Cara memblokir grup di WhatsApp permanen

Kamu dimasukkan ke dalam grup WhatsApp “sampah” yang menyebalkan? Mungkin muncul rasa dongkol muncul di hatimu.

Tapi karena enggan mencak-mencak, kamu memilih diam. Sebaiknya jangan begitu, sebelum kamu terlanjur terpapar “toxic” dari grup tersebut, cepat-cepat ambil tindakan dengan cara keluar dari grup tersebut dan memblokirnya.

Dengan begitu, kamu tidak perlu meluapkan kekesalan pada admin atau anggota lain di grup tersebut dan ikut-ikutan menjadi “toxic”. Nah, pertanyaannya: bagaimana cara memblokir grup whatsapp? Apakah grup WhatsApp itu bisa diblokir?

Jawabannya adalah bisa. Tapi kamu membutuhkan dua trik (langkah) sederhana!

Langkah pertama: Blokir admin grup tersebut

Jadi sebenarnya, kita tidak bisa memblokir grup WhatsApp secara langsung. Pasalnya, pihak WA sendiri belum merilis fitur yang memungkinkan kita memblokir grup, dan cara yang aku jelaskan dibawah ini sebenarnya, adalah cara yang dijelaskan oleh pihak whatsapp dilaman FAQnya disini faq.whatsapp.com/general/30061418?lang=id

Hal yang bisa dilakukan adalah memblokir nomor telpon admin dari grup WA tersebut, supaya dia nantinya tidak bisa menambahkan kita begitu saja ke dalam grup WA-nya.

Cara memblokir admin grup WA sama seperti cara memblokir teman atau kontak lainnya. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini!

1. Buka grup WhatsApp-mu, tap nama grup yang terletak di bagian atas.

Bukalah grup WA, dan cari nama/subjek grup di bagian atas.

2. Tap nomor telpon admin grup tersebut.

Tab nomor admin.

3. Ketika muncul popup box, kamu tap chat dengan admin tersebut.

Tab chat admin.

4. Chat kosong akan muncul, dan di bagian atas layar tap no telpon (jika nomor belum disimpan) atau nama (jika nomor sudah ada di kontak).

Chat kosong akan dimunculkan, tab nama/nomor telp kontak

5. Tap blokir.

Tab blokir, untuk memblokir admin.

6. Ketika muncul popup box lagi, kamu langsung tap blokir lagi.

Tab blokir lagi untuk memastikan nomor admin terblokir.

Itu cara simpel memblokir orang lain. Sebenarnya, banyak sih jalur blokir-memblokir ini. Sebagaimana tertuang dalam artikel kitab blokir memblokir kontak WhatsApp ini.

Langkah kedua: Keluar dari grup WhatsApp tersebut

Setelah itu, proses memblokir admin dari grup WA telah selesai dilakukan, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah keluar grup WA tersebut. Caranya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke grup WhatsApp yang menyebalkan itu, lalu kamu keluar dari grup itu dengan cara tap tiga titik di pojok kanan atas.

Langkah pertama keluar grup WhatsApp, yaitu klik tiga titik pojok kanan atas.

2. Tap lainnya.

Langkah kedua keluar grup WhatsApp, yaitu klik lainnya.

3. Tap keluar dari grup.

Langkah ketiga keluar grup WhatsApp, yaitu klik keluar dari grup.

4. Tap lagi keluar di box popup yang muncul.

Langkah keempat keluar grup WhatsApp, yaitu klik keluar saat muncul noifikasi popup box lagi.

Dengan menerapkan dua langkah kecil ini, kamu secara resmi telah keluar dari grup WhatsApp yang tidak kamu minati. Selain itu, aku jamin, admin tersebut takkan bisa memasukkan kamu ke dalam grup WA-nya lagi.


Yang jadi masalah adalah saat yang memasukkan kita ke grup adalah orang yang dikenal dan kita tidak enak jika harus memblokir akun tersebut.

Kalau sudah begini, saranku adalah, tanya diri kamu sendiri, seberapa terganggu kamu dengan grup tersebut, dan seberapa dekat kamu dengan si admin grup. Dan ambil langkah yang paling baik menurut mu. Jika kamu tidak ingin blokir si admin, mungkin bisa mulai dengan mengirimkan chat ke admin tsbt, dan jelaskan bahwa kamu tidak ingin diundang lagi ke grup seperti itu.

Kalau si admin adalah teman yang peduli juga sama kamu, maka besar kemungkinan dia akan mendengarkan dan mengingat permintaan kamu.

So, ambil langkah yang sesuai dengan keadaan. Mudah-mudahan kamu sudah dapat gambaran apa yang harus kamu lakukan jika dimasukkan ke dalam grup WhatsApp yang tidak kamu inginkan. Selamat mencoba![]

aripranowo

Penyuka kopi item yang sering begadang malam.

Tinggalkan Balasan