Cara agar stories facebook kita tidak bisa dibagikan ulang

Jika kalian pengguna aktif facebook, rasanya tidak mungkin tidak tau fitur “stories” atau “cerita” di facebook. Pasti kalian sudah sering kan pakai fitur ini.

Yang jadi masalah adalah, stories di facebook bisa dibagikan ulang oleh pengguna lain.

Karena tidak semua orang suka jika postingan stories-nya dibagikan dan dishare ke orang lain yang tidak dikenal, ataupun khalayak umum. Mereka merasa khawatir hal ini bisa menimbulkan masalah.

Maka dari itu saya akan membagikan tutorial bagaimana caranya kalian bisa “menghentikan” pengguna lain untuk membagikan stories kalian.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa ada pengaturan untuk hal ini di facebook. So, silahkan simak baik-baik langkah dibawah ini.

Cara setting stories facebook supaya tidak bisa dibagikan ulang oleh pengguna lain

Sebelum menonaktifkan fitur berbagi stories ini. Alangkah baiknya kalian mengubah dulu bahasa yang kalian gunakan di facebook, karena ditutorial ini facebook saya menggunakan Bahasa Indonesia. Jadi mungkin akan sedikit membuat bingung jika diaplikasi kalian menggunakan Bahasa Inggris atau Bahasa yang lain.

1. Buka aplikasi facebook yang ada di smartphone kalian masing-masing. Setelah berada di halaman beranda kalian klik “icon garis tiga” yang ada di pojok kanan atas.

masuk opsi garis tiga

2. Setelah itu akan muncul menu seperti biasa. Disini kalian scroll dan cari bagian “pengaturan dan privasi” yang berlogo gir. Tap menu tsbt.

masuk ke menu pengaturan & privasi

3. Setelah itu akan muncul dropdown beberapa pilihan menu baru dibawahnya. Disini kalian pilih “pengaturan”.

masuk ke menu pengaturan

4. Setelah kalian masuk ke halaman “pengaturan”, scroll kebawah hingga menemukan subbagian “Cerita” dan opsi “pengaturan cerita” seperti gambar dibawah ini. Tap menu “Pengaturan cerita” tersebut.

masuk ke pengaturan cerita

5. Setelah kalian masuk kemenu “pengaturan cerita”. Kalian akan di bawa kehalaman seperti dibawah ini, disini ada beberapa piliahan, kalian pilih saja menu “Opsi Berbagi”.

masuk ke menu opsi berbagi

6. Setelah kalian masuk ke opsi berbagi. Maka akan terlihat dua pilihan menu opsi. Disini kalian pilih menu “izinkan orang lain untuk membagikan cerita public anda ke ceritanya sendiri“.

masuk ke opsi pengelolaan cerita

7. Setelah itu kalian akan dibawa kelaman seperti ini. Disinilah kalian bisa men-setting stories kalian supaya tidak bisa dishare ulang oleh orang lain. Dilaman ini kalian pilih “Tidak”.

klik pilihan tidak

8. Setelah kalian klik “Tidak” tadi, maka kalian akan otomatis kembali ke menu awal yang menandakan kalian sudah berhasil mengubah pengaturannya.

jika berhasil akan kembali ke halaman semula

9. Selesai.

Mungkin stories bagi sebagian dari kita adalah hal yang wajar untuk dibagikan kepublik, tapi bagi sebagian yang lainnya, stories merupakan konsumsi teman atau teman dekat saja, sehingga tidak suka jika ada orang yang sembarangan membagikannya ketempat lain.

Sudah banyak sekali kejadian dimana orang lain yang tidak dikenal dekat, membagikan ulang stories yang kita upload difacebook keteman-temannya yang lain, padahal belum tentu semua temannya adalah mutual friends.

Belum lagi kalau stories kita dishare ulang ke publik, padahal kita awalnya hanya upload untuk dan bagikan ke teman (facebook) kita saja.


Agar kalian aman saat membagikan stories di facebook, dan tidak ingin cerita yang kalian share tiba-tiba jadi viral dan bikin rumit hidup kalian, memang lebih baik untuk ikut setting seperti yang saya jelaskan diatas tadi.

Saya harap artikel ini bisa membantu kalian, sekian pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditambahkan, silahkan kirimkan dikolom komentar. Terima kasih.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan