Apa itu “Buat Tautan Panggilan” di WhatsApp? (Penjelasan lengkap)

WhatsApp kembali meluncurkan fitur baru bernama “Tautan panggilan” atau “Call Link”.  Fitur yang baru saja meluncur ini mendapatkan sambutan hangat bagi para pengguna WhatsApp.

Fitur ini memudahkan sekali untuk melakukan panggilan ke sesama pengguna WhatsApp tanpa harus menyimpan nomor kontak terlebih dahulu.

Hanya dengan membuat tautan panggilan dan mengirimkannya ke beberapa orang yang diinginkan, pengguna dapat langsung melakukan panggilan secara bersama-sama sekaligus. Bagi yang masih penasaran mengenai fitur baru ini, yuk simak pembahasannya lebih lanjut dibawah ini.

Jadi apa itu fitur “Buat tautan panggilan” WhatsApp

Fitur “Buat tautan panggilan” di WhatsApp ini seperti namanya, berfungsi untuk membuat sebuah tautan (link) yang bisa dibagikan dan dibuka oleh orang lain untuk bergabung ke panggilan grup dengan kita. Panggilan grupnya bisa diisi hingga 32 orang, sama seperti panggilan grup biasa.

Fitur ini menyediakan tautan terpisah antara panggilan video dan panggilan suara.

Langkah-Langkah membuat tautan panggilan WhatsApp

Untuk menggunakan fitur ini, pastikan kamu sudah meng-update WhatsApp kamu. Jika sudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Masuk ke WhatsApp kamu.
2. Buka tab “Panggilan”.

Pilih Tab "Panggilan"

3. Tap menu “Buat tautan panggilan”.

Pilih "Buat tautan panggilan"

4. Dihalaman “Buat tautan panggilan” ini tap pada menu “Jenis panggilan”.
5. Pilih jenis panggilan yang kamu butuhkan, dicontoh ini aku pilih menu “Suara”.

6. Jika sudah, saatnya membagikan tautan tsbt. Pilih salah satu metode, misalnya “Kirim tautan via WhatsApp”.

Pilih "Kirim tautan via WhatsApp"

Kamu juga bisa menggunakan “Salin tautan” atau “Bagikan tautan” untuk berbagi link kepada orang lain. Dengan memilih “Salin tautan” atau “Bagikan tautan”, kamu bisa mengirimkan link undangan tersebut ke aplikasi lain seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya.

7. Dihalaman berikutnya, kamu bisa pilih kontak yang akan kamu kirimi linknya.
8. Jika sudah, tap tombol “Panah” untuk langkah berikutnya.

Pilih kontak yang kamu inginkan

9. Selanjutnya tap tombol “Kirim”.

Pilih tombol kirim untuk mengirimkan link undangannya

10. Selesai. “Tautan untuk panggilan suara” kamu seharusnya sudah terkirim ke pengguna yang kamu bagikan.

Yang perlu dilakukan untuk berada dipanggilan tsbt

Kamu dan teman kamu perlu membuka link tadi dan menekan tombol “Bergabung” disana. Jadi bukan hanya teman kamu saja yang perlu buka linknya, kamu juga.

Kamu tidak harus membuka tautannya secara bersamaan, kamu bisa buka tautannya lebih dahulu, namun tentu saja, yang dulu membuka akan menunggu hingga ada teman lain (yang menerima tautan tadi) membuka tautan tsbt.

Contoh bergabung dan keluar dari Tautan panggilan WhatsApp

1. Untuk masuk ke panggilan tersebut, seseorang hanya perlu menekan tautan yang berwarna biru atau tombol “Gabung ke panggilan”.

Pilih "Gabung ke panggilan" untuk  bergabung

Sekali lagi, hal ini juga berlaku untuk pengirim link panggilan. Jika kamu sendiri mau masuk ke link panggilan yang sudah kamu buat, kamu tinggal menekan “Gabung ke panggilan” di chat teman yang kamu kirimi link tsbt.

2. Selanjutnya pilih menu “Gabung” untuk masuk ke dalam room panggilan

Pilih "Gabung" untuk bergabung dalam panggilan

3. Tunggu beberapa saat hingga ada teman yang masuk ke dalam panggilan tsbt.

Tunggu sampai peserta lain gabung dalam panggilan

4. Berikut tampilan ketika beberapa orang sudah masuk kedalam ruang panggilan.

Tampilan panggilan telepon ketika semua kontak sudah bergabung

5. Jika sudah selesai dan ingin mengakhiri panggilan tsbt, kamu bisa tap ikon “Tutup panggilan” yang berwarna merah.

Pilih ikon telepon berwarna merah untuk keluar dari panggilan telepon

Bolehkah sembarang membagikan tautan panggilan WhatsApp?

Kamu tidak perlu takut orang menelpon dan mengganggu kamu jika kamu salah bagikan tautan panggilan. Ini karena (sejauh percobaanku) tautan panggilan tsbt tidak memberikan notifikasi ataupun pemberitahuan apapun saat ada yang bergabung kedalamnya.

Namun tentu saja kamu tetap tidak bisa sembarang membagikan tautan tsbt karena hal ini bisa berpengaruh ke reputasi kamu.

Tautan panggilan WhatsApp tadi ibarat laman rumah kamu, orang-orang bebas berkunjung, namun jika ada terjadi sesuatu seperti perkelahian, maka tentu nama kamu kena imbasnya.

Jika sembarang membagikan tautan panggilan ini, orang yang bergabung bisa jadi orang yang tidak kamu kenal, tiba-tiba nimbrung, atau malah diam-diam mendengarkan percakapan kamu.

Tautan panggilan juga bisa digunakan meskipun kamu tidak sedang berada didalamnya, jadi sekali lagi jangan sembarang membagikan tautan tsbt.

Bisakah menghapus tautan panggilan lama dan menggantinya dengan yang baru?

Tautan lama tidak bisa dihapus, tapi kamu bisa kirimkan tautan panggilan yang baru ke teman-teman kamu, dan kamu bisa minta mereka untuk tidak menggunakan tautan panggilan lama.

Untuk membuat tautan panggilan yang baru, kamu hanya perlu mengganti jenis panggilan. Setiap kali kamu mengubah jenis panggilan, tautannya akan berubah. Misalnya awalnya kamu punya tautan panggilan video, ubah jenisnya ke panggilan suara, lalu kembali lagi ke jenis panggilan video.

Pilih Jenis Panggilan yang diinginkan

Tautan lama tetap bisa diakses dan bisa digunakan, namun dengan membuat tautan panggilan baru, kamu bisa minta teman untuk abaikan tautan lama dan fokus ke tautan baru.

Tautan bisa kadaluarsa jika tidak digunakan

Tautan panggilan bisa kadaluarsa, jika tidak ada seorangpun yang menggunakannya dalam waktu 90 hari. Yang ini berdasarkan informasi dilaman https://faq.whatsapp.com/, jadi aku sendiri belum mencobanya.


Itulah pembahasan singkat terkait fitur baru “Buat tautan panggilan” di WhatsApp.

Fitur ini masih sangat baru, bukan tidak mungkin kedepannya akan ada tambahan fungsionalitasnya ataupun cara kerjanya. Jadi jika kamu menemukan perbedaan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar kamu dibawah.


Mungkin sampai disini pembahasan kali ini. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *