Cara keluar dari grup Messenger (lengkap)

Sama seperti aplikasi chat lainnya, Facebook Messenger pun memiliki fitur grup chat yang memungkinkanmu untuk chatting dengan banyak orang sekaligus. Satu grup Messenger pun bisa diisi hingga 250 orang.

Dengan membuat grup Messenger, kamu bisa memasukkan orang-orang yang kamu sukai ke grup yang kamu buat tanpa perlu persetujuan dari mereka. Jadi, sangat mudah untuk membuat grup dan mengisinya dengan teman-teman yang kamu inginkan.  

Namun di sisi lain, kamu juga bisa dimasukkan oleh orang lain ke dalam salah satu grup Messenger tanpa persetujuan darimu. Bahkan kamu pun bisa dimasukkan ke grup oleh orang yang belum berteman denganmu.

Kalau yang memasukkanmu ke dalam grup adalah orang yang kamu kenal dan grup Messenger-nya cukup seru untuk diikuti, tentu ini bukan masalah. Tapi kalau sebaliknya, maka hal ini jelas akan mengganggumu.

Kalau sudah demikian, maka tidak ada pilihan lain selain keluar dari grup tersebut. Tapi bagaimana caranya untuk keluar dari grup Messenger? Mengenai hal ini, saya sudah bahas caranya di bawah.

Langkah-langkah keluar dari grup di Messenger

Untuk pengguna Messenger yang ingin keluar dari grup Messenger, kamu bisa melakukannya dengan cara di bawah.

1. Buka aplikasi Messenger, kemudian tap grup yang ingin kamu tinggalkan.

Tap grup Messengger

2. Tap icon “i” di kanan atas.

Tap icon "i" di kanan atas.

3. Scroll ke bawah, kemudian tap “Keluar dari Grup”.

Tap "Keluar dari grup".

4. Muncul pop up konfirmasi, tap saja menu “Keluar”.

Tap "Keluar".

5. Selesai. Kamu sudah berhasil keluar dari grup.

kamu sudah berhasil keluar dari grup.

Bagaimana mudah ya?

Baca juga :  Urutan like di Facebook berdasarkan apa?

Langkah-langkah keluar dari grup di Messenger lite

Untuk pengguna messenger lite, langkah-langkahnya kurang lebih sama. Hanya beda di penamaan menu saja. Langsung saja simak pembahasan berikut.

1. Buka grup yang ingin kamu tinggalkan di Messenger lite kamu.
2. Tap ikon “i” dipojok kanan atas.
3. Selanjutnya tap menu “Tinggalkan Obrolan”.
4. Akan muncul popup konfirmasi, disini tap “Tinggalkan”.

5. Selesai.

Bisakah keluar dari grup Messenger tanpa diketahui anggota lainnya?

Di atas sudah saya sampaikan cara untuk keluar dari grup Messenger. Setelah melakukan langkah-langkah yang sudah saya bahas, maka kamu akan secara otomatis keluar dari grup yang kamu ikuti.

Di dalam grup, nantinya akan ada pemberitahuan yang menyebutkan bahwa kamu telah keluar dari grup. Dengan begitu, semua anggota grup akan tahu apa yang telah kamu lakukan.

Pengumuman seorang telah keluar dari grup.

Yah, ini bukan masalah besar jika grupnya adalah grup yang sembarangan memasukkan kamu menjadi anggota.

Tapi bagaimana jika grup tersebut adalah grup yang isinya orang-orang dekat? Misalnya grup yang berisi teman sekolah atau keluarga. Tentu para anggota grup akan merasa heran dengan keputusanmu untuk keluar dari grup dan mungkin bisa menjadi masalah di kemudian hari.

Nah yang jadi pertanyaan adalah “bisakah keluar dari grup secara diam-diam?”. Sayangnya, hal itu tidak bisa dilakukan. Semua orang bisa melihat notifikasi bahwa kamu keluar dari grup.

Jika grup tsbt adalah grup dengan teman karib, kamu bisa saja meninggalkan gurauan atau candaan singkat sebelum keluar dari grup. Misalnya “Bosan lihat muka kalian, bye”.

Atau kamu bisa pamit baik-baik. Katakan alasan yang masuk akal dan bisa dipahami oleh anggota grup sehingga mereka bisa memaklumi keputusanmu.

Baca juga :  Cara membuat tulisan unik dan warna-warni di facebook

Atau jika hal itu terasa berat, kamu bisa melakukan langkah lain, yaitu memberi tahu admin atau salah satu anggota grup yang paling dekat denganmu. Jelaskan bahwa kamu ingin keluar dari grup dan katakan alasannya. Pastikan mereka memahami dan memaklumi keputusanmu. Setelah itu, minta tolong pada mereka untuk memberikan pengumuman di grup mengenai keputusanmu, lengkap dengan alasan kenapa kamu keluar dari grup.


Itulah cara untuk keluar dari grup Messenger. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin keluar dari salah satu atau beberapa grup Messenger yang kamu ikuti.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.