Apa itu shareloc, serlok, atau sherloc? Mana Penulisan Yang Benar?

Shareloc dong,” Kita pasti pernah mendengar frasa tersebut, bukan? Yap, share loc sepertinya sudah sangat lumrah digunakan saat ini.

Akan tetapi, apakah kamu tau arti dari share loc ini? Agar kamu ga kesulitan dan bingung semisal ada yang minta share loc ke kamu. Yuk simak penjelasan singkat berikut ini!

Apa itu shareloc, serlok, atau sherloc?

Shareloc, serlok, atau sherloc adalah singkatan dari Share location, yang artinya adalah “Bagikan lokasi”, “Kirim Lokasi”. Sederhananya, share location ini merupakan fitur yang tersedia di berbagai media sosial yang memungkinkan seseorang untuk mengirimkan lokasinya kepada orang lain.

Nantinya, lokasi yang kamu bagikan tadi akan muncul didalam peta yang terlihat diaplikasi yang digunakan untuk membagikan lokasi tadi.

Bagaimana penulisan yang benar?

Nah kenapa ada banyak jenis cara penulisan share location ini? Ini karena, share location sendiri adalah bahasa Inggris, dan bahasa Inggris pada umumnya berbeda antara penyebutan dan penulisannya.

Untuk penulisan yang benar seharusnya adalah “Share loc” mengingat yang disingkat disini hanya “location” menjadi “loc“. Selain itu kata “share” dan “loc” memang sebaiknya dipisah, karena ini dua kata yang berbeda.

Namun jika kamu melihat ada teman yang menggunakan “shareloc“, “sharelok“, dan “serlok”, jika kamu paham makna-nya, maka tidak masalah.

Namun sebaiknya ingatkan teman tsbt untuk menggunakan kata “share loc” atau “shareloc”, karena ini yang lebih umum dipakai, dan bisa dimengerti orang dengan mudah.

Fitur Share loc di berbagai aplikasi chatting dan sosmed

1. Fitur Share loc dalam WhatsApp, Aplikasi Sejuta Umat

WhatsApp mungkin adalah aplikasi yang paling banyak digunakan sekarang. Tak heran, banyak pula yang menggunakan fitur share loc di aplikasi ini. Jika kamu ingin tau lebih detail mengenai fitur shareloc di WhatsApp, silahkan baca laman bukugue.com/cara-share-lokasi-di-whatsapp/

2. Fitur Share loc di Telegram. Emang Ada?

Aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengirim file sebesar 2GB ini juga terbukti multifungsi. Pasalnya, kamu juga dapat menggunakan fitur share loc di dalamnya. Baca lebih lanjut disini bukugue.com/cara-share-lokasi-di-telegram/ jika kamu tertarik.

3. Fitur Share loc di Signal, Aplikasi yang Paling Menghargai Privasi Penggunanya

Semenjak terdengar isu kontroversial yang menimpa WhatsApp, orang pun berbondong-bondong mengunduh Signal. Yakni aplikasi yang menawarkan privasi paling maksimal di antara media chatting lainnya.

Pun menurutku, tampilan share loc di Signal ini adalah yang paling elegan jika dibandingkan dengan fitur ‘bagikan lokasi’ di WhatsApp maupun Telegram.

4. Fitur Share loc di Line

Line juga merupakan salah satu aplikasi chatting andalan kawula muda. Di dalamnya juga ada fitur share loc lhoo! Udah nyoba belum?

5. Fitur Share loc dalam Facebook Messenger

Kalau yang satu ini kayaknya jarang sih ya digunakan untuk nge-share loc. Para user (biasanya pelapak online), menggunakan Facebook Messenger sekadar untuk menjawab pertanyaan mainstream calon pembeli, “Harganya berapa ya, Kak?” atau “Boleh nego ga, Kak”.

Kalau sudah klop. baru deh lanjut di WA untuk share loc. Ya gaa tuhh? Hehe. Tapi kalau kamu ingin menggunakan fitur ‘bagikan lokasi’ di Facebook, bisa juga kok; berfungsi dengan baik.

6. Bisa Ga Sih Share loc pake Kakao Talk? Bisa dong!

Di kalangan K-Popers, Kakao Talk masih ramai digunakan lho. Dapet info dari temen yang fanatik K-Pop, katanya sih Kakao Talk ini mirip sama Line. Tapi versi Koreanya.

Faktanya, Kakao Talk memang merupakan aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di Korea Selatan. Seperti berbagai jenis apps yang telah disebutkan di atas, Kakao Talk juga menyediakan fitur share loc di dalamnya.


Itulah tadi penjelasan singkat mengenai definisi, kepanjangan, dan juga asal kata dari share loc. By the way, aplikasi apa nih yang paling sering kamu gunakan saat ini? Ada fitur share loc-nya ga tuh? Hehe. Kalau ga ada, yuk segera pindah menggunakan aplikasi yang udah disebutin di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa di-share ya, Sob!

Terbit :

Terakhir Update:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *