Telegram x vs telegram biasa? Mana yang lebih baik?

Telegram merupakan salah satu aplikasi messenger yang bisa dikatakan cukup unik jika dibandingkan aplikasi messenger pada umumnya.

Telegram memberikan berbagai macam fitur yang dapat kamu nikmati bahkan secara gratis sekalipun. Fitur yang dimaksud pun bukan hanya sticker gratis saja, akan tetapi juga  terdapat fitur menarik lainnya seperti auto sync, secret chat, dan lain-lain. Fitur-fitur tadi jarang dan bahkan beberapa diantaranya tidak akan kamu temui pada aplikasi chatting lainnya.

Adapun Telegram sendiri pada dasarnya menyediakan aplikasi resmi atau official yang dapat kamu unduh di playstore (untuk android). Namun tahukah kamu bahwa Telegram juga menyediakan aplikasi alternatif lainnya, yaitu Telegram X?

Telegram X ini juga merupakan aplikasi resmi. Namun bagaimana sih perbedaan antara kedua aplikasi ini? Berikut akan dijelaskan perbedaan antara Telegram reguler dan Telegram X.

Telegram x vs telegram biasa

Kita bisa tinjau perbedaan nya dari berbagai aspek. Aku harap diakhir artikel ini kamu bisa paham beda dari kedua aplikasi ini dan bisa memilih versi yang paling sesuai untuk kamu saat ini.

A. Ukuran aplikasi

Jika aplikasi messenger dan media sosial lainnya menyediakan versi mini atau lite dari versi originalnya, berbeda halnya dengan Telegram. Ukuran dari kedua aplikasi ini tidaklah berbeda jauh. Jika Telegram reguler menghabiskan 14 MB untuk diunduh, Telegram X menghabiskan data 15 MB untuk melakukan pengunduhan. Dalam pemakaiannya pun, kedua aplikasi ini menghabiskan memori hampir sama.

Jadi, mana yang lebih unggul? Dalam hal ukuran aplikasi, jawabannya adalah sama saja. Kedua aplikasi menghabiskan memori dengan besaran atau jumlah yang hampir sama. Jadi jika preferensimu adalah mengenai ukuran aplikasi, kamu dapat salah satu diantaranya.

B. Tampilan utama

Untuk Telegram reguler dan Telegram X, tampilan utamanya dapat kamu lihat pada gambar berikut.

Sekilas tidak ada perbedaan yang berarti untuk tampilan utamanya. Akan tetapi jika diperhatikan lagi kamu dapat melihat perbedaan oleh keberadaan jendela call pada Telegram X. Telegram X menambahkan jendela call untuk mempermudah penggunanya mencari riwayat panggilan. Dengan ini kamu juga dipermudah untuk melakukan panggilan baru.

Selain itu, kamu juga dapat mengatur tema, baik itu aplikasi Telegram reguler, maupun Telegram X. Untuk Telegram reguler sendiri, kamu dapat mengubah temanya menjadi blue, dark, dan dark blue. Sedangkan untuk Telegram X, pilihan tema yang dapat kamu pilih lebih beragam. Bahkan kamu dapat mengubah temanya menjadi berwarna merah, hijau, hingga pink.

C. Mode Malam

Sebenarnya fitur ini juga merupakan salah satu fitur yang tersedia pada Telegram reguler. Kamu dapat mengatur mode malam secara terjadwal maupun otomatis. Pada Telegram reguler, kamu dapat mengubah tampilan aplikasi menjadi mode malam dengan cara membuka pengaturan.

Sedangkan untuk Telegram X, kamu bisa langsung mengubahnya menjadi mode malam melalui halaman utama. Dengan Telegram X, kamu dapat mengubah tampilan menjadi mode malam kapanpun kamu mau. Caranya adalah cukup dengan menekan icon garis tiga pada ujung kiri atas layar, lalu tap night mode.

D. Kecepatan

Telegram X menawarkan pengalaman menjelajah yang lebih cepat dari versi original. Menurut pengalamanku dalam menggunakan kedua aplikasi ini, memang betul Telegram X lebih responsif dan lebih halus. Meskipun demikian, jika hanya memperhatikan secara sekilas, tidak ada perbedaan kecepatan yang berarti. Telegram reguler juga responsif, namun Telegram X lebih responsif lagi. Mengerti kan?

E. Penggunaan baterai

Selain itu, Telegram X juga mengklaim penggunaan daya yang lebih minim dibandingkan pendahulunya. Apakah betul demikian? Aku rasa, aku belum bisa menjawab pertanyaan ini secara pasti. Karena disini aku juga memakai beberapa aplikasi lain yang ternyata cukup signifikan menguras daya baterai.

aplikasi yang menguras penggunaan baterai

Sejauh ini, baik itu Telegram reguler maupun Telegram X tidak pernah masuk ke dalam 10 besar aplikasi yang banyak menguras baterai.

F. Fitur unggulan

Pada dasarnya, Telegram X menyediakan semua fitur-fitur yang tersedia pada Telegram reguler. Bahkan ada beberapa fitur pada Telegram X yang tidak terdapat pada Telegram reguler. Ini juga sekaligus bisa menjadi kelemahan dari Telegram versi reguler. Maka dari itu, disini aku hanya akan menjelaskan fitur unggulan dari Telegram X saja.

Adapun fitur-fitur tersebut akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Mode bebas gelembung. Bosan dengan tampilan chat pada Telegram reguler? Kamu bisa mengubah tampilan percakapan di Telegram X dengan cara menggunakan mode bebas gelembung.

mode bebas gelembung

Dengan ini kamu dapat merasakan pengalaman chatting yang lebih nyaman.

2. Fungsi geser. Dengan Telegram X, kamu dapat melakukan pergantian jendela dengan cara swap (geser layar). Cara ini sedikit lebih praktis jika dibandingkan dengan versi reguler dari Telegram. Karena kamu dapat berganti dari jendela chat ke penggilan hanya dengan satu kali swap.

Lalu, kamu juga dapat melakukan swap layar untuk melihat media yang dibagikan pada percakapan. Selain itu, sama dengan versi reguler, kamu juga dapat melakukan forward pesan dengan cara swap layar ke arah kiri.

3. Tap and hold. Ingin membaca chat tanpa harus membukanya? Dengan Telegram X, kamu bisa melakukannya. Dengan melakukan tap and hold (tap dan tahan), chat akan terbaca bahkan tanpa kamu membukanya. Menarik bukan?

tap and hold pada telegram x

G. Kelemahan Telegram X

Mungkin dari tadi kamu berpikir, kok dari tadi Telegram X terus yang diunggulkan sih? Atau kamu juga mungkin berpikir, terus apa dong kelebihan Telegram versi reguler?

Jika kamu melihat mana yang lebih banyak meraih popularitas di kalangan pengguna android, jawabannya adalah aplikasi Telegram reguler.  Angka download pada aplikasi Telegram reguler mencapai lebih dari 100 juta kali download. Sedangkan untuk aplikasi Telegram X angka downloadnya adalah sebesar lebih dari 10 ribu download. Perbedaan angka download ini bisa jadi dikarenakan tidak semua orang tahu bahwa terdapat aplikasi alternatif selain Telegram reguler.

Telegram X sendiri merupakan versi penyempurnaan dari Telegram versi reguler. Tujuan dari dibuatnya Telegram X sendiri adalah untuk menjelajahi batasan baru dalam kecepatan, kemudahan penggunaan, kualitas animasi, dan semua aspek lainnya. Oleh karena itulah ada beberapa fungsi di Telegram X yang tidak kamu temukan bahkan di aplikasi Telegram reguler.

Telegram X pada dasarnya lahir dari kontes pengembang android yang diadakan founder. Pemenang dari kontes tersebut kemudian menggunakan TDLib (Telegram Database Library) untuk membuat aplikasi yang bagus dengan fokus animasi yang lebih halus.

Meskipun demikian aplikasi Telegram X sebenarnya bersifat eksperimental dan tidak menggantikan aplikasi resmi yang ada. Hasil dari eksperimen Telegram X ini nantinya diharapkan dapat mempercepat Telegram dalam mengembangkan teknologinya.


Kamu dapat mengunduh aplikasinya sesuai concern dan kebutuhanmu. Kedua aplikasi tadi dapat kamu unduh secara gratis melalui playstore.

Untuk Telegram (reguler) kamu dapat mengunduhnya melalui link sebagai berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=org.telegram.messenger

Sedangkan untuk Telegram X kamu dapat mendownloadnya melalui link berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.thunderdog.challegram

Sekian itu tadi informasi mengenai perbedaan antara Telegram reguler dan Telegram X. Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk kalian, terutama para pengguna Telegram. Sampai jumpa lagi dan stay tuned untuk informasi menarik lainnya di Bukugue dot com.

Bye!

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan