Cara mudah membuat Signature Yahoo! Mail yang Bagus dan Menarik

Email merupakan salah satu media komunikasi yang sudah dikenal sejak lama. Email menjadi salah satu media komunikasi yang resmi jarak jauh. Hal ini karena penggunaan surat fisik membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai kepada penerima, sehingga surat elektronik ini dianggap bisa menjadi penggantinya.

Yahoo! Mail merupakan salah satu provider email yang cukup terkenal. Banyak pengguna Yahoo! Mail yang masih setia hingga saat ini, mungkin termasuk kamu. Sebenarnya sudah ada provider lain, milik Google misalnya yaitu Gmail, tetapi pengguna Yahoo memang sudah ada tersendiri.

Sebagai salah satu media komunikasi resmi, maka Yahoo! Mail memberikan fitur untuk memberikan tanda tangan atau signature elektronik. Signature ini bisa diaktifkan dan setiap mengirimkan email, maka signature akan selalu dimasukkan pada akhir dari badan email.

Penggunaan signature bisa memiliki beberapa fungsi yang cukup penting. Pertama adalah berkaitan dengan resminya email yang dikirim, hal ini karena pada surat fisik, agar sah maka diakhiri dengan tanda tangan pengirim surat. Kedua, fitur signature ini mempermudah kamu untuk memberikan signature tanpa harus mengetiknya berulang kali, karena secara otomatis dimasukkan oleh Yahoo! Mail.

Membuat Signature elektronik bisa dilakukan sesuai dengan selera, tetapi tentu saja sebaiknya memperhatikan kaidah kaidah yang sekiranya bermanfaat dan menarik. Berikut ini adalah cara untuk membuat signature Yahoo! Mail dan tips tips agar signature menjadi bagus dan menarik.

Baca juga : Cara membuat signature di akun gmail

A. Cara Membuat Signature Yahoo! Mail Sederhana

Yahoo! Mail menyediakan fitur untuk membuat signature email dengan pembuatan yang sangat mudah. Berikut ini adalah langkah langkah membuat signature Yahoo! Mail secara sederhana.

  • Masuk Yahoo! Mail

Langkah pertama tentu saja kamu harus masuk ke akun Yahoo! Mail kamu. Jika kamu memiliki beberapa akun yang login bersamaan dalam satu browser, kamu harus mengaturnya satu persatu.

  • Klik ‘setting’

Pada bagian pojok kanan atas, klik tulisan ‘setting’ yang berwarna biru.

  • Klik ‘more setting’

Tampilan awal setting ini adalah untuk pengaturan tampilan halaman. Pada bagian bawah klik ‘more setting’

  • Klik ‘writing email’

Kamu bisa memilih berbagai pengaturan pada halaman ini. Kali ini, klik bagian ‘writing email’ di sebelah kiri.

  • Klik tombol di sebelah kanan alamat email kamu

Pada bagian ini akan ditampilkan alamat email kamu. Pada bagian sebelah kanan dari email kamu, klik tombol yang berwarna abu abu. Setelah di klik maka akan berubah warna menjadi biru.

  • Tuliskan tanda tangan elektronik kamu

Sekarang kamu bisa menuliskan tanda tangan elektronik kamu. Isinya apa saja? Kamu bisa melihatnya pada bagian B dari pembahasan ini.

  • Preview langsung

Kamu bisa melihat secara langsung gambaran signature yang sedang kamu buat. Caranya adalah lihatlah pada sisi sebelah kanan, ada kotak khusus yang berisi preview tanda tangan kamu.

  • Lakukan setting sesuai selera

Yahoo! Mail memberikan beberapa piliahan untuk membuatsignature yang kamu buat menjadi lebih menarik. Fitur ini merupakan fitur basic, tetapi cukup untuk membuat tandatangan resmi yang sederhana.

Hyperlink, kamu bisa memasukkan link atau tautan menuju ke website yang kamu miliki sebagai salah satu portofolio.

Bold, kamu bisa membuat teks pada tandatangan menjadi bercetak tebal. Pilihan ini bisa kamu gunakan pada nama atau jabatan kamu.

Italic, kamu bisa membuat teks yang bercetak miring. Misalnya kamu inin memasukkan alamat yang bercetak miring.

Warna, Warna teks bisa kamu ganti menjadi berbagai warna, pilihan ini bisa kamu gunakan agar tanda tangan tidak hanya berwarna monoton hitam.

Font, kamu bisa memilih jenis font yang akan kamu gunakan. Ada banyak pilihan font yang bisa kamu coba dan kamu kombinasikan.

Mengatur sisi rata teks, kamu bisa membuat tanda tangan menjadi rata kiri, rata kanan maupun rata tengah.

Selesai

Selamat kamu sudah berhasil membuat signature Yahoo! Mail. Kamu bisa langsung kembali ke inbox maupun pindah ke pangaturan lain. Tidak perlu menyimpannya, karena sudah otomatis tersimpan.

Nah setelah bisa cara membuatnya, kamu perlu memperhatika tips tips berikut ini agar signature yang kamu buat menjadi lebih bagus dan memiliki arti yang bermanfaat.

B. Tips Membuat Signature email pada Yahoo! Mail

Setelah tahu cara untuk membuat signature Yahoo! Mail, maka kamu juga harus tahu apa saja yang sebaiknya ada di dalam signature. Mengingat pentingnya signature dalam pengiriman email, maka sebaiknya dipertimbangkan dengan benar. Informasi apa saja yang akan dimasukkan dan bagaimana menuliskannya menjadi hal penting dalam signature digital.

Beberapa tips membuat signature email ini lebih aku tekankan pada email untuk urusan pekerjaan, baik bisnis maupun antar instansi resmi. Kamu bisa menyesuaikan apabila yang kamu gunakan adalah email pribadi yang digunakan untuk urusan yang lainnya. Baiklah langsung saja berikut ini tips membuat signature pada Yahoo! Mail agar bagus dan menarik.

cara membuat signature yahoo keren dan bagus

1. Yang Harus Ada dalam Signature email

  • Nama

Nama merupakan komponen penting dalam tanda tangan digital seperti email. Sebenanrnya nama sudah ada pada email yang digunakan. Namun sebaiknya dalam tanda tangan ada nama agar lebih jelas siapa yang mengirimkan. Hal ini terutama pada email yang bersifat umum seperti administrator maupun email info suatu perusahaan. Penggunaan nama untuk membuat penerima email lebih mengenal si pengirim sehingga terasa lebih dekat dengan yang diajak berkomunikasi.

  • Perusahaan dan Jabatan

Komponen kedua yang tidak kalah penting adalah jabatan dan juga nama perusahaan. Jabatan berfungsi untuk melihat profesionalitas pengirim email sehingga lebih bisa dipercaya. Selain itu nama perusahaan juga penting untuk dimasukkan untuk memberikan kepercayaan kepada penerima email. Kedua hal ini untuk menghindari anggapan bahwa email yang dikirimkan merupakan email spam.

  • Kontak Person

Alamat email sebenarnya sudah merupakan kontak person yang bisa dipercaya. Namun ada baiknya kamu memasukkan kontak person lain yang bisa dihubungi. Kontak person yang dimasukkan bisa berupa nomor telepon, nomor Whatsapp maupun akun media social. Namun hal ini tentu saja perlu dipertimbangkan berkaitan dengan email yang dikirim. Jika email merupakan email untuk bisnis startup memungkinkan untuk memasukkan media social. Sedangkan jika email merupakan perusahaan atau untuk urusan resmi, tidak perlu dimasukkan.

  • Logo

Logo perusahaan bisa dimasukkan menjadi bagian dari tandatangan email. Selain untuk alasan profesionalitas, logo perusahaan juga berfungsi untuk branding. Brand awareness atau pengetahuan orang lain mengenai sebuah perusahaan bisa dilakukan melalui logo yang menjadi tanda tangan email.

  • Link Website

Jika email yang kamu kirimkan merupakan email yang berhubungan dengan penawaran atau promosi, maka penerima email kemungkinan besar akan mencari informasi terlebih dahulu. Nah, kamu bisa memasukkan alamat website pada tandatangan email untuk mempermudah mereka. Website bisa menjadi salah satu portofolio yang menarik. Penjelasan mengenai perusahaan dan hal hal yang sudah dikerjakan lebih mudah dipahami melalui website.

2. Hal Hal penting dalam signaturecara membuat signature yahoo keren dan bagus

  • Jenis font dan ukuran font

Font yang digunakan sebaiknya font yang mudah untuk dibaca. Font bawaan dari Yahoo! Mail adalah seperti font pada badan email. Kamu bisa membuatnya menjadi seperti tulisan klasik agar lebih menarik. Ukuran font yang digunakan tidak terlalu besar agar tidak berlebihan.

  • Warna yang digunakan

Kamu bisa menggunakan dua pilihan warna untuk membuat tandatangan email Yahoo! Mail. Kamu bisa cukup menggunakan warna hitam saja atau menggunakan beberapa pilihan warna. Jika yang kamu kirim adalah email resmi pada instansi, maka sebaiknya mneggunakan tanda tangan berwarna hitam polos. Sedangkan jika kamu mengirim email penawaran dari perusahaan terutama yang berhubungan dengan anak muda, maka signature berwarna cerah bisa menjadi pilihan. Namun pilihan warna tidak perlu terlalu bervariasi. Cukup gunakan dua hingga tiga warna yang menarik.

  • Informasi mudah dimengerti

Jika kamu menuliskan beberapa pesan pada tandatangan email, sebaiknya tulisan tersebut mudah dimengerti. Gunakan kata kata yang sekiranya umum dibaca oleh si penerima email. Hal ini untuk meningkatkan respons penerima terhadap email yang mereka baca.

  • Buat responsif

Responsif maksudnya adalah bisa dibaca dengan mudah pada berbagai platform. Email sebaiknya mudah untuk dibuka dan dibaca baik pada computer, laptop, smartphone maupun pada tablet. Hal ini untuk menghindari ketidakterbacaan tanda tangan email. Tanda tangan yang tidak responsive bisa membuat penerima email tidak memahami apa yang sebenarnya ada pada tanda tangan email.

Sekian tadi cara membuat signature Yahoo! Mail dan beberapa tips untuk membuatnya bagus dan manarik serta informatif. Signature menjadi bagian yang tidak kalah penting dibandingkan dengan desain dan tulisan pada badan email. Oleh karena itu, sebaiknya signature dibuat sedemikian rupa agar komunikasi dengan penerima email menjadi lebih baik.

Kamu bisa menggunakan template yang disediakan oleh beberapa penyedia jasa template email untuk emmbuat email professional. Di dalamnya biasanya sudah dilengkapi dengan desain signature yang menarik dan Nampak elegan. Namun tentu saja tidak ada salahnya untuk membuatnya sendiri.

Sekian dulu pembahasan mengenai signature Yahoo! Mail ini. Semoga kamu berhasil membuat desain signature terbaikmu.

Semoga bermanfaat ^.^

Tinggalkan Balasan