Cara mengatasi masalah sinkronisasi Gmail di Android

Gmail merupakan platform berkirim surat secara elektronik yang dikembangkan oleh Google. Surat elektronik buatan google ini bisa dibilang sebagai yang terbesar dibandingkan dengan platform lain yang bahkan sudah ada sejak sebelum Gmail lahir. Cara membuat email gmail yang mudah dan penggunaannya yang sangat simple menjadikan Gmail banyak disukai oleh penggunanya dalam berkirim surat elektronik.

Seiring dengan perkembangan jaman, fitur fitur yang disediakan oleh Gmail terus bertambah. Sehingga pengguna semakin dimanjakan dengan kemudahan dan berbagai fitur menarik lainnya dalam berkirim pesan.

Meskipun begitu, berbagai permasalahan kerap muncul pada gmail. Masalah ini terutama apabila gmail digunakan di HP Android dengan menggunakan aplikasi. Sedangkan apabila digunakan di desktop atau digunakan pada google chrome masalahnya tidak terlalu banyak.

Nah kali ini aku akan membahas beberapa masalah terkait sinkronisasi Gmail yang sering terjadi pada saat menggunakan aplikasi Gmail di Android. Kemudian setelah itu akan aku bahas juga beberapa cara mengatasi masalah sinkronisasi otomatis Gmail. Tulisan ini dikembangkan dari sumber resmi Google.

Admin note : Oke, sebelum mulai, ada baiknya kamu tau, apa itu sinkronisasi, kenapa masalah baru akan muncul jika sinkronisasi bermasalah. Istilah sinkronisasi sendiri tidak hanya digunakan di email, tapi juga digunakan di kehidupan nyata dan juga digunakan diberbagai aplikasi yang ada kaitannya dengan internet.

Berdasarkan kbbi, sinkronisasi adalah perihal menyinkronkan; penyerentakan;

Untuk hal yang berkaitan dengan aplikasi dan dunia internet, dari yang aku ketahui, Sinkronisasi itu adalah proses pertukaran dan penyamaan data antara 2 perangkat berbeda. Sebagai contoh, sinkronisasi gmail di hp android itu proses donwload dan upload data antara hp kamu dan server google, agar data/email yang kamu baca dan kirimkan di hp dan di browser komputer kamu bisa sama.

Apa yang terjadi apabila sinkronisasi otomatis bermasalah

Jika sinkronisasi Gmail di HP Android kamu mengalami masalah maka akan mengakibatkan beberapa hal yang berkaitan dengan aktivitas kamu berkirim dan menerima email. Berikut ini adalah beberapa akibat yang akan kamu rasakan.

1. Tidak bisa mengirim email atau macet

Mengirim email menggunakan HP memang simpel karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun terkadang ketika mengirimkan email terjadi galat dan pesan tidak terkirim.

2. Tidak dapat menerima kiriman email baru

Ketika kamu memeriksa email melalui laptop atau Google Chrome terdapat email masuk, tetapi ternyata di aplikasi Gmail tidak ada, berarti ada masalah dengan aplikasi kamu. Kamu terkadang juga menjadi tidak bisa membuka inbox email melalui HP. Nah ini tentu saja akan merepotkan karena membuat kamu menjadi tidak tahu email terbaru yang seharusnya bisa segera dibuka.

3. Tidak dapat membuka atau membaca email

Ketika membuka email terkadang memang terdapat pemberitahuan bahwa Gmail sedang memproses untuk membuka email. Nah sayangnya ketika proses ini terkadang juga mengalami masalah tidak bisa terbuka. Selain itu lampiran yang ada juga terkadang tidak dapat di download langsung melalui aplikasi gmail.

4. Terdapat peringatan ‘akun tidak disinkronkan’

Nah inilah masalah utama yang akan kita bahas kali ini. Masalah ini seringkali sangat mengganggu penggunanya. Hal ini karena bukan saja tidak bisa melakukan pengiriman dan penerimaan email, tetapi notifikasi dari peringatan ini terus terusan muncul di halaman android. Peringatan ini biasanya tidak bisa di swipe, atau kalaupun bisa di swipe maka notifikasi akan terus kembali muncul.

Hal ini tentu saja sangat mengganggu, dan sayangnya untuk menghilangkan pemberitahuan ini tidak banyak yang tahu. Masalah ini muncul biasanya apabila email baru saja diganti password melalui laptop atau google chrome, sehingga menuntut kamu untuk login ulang.

5. Aplikasi gmail lemot

Masalah lain yang mungkin dihadapi oleh pengguna gmail adalah masalah gmail lemot. Masalah ini mestinya tidak bersumber dari Gmailnya tetapi masalah pada smartphone yang kamu gunakan.

Nah sekian tadi beberapa masalah yang mungkin muncul akibat dari sinkronisasi otomatis gmail yang gagal. Oleh karena itu kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini agar aplikasi email kamu dapat digunakan secara lancar kembali.

Cara mengatasi masalah sinkronisasi Gmail

Walaupun pemecahan masalah ini tergolong mudah, tapi untuk pemula yang tidak tau, ya jelas susah. Sinkronisasi lama atau bahkan gagal sinkron, itu bisa diatasi dengan beberapa langkah mudah dibawah ini.

1. Update aplikasi gmail

Aplikasi gmail yang tidak update, bisa menimbulkan masalah, karena memang biasanya update aplikasi tidak hanya berkaitan dengan faktor keamanan (bug fix), bisa juga masalah kinerja.

Update Gmail bisa kamu lakukan secara langsung di aplikasi. Hal ini karena pada bagian menu Gmail memberikan pilihan untuk meriksa versi dan kemudian menawarkan untuk melakukan update aplikasi. Apabila di bagian menu tidak terdapat tawaran untuk update aplikasi maka kamu bisa masuk ke Google Play Store kemudian melakukan update secara manual.

Setelah update coba periksa apakah email sudah bisa berfungsi atau belum. Sebaiknya update aplikasi ini dilakukan secara otomatis setiap ada update dari Google sehingga kamu tidak perlu update manual.

2. Restart HP kamu

Melakukan restart Hp merupakan cara yang sangat simple tetapi bisa menyelesaikan banyak masalah di android. Dengan melakukan restart maka seluruh sistem hp akan dimulai ulang. Sehingga apabila sebelumnya terdapat bug/glitch pada sistem akan bisa diatasi.

Nah apabila gmail kamu mengalami masalah sinkronisasi coba matikan kemudian hidupkan ulang hp kamu. Setelah itu kemudian periksa apakah gmail sudah bisa berfungsi seperti semula atau belum. Jika sudah, maka kamu tidak perlu melakukan  pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan apabila belum, coba lakukan langkah langkah lain di bawah ini.

3. Periksa pengaturan android

Hal hal ini terkadang sepele, tetapi bagi pengguna android pemula sering tidak sadar melakukan kesalahan. Kalau kamu sudah setiap hari menggunakan smartphone dalam waktu panjang mungkin sudah hafal tetapi kalau yang masih baru baru mungkin belum paham.

Misalnya adalah mode pesawat aktif. Dengan mode pesawat aktif maka aplikasi email tidak akan berfungsi karena membutuhkan koneksi internet untuk sync-nya. Atau masalahnya ada di koneksi internet. Jika paket data sudah habis atau masa aktifnya sudah lewat maka internet tidak bisa digunakan, nah ini tentu akan menjadi masalah sinkronisasi email. Jika kamu menggunakan wifi umum, periksa barangkali membutuhkan login terlebih dahulu.

Masalah pengaturan yang lain adalah mengenai sinkronisasi Gmail. Untuk memeriksanya kamu harus masuk ke aplikasi Gmail kemudian pilih menu setelah. Selanjutnya pilih akun yang bermasalah dan pastikan bahwa kotak disamping tulisan sinkronkan gmail sudah dicentang.

Masalah sinkronisasi yang lain bisa kamu periksa dengan masuk ke pengaturan telepon. Selanjutnya pilih pilihan pengguna dan akun. Kemudian aktifkan pilihan sinkronkan data secara otomatis. Dengan melakukan pengaturan ini seharunya gmail sudah berfungsi dengan baik kembali.

4. Bersihkan memori internal

Apabila memori internal kamu penuh, maka Gmail tidak bisa melakukan sinkronisasi. Hal ini karena sinkronisasi membutuhkan memori dan tentu saja untuk menerima email memerlukan memori. Memori yang penuh juga akan memengaruhi hampir seluruh sistem yang ada pada smartphone sehingga tidak akan berjalan dengan baik.

Untuk melakukan penghapusan memori kamu bisa melakukan uninstal aplikasi yang lain. Jika tidak, hapus file file yang tersimpan di dalam memori atau melakukan backup ke komputer. Pilihan untuk menghapus memori internal yang lain adalah dengan menghapus file file yang di download melalui google play store, misalnya musik, buku, film, acara tv dan lain sebagainya.

5. Periksa password Gmail

Salah satu masalah utama ketika terdapat notifikasi kesalahan sinkronisasi yang tidak bisa dihilangkan adalah karena kesalahan password. Biasanya masalah yang muncul adalah notifikasi nama pengguna dan sandi tidak diterima, kredensial tidak valid ataupun kamu diminta untuk memasukkan username dan kata sandi berulang ulang.

Misalnya kamu sudah mengganti password melalui laptop, maka otomatis akan dianggap kesalahan login di HP. Nah untuk itu kamu perlu memeriksa apakah hal ini memang terjadi. Kemudian lakukan pemecahan masalahnya.

Pertama kamu bisa melakukan login ulang menggunakan nama pengguna dan password yang baru saja kamu ganti. Jika itu tetap tidak bisa menyelesaikan masalah, kamu bisa menghapus terlebih dahulu akun kamu dari android. Caranya kamu masuk ke pengaturan smartphone kemudian pilih akun. Sleanjutnya pilih akun mana yang bermasalah. Selanjutnya hapus akun tersebut. Baru setelah itu kamu bisa login kembali melalui gmail.

6. Hapus data Gmail kamu di aplikasi

Cara ini dilakukan sebenarnya untuk menghilangkan adanya kemungkinan bug yang terjadi. Sehingga setelah menghapus data mestinya aplikasi gmail sudah akan berjalan normal kembali. Cara melakukannya adalah dengan masuk ke pengaturan smartphone. Selanjutnya pilih apl/apk/aplikasi dan pilih aplikasi gmail. Selanjutnya klik pilihan hapus data dan tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan ini selesai. Kemudian coba buka kembali aplikasi gmail dan login, seharusnya sudah normal kembali karena datanya baru saja dimulai ulang.

Admin note : Data yang di hapus ini adalah data aplikasi gmail di smartphone kamu, artinya setelah data dihapus, gmail akan melakukan sinkronisasi ulang dari awal lagi, dan biasanya akan memakan waktu jika inbox kamu padat. Jadi yang dihapus hanyalah data di hp kamu yang didownload dari server gmail.

Nah sekian tadi beberapa masalah dan cara mengatasi masalah sinkronisasi Gmail yang sering terjadi di hp android. Kamu bisa mencoba melakukan langkah langkah di atas dan menemukan cara terbaik untuk melakukan sinkronisasi otomatis agar gmail bisa digunakan kembali dengan lancar di hp kesayangan kamu.

Seharusnya dengan mecoba satu atau dua langkah saja gmail sudah akan berfungsi kembali. Namun jika belum juga berhasil, kamu bisa menuju ke langkah yang hapus data gmail sebagai langkah terakhir dan yangmenurutku menjadi langkah terbaik. Sekian dulu bahasan kali ini, semoga masalah yang kamu hadapi segera selesai. Semoga bermanfaat.

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar