Cara Mengedit Tanggal pada Postingan Facebook

Sosial media bisa dibilang menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa lepas dari keseharian kita saat ini. Salah satu social media yang paling banyak digunakan yaitu facebook. Facebook sendiri masih menjadi favorit bagi banyak orang.

Bicara soal facebook, salah satu kecanggihan (fitur) dari facebook adalah kita dapat mengedit tanggal pada postingan atau status facebook kita.

Mengedit tanggal pada postingan tentunya bukanlah hal yang sangat penting, tetapi hal ini sangat unik.

Bagaimana tidak, kita dapat menyetel tanggal sesuka hati bahkan kita tidak perlu harus cape-cape untuk setiap harinya membuat postingan agar profil facebook kita penuh status yang berurutan sesuai tanggal, karena fitur mengedit tanggal bisa digunakan untuk hal ini. Sekali lagi, ini fitur yang tidak terlalu penting untuk dibahas, tapi ya, karena ada yang cari, disini tetap kita bahas.

Mengedit tanggal pada postingan facebook sendiri dapat dilakukan pada postingan yang belum pernah dibuat (mau dibuat) ataupun pada postingan terdahulu yang sudah diposting sebelumnya.

Postingan facebook sendiri ada yang berbentuk tulisan, video ataupun gambar. Namun untuk menentukan tanggal sesuka hati kita (mengedit tanggal postingan), hal ini hanya dapat dilakukan pada postingan tulisan, dan tidak bisa dilakukan di postingan video dan gambar.

Langkah-langkah Mengedit Tanggal pada Postingan Facebook

Pertama sekali tentu masuk ke akun kamu dulu di facebook. Lalu lanjut ke langkah dibawah ini.

Versi 1 : mengatur tanggal pada postingan baru

1. Pertama-tama, cobalah untuk menulis status yang ingin kamu posting di facebook kamu.

2. Kamu bisa kreasikan dulu statusnya seperti dibawah ini. [tidak penting banget :P]

3. Lalu klik titik tiga di bawah pilihan latar status facebook.

4. Setelah itu, klik Edit Tanggal.

5. Lalu lihat pada Waktu, klik Tahun dan tentukan tahun yang ingin kamu inginkan.

6. Kemudian klik Bulan lalu tentukan bulan yang ingin kamu inginkan.

7. Selanjutnya adalah klik Hari dan tentukan pilihan hari yang kamu inginkan.

8. Setelah itu, klik Jam dan pilihlah jam yang kamu inginkan.

9. Lalu jangan lupa untuk klik Kirim.

Postingan facebook yang telah kita rencanakan baik pada tanggal, bulan dan tahun pun sudah jadi sesuai dengan keinginan kita.

Versi 2 : Mengedit tanggal di postingan lama

1. Pilihlah status lama kamu yang sudah pernah di posting. Kemudian klik titik tiga yang berada di pojok atas.

2. Setelah itu, klik Ubah Tanggal.

3. Pada bagian tanggal, kamu perlu mengatur tahun, bulan serta tanggal. Bila perlu atur jam juga. Lalu klik Simpan.

4. Apabila pengeditan tanggal berhasil maka ada pemberitahuan seperti di atas.

5. Pengeditan tanggal pada postingan lama sudah jadi.

Setelah aku melakukan pengeditan tanggal pada status facebook yang baru akan diposting ataupun status facebook yang sudah diposting ternyata pengeditan tanggal hanya berlaku untuk waktu sebelumnya dan kita tidak bisa untuk menyetel waktu yang akan datang (scheduling).

Bisa dibilang bahwa fitur mengedit tanggal ini bukan untuk memposting status di masa depan atau scheduling, tetapi hanya mengubah tanggal ke masa lalu.


Mengedit tanggal pada status facebook tentunya bisa menjadi sebuah keisengan untuk kita. Kita dapat membuat status facebook seolah-olah statusnya sudah dibuat sejak lama.

Admin: Yup, satu2nya kegunaan fitur ini menurutku adalah buat “prank”, nge-jailin temen dengan bikin mereka ragu dan bingung. Misalnya, kamu bikin status ngajakin janjian buat besok, setelah deal dan banyak komentar, ubah tanggal postingnya jadi hari kemarin, terus “tanyain” temen2 kamu kenapa mereka ga dateng, padahal kemarin udh janjian..Selain dari hal ini aku ga liat kegunaan lain dari fitur ini. So, what do you guys think ?

Namun mengedit tanggal pada postingan facebook ternyata juga bisa mengundang “bahaya” untuk diri kita sendiri.

Contohnya saja, ketika kita membuat status viral yang mana status tersebut adalah status orang lain, yang kita copas, lalu dijadikan status kita. Lalu kita mengedit tanggal status, seolah-olah status yang kita buat sudah lama. Orang yang tidak tau, bisa menyangka bahwa kita adalah pemilik atau sumber awal status viral tersebut, dan hal ini bisa saja menimbulkan masalah. Paling tidak kita akan bermasalah dengan yang statusnya kita copas tersebut.

Jadi, jika kita ingin mengedit tanggal, tentunya kita juga harus memikirkan efek dari perubahan tanggal tersebut.


Demikianlah penjelasan mengenai “cara mengedit tanggal pada postingan facebook”. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tanyakan di kolom komentar. Jika dirasa bermanfaat, jangan lupa share-nya. Sekian dan Terimakasih.

Share woy :D

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan