Cara melacak hp yang hilang dengan akun gmail (google)

Di zaman dimana hampir semua orang memiliki smartphone saat ini, Gmail yang merupakan salah satu produk dari Google digunakan hampir di setiap ponsel pintar. Untuk ponsel android misalnya, akun gmail sudah jadi kewajiban.

Ternyata Gmail (akun google) juga bisa melakukan hal yang tidak terduga yaitu melacak dan mengendalikan smartphone dari jarak jauh.

Hal ini bukan berarti Google merupakan aplikasi yang memata matai pengguna.

Anda harus tau, Google merekam semua kegiatan yang kita lakukan termasuk perangkat yang pernah kita gunakan untuk login. Ketika anda sudah berhasil login ke akun Google ke sebuah perangkat, maka Google akan merekam perangkat tersebut dan menandai lokasi perangkat yang anda gunakan itu.

Hal ini untuk keamanan akun google tsbt.

Nah, fitur Google ini juga bisa membantu bagi anda yang kehilangan perangkat, entah karena tidak sengaja hilang atau mungkin dicuri.

Jika anda penasaran bagaimana caranya, kali ini saya akan mencoba memberikan tutorial bagaimana cara melacak perangkat yang hilang.

Cara melacak hp yang hilang dengan akun google

Tentunya Tutorial ini berlaku bagi anda yang sudah pernah login akun Google pada perangkat yang hilang tersebut.

Step 1: Masuk kelaman ini myaccount.google.com/security. Kalau belum login, pasti akan diminta login dulu. Lalu akan muncul laman berikut ini. LaluTap link “Find a lost or stolen phone”.

Melacak Perangkat dengan Menggunakan Gmail

Step 2: Pilih ponsel atau perangkat yang hilang tsbt

Akan muncul list ponsel atau laptop yang pernah dipakai login ke akun google. Pilih dan tap perangkat yang hilang tersebut.

Biasanya setelah itu akan diminta untuk mengisikan password sekali lagi.

Step 3: Pilih “Locate. Dimenu sini anda bisa memilih berbagai fitur seperti “ring” atau “locate”.

Ring berfungsi untuk membunyikan telepon. Ini kalau kasusnya ponsel hilang dalam rumah. Kalau di call atau di telepon bisa saja, hanya kadang kita pakai mode silent. Jadi kalau ponsel mode silent, pakai metode ring ini. Sedangkan locate, itu untuk menemukan lokasi ponsel saat ini.

Cara Melacak Perangkat dengan Menggunakan Gmail (9)

Dibagian bawah ada beberepa pilihan juga, seperti “lock your phone (kunci ponsel anda)”, “try calling your phone (coba telepon ponsel anda)”, “Sign out on your phone (logout/keluar kan akun google yang ada di ponsel anda)” dan terakhir “Contact your operator” Yang artinya hubungi operator.

Step 4: Setelah pilih locate, akan muncul tampilan google map.

Melacak Perangkat dengan Menggunakan Gmail

Dengan menggunakan tampilan Google map, anda bisa mengetahui posisi smartphone anda saat ini. Lokasi yang ditampilkan adalah lokasi real saat itu juga.

Jika Perangkat bergerak, titik tersebut juga akan bergerak. Anda hanya perlu mengejar titik itu untuk mendapatkan perangkat anda sendiri.

Memang untuk dapat ponsel hilang tadi butuh takdir kali ya. Soalnya kalau hilang dan tertinggal ditempat yang aman, masih ada kemungkinan bisa dapat ponselnya lagi.

Sebut saja ketinggalan dirumah teman, atau ketinggalan di masjid dekat rumah. Besar kemungkinan anda bisa dapatkan ponsel anda kembali.

Bagaimana kalau ponsel itu di curi orang?

Inilah yang susah. Kalau hilangnya di curi orang. Berarti mereka memang niat dan biasanya sulit untuk mendapatkannya kembali.

Walaupun bukan tidak mungkin.

Jangan menganggap semua pencuri itu high tec dan pandai serta mengerti teknologi. Banyak kasus dimana pencuri tersebut setelah dapat ponselnya, mereka cuma ganti kartu dan tanpa melakukan “factory reset”.

Kalau begitu anda bisa track lokasinya perlahan-lahan. Dan ajak beberapa orang teman atau keluarga kelokasi dimana ponsel tersebut terlihat di google map. Jangan pergi sendiri.

Setelah sampai disana, coba komunikasi baik-baik dan minta kembalikan ponsel kamu. Kalau dia tidak mengakui, bisa coba pakai menu ring

Jika anda mengaktifkan menu ring ini, maka ponsel anda akan berbunyi nyaring (full volume), tidak usah khawatir jika perangkat di silent, meskipun perangkat dalam keadaan silent, sound tetap akan berbunyi nyaring selama 5 menit.

Melacak Perangkat dengan Menggunakan Gmail

Ingat, kalau kasusnya seperti ini, jangan main hakim sendiri, jangan juga pergi kesana sendiri. Kalau memang anda sudah tau pasti lokasi ponsel anda. Mintalah tolong pada pihak yang berwajib.


Semua cara diatas tidak hanya berlaku untuk Android. Jika anda memiliki perangkat IOS, Anda juga bisa mengikuti tutorial diatas. Hal ini dikarenakan tidak hanya android, namun Iphone juga bisa, tapi memang syarat utamanya di perangkat tersebut ada akun gmail yang dalam keadaan login.

Itulah Tutorial melacak hp yang hilang meggunakan akun Gmail.

Cukup mudah bukan? bagaimana pendapat anda? Kalau berhasil atau ada yang ingin ditanyakan, jangan lupa untuk komentar dibawah ini.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan