Cara download status (foto dan video) di WhatsApp

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : April 1, 2020
  • Post category:Topik : Whatsapp
  • Post comments:0 Comments

Bagi pengguna aplikasi WhatsApp, kalian tentu tidak asing lagi dengan fitur status (story) di WhatsApp. Fitur ini diadaptasi dari fitur story di Instagram yang meniru fitur di Snapchat.

Berbicara soal status whatsapp, kalian tentu pernah mempunyai keinginan untuk menyimpan gambar atau video yang dibagikan oleh teman-teman bukan? Sayang sekali, pihak WhatsApp tidak menyediakan fitur untuk menyimpan status di aplikasi tsbt, sementara status akan hilang otomatis setelah waktu 24 jam.

Jika status itu adalah foto atau teks, kalian bisa saja menggunakan fitur “capture” atau “screenshot” yang sudah tersedia di hp kalian. Itupun gambar yang didapat tidak sempurna, karena biasanya ada tulisan caption yang ikut masuk ke bagian screenshot.

Belum lagi jika status itu berbentuk video, maka tidak mungkin di screenshot.

Lalu bagaimana solusinya?

Solusinya adalah mendownload status tersebut lalu menyimpannya di galeri kalian. Untuk mendownload status, baik itu foto ataupun video, bisa menggunakan cara manual tanpa aplikasi, atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.

Kedua cara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Download status whatsapp tanpa install aplikasi tambahan (cara sulit dan ribet)

Kita akan mulai dari cara manual, tanpa aplikasi, dan paling ribet. Cara ini bisa dilakukan disemua HP, tapi perlu “sedikit pengetahuan” terkait cara kerja ponsel dan memori penyimpanan.

Disini kita akan gunakan aplikasi manajer file di android. Aplikasi ini default dan ada disemua ponsel. Sayangnya tiap ponsel punya aplikasi manajer file yang berbeda. Jadi nama aplikasi inipun bisa beda ditiap ponsel kalian. Begitu juga tampilan aplikasi juga akan beda.

Jadi disini kita hanya bisa jelaskan konsepnya, langsung saja berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke aplikasi file manager, lalu pilih penyimpanan internal

Masuk ke file manager

2. Setelah masuk ke penyimpanan internal kalian cari dan buka folder dengan nama “Whatsapp”.

Pilih Folder Whatsapp

3. Jika sudah masuk ke folder whatsapp, kalian harus “unhide” semua folder terlebih dahulu. Caranya, tap “titik tiga” dibagian atas, lalu pilih menu “pengaturan”. Lalu aktifkan pengaturan “Tampilkan file yang disembunyikan” dengan menggeser tombol navigasi disebelah pengaturan tsbt.

4. Jika sudah diaktifkan pengaturannya, balik ke folder whatsapp tadi, maka semua folder yang tadinya tersembunyi, akan ditampil. Disini kita masuk dulu ke folder media.

file berhasil di Unhide

5. Di folder media, pilih folder .Statuses. Folder ini tersembunyi secara default, jadi hanya akan terlihat jika sudah disetting seperti dilangkah tiga tadi.

Pilih Statuses

6. Difolder .Statuses inilah semua status yang “sudah kalian lihat” disimpan. Baik itu status video ataupun status foto. Jika status yang kalian cari tidak muncul, buka whatsapp kalian, dan tonton dulu status tsbt sampai selesai, maka status akan otomatis disimpan ke folder ini. Status juga hanya bertahan 24 jam difolder ini, karena ini folder penyimpanan sementara.

List status Video Whatsapp

7. Kalian bisa pilih status yang kalian inginkan, lalu di copy. Setelah itu, keluar dari folder status, dan cari folder DCIM (ini folder penyimpanan media di ponsel), buat folder baru dengan nama sembarang, lalu paste di folder tsbt.

Admin: Proses ini gampang buat yang melek tekno, tapi kalau emak ku diminta ikuti langkah diatas, aku yakin 99% ga bakal paham ikutin cara diatas. Jadi kalau kalian tidak paham, bisa baca ulang beberapa kali prosesnya, atau bisa cobain cara selanjutnya dibawah ini.

Download status whatsapp dengan aplikasi tambahan (cara mudah dan simpel)

Bagi kalian yang tidak ingin ribet mengambil status video dengan membuka file2 yang tersedia di Whatsapp, maka kalian juga bisa mengambil status Whatsapp dengan menggunakan aplikasi pihak ke tiga.

Kelebihan pakai aplikasi pihak ketiga adalah kemudahan yang diberikan. Aplikasi ini langsung mengambil status dari folder tersembunyi tadi dan bisa langsung terlihat didalam aplikasi. Jadi sekali buka, langsung kelihatan foto dan video yang kita cari. Karena fungsinya yang simpel ini, aplikasi seperti ini jg memiliki ukuran kecil dan ringan.

Kekurangannya juga jelas lah ya, aplikasi seperti ini, hidup dan berkembang dengan penghasilan dari periklanan. Jadi pasti ada iklan biasanya.

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi untuk donwload status whatsapp di playstore, ada puluhan bahkan ratusan. Jadi disini sulit untuk mencari yang paling bagus.

Saya sendiri menggunakan aplikasi dengan status downloader ini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.downlood.sav.whmedia&hl=in

Adapun langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Tentukan dulu status yang ingin kalian download. Pastikan bahwa kalian sudah menonton status tersebut sampai selesai.

Status yang ingin disimpan

2. Download dan install aplikasinya status downloader-nya. Dicontoh ini, aplikasi yang dipakai adalah aplikasi “Status downloader for whatsapp” buatan shree ganesha labs. Ukurannya hanya 2 MB saja.

install aplikasi status downloader for whatsapp

3. Setelah terinstall dengan baik, buka aplikasinya, lalu tap tombol Start.

Tekan start

4. Selanjutnya, carilah status yang ingin di download di bar atas. Jika tidak ditemukan, masuk ke menu “WhatsApp Status” untuk melihat keseluruhan status yang tersimpan diponsel kalian. Jika kalian menggunakan whatsapp bisnis, kalian pilih opsi dibawahnya untuk melihat status dari whatsapp bisnis tsbt.

Pilih WhatsApp status

5. Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Ada pilihan untuk gambar atau video. Jika kalian sedang mencari video, tap bagian “Video”, akan terlihat seluruh status video whatsapp yang sudah terdownload ke penyimpanan kalian.

Cari status yang ingin disimpan

6. Setelah itu buka status yang kalian inginkan. Dibagian bawah ada ikon download, tap ikon ini untuk menyimpan dan memindahkan video ke galeri.

Tekan tombol download

7. Selesai.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, aplikasi ini hanya bisa melihat status yang sudah tersimpan di ponsel kalian, jadi jika statusnya tidak ditemukan, balik lagi ke whatsapp dan lihat ulang statusnya sampai selesai, lalu balik ke aplikasinya, dan seharusnya status sudah muncul disana.

Jika kalian kurang suka dengan aplikasi yang dipakai diatas, kalian bisa testing aplikasi lain, mungkin ada yang lebih baik lagi (dan sedikit iklannya), jika kalian tertarik, cek di sini : https://play.google.com/store/search?q=status%20download%20whatsapp&c=apps&hl=in

Berikut contoh aplikasi lain yang di testing disini. Iklannya lebih sedikit sejauh yang saya liat.

Saking banyaknya pilihan aplikasi, bingung jika harus coba satu persatu. Intinya adalah fungsi aplikasinya hampir sama semau, bedanya di tampilan dan kemudahan yang diberikan, serta di jenis iklan serta jumlah iklan yang digunakan.


Itulah dua cara mendownload status video dan foto di whatsapp. Dimana cara pertama adalah cara manual dan lebih sulit, tapi tanpa iklan. Sedangkan cara kedua, lebih mudah, tapi perlu install aplikasi tambahan yang didalamnya ada iklan.

Keduanya punya kelebihannya masing-masing memang. Kalian tinggal pilih mana yang lebih nyaman kalian gunakan.


Sekian pembahasan kali ini. Jika ada aplikasi yang kalian suka dan rekomendasikan bisa tambahkan dibawah + jelaskan kenapa kalian suka aplikasinya. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan