Apa itu Folder Private WhatsApp?

Pernah buka folder WhatsApp di file explorer dan menemukan folder “private” didalamnya? Penasaran ini folder untuk apa dan apa fungsinya? Bolehkah dihapus, dan apa yang terjadi ketika foldernya dihapus? Itulah yang akan aku bahas disini.

Langsung saja simak pembahasannya.

Fungsi folder “Private” WhatsApp

Folder “Private” di WhatsApp adalah folder yang bertujuan untuk menyembunyikan apa yang ada didalamnya dari tampil di galeri. Jadi baik itu foto, video, dan file media lainnya tidak akan muncul digaleri jika masuk kedalam folder private ini.

Apa itu Folder Private WhatsApp? 1

Folder Private ini bisa kamu temukan dengan mudah di bagian Penyimpanan Internal > WhatsApp > Media > WhatsApp Images, seperti contoh diatas.

Selain di WhatsApp Images, folder ini juga bisa ditemukan di WhatsApp Documents, WhatsApp Audio, WhatsApp Animated Gifs, dan WhatsApp Video

jenis file yang bisa disimpan di folder private whatsapp

Dalam Folder Private akan terlihat file media yang kita disembunyikan ketika fitur Folder Private WhatsApp ini diaktifkan. Saat membuka folder juga akan terlihat file bernama .nomedia (mungkin bagi sebagian ponsel file ini tidak akan terlihat).

file .nomedia di folder private
file .nomedia di folder private

Keberadaan file .nomedia ini sangat penting karena berfungsi untuk memberitahu ponsel bahwa folder yang ditempatinya tidak memiliki media sama sekali sehingga membuat aplikasi seperti galeri tidak menampilkan media didalamnya.

Otomatis menyimpan media file ke folder private WhatsApp

Folder Private ini merupakan perpanjangan dari fitur yang ada di WhatsApp. Fitur tsbt adalah fitur menyembunyikan media dari galeri. Namun sebagai catatan, file media yang disembunyikan hanya berlaku bagi file baru yang kamu terima setelah kamu mengaktifkan fiturnya.

Untuk proses mengaktifkan fitur “Sembunyikan media” ini sebelumnya sudah dibahas dihalaman “Cara agar foto dan video yang diterima di WhatsApp tidak terlihat di galeri HP” Namun singkatnya, berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke menu “Setelan”

2. Lalu pilih menu “Chat”.

pilih menu chat

3. Geser tombol samping kanan “Tampilan Media” hingga berubah menjadi abu-abu

4. Selesai.

Selain menggunakan cara diatas, kita sebenarnya bisa saja memidahkan data lama secara manual ke folder private supaya tidak tampil di galeri telepon. Meski cukup ribet tapi jika kamu mempunyai banyak waktu tidak ada salahnya mencoba.

Namun sayangnya, jika kita menonaktifkan fitur ini, file media yang sudah masuk ke Folder Private WhatsApp tidak bisa keluar secara otomatis. Sehingga jika kamu perlu file media tersebut tampil di galeri perlu memindahkannya sendiri secara manual.

Menghapus folder “Private” WhatsApp

Penasaran ingin menghapus folder private di WhatsApp? Apakah aman dihapus? Dibawah akan dijelaskan lebih detail konsekuensi penghapus folder ini, namun kita akan bahas dulu bagaimana cara menghapus foldernya.

Berikut langkah-langkah menghapus folder private WhatsApp.

Catatan : Disini aku menggunakan aplikasi Files by Google, umumnya tersedia secara default di Android. Jika tidak ada, silahkan install dari playstore.

1. Tekan dan tahan pada folder “Private” yang ingin dihapus.
2. Pilih menu “Delete Permanently”.

3. Muncul pertanyaan konfirmasi, tekan “Delete”

Apa itu Folder Private WhatsApp? 14

4. Selesai, seperti yang bisa dilihat folder “Private” sudah hilang.

Apa itu Folder Private WhatsApp? 16

Folder ini akan otomatis dibuat lagi saat ada file media yang masuk ke chat kamu. Jadi tidak perlu takut menghapusnya karena tidak akan merusak aplikasi WhatsApp kamu.

Namun hal ini bukan berarti tanpa konsekuensi, tentu ada konsekuensi. Saat kamu menghapus folder “Private” ini, file media yang berada didalamnya ikut terhapus, dan akibatnya media tsbt akan menghilang dari chat kamu. Berikut contohnya ketika aku menghapus folder tsbt, gambarnya menjadi seperti belum didownload dan perlu didownload ulang.

Apa itu Folder Private WhatsApp? 18

Semoga artikel dapat membantu, jika ada langkah-langkah yang kurang dimengerti jangan ragu untuk bertanya lewat kolom komentar dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *