Cara Mendownload Story Instagram Tanpa Aplikasi

Instagram Story atau biasa kita sebut dengan Snapgram merupakan salah satu fitur yang diberikan kepada pengguna instagram untuk membagikan aktivitas terkininya.

Anda dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan tap bagian kiri atas pada menu home. Setelah di-tap, anda dapat memotret foto dan mengeditnya dengan beberapa efek, stiker, bahkan stiker bergerak atau gif. Selain foto, anda juga dapat merekam video dengan efek reverse (terbalik), boomerang, dan normal. Sama dengan foto, setelah anda merekam video anda juga dapat menambahkan efek dan stiker.

Anda juga dapat meng-upload foto maupun video yang sudah direkam maupun diunduh di ponsel. Dengan berbagai filter dan stiker yang lucu, anda dapat melakukan sharing kegiatan anda. Anda juga dapat memilih dengan siapa story ini dibagikan, apakah dengan teman dekat saja atau semua followers anda di instagram.

Seperti yang kita tau, snapgram akan otomatis terhapus dalam 24 jam. Dan anda pasti pernah merasa tertarik dengan foto atau video di story teman-teman anda. Sayangnya, instagram belum memberikan fasilitas untuk dapat mendownload kontennya secara langsung.

Saat ini sudah banyak pihak ketiga yang memungkinkan kita untuk dapat mendownload postingan di instagram termasuk instagram story. Baik itu berupa aplikasi maupun website, tinggal pilih sesuai yang anda suka.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan cara berikut ini.

Ambil gambar story lewat screenshot

Jika itu berbentuk gambar, hal termudah yang dapat kita lakukan adalah dengan screenshot. Saya rasa hal ini tidak perlu dijelaskan lagi.

Untuk ambil screnshot itu biasanya beda-beda di tiap perangkat. Biasanya bisa dengan tekan tombol volume down + tombol power.

Nah, akan tetapi, berbeda halnya jika IG story yang ingin disimpan itu berbentuk video. Dibutuhkan cara khusus untuk dapat mengunduhnya.

Download lewat situs storiesig.com

Pastikan anda sudah menentukan video mana yang ingin anda download. lalu ikuti langkah dibawah ini:

1.Buka browser anda dan ketik storiesig.com

Kita menggunakan pihak ketiga yaitu storiesig.com untuk dapat mengunduh story yang kita inginkan. Adapun tampilan storiesig.com adalah sebagai berikut.

laman depan storiesig.com
laman depan storiesig.com

2. Ketikkan username instagram yang anda ingin download story-nya dan tekan enter

Pada kolom pencarian, ketikkan username instagram yang ingin anda download story-nya. Kali ini saya memberi contoh ingin mendownload instagram story dari akun @tastemadeindonesia. Sehingga ketikkan “tastemadeindonesia” lalu tekan tombol Enter.

3. Klik akun “tastemadeindonesia” yang muncul dibawahnya

masukkan username ig tanpa @
masukkan username ig tanpa @

4. Akan muncul pilihan story dari akun tsbt, silahkan scroll keatas dan kebawah untuk mencarinya. Pilih videonya lalu klik download.

Scroll untuk mencari konten
Scroll untuk mencari konten

Ya, pilih mana konten yang ingin anda download. Story yang tampil adalah story yang belum terhapus (dibawah 24 jam yang lalu).

Untuk story yang terhapus, sampai saat ini saya masih belum menemukan cara untuk downloadnya.

5. Tunggu downloadnya selesai.

Itu tadi penjelasan mengenai cara mendownload snapgram tanpa aplikasi.

Sekali lagi, pastikan story tersebut belum terhapus. Paling tidak story tersebut harus masih ada pada halaman profil.

Satu lagi yang cukup penting dan menjadi kelemahan dari storiesig.com ini. Kita hanya bisa mendownload story dari akun yang tidak di-private. Sedangkan untuk akun yang di-private anda harus mencari alternatif cara lain untuk mengunduh storynya ya.


Ok segitu saja dulu. Sekian dan terima kasih.

Jangan lupa komentar dan sharenya.

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan