan mereka.

Nord VPN memberikan masa trial selama 7 hari secara gratis. Untuk selanjutnya kamu bisa menggunakan layanan premium dari Nord dengan berlangganan sesuai paket yang tersedia untuk mendapatkan layanan yang lebih ekstra.

b. Tunnel Bear (gratis dengan max 500MB bandwith setiap bulan)

Tunnel Bear memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Hanya dengan satu ketukan kamu sudah bisa menggunakan VPN gratis dari Tunnel Bear.

Namun bagi pengguna gratis, kamu akan diperkenankan menggunakan Bandwith sebesar 500 MB saja perbulan. Jadi kamu tidak dapat sepenuhnya bebas menggunakan layanan gratis dari Tunnel Bear ini, kecuali kamu menggunakan layanan Tunnel Bear secara premium dan berlangganan dengan paket tertentu untuk mendapat layanan optimal.

Untuk masalah kecepatan koneksi, Tunnel Bear tergolong cepat. Untuk masalah keamanan, Tunnel Bear menggunakan teknologi enkripsi AES-256 bit yang kuat. Sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai masalah keamanan lalulintas data kamu karena penggunaan protokol dan teknologi enkripsi tersebut telah sesuai dengan sistem standar untuk VPN.

Tunnel Bear juga memberikan kemudahan bagi kamu yang membutuhkan akses ke beberapa situs yang diblokir. Tunnel Bear akan membuka blokir dengan mengubah lokasi virtual kamu sehingga kamu dapat membukanya meskipun berada di lokasi yang dilarang tersebut.

c. Proton VPN

Proton VPN menyediakan layanan gratis dan juga berbayar. Meskipun versi gratis, Proton VPN sudah dapat kamu nikmati layanannya. Kamu akan dijamin keamanannya karena Proton menggunakan teknologi enkripsi AES-256 bit dan 4096 RSA yang membuat pihak lain dipastikan tidak akan dapat ‘mengintip’ data kamu.

Proton VPN juga support di berbagai perangkat, mulai dari Windows, MacOS, Linux, iOS,  Android, dan lainnya. Untuk mendaftar, kamu hanya perlu memasukkan alamat email. Tidak dibutuhkan data pribadi kamu yang lain.

Proton VPN benar-benar gratis. Tidak ada batasan bandwith. Sehingga kamu benar-benar bebas menggunakannya. Proton VPN juga memastikan bahwa mereka tidak  menyimpan riwayat penelusuran pengguna.

Mereka juga memastikan bahwa tidak akan menyimpan catatan ataupun menjual data-data pengguna, sehingga privasi pribadi kamu tetap aman.

Kunjungi berbagai situs apapun bisa kamu lakukan dengan Proton VPN. Silahkan download Proton VPN untuk menggunakan layanan VPN gratis tanpa batas.

d. 1.1.1.1 oleh cloudflare

Layanan yang satu ini disebut-sebut memiliki tingkat kemanan dan kecepatan terbaik diantara pesaing lainnya.

Layanan dari Cloudflare ini diklaim dapat bekerja sangat cepat dengan waktu respon sekitar 14,96 milidetik untuk menjawab permintaan DNS.

Domain Name System atau DNS merupakan layanan yang menerjemahkan nama domain situs menjadi sebuah alamat IP agar dapat diakses lebih cepat.

Cloudflare mengklaim bahwa mereka tidak akan mencatat alamat IP pengguna. Mereka tidak mau tau mengenai apa yang pengguna lakukan di internet sehingga mereka memastikan bahwa pengguna benar-benar privat.

Apakah 1.1.1.1 dari Cloudflare berbeda dengan layanan VPN yang lainnya? Tidak juga.

Bedanya, cloudflare merupakan salah satu DNS provider, jadi setiap kali kita mengunjungi situs tertentu, VPN pada umumnya akan mengakses DNS untuk mencari alamat situs yang akan kita tuju, berbeda dengan cloudflare, mereka ada DNS providernya, sehingga data-data tsbt sudah tersedia di server mereka sendiri.

Cara menggunakan aplikasi vpn 1.1.1.1

Disini aku akan memberikan satu contoh bagaimana menggunakan layanan VPN. Aku akan menggunakan aplikasi 1.1.1.1 pada contoh kali ini. Untuk cara menggunakannya sebagai berikut.

1. Buka aplikasi 1.1.1.1 yang sudah kamu download di PlayStore. Maka tampilan halaman awal seperti pada gambar. Klik “mulai” untuk mulai menginstal aplikasi.

Tampilan awal aplikasi DNS 1.1.1.1

2. Dihalaman ini kamu akan diberikan sedikit informasi mengenai WARP. Silahkan baca jika kamu ingin membaca terlebih dahulu. Setelah itu pilih “Done”.

"Done" untuk melanjutkan instalasi DNS 1.1.1.1

3. Dihalaman selanjutnya kamu akan disuguhkan halaman privasi pengguna. Pilih “Setuju” untuk melanjutkan.

Kebijakan privasi pengguna

4. Oke, aplikasi VPN 1.1.1.1 kamu sudah siap untuk digunakan. Ketuk atau geser kekanan pada tombol yang aku beri kotak merah untuk mengaktifkannya.

Ketuk tombol untuk mengaktifkan DNS 1.1.1.1

5. Kemudian pilih “instal profil VPN”. Ini tidak akan muncul lagi ketika nanti kamu sudah menggunakan aplikasi ini.

Pilih "Instal Profil VPN" untuk melanjutkan instalasi

6. Jika muncul pemberitahuan seperti pada gambar, pilih selalu izinkan.

Izinkan aplikasi untuk dapat menginstal DNS 1.1.1.1

7. Nah, sekarang kamu sudah tersambung dengan VPN yang ditandai dengan tombol yang berubah mejadi warna merah. Jika ingin mematikan VPN, silahkan ketuk atau geser tombol kekiri.

VPN sudah berhasil diinstal dan di aktifkan
VPN sudah berhasil diinstal dan di aktifkan

8. Kamu bisa cek bar bagian atas, biasanya kalau VPN aktif, akan ada “ikon kunci” di bar atas tsbt. Kalau sudah, bisa tutup/minimize aplikasi VPNnya, dan silahkan buka browser untuk akses internet sesuai kebutuhanmu.


VPN memang memberikan kemanan privasi. Tak semua orang dapat melacak alamat IP kamu. Lalu lintas data kamu tidak dapat dengan mudah diketahui orang lain. Jadi kamu dapat berselancar diinternet dengan aman dan privat.

Aplikasi VPN serta layanan yang mereka tawarkan, sangat banyak dan beragam jenisnya. Kamu harus pintar memilih yang benar-benar aman dan pastikan layanan VPN tersebut bukan layanan abal-abal.

Silahkan gunakan VPN jika kamu benar-benar membutuhkannya.


Sekian pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditambahkan, bisa kirim dikolom komentar dibawah ini.

ariskisaputri

Halo! Saya Ariski. Menyukai hal-hal yang berkaitan dengan Computer and Tech. Ada yang sama? Let's to discuss :) My email: [email protected]

Tinggalkan Balasan