Cara membuat auto reply di WhatsApp biasa (bukan WA bisnis)

Terbit

Diperbarui

Jika sebelumnya sudah dibahas bagaimana balas pesan otomatis di WhatsApp bisnis, kali ini akan dibahas untuk pengguna WhatsApp biasa.

Kalau di WhatsApp bisnis, fitur auto reply tsbt adalah fitur resmi yang disediakan oleh pihak WhatsApp, nah untuk WhatsApp biasa atau personal, fitur ini tidak tersedia ya. Jadi disini kita perlu aplikasi tambahan untuk hal ini.

Silahkan simak penjelasannya.

Persiapan awal

Kamu perlu instal aplikasi ‘Autoresponder for WhatsApp‘ dari playstore. Jika sudah, silahkan buka aplikasinya. Kita perlu melakukan setting di awal.

Setelah buka Autoresponder, pilih ‘Notification Setting‘, dan perbolehkan akses notifikasi untuk aplikasi ini dengan cara centang bagian Autoresponder for Whatsapp.

Jika muncul notifikasi permintaan izin, pilih Izinkan

Selesai. Seharusnya setelah itu kamu akan melihat beranda aplikasi seperti dibawah.

Mengatur aplikasi supaya membalas otomatis di berbagai kondisi

Di bagian ini, saya hanya akan memberi sedikit gambaran atau dasar-dasar saja, silahkan teman-teman eksplorasi fitur-fitur yang tersedia.

Memberi Salam Pembuka Otomatis

Salam pembuka di sini hanya berlaku jika teman-teman mendapatkan pesan pertama dari nomor yang tidak teman-teman simpan. Selain itu, Salam Pembuka juga berfungsi untuk menyapa secara otomatis orang yang baru saja masuk ke grup yang kita ikuti.

Berikut caranya.

  1. Tap logo hijau “+” di pojok kanan bawah
  2. Pilihlah Welcome Message
  3. Pada Bagian Reply Massage, isilah pesan pembuka yang teman-teman inginkan
    Contohnya, saya ingin membalas , “Halo, salam kenal. Perkenalkan nama saya Arundaya. Ada yang bisa dibantu?” maka Di bagian Reply Massage saya mengisi kolom Should Be Sent dengan kalimat tersebut.
  4. Jika sudah bisa tap centang di bawah

Membalas Pesan yang Berisi Apapun secara otomatis

Tidak jarang saya mendapatkan pesan P berulang kali, atau PING atau sejenisnya. Nah, untuk mempermudah teman-teman supaya dianggap fast respon dan pengirim tidak perlu mengirim berulang kali, cukup ketika kita menerima pesan (apa pun itu) secara otomatis bot akan langsung membalas. Caranya

  1. Tap logo hijau “+” di pojok kanan bawah
  2. Pilih Pattern Matching, di bagian Should Be Answer, teman-teman isikan logo bintang (*) – tanpa tanda dalam kurung – seperti gambar
  3. Di kolom bagian bawah Reply Massage, isi pesan yang ingin teman-teman berikan
    Contohnya, saya sedang mengendara mobil, maka saya memanfaatkan bot ini untuk membalas secara otomatis pesan apapun yang masuk ke Whatsapp saya.

Membalas Pesan dengan Kondisi Tertentu

Jika teman-teman mendapatkan berbagai pesan dari orang lain, seperti contohnya “haloooo” atau “Piiiing” teman-teman bisa menggunakan cara ini untuk menjalankan botnya.

  1. Tap logo hijau “+” di pojok kanan bawah
  2. Pilih Expert Pattern Matching, di bagian bawah Reply Massage, teman-teman bisa menggunakan rumus yang telah disediakan dengan cara tap lingkaran dengan logo “i” di samping kanan tulisan Expert pattern matching.
  3. Sebagai contoh, jika ingin membalas otomatis pesan yang berbunyi PIIIIING entah berapa jumlah huruf I-nya, kita bisa menggunakan rumus PI+NG
  4. Intinya, jangan takut bereksplorasi

Balasan mencantumkan informasi real time seperti jam, hari, dll

Sampai di langkah ini, saya anggap teman-teman sudah bisa untuk membuat kata kunci yang memicu Bot mengirim balasan tertentu.

Tidak jarang kita menginginkan update real-time. Aplikasi AutoResponder ini dilengkapi dengan beberapa balasan otomatis seperti mencantumkan nama pengguna, tanggal, hari, jam, tahun.

Sebagai contoh, saya hanya ingin memberikan contoh memberi jam pada balasan Bot.

  1. Tap logo hijau “+” di pojok kanan bawah
  2. Isikan keyword yang teman-teman inginkan agar Bot membalas dengan jam. Misalnya jika kita mendapatkan pesan “jam?” maka Bot akan membalas dengan pesan ada jam/waktu pesan tersebut diterima.
  3. Pada bagian Reply Massage, di bagian kanan ada logo seperti daftar harga, tinggal tap lalu pilih Hour, bebas mau menggunakan Hour 12 (sistem AM/PM) atau Hour 24 (pukul 00 – 24) sama saja.

Autoresponder ini tidak hanya membalas pesan dengan menampilkan waktu, bisa juga menampilkan status baterai, nama kontak, Bulan, Hari dan sebagainya. Daftarnya bisa dicek pada logo yang mirip label harga, di samping kanan Reply Message. Teman-teman bisa mengeksplorasinya sendiri.

Catatan sekaligus penutup

Tutorial yang saya tulis di sini hanyalah sebagai gambaran atau dasar. Teman-teman bisa mengeksplorasinya sendiri dan menciptakan Bot yang menurut teman-teman berguna bagi diri sendiri maupun orang lain.

Terkadang Bot tidak berjalan, untuk mengatasinya, buka AutoRespondernya, pilih titik tiga di pojok kanan atas, pilih doesn’t work, ikuti langkah-langkah yang ada di sana. Jika masih belum berfungsi, Pilih titik tiga di pojok kanan atas, pilih Doesn’t Work Anymore? lalu, ikuti langkah-langkahnya


Mungkin sampai disini bahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, jangan ragu untuk berkomentar.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

12 tanggapan untuk “Cara membuat auto reply di WhatsApp biasa (bukan WA bisnis)”

  1. Avatar Saifullah
    Saifullah

    Kalau balas pesan gambar gimana gan? Misalnya ada orang kirim gambar, supaya auto respondernya bisa jawab setiap ada gambar masuk gmna?

    1. Avatar yudha
      yudha

      dengan aplikasi diatas cma bisa reply berdasarkan text pattern mas stauku mas..

  2. Avatar Indah
    Indah

    Kalau bisa balas pesan update kayak bot jualan pulsa bisa nggak ya? Kalau bisa gimana ya caranya? Makasihh

    1. Avatar yudha
      yudha

      bot jualan pulsa yang gimana ya mba?

      kalau liat dari aplikasinya, ini bisa nya untuk kondisi simple aja sih mba… kalau untuk kondisi lebh kompleks, mungkin perlu desain sendiri aplikasinya..

  3. Avatar Yus
    Yus

    bisa auto reply dengan gambar gan?

    1. Avatar yudha
      yudha

      belum pernah coba mas.. tapi sepertinya ga bisa sih… cmiiw.

  4. Avatar hida
    hida

    bisa untuk whatsapp business kah?

    1. Avatar yudha
      yudha

      dari deskripsinya di google play https://play.google.com/store/apps/details?id=tkstudio.autoresponderforwa&hl=in . mereka claim bisa di wa biasa dan wa bisnis mas.. cma aku belum coba aja…

  5. Avatar sanar
    sanar

    bisa untuk balas grup yg mulanya dikunci& ketika dibuka bisa lgsg reaply gk?

    1. Avatar yudha
      yudha

      kurang paham aku pertanyaannya mas..

      mas tinggal baca ulang dan liat rules yang tersedia, dan testing langsung apakah bisa sesuai kebutuhan mas atau tidak.. cmiiw..

  6. Avatar Ade
    Ade

    Kalo misal ada yg tag kita di grup apa bisa balas otomatis?

    1. Avatar yudha
      yudha

      bisa sepertinya mas..aku belum pernah coba, tapi kalau liat dari fungsi aplikasinya, sepertinya hal ini bisa diset..coba aja gunain yang “exact match”..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *