Cara ganti tema Whatsapp untuk yang gaptek

Hai reader bukugue.com, sehat ya pastinya?

Kalau kamu sampai kelaman ini, itu artinya kamu pasti pengguna aktif whatsapp kan. Bosan dengan tampilan whatsapp yang gitu2 aja? Sini aku kasih triknya biar tiap hari WA kamu punya banyak sensasinya hehe.

Whatsapp memang gak sedia fitur default untuk ganti tema, tidak seperti telegram yang ada pengaturan temanya. Yang artinya kamu harus mengunduh pakai aplikasi khusus (Wa modded) supaya bisa ganti tema di whatsapp.

Apa sih WA Mod itu? Sedikit penjelasan mengenai aplikasi tersebut adalah aplikasi Wa official, yang diubah (di modded) oleh fans (modder). Sehingga aplikasi wa resmi tersebut telah di modifikasi sedemikian rupa dan menghasilkan fitur2 menarik yang tidak ada di WA resmi.

Tapi aplikasi ini tidak tersedia di playstore, aplikasi ini bisa kamu unduh dari website penyedia modder nya sendiri.

Jadi bagaimana cara mengubah tema whatsapp?

Ok sebelum masuk ke cara-caranya, alangkah baiknya jika kamu membaca terlebih dahulu artikel lengkap mengenai whatsapp mod di blog ini karena banyak penjelasan mengenai penginstall-an awal dari WA mod ini.

Pertama, Install salah 1 aplikasi wa mod.

WA mod bermacam-macam ya guys, ada fmwa, yowa, waplus, dll. Semua hampir sama ko, daripada kamu bingung nih aku rekomendasikan kamu coba WA mod developer by Fouad.

download fuad wa dari situs moddernya (tunggu 20 detik disana nanti di redirect ke download filenya di mediafire)

Download, lalu install aplikasinya. Ada banyak langkah penginstallannya. Terutama kalau kamu ingin memindahkan akun wa lama kamu ke aplikasi wa mod tsbt. Hal ini udah dibahas super detail dilaman ini : bukugue.com/whatsapp-mod

Kedua, setelah sudah install. Mari buka wa mod kamu.

Tap tool titik tiga dipojok kanan atas
Tap tool titik tiga dipojok kanan atas

Ketiga, pada laman chat tap tool titik tiga dipojok kanan atas. Lalu tap FouadMod.

Tap FouadMods
Tap FouadMods

Keempat, Kemudian tap menu YoTheme.

Tap menu YoThemes
Tap menu YoThemes

A. Tema dari aplikasi wa mod langsung

Setelah masuk ke menu yothemes akan kelihatan seperti dibawah ini. Pilih menu “unduh yothemes”.

Tap unduh YoThemes
Tap unduh YoThemes

5Pilih salah 1 tema kesukaan kamu. Tap saja gambar nya jika ingin melihat lebih jelas. Tap install, kemudian Ok.

Setelah itu back saja, kalau belum ter-apply, silahkan restart dulu. Di laman ini tap saja mulai ulang FMWhatsApp2.

Tap muat ulang FMWhatsApp2
Tap muat ulang FMWhatsApp2

Done, lihat perubahan tampilan whatsapp kamu, menarik bukan?

Jika sudah bosan kamu bisa pilih lagi tema yang lain. Nah, tema yang sudah tersedia di aplikasi hanya seperti itu saja, ada beberapa tema yang bisa kamu pilih nih, dengan download dari website mod-nya. Ok, lanjut ke cara yang kedua.

B. Tema dari website

Untuk tema dari website/link sendiri lebih banyak pilihan guys, dijamin cakep2 deh hehe. Tapi aku punya saran nih, kalau kamu punya telegram kamu bisa join channel yang tiap hari update tema WA mod khusus nya untuk whatsapp FouadMod dan YoMod. Jadi nanti tersedia banyak link tema WA, kamu bisa pilih tema apa aja yang update dan menarik. Ini channel nya guys @sammods, silahkan kalau mau join.

Download temanya

Berikut beberapa link download di channel sammods

Ini beberapa tema unik dari situs Yothemes.net. Ada banyak lagi sebenernya, aku hanya akan tambahkan beberapa yang populer aja disini, kalau kamu ingin lebih bisa cek situs yothemes.net

Ok, setelah kamu selesai download tema tersebut, berhenti dulu sampai langkah ini, karena file tersebut masih file zip jadi harus di ekstraksi dulu.

Ekstrak temanya

Silahkan kamu unduh terlebih dahulu di playstore aplikasi File Manager, kemudian buka aplikasi dan tap pengunduhan. Disini contohnya aku coba download tema kartun sapinho (channel sammods)

Nanti tertera file tema unduhan kamu, tap saja. Setelah itu tap ekstraksi semua.

Kemudian pilih saja pengunduhan, lalu tap ekstraksi ke sini.

File unduhan sudah di ekstraksi, maka nanti langkah selanjutnya lebih mudah guys. Ok mari lanjut langkah selanjutnya.

Install temanya

Masuk ke menu YoThemes, tap Muat Tema.

Tap muat tema
Tap muat tema

3Kemudian kamu scroll layar keatas pilih folder download. Lalu tap tema yang udah kamu unduh.

Done, otomatis tema kamu langsung berubah. Seperti ini contoh capture nya.

Bagaimana, mudah bukan? masih banyak lagi pilihan tema di website guys. Aku biasanya memang dapat dari channel @sammods di telegram jadi lebih mudah, disana gak hanya sedia link tema WA mod guys tapi juga banyak informasi terupdate tentang aplikasi modifikasi.

C. Tema (buatan sendiri) dari pengaturan aplikasi

Maksud nya mengubah tema dari pengaturan aplikasi itu gini guys, kalau kamu gak mau unduh tema dan ingin menggunakan warna simple, atau gambar/foto pilihan kamu sendiri, maka kamu bisa atur tema/tampilan WA dengan cara ubah pengaturan aplikasi.

Pertama, masuk dulu kebagian yosetting. Caranya udah dijelaskan diawal. Disini kamu bisa pilih menu Universal, Beranda, Layar percakapan.

Nanti kamu bisa mengubah warna dan gaya nya satu persatu disetiap menunya, sesuai keingin kamu, seperti capture di bawah ini:

Jika sudah di ubah sesuai keinginan kamu, silahkan back dan muat ulang FMWhatsApp.

Ok setelah sudah kamu edit pengaturan-nya baik Universal, beranda maupun layar percakapan, maka kamu bisa simpan hasil edit-an tersebut, dengan cara di menu YoThemes pilih simpan YoThemes.

Tap simpan YoThemes
Tap simpan YoThemes

Oh ya, kalau kamu ingin merubah semua tampilan/tema ke pengaturan awal silahkan masuk ke menu YoThemes lalu tap reset preferensi.

Tap reset preferences
Tap reset preferensi

Kesimpulan

Dari 3 cara yang udah aku jelaskan di atas, kamu bisa pilih cara mana saja. Semua mudah ko. Oh ya, untuk cara yang kedua yakni tema dari website, ada resiko nya dikit guys.

Sedikit cerita pengalaman aku nih. Aku gak tau ya di karenakan apa? Ntah HP aku yang udah jadul karena spesifikasi HP atau alasan lainnya, ketika 3x aku download tema yang berbeda dari link, selang 1 hari, aku gak bisa puter macam video diaplikasi apa saja, baik IG, FB, Youtube, Story WA.

Aku pikir jaringan lagi gangguan ya, tapi ko masih bisa chattingan. Aneh kan! Setelah aku fikir2, mungkin karena aku download tema untuk WA Mod. Akhirnya coba aku hapus semua unduhan baik di folder maupun history unduhan di browser terus aku matikan HP selama 2 menit.

Taraaa udah bisa puter video guys. Nah, aku ambil kesimpulan dari pengalaman aku itu. Kalau ada sedikit resiko sih sewaktu kamu pilih download tema dari link. Tapi besoknya aku coba download lagi tema lain, bisa dan tanpa kendala seperti itu, aku gak kapok ko guys buat coba terus haha.

Kalau nanti kamu coba dan kamu ngalamin ini, hapus saja temanya ya. Atau kamu bisa pakai cara yang pertama dan ketiga.

Ok, sekian tutorial kali ini, kalau ada tambahan bisa di kolom komentar, semoga bermanfaat. Terimakasih.

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan