Cara download Curriculum vitae (CV) dari LinkedIn

Jika kamu adalah pekerja professional, Linkedin bisa membantu menghubungkan dengan lebih banyak orang yang berada di bidang yang sama sehingga koneksimu akan semakin luas.

Jika kamu adalah orang yang ingin mendapat kerja, Linkedin juga bisa membuka peluangmu untuk direkrut suatu perusahaan. Selain itu, bisa juga digunakan untuk menunjukkan spesialisasi dan keahlian serta riwayat pendidikan dan pekerjaan.

Riwayat pendidikan dan pekerjaan yang kita cantumkan di Linkedin ternyata bisa menjadi curriculum vitae (CV) dan resume. Sebagaimana kita tahu, CV dan resume bisa mempermudah perusahan untuk mengevaluasi kinerja dan relevansi pelamar dengan posisi yang sedang dibuka di perusahaan tersebut.

Melalui CV dan resume, perusahaan bisa tahu mengenai pengalaman akademis dan non-akademis dari setiap pelamar serta melakukan seleksi berdasarkan data tersebut. Barulah kemudian dilakukan seleksi lainnya.

Cara mendownload CV dari data yang dimasukkan ke Linkedin

Sebenarnya, ada banyak template CV dan resume di internet dan memiliki berbagai jenis desain. Ada yang kreatif dan bentuknya luwes, ada yang lebih clean dan professional. Tentu pemilihan bentuk dan jenis CV tergantung tempat tujuan kita.

Selain membuat sendiri, ada juga banyak jasa pembuatan CV yang bisa membuat CV lebih profesional. Dengan menggunakan jasa ini, tentu kita tidak akan ribet untuk memikirkan desain seperti apa dan bagaimana mendesainnya.

Namun ada cara yang lebih mudah lagi, yaitu membuat CV atau resume dari data kita yang sudah pernah kita masukkan ke Linkedin. Berikut caranya.

1. Login di Linkedin versi web karena sampai saat ini baru versi web saja yang bisa menggunakan fitur ini.
2. Pastikan data-data yang kita isi di Linkedin sudah lengkap, seperti ringkasan, pengalaman kerja, pendidikan, lisensi atau sertifikasi (jika ada), keahlian, dan bahkan pencapaian. Hal ini penting karena inilah nanti yang bakal masuk ke dalam CV atau resume kita.
3.  Klik ikon “Saya” yang ada dibagian sebelah kanan atas laman.

4. Kemudian klik “Lihat profil”.

5. Klik menu “Lainnya” seperti yang dilingkari dibawah ini.

6. Pilih menu “Simpan sebagai PDF”.

7. Data akan di download ke komputer dalam format PDF. Berikut hasil tampilan PDF yang didownload tadi.

8. Selesai. Sampai disini kamu sudah punya CV dengan desain simpel dan profesional.

Membuat resume di Linkedin (beda desain)

CV dan resume itu sama, tapi disini kita pisah bahasannya, karena di LinkedIn ada fungsi khusus untuk membuat resume. Hasilnya tidak jauh beda dengan sebelumnya, hanya bedanya, desainnya lebih simpel lagi.

Sayangnya fitur membuat resume ini hanya ada di Linkedin versi Bahasa Inggris. Jadi jika ingin membuat resume namun tidak menemukan pilihannya, gantilah pengaturannya menjadi Bahasa Inggris terlebih dahulu.

Berikut cara mengganti kebahasa inggris sekaligus membuat resume di Linkedin.

1. Klik ikon saya di bagian atas sebelah kanan Linkedin, lalu pilih menu “Bahasa”.

2. Dibagian bahasa, pilih “(English) Bahasa Inggris”, lalu pilih menu “back to Linkedin” untuk kembali kehalaman sebelumnya.

3. Dihalaman profil ini, klik menu “More”.

4. Di sini pilih menu “Build a resume”.

6. Akan muncul kotak dialog resume, pilih opsi “new resume”.

7. Kamu akan dibawa ke laman ini, lalu disini pilih menu “more” yang ada di pojok kanan atas, setelah itu pilih “download as pdf”.

8. Tunggu sampai downloadnya selesai. Berikut tampilan resume yang sudah didownload tadi.


Itulah cara untuk membuat CV atau resume dari Linkedin. Cukup mudah karena hanya perlu mendownload saja. Namun sebelum itu, pastikan dulu datanya sudah terisi dengan cukup dan benar.

Sekian informasi kali ini, semoga membantu. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan