Cara menggunakan 2 akun WhatsApp dalam 1 HP

Hallo reader, sehat ya?

Saat ini smartphone biasanya sudah rata-rata punya dua sim card slot. Iya kan? Lalu karena kita sudah biasa punya dua kartu, kita juga biasa punya banyak akun lain di aplikasi yang sama.

Misalnya punya dua akun gmail atau misalnya punya dua akun IG.

Tergantung kebutuhan kita saat ini, kita bisa saja butuh 2 akun whatsapp. Ini bisa saja terjadi, kalau kamu merupakan seorang pekerja/pebisnis, yang ingin memisahkan antara kerjaan dan keluarga.

Dan ini merupakan hal yang wajar, seperti akun twitter misalnya, kalau kamu seorang enterprenuer, itu biasanya minimal punya dua akun twitter. Satu akun pribadi tempat curhat dan komunikasi dengan sahabat, satu lagi akun bisnis/web/jualan kamu, yang memang khusus membahas jualan/jasa yang di jajakan oleh bisnis kamu.

Cara pakai 2 akun wa dalam 1 hp

Ok, lalu bagaimana caranya bisa pakai 2 akun wa dalam 1 hp?. Untuk caranya ada 3 cara ya. Aku akan jelaskan satu-persatu.

1. Aplikasi WhatsApp Business

Dengan menginstall Whatsapp Business, tanpa menghapus aplikasi wa lama kamu.Jadi nanti kamu punya 1 aplikasi wa normal, 1 lagi aplikasi wa bisnis.

1. Pertama unduh/download aplikasi WhatsApp Business di playstore. Search saja WhatsApp Bisnis, kemudian install.

Tap install
Tap install

2. Selanjutnya buka aplikasi Bisnis WA di menu ponsel kamu.

Buka aplikasi bisnis Whastspp di menu HP
Buka aplikasi bisnis Whastspp di menu HP

3. Setelah itu tap agree and continue.

Tap agree and continue
Tap agree and continue

4. Maka kamu akan di bawa ke laman mendaftar akun. Kurang lebih cara mendaftar akun bisnis ini sama dengan mendaftar whatsapp biasa. Sampai dengan tahap verifikasi, masukkan kode verifikasi melalui SMS.

5. Jika sudah berhasil mendaftar, kemudian edit nama profil. Untuk category pilih saja not a business (bukan bisnis).

6.Tampilan beranda chat bisnis whatsapp yang tidak banyak perbedaan seperti Wa biasa.

Laman chat whatsapp bisnis
Laman chat whatsapp bisnis

7. Tahap selesai, sekarang kamu sudah punya 1 akun baru di wa bisnis, sementara akun lama kamu di wa biasa masih tetap bisa dipakai barengan dengan akun baru.

2. Aplikasi multiple account (Parallel Space)

Ok, beralih kecara yang kedua yakni menggunakan aplikasi multiple account. Untuk multiple akun itu sendiri tersedia banyak aplikasinya di playstore, dan kamu bisa unduh gratis.

Jadi disini kita akan pakai parallel space. Fungsi aplikasi ini nanti men-copy/clone aplikasi wa lama kamu, lalu memisahkannya dan menginstall aplikasi clone tersebut diruang terpisah, sehingga kamu bisa punya dua aplikasi wa.

Satu aplikasi original, satu lagi aplikasi hasil clone oleh aplikasi parallel space.

Aplikasi parallel space ini bisa digunakan untuk clone aplikasi lain ya. Misalnya aplikasi BBM atau line, dll.

1. Silahkan kamu masuk ke playstore, install aplikasi Parallel space. Setelah selesai  kemudian buka menu parallel space di ponsel kamu.

Buka menu Parallel space di menu Hp
Buka menu Parallel space di menu Hp

2. Selanjutnya ketuk start, ceklis logo whatsapp lalu add to parallel space.

3. Muncul pop up permissions, tap saja accept. Setelah itu tap whatsapp dan masuk ke akun kamu.

4. Masuk ke aplikasi whatsapp hasil clone, lalu tap agree and continue.

Tap agree and continue
Tap agree and continue

5. Kemudian Masukkan nomor Hp kamu yang lain (yang beda dari nomor di wa lama), sampai tahap kode verifikasi whatsapp dan edit nama profil.

6.Ok, sampai disini kamu sudah bisa gunakan 2 aplikasi whatsapp dengan akun berbeda.

7. Jangan khawatir, walaupun mengunakan 2 aplikasi sekaligus kamu masih bisa menerima notifikasi jika ada inbox yang masuk ke whatsapp kamu. Selain itu kamu bisa setting whatsapp clone kamu jadikan shortcut di menu HP kamu, agar lebih mudah mengaksesnya. Dengan cara tap an hold (sentuh dan tekan)  whatsapp jangan di lepas, lalu geser wa tersebut ke arah creat shortcut. Lihat capture di bawah.

8. Sampai disini kamu sudah punya dua akun wa, satu diaplikasi lama (original), satu lagi diaplikasi baru hasil clone.

3. Aplikasi WhatsApp Mod

Cara yang terakhir agar bisa install 2 akun whatsapp sekaligus ini menggunakan whatsapp mod.

Sekilas mengenai aplikasi ini adalah aplikasi whatsapp modifikasi non resmi yang bisa kamu unduh dibeberapa website penyedia unduhan Wa Mod ini.

Dan ketika di install ke ponsel kamu, membutuhkan izin pengaturan aplikasi yang bersumber selain dari playstore.

Pengaturan keamanan
Pengaturan keamanan

Sebenarnya Wa Mod ini bermacam-macam guys, hanya saja aku merekomendasikan 1 aplikasi wa mod developer by Fouad (FMWhatsapp2)

Untuk tampilan nya tidak jauh berbeda dengan Whatsapp resmi, hanya saja ada konsekuensinya kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga ini. Aku udah singgung sedikit di artikel aku yang lain mengenai aplikasi ini, silahkan kamu bisa baca artikel tersebut.

Ok, langsung aja aku kasih tau caranya menginstall aplikasi ini.

1. Silahkan klik link ini untuk download aplikasi wa mod.

Tap download
Tap download

2. Sebelumnya, untuk pengaturan keamanan aplikasi silhakan ceklis setuju jika penginstall-an aplikasi bersumber selain playstore. Tampilan setting ponsel berbeda-beda ya guys, kalau kamu masih bingung silahkan cari di pengaturan ->keamanan.

Pengaturan keamanan
Pengaturan keamanan

3. Setelah itu, kamu buka aplikasi Wa Mod di menu ponsel kamu.  Lalu tap agree and continue.

Tap agree and continue
Tap agree and continue

4. Langkah selanjutnya sama seperti mendaftar akun whatsapp biasa. Masukkan nomor kamu-> diminta kode verifikasi. Kemudian jika berhasil masuk, di minta untuk edit nama profil, lalu next.

Edit nama profil, kemudian next
Edit nama profil, kemudian next

5. Selesai sudah tahap ini, kamu bisa gunakan 2 akun whatsapp berbeda dalam 1 ponsel, untuk tampilan dan penggunaan Wa Mod ini tidak jauh berbeda dengan Wa resmi, jadi kamu tak perlu bingung ya guys.

Kesimpulan dan saran

Tutorial diatas cukup mudah dan bisa memberikan solusi buat kamu yang mau install 2 akun whatsapp dalam 1 ponsel.

Untuk di jamin keamanannya aku saranin menggunakan cara pertama atau kedua aja guys, tapi kalau menggunakan parallel space bisa lebih banyak memakan memori Hp kamu dibandingkan dengan bisnis whatsapp.

Dan untuk cara yang ketiga, kurang aman karena aplikasi yang di install tidak bersumber dari playstore, tapi Wa Mod memiliki banyak fitur yang bisa kamu gunakan dan tidak ada di Whatsapp resmi.

Pilihan ada di tangan kamu, silahkan mencoba. Jika ada pertanyaan atau tambahan bisa dikolom komentar. Sekian terimakasih.

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan