Cara melihat password yang tersimpan di UC Browser


Prambanan mana yang menjadi favorit kamu, apakah Chrome, Mozilla Firefox, Uc browser atau Opera?

Banyak browser yang bisa menjadi pilihan kamu berinternet, dan hampir setiap browser memiliki fitur “simpan sandi” yang memudahkan penggunanya untuk login ke situs-situs yang sering diakses.

Nah, sandi yang pernah disimpan tadi, bisa di cek, jika suatu saat kamu lupa dan perlu sandi akun tsbt untuk login di perangkat lain.

Beberapa waktu lalu, aku bahas mengenai cara melihat password yang tersimpan di browser chrome dan firefox. Nah kesempatan kali ini aku bahas mengenai cara melihat password yang tersimpan di UC Browser, baik melalui komputer maupun HP.

Yang mana kita tahu bahwa UC browser tak kalah popular seperti chrome dan firefox. Untuk cara melihat password-nya gak jauh beda dengan pengaturan browser lain.

Melihat password tersimpan di UC browser PC

Sebelumnya, sedikit informasi bahwa yang aku gunakan adalah UC browser UWP di windows 10. Kurang lebih untuk settingnya tidak jauh berbeda seperti UC browser versi lain.

Ok, langsung saja simak caranya:

1. Buka aplikasi UC browser di komputer.
2. Klik icon gembok kunci di pojok kanan atas.

tap ikon gembok

3. Kemudian mucul menu slide berisikan situs/akun yang tersimpan. Klik lah salah 1 akun yang ingin kamu lihat passwordnya. Misalnya facebook.

tap situs yang ingin dilihat passwordnya

4. Selanjutnya beralih ke halaman info akun, klik saja “icon mata” di samping titik-titik untuk memunculkan password.

Cara melihat password di UC browser

5. Selesai, titik-titik tersebut akan hilang dan passwordnya akan terlihat. Kamu bisa gunakan passwordnya untuk login diperangkat atau aplikasi lain.

Oh ya, sedikit informasi bahwa gak semua akun yang login di UC browser PC dengan username dan kata sandi otomatis tersimpan. Jadi akun tertentu saja yang bisa tersimpan info akun. Mungkin karena pengaturannya. Seperti aku coba login shopee web, tapi tidak tersimpan info akun tsbt.

Ternyata mudah sekali ya melihat password yang tersimpan di UC.  Tidak harus memasukkan kunci keamanan windows, seperti ketika melihat password yang tersimpan di chrome.

Itu artinya, siapa saja yang membuka komputer/laptop kamu, bisa melihat password akun kamu di UC browser, jadi harus lebih berhati-hati ya.

Bisakah melihat password tersimpan di aplikasi UC browser di ponsel?

Seperti yang kita tau, UC browser ini banyak pengguna androidnya. Sayang-nya browser ini hanya bisa menyimpan info akun login di android, dan kamu tidak bisa melihat password layak nya UC di komputer.

Mungkin ini adalah kebijakan pihak UC untuk tidak menyediakan fitur lihat password tetapi pengguna tetap bisa menyimpan password guna mempermudah penggunanya jika masuk kembali, username dan sandi akan otomatis terisi.

Jadi intinya, UC browser di android tidak menyediakan fitur melihat password yang tersimpan.

Disatu sisi, ini baik untuk keamanan, tapi dilain sisi, kalau kamu lupa password, kamu tidak bisa cek password akun tsbt, dan hanya bisa login via UC browser saja.


Sampai disini dulu pembahasan browsernya. Terimakasih sudah membaca dan mencoba. Ada pertanyaan silahkan di kolom komentar.

This Post Has 4 Comments

  1. Achmad new jr

    Saya tak bisa masuk ke akun saya

    1. yudha

      ga bisa masuk kemana mas?

      lupa sandi kah? kalau iya, ikutin tutorial terkait lupa sandi mas.. banyak kok.. diblog ini ada.. digoogle jg banyak…

  2. Kris

    Bisa dibantu lupa sandi fb kak??

    1. yudha

      baca artikel relevan mas.. banyak kok..cobain dulu..

Tinggalkan Balasan