Cara Mengetahui Siapa Yang Melihat Story Facebook Kita

Baru pertama kali menggunakan fitur Story di Facebook? Sangat mungkin kalau kamu tidak tahu bagaimana cara melihat viewers atau pemirsa story kamu di Facebook.

Kamu mungkin merasa penasaran siapa saja yang sudah melihat ataupun sering kepo-in story kamu. Atau justru kamu membuat story supaya dilirik atau dilihat seseorang yang menjadi target kamu?

Apapun alasannya, berikut cara melihat akun facebook yang sudah melihat story kamu.

Cara melihat siapa saja yang sudah melihat story kamu

  1. Buka aplikasi Facebook kamu seperti biasa.
  2. Diberanda facebook, tap story kamu.
  3. Dihalaman story kamu, tap “ikon mata dengan nomor disebelahnya”, seperti dibawah. Fyi, nomor tsbt menandakan jumlah orang yang sudah melihat story kita.
Cara Mengetahui Siapa Yang Melihat Story Facebook Kita 1
  1. Selesai. Disini kamu akan melihat semua pemirsa atau penonton story kamu tsbt. Yang ada tanda titik biru di sebelah nama pengguna adalah tanda kalau akun tersebut baru saja melihat story kamu.
Cara Mengetahui Siapa Yang Melihat Story Facebook Kita 3

Sayangnya , Facebook belum menyediakan fitur statistik terkait kapan viewers atau pemirsa tsbt melihat story kita. Berbeda dengan di WhatsApp, di WhatsApp misalnya, kita bisa tau siapa yang melihat story kita sekaligus waktu kapan mereka melihat story kita tsbt.

Apa maksud menu “Lainnya” dihalaman pemirsa?

Oiya, kalau ada kasus seperti dibawah, dimana tertulis viewers kita berjumlah 3 orang pemirsa, tetapi yang terlihat hanya 2 orang. Sementara, satu orangnya masuk ke daftar “Lainnya”.

Nah, yang masuk dalam daftar “Lainnya” itu siapa? Mengapa tidak terlihat? Okay akan aku jelaskan.

Cara Mengetahui Siapa Yang Melihat Story Facebook Kita 5

Jadi kalau kamu mengunggah story di Facebook dan story kamu bersifat publik, maka semua orang dapat melihat story kamu, termasuk orang yang tidak berteman dengan kamu di Facebook.

Nah, oleh pihak Facebook, orang yang tidak berteman denganmu tetapi melihat story Facebook kamu, maka orang itu dianggap sebagai anonim. Kamu tidak dapat melihat siapa dia.

Makanya bagian bawah tertulis “Lainnya => 1” berarti 1 orang “anonim” sudah melihat Story Facebook kita, tanpa kita tahu siapa dia.

Ini hanya berlaku jika kamu membuat story yang bersifat publik. Kalau kamu membuat story yang bersifat privat atau kamu batasi hanya orang tertentu saja, maka tidak akan ada yang masuk dalam daftar “lainnya”.

Adakah cara mengetahui orang yang tidak berteman yang melihat story kita?

Sejauh yang aku ketahui, hal ini tidak bisa dilakukan. Jadi jangan mudah percaya jika ada situs atau aplikasi yang mengklaim bisa melakukan hal ini. Mereka bisa saja memberikan nama tertentu, tapi besar kemungkinan ini hanya sembarang nama yang diambil dari daftar teman dari teman misalnya.

Jika kamu tidak suka hal ini, kamu bisa memaksa agar hanya teman saja yang bisa melihat story kamu. Caranya ya dengan mengatur privasi story, diubah dari publik menjadi hanya teman.


Bagaimana? Sudah paham apa yang aku jelaskan diatas?

Ada kepuasan tersendiri memang ketika mengetahui siapa saja yang sudah melihat story kita. Apalagi jika kita mempunyai target seseorang. Wah, sepertinya akan berkali kali melihat daftar viewers Story Facebook-nya.

Tapi menurutku kekurangannya seperti yang sudah aku sebutkan diatas tadi. Tidak ada keterangan waktunya, kapan akun tersebut melihat story kita.

Ya tunggu saja, semoga kedepan pihak Facebook bisa menambahkan fitur tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *