Cara gabung grup WhatsApp melalui link dan QR Code

Menjadi salah satu aplikasi chatting terbaik, membuat WhatsApp terus mengembangkan fitur-fitur di dalamnya. Salah satu fitur yang sebenarnya sudah cukup ada lama dan bermanfaat ialah share undangan grup melalui link atau QR Code.

Adanya fitur ini tentunya membuat admin grup tidak perlu repot-repot lagi menambahkan anggotanya secara manual.

Karena baik itu mengundang via link atau QR Code akan bisa menambahkan anggotanya secara otomatis. Terutama saat mereka mengakses link atau scan QR Code tersebut.

Nah kalau kamu mungkin belum terbiasa memakai WhatsApp dan bingung ingin join grup dengan link atau QR Code jangan khawatir. Karena di sini aku akan jelaskan panduannya dengan lengkap.

Langkah-langkah gabung ke grup WA dengan kode QR

Langkah-langkah untuk bisa gabung grup WA lewat undangan QR Code atau link sebenarnya sangat mudah. Alasannya karena kamu hanya perlu melakukan scan QR Code tersebut saja, maka secara otomatis bisa langsung masuk grup.

Supaya lebih jelas, langsung saja perhatikan cara gabung grup WA melalui QR Code atau link di bawah ini:

1. Buka opsi “Setelan” di WhatsApp.

Caranya cukup tekan icon titik 3 di bagian pojok kanan atas, pilih menu Setelan dari menu yang muncul.

2. Ketuk Ikon QR Code.

Dihalaman setelan ini, cari ikon QR code dipojok kanan atas. Perhatikan contohnya digambar dibawah. Tap ikon tsbt.

Ketuk Icon QR Code

3. Pindai kode QR yang kamu dapatkan tsbt.

Setelah masuk kehalaman kode QR, kamu perlu ketuk tab Pindai Kode lebih dulu. Kalau QR Code-nya kamu dapatkan di suatu objek (misalnya selebaran, ponsel teman, dll) bisa arahkan kamera ke objek tersebut.

Tapi kalau kamu menyimpan QR Code-nya ke galeri, kamu harus mencari gambarnya lebih dulu. Oleh karena itu, silakan ketuk icon Galeri di bagian bawah.

Setelah itu WhatsApp akan mengakses Galeri kamu, silakan cari dan pilih gambar QR Code untuk bisa melanjutkan prosesnya.

4. Konfirmasi dengan tap tombol “BERGABUNG KE GRUP”.

Setelah berhasil scan kode QR tadi, akan muncul kotak konfirmasi seperti dibawah. Kamu bisa langsung ketuk Bergabung ke Grup untuk mulai join ke dalamnya.

Pilih Bergabung Ke Grup

5. Berhasil masuk ke grup WhatsApp

Misalnya berhasil, kamu akan langsung berada di dalam grup WhatsApp tersebut. Umumnya akan muncul notifikasi grup juga, kalau kamu berhasil gabung grup via tautan undangan di grup tersebut.

Berhasil Masuk ke Grup Via QR Code

Sedangkan untuk kamu yang ingin masuk grup via link, kamu hanya perlu mengakses link yang sudah diberikan saja. Nantinya kamu juga bisa masuk grup secara otomatis tanpa perlu diundang admin grup WhatsApp tersebut.

Berikut langkah-langkah untuk bisa gabung grup WA melalui link:

Silahkan kamu cari link grup WhatsApp lebih dulu. Bisa itu melalui sosial media, situs di Google ataupun dikirimkan langsung oleh anggota grup WhatsApp tersebut.

Setelah mendapatkan link grup WhatsApp, kamu harus mengetuk link tersebut.

Ketuk Link Undangan Grup

2. Tap tombol “BERGABUNG KE GRUP”.

Nantinya akan muncul thumbnail grup WhatsApp seperti gambar dibawah. Di langkah ini, kamu hanya harus mengetuk opsi “BERGABUNG KE GRUP” untuk mulai join ke dalamnya.

Gabung ke Grup Via Link

3. Berhasil Masuk Grup WhatsApp.

Setelah itu, kamu akan berhasil masuk ke dalam grup WhatsApp. Kurang lebih akan muncul notifikasi juga yang pesannya mirip seperti saat masuk grup via QR Code.

Berhasil Masuk Grup Via Link

Ada banyak keunggulan kalau kamu gabung grup via QR Code atau link di WhatsApp. Utamanya ialah untuk lebih memudahkan kamu sebagai calon anggota grup dan memudahkan admin si pemilik grup.

Berikut ada beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan kalau ingin bergabung via QR Code atau link di grup WhatsApp:

  • Undangan grup tidak ada masa kadaluwarsa (asalkan grup masih ada dan kode/link tidak direset admin), jadi kamu bisa keluar masuk kapan saja
  • Prosesnya cepat tanpa harus mengabari admin grup lebih dulu untuk bisa diundang
  • Kamu bisa mengajak teman untuk bergabung ke grup yang sama dengan mudah, cukup share link atau QR Code kembali saja ke teman
  • Dari sisi admin, menjadi lebih mudah untuk mendapatkan banyak anggota karena semuanya dilakukan secara otomatis

Mungkin ini saja yang bisa aku bahas kali ini. Kalau kamu baru memakai WhatsApp dan bingung untuk bisa masuk grup via link atau QR Code, aku harap cara yang aku berikan di atas bisa membantu ya.

Sampai jumpa di artikelku selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *