Cara mengatasi Beranda atau Kabar Berita Facebook tidak Muncul

Sampai saat ini facebook masih menjadi salah satu media social yang memiliki banyak sekali pengguna di seluruh dunia. Walaupun begitu bukan tidak mungkin terjadi error saat kamu mengakses facebook.

Kesalahan bisa saja berasal dari facebook sendiri, mungkin ada bug di system sehingga bisa error, tapi kemungkinannya kecil sekali karena mereka pasti udah lakuin banyak test sebelum fitur/update di luncurkan. Dan lebih besar kemungkinan kesalahannya ada di kita (perangkat kita).

Salah satu masalah yang sering di hadapi oleh pengguna media social ini adalah blank atau beranda yang kosong. Atau bahkan tidak jarang facebook kita sering mengalami error sekedar tidak bisa di buka.

Mungkin diantara temen-temen banyak yang mengalami hal yang sama dengan saya saat membuka facebook pertama kali tiba-tiba beranda kita tidak muncul status dan terlihat kosong padahal kita baru saja menggukan aplikasinya beberapa jam sebelumnya.

tampilan normal
tampilan normal

Tetapi setelah kita keluar dan masuk lagi di waktu yang berbeda facebook kita tiba-tiba terlihat blank seperti ini. Atau terlihat kosong dengan layar putih saja. Mungkin permasalahan seperti ini sering kita temui saat kita membuka facebook kita di browser pencarian online atau di warnet. Tetapi tak jarang juga hal seperti ini terjadi di hp kita/ di aplikasi facebook kita.

facebook kosong
facebook kosong

 

Masalah seperti ini kadang bisa di selesaikan dengan mudah hanya dengan beberapa langkah simple dari perangkat kalian. Berikut akan dijelaskan beberapa cara standard yang bisa digunakan untuk mencoba mengatasi masalah serupa.

Ok gak usah panjang lebar langsung aja kita masuk pada permasalahan yang kita hadapi.

Mengatasi Beranda Facebook yang Blank atau Kabar Berita tidak Muncul

Facebook yang kosong di sini maksudnya adalah beranda facebook kita sendiri yang terlihat blank atau tidak muncul status-status yang pernah kita post. Masalah seperti ini bukan berarti status-status yang pernah kalian post itu hilang melainkan ini hanya error bug yang tidak permanen.

A. Coba login dengan aplikasi/browser lain

  1. Langkah yang pertama adalah kalian dapat membuka facebook dengan browser. ya saya menyarankan agar kalian membuka facebook kalian dengan browser jangan menggunakan aplikasi facebook. Di sini kalian dapat menggunakan browser apapun bisa mengunakan opera mini, google chrome, firefox, ataupun uc browser tapi kali ini saya menggunakan google chrome.

    browser
    browser

  2. Setelah itu kalian bisa ketikan pada kolom pencarian yang ada di bagian atas “facebook.com”. Lalu tekan enter.

    Url pencarian
    Url pencarian

  3. Setelah kalian masuk menggunakan alamat facebook.com maka kalian akan di bawa ke halaman sepeti di bawah ini. Halaman seperti ini biasanya di gunakan pada browser yang ada di computer.

    facebook komputer
    facebook komputer

  4. Setelah itu kalian tinggal masuk ke facebook kalian masing-masing sdengan cara menuliskan alamat email dan password kalian.

    email dan password
    email dan password

  5. Nah setelah kalian masuk maka tampilanya seperti ini. Tampilan seperti ini umumnya seperti tampilan yang ada pada computer.
    tampilan komputer
    tampilan komputer

    Nah mudahkan cara mengembalikanya hanya dengan masuk ke facebook dengan menggunakan browser yang menggunakan system koneksi pencarian yang aman karena biasanya menggunakan aplikasi facebook sering terjadi kesalahan-kesalahan yang mana saya juga tidak tahu apa sebabnya dengan jelas.

B. Coba bersihkan data aplikasi facebook

Jika di langkah pertama kalian harus masuk ke facebook menggunakan browser langkah yang kedua ini kalian bisa masuk ke menu pengaturan aplikasi facebook yang ada di management aplikasi di hp kalian masing-masing dan menghapus data aplikasi facebook.  Ok langsung aja ke tutorialnya.

  1. Silahkan masuk ke pengaturan yang ada di hp kalian kalian.

    pengaturan
    pengaturan

  2. Setelah kalian masuk ke pengaturan. Kalian bisa pilih manajer aplikasi.

    manajer aplikasi
    manajer aplikasi

  3. Setelah kalian masuk ke manajer aplikasi kalian cari dan plih aplikasi facebook yang kalian gunakan, apakah kalian menggunakan facebook lite atau facebook yang lainya.

    facebook
    facebook

  4. Setelah kalian masuk ke aplilkasinya maka tampilanya seperti ini. Lalu kalian pilih hapus data.

    hapus data
    hapus data

  5. Setelah kalian memilih hapus data lalu kalian bisa masuk kembali ke facebook kalian dengan memasukan email dan password kalian.
    masuk ulang
    masuk ulang

    Memang biasa setelah kalian menghapus data maka kalian bisa masuk kembali ke facebook dengan aplikasi yang sudah kalian install tapi kalian harus memasukan ulang email dan kata sandinya karena hapuas data ini seolah-olah seperti kalian merefres kembali apliaksi facebook kalian.

C. Paksa berhenti (force close) dan hapus data aplikasi

Cara yang ketiga ini memang bisa di katakan hampir sama seperti kata yang kedua tetapi sedikit berbeda. langsung ke caranya.

  1. Masuk ke pengaturan.

    pengaturan
    pengaturan

  2. Lalu masuk ke manajer aplikasi. Lalu masuk ke aplikasi facebook.

    facebook manajer
    facebook manajer

  3. Lallu kalian pilih icon paksa berhenti.
    paksa berhenti
    paksa berhenti

     

    masuk kembali
    masuk kembali

    Cara yang ketiga ini memang bisa di bilang sangat manjur karena memaksa aplikasi untuk berhenti berjalan di dalam android kita. Setelah kalian memberhentikannya kalian bisa masuk kembali ke aplikasi dengan memasukan email dan sandi kalian. Kebanyakan dengan menggunakan cara yang ketiga ini sangat membantu dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

D. Hapus aplikasi dan install ulang

Cara yang keempat adalah mencopot aplikasi dari hp kalian atau Bahasa kerenya menguninstall aplikasinya. Saya lebih suka mencopotnya lewat manajer aplikasi dari pada dengan menekan dan menahan lalu menghapusnya. Ok langsung aja ke caranya.

  1. Masuk ke pengaturan hp android kalian masing-masing.

    pengaturan
    pengaturan

  2. Setelah kalian masuk ke pengaturan. Silahkan kalian masuk ke manajer aplikasi.

    manajer aplikasi
    manajer aplikasi

  3. Setelah itu kalian masuk ke facebook. Lalu kalian klik icon hps instalan.

    hapus instalan
    hapus instalan

  4. Setelah kalian hapus instalan facebook kalian. Lalu kalian masuk google play.
  5. Lalu kalian ketik di kolom pencarian facebook. Lalu kalian bisa mau memilih facebook messenger atau facebook lite. Setelah tinggal kalian install aplikasi facebooknya.karena saya sudah menginstallnya sekarang tinggal buka.

    buka aplikasi
    buka aplikasi

  6. Setelah kalian membukanya kalian tinggal masuk menggunakan email dan password kalian masing-masing.

    masuk facebook
    masuk facebook

Kenapa di cara yang keempat ini kalian harus menghapus dan menginstallnya kembali, tidak langsung mengupdatenya jika memang aplikasinya sudah usang di makan jaman.

Ya menghapus dan menginstallnya kembali menurut saya lebih efisien karena biasanya memang banyak data-data yang menumpuk yang belum sempat kita hapus sehingga nanti setelah kita update aplikasinya ternyata membuat hp kita lemot karena datanya menumpuk.

Kan gak enak banget klo mau facebook-an, eh ternyata cuma muter-muter aja dan lama banget masuknya hehehe.

jadi menurut saya lebih baik untuk menginstalnya kembali agar aplikasi facebook yang kita gunakan lebih fresh seperti baru lagi.

Yudha note : Point penting nya disini menurutku adalah kalau errornya dari system fb, kita ga bisa apa2, tinggal tunggu aja admin dan pihak support fb melakukan update dari pihak mereka. Tapi kadang masalahnya ada di hp atau perangkat kita sendiri. Mungkin karena kebanyakan cache/data fb yang belum dibersihkan, atau mungkin ada konflik antara aplikasi fb dgn aplikasi lain. Dan ini bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana seperti diatas.

Aku juga menambahkan, 1 cara lagi. Yaitu restart perangkat kalian. Kadang kita ga sadar, ponsel kita udah dipake sebulan dua bulan tanpa pernah di restart, sementara aplikasi yang kita buka setiap hari cukup banyak, kadang dengan restart aja banyak masalah2 seperti ini yang bisa terlesaikan.

Ok sekian dulu tutorial dari saya semoga tutorial ini dapat sedikit membantu permasahan kalian.

Share woy :D

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan