Cara kirim SMS gratis (tanpa pulsa) kesemua operator lewat Internet

Zaman sudah semakin maju, proses kirim mengirim informasi sudah mulai gampang. Sekarang ada yang namanya Whatsapp, dengan Whatsapp, kita dapat mengirim pesan secara gratis. Namun, sadar tidak sadar, ternyata tidak semua orang memiliki nomor Whatsapp. Meskipun hampir setiap telepon pintar memiliki aplikasi Whatsapp, ternyata ada juga yang tidak memiliki Whatsapp.

Jika tidak ada Whatsapp, terpakasa harus mengirim informasi lewat SMS. Namun, mungkin sekarang kita telah jarang menggunakan SMS karena SMS memerlukan pulsa untuk mengirimkan pesan kita kepada penerimanya. Padahal, seringkali kita tidak memiliki pulsa untuk mengirimkan SMS. Zaman sekarang orang-orang membutuhkan kuota bukan pulsa.

Tapi, tenang, ternyata ada solusi untuk mengatasi kerisauanmu ketika kamu tidak bisa mengirim SMS karena tidak memiliki pulsa. Kamu bisa mengirimkan SMS dengan akses internet ke semua operator tanpa terkecuali, baik itu telkomsel, xl, indosat, dll.

Caranya pun cukup mudah, tidak perlu beribet-ribet membuat akun. Langsung saja, simak cara di bawah ini.

Kirim SMS Gratis lewat Browser

Cara ini cocok kalau kamu memiliki HP yang memori teleponnya kecil atau ruang penyimpanan internalnya kurang longgar. Mengapa? Sesuai sub judulnya, cara ini cukup menggunakan browser (penulis menyarankan menggunakan Google Chrome).

1. Paste link https://www.sms-gratis.xyz/ di browser kamu, jika kamu ingin cara yang lebih simpel, kamu bisa klik link ini

2. Jika sudah scroll ke bawah sedikit, maka tampilannya akan seperti gambar di bawah.
3. Isi nomor telepon temanmu, isi pesan yang ingin kamu kirimkan, dan isi kode captcha atau verifikasi.
4. Jika sudah, pilih Kirim SMS

5. Kamu akan dialihkan ke halaman baru, pilih Kirim Pesan.

6. Kamu tinggal menunggu SMS yang kamu kirim mendarat ke nomor tujuan.

Contoh SMS

Kelebihan

  1. Kamu tidak memerlukan banyak kuota internet karena web-nya cukup ringan, dan tidak perlu mengunduh ini dan itu.
  2. Secara default, SMS yang teman kita terima mengandung kata-kata “(Jangan balas, dikirim dari www.sms-gratis.xyz)” Memudahkan penerima agar tidak usah membalas pesan tersebut.

Kekurangan

  1. Websitenya mengandung banyak iklan. Mohon hal ini harap dimaklumi, karena penyedia telah menyediakan layanannya secara cuma-cuma, penghasilan mereka hanya dari iklan-iklan. Ingat, mereka juga butuh penghasilan, ehehhe.
  2. SMS tidak langsung masuk. Berdasarkan percobaan penulis, cara ini memerlukan kurang lebih 10 menit agar SMS-nya masuk ke nomor yang kita tuju.

[Admin note: Aku barusan coba cek webnya, dan aku kecewa, karena ada iklan pop up dan iklan otomatis yang buka jendela baru, ini mirip banget sama web download. Saranku, coba cek beberapa situs sms gratis lainnya, dan pilih yang paling nyaman dipakai. Atau gunakan aplikasi yang disarankan penulis dibawah ini]

Mengirim SMS Gratis lewat Aplikasi

Ternyata, tidak hanya website saja yang dapat mengirimkan SMS ke nomor-nomor tertentu. Nyatanya, ada beberapa aplikasi sms gratis yang sudah terdaftar di Google Play Store. Aplikasi ini dapat diunduh dari Google Play Store secara cuma-cuma. Sebenarnya kamu bisa melihat-lihat dan memilih sendiri aplikasi mana yang ingin kamu gunakan. Kamu bisa cari aplikasi SMS gratis lainnya dengan Keyword “SMS Gratis” di Playstore.

A. Aplikasi “SMSin”

Aplikasi ini cukup mudah digunakan, dengan ukuran aplikasi yang kecil, tidak begitu memakan memori internal kamu. Kamu bisa mengunduhnya dari Play Store dengan mengunjungi link ini.

1. Setelah terinstall, buka aplikasinya.
2. Masukkan nomor telepon penerima, nama pengirim (isi dengan nama kamu), dan tulis pesan teks.

3. Lalu, pilih logo segitiga di pojok kanan atas.
4.Login dengan akun Google-mu

Pilih akun Google-mu

5. Tunggu SMS masuk ke nomor tujuan.

Contoh SMS yang diterima

Kelebihan

  1. Kamu bisa menggunakan kontak yang yang tersimpan di HP kamu untuk memasukkan nomor HP tujuanmu.
  2. Kamu bisa melihat pesan keluar atau pesan yang telah kamu kirim ke nomor orang lain. Caranya sangat mudah, pilih menu kotak masuk di bawah.
  3. Kamu bisa melihat pesan masuk. Pesan masuk yang dimaksudkan adalah ketika temanmu membalas, kamu bisa melihat balasan temanmu di menu kotak masuk.
  4. SMS masuk hitungan detik. Berbeda dengan versi web, cara ini cara ini cukup mudah, hanya memerlukan waktu di bawah 1 menit sampai SMS masuk ke nomor tujuan.

Kekurangan

Harus login dengan akun Google, sebenarnya penulis juga tidak tahu login akun Google merupakan kelebihan atau kekurangan aplikasi ini.

[Admin note: Ini bukan kekurangan sih, karena ini merupakan salah satu metode login. Banyak aplikasi diluar sana seperti game misalnya, yang loginnya dengan akun google. Jadi ini bukan kelebihan dan kekurangan menurutku.]

B. Aplikasi “SMS Gratis Indonesia”

Aplikasi lainnya adalah aplikasi yang disediakan oleh Onyx Gemstone, kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut dari Google Play Store, klik link ini untuk membuka halaman unduh dari Google Play Store.

1. Buka aplikasinya, seperti yang sudah-sudah, isi nomor HP tujuan, dan isi Pesanmu.

Halaman utama

2. Jika sudah, pilih Kirim SMS pada bawah kolom Isi SMS. Tunggu SMS mendarat dengan aman.

Contoh SMS

Kelebihan

  • Kamu bisa mengirim SMS tanpa harus login/mendaftar. Kamu cukup mengunduh aplikasinya dari Google Play Store, selanjutnya kamu sudah bisa menikmati layanan SMS gratis.
  • Kamu bisa melihat pesan yang telah terkirim. Caranya cukup pilih menu Outbox. Pesan yang terkirim maksudnya pesan yang telah kamu kirimkan ke teman-temanmu.
  • Pesan masuk ke nomor tujuan hanya hitungan detik setelah kamu memilih tombol “Kirim SMS”.

Kekurangan

  • Kamu tidak bisa memasukkan nomor HP dari kontakmu. Memang pada menu utama ada tombol “+Contact” tetapi aplikasi ini tidak bisa mengakses kontak yang ada di HP kita. Jadi, kontak di sini, kita harus memasukkan kontak teman kita terlebih dahulu. Intinya, aplikasi ini menggunakan database lain untuk menyimpan kontak.
  • Tidak semua tanda baca/simbol terbaca oleh sistem, kamu bisa lihat ada simbol yang tidak tercantum di bagian SMS masuk.

C. Aplikasi “SMS Gratis Seluruh Indonesia”

Aplikasi dari Payuterus Media ini dapat kamu dapatkan dari Playstore, bagi kamu yang ingin praktis, langsung meluncur unduh aplikasinya dari link ini.

Setelah terunduh, buka aplikasinya.

1. Maka akan muncul menu login/daftar, tapi tenang, kamu bisa mengabaikan menu tersebut, langsung scroll ke bawah saja.
2. Isi kolom Nomor HP (nomor tujuan), Isi Pesan (isi pesan kepada temanmu), dan isi hasil penjumlahan.

3. Jika semua sudah terisi, pilih Kirim Pesan pada kotak kecil di bawah iklan.
4. Tunggu SMS-nya masuk di nomor teman kamu.

Contoh SMS

Kelebihan

  1. Tidak perlu registrasi. Kamu bisa mengirim SMS tanpa harus login/mendaftarkan diri. Cukup memasukkan nomor HP, isi pesan dan verifikasi, kamu bisa mengirim SMS secara cuma-cuma.
  2. SMS langsung terkirim, hanya membutuhkan hitungan detik, SMS mendarat ke nomor tujuan. Penulis mencoba mengirim SMS ke nomor Telkomsel dan Axis.

Kekurangan

  1. Kamu tidak bisa memasukkan nomor HP dari kontak HP-mu. Jadi kamu harus manual memasukkan nomor HP temanmu.
  2. Tombol “Kirim SMS” cukup kecil, kamu harus dengan teliti dan jeli untuk menemukan tombol “Kirim SMS” karena tombol tersebut berada di antara banner banner iklan yang telah dipasang oleh pihak penyedia aplikasi.
  3. Tanda baca kadang tidak terbaca. Dalam artian, pada beberapa kasus, tanda baca tidak tercantum di SMS yang temanmu terima.
    Sebagai contoh seperti gambar.

Kesimpulan

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Sebenarnya ada banyak cara untuk mengirimkan SMS gratis dari internet. Apa yang penulis bahas di atas hanyalah beberapa contoh aplikasi yang menyediakan layanan SMS gratis. Jika kamu ingin melihat aplikasi mengirim SMS gratis lainnya, kamu bisa mencarinya di Google Play Store dengan kata kunci “SMS Gratis”.

Kamu bebas memilih mana yang paling cocok dengan selera kamu. Namun, selama ini penulis menggunakan aplikasi SMSin karena (menurut penulis) aplikasi SMSin yang paling cocok dan simpel. Selain bisa memasukkan nomor secara otomatis atau langsung dari kontak, dengan SMSin bisa melihat pesan terkirim dan pesan balasan dari teman kamu.

Apakah kamu sudah mencoba aplikasi di atas? Atau kamu punya aplikasi lain? Komen di kolom komentar untuk aplikasi yang lebih mudah digunakan, ya.

Andreas Aditya Yoga Prasasta

Nikmati apa yang ada, gak cuman yang seneng yang harus dinikmati. Yang susah pun juga harus dinikmati. Jika tak bisa dinikmati, cukup jalani

Tinggalkan Balasan