Cara menggunakan secret chat di telegram

Telegram menjadi media sosial yang memiliki banyak fitur menarik sehingga memiliki banyak pengguna setia. Bisa dikatakan telegram merupakan pilihan untuk kamu yang ingin menggunakan aplikasi messenger se-ringan whatsapp, namun fiturnya se-lengkap line. Selain karena ringan dan memiliki banyak fitur, telegram juga menyediakan fitur yang tidak disediakan oleh aplikasi messenger lainnya.

Salah satunya adalah fitur secret chat.

Ada kalanya kamu membicarakan sesuatu yang bersifat rahasia bersama temanmu. Atau dalam kasus lain, ada juga beberapa orang yang membicarakan sesuatu yang penting dan tak boleh orang lain tahu tentang hal itu. Jika kamu merasa takut terbaca orang lain, biasanya kamu menghapus chat tersebut secara manual. Lalu bagaimana jika kamu lupa menghapus chat tersebut? Repot bukan?

Kali ini aku akan dijelaskan apa itu secret chat, dan bagaimana secret chat dapat digunakan.

Apa itu secret chat?

Secret chat adalah jenis chat yang digunakan untuk obrolan yang bersifat rahasia yang memiliki fitur yang membantu menjaga kerahasian chat tsbt. Misalnya, secret chat tidak akan mengizinkanmu kamu ataupun lawan bicara mu, untuk melakukan screenshot pesanSecret chat pada telegram juga menyediakan opsi penghancur (penghapus pesan) otomatis. Kamu bisa mengatur penghancur pesan tersebut mulai dari 1 detik hingga 1 minggu.

Jika obrolan biasa (pada telegram) akan terlihat jika kamu melakukan login pada perangkat yang berbeda, lain halnya dengan secret chat. Riwayat secret chat-mu tak akan terlihat pada perangkat yang berbeda. Sehingga kamu tak perlu kuatir jika ada orang lain yang login ke akunmu pada perangkat yang berbeda.

Kemudian jika pada aplikasi lainnya (whatsapp) kita dapat meneruskan pesan melalui fitur forward dengan cara menekan lebih lama pada pesan, fitur secret chat tidak menyediakan opsi ini. Jadi selain tidak akan terlihat pada perangkat lain, kita juga tak akan bisa melakukan forward atau meneruskan pesan ke orang lain. Ini mencegah pesan rahasia disebarkan kepada orang lain.

Cara menggunakan secret chat di telegram

Untuk dapat menggunakan fitur secret chat ini, kita dapat melakukan dengan dua cara. Adapun untuk lebih lanjut, akan dijelaskan langkah dari masing-masing cara tersebut.

#Cara 1

  1. Pertama-tama, pada halaman utama aplikasi telegram-mu, tap icon pensil pada ujung kanan bawah untuk membuat obrolan baru.

    tap icon pensil

  2. Setelah menekan icon pensil, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Pilih new secret chat seperti gambar berikut.

    tap “new secret chat”

  3. Akan ditampilkan daftar kontak di telegram-mu. Pilih orang yang ingin kamu ajak dalam obrolan rahasia atau secret chat. Kamu bisa memanfaatkan fitur search untuk mencari temanmu.
  4. Berikut ini contoh tampilan secret chat, akan muncul tanda gembok yang menandakan itu adalah obrolan rahasia.

    tampilan secret chat

 

#Cara 2

  1. Pada tampilan utama telegram (saat pertama kali kamu membuka aplikasinya), tap icon garis tiga pada ujung kiri atas seperti pada gambar berikut.

    tap icon garis tiga

  2. Setelah itu akan muncul berbagai opsi atau menu, tap new secret chat untuk membuat obrolan rahasia baru.

    tap “new secret chat”

  3. Dari daftar kontak yang tersedia, silahkan pilih temanmu yang ingin kamu ajak Kamu bisa memanfaatkan fitur search disini untuk mempermudah kamu menemukan temanmu.

    cari teman yang akan diajak obrolan rahasia, manfaatkan fitur search

  4. Aku akan coba menambahkan temanku yang telah aku ajak kedalam obrolan rahasia tadi. Namun ternyata obrolan terbagi menjadi dua, meskipun orang yang diajak melakukan secret chat adalah orang yang sama. Selain itu pesan biasa (aku tandai dengan warna biru), juga terpisah dengan obrolan rahasia.

Mengobrol melalui secret chat bisa dikatakan solusi dari kamu yang ingin menyampaikan sesuatu yang bersifat rahasia. Ini dikarenakan secret chat dibuat sedemikian rupa sehingga pesannya anti terhadap penyadapan. Namun demikian kamu masih tetap waspada, karena tetap saja siapapun bisa membuka pesan tersebut jika membuka perangkat (yang sama) yang kamu gunakan untuk melakukan secret chat.

Jadi pastikan untuk memasang penghancur pesan otomatis agar memperkecil kemungkinan dibaca orang lain. Atau kamu juga bisa memasang password terlebih dahulu supaya lebih aman.

Demikianlah itu tadi informasi mengenai apa itu secret chat dan bagaimana cara menggunakan secret chat. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat, terutama untuk kalian para pengguna telegram. Pastikan stay tuned terus di Bukugue dot com untuk info seputar sosial media yang menarik lainnya.

Daaahh!

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan