Cara Melihat Semua Video Yang Pernah Ditonton di Facebook

Saat ini di Facebook, kita tidak hanya dapat melihat postingan teks dan gambar. Pesatnya perkembangan teknologi dan pembaruan yang terus dilakukan oleh Facebook membuat kita bisa menikmati banyak video di sosial media tersebut.

Mulai dari video pribadi yang di upload teman kita, video potongan film dan serial TV, hingga video live streaming pun bisa dilihat di sana.

Kalau kamu suka nonton video di Facebook, maka diantara banyaknya video yang pernah kamu tonton, pastinya ada video yang ingin kamu tonton kembali. Mungkin video tersebut merupakan video yang baru kamu tonton beberapa saat lalu, atau mungkin salah satu dari video yang ditonton beberapa hari lalu.

Sayangnya, kalau videonya tidak kamu bagikan di Linimasa-mu, maka mungkin kamu akan kesulitan untuk mencari video tersebut. Apalagi kalau video yang kamu cari merupakan video yang kamu tonton beberapa hari atau beberapa minggu lalu.

Tapi sebenarnya, tidak terlalu sulit untuk mencari kembali video yang sudah ditonton beberapa waktu lalu karena Facebook menyimpan sejumlah informasi mengenai apa yang telah kamu lakukan di sosial media tersebut. Salah satunya adalah riwayat video yang pernah kamu tonton.

Nah, kalau kamu ingin mencari video yang pernah kamu tonton, tapi masih belum tahu caranya, maka coba ikuti tutorial yang saya bahas di artikel ini.

Cara Melihat History Video yang Ditonton Melalui Halaman Watch

Cara ini hanya bisa dilakukan di aplikasi FB biasa (tidak tersedia di FB lite). Jadi, untuk melihat riwayat video melalui halaman Watch, maka silahkan buka aplikasi Facebook biasa kamu. Setelah itu, langsung ikuti saja tutorial berikut.

1. Tap icon “Hamburger” di kanan atas.

Tap icon “Hamburger” di kanan atas.

2. Tap “Video di Watch”.

Tap “Video di Watch”.

3. Tap icon “Search”.

Tap icon “Search”

4. Tap “Video yang Anda Tonton”.

Tap “Video yang Anda Tonton”.

5. Setelah melakukan langkah di atas, kamu akan melihat riwayat video yang pernah kamu tonton.

Kamu akan melihat semua video yang pernah kamu tonton.

Selanjutnya, kamu bisa tap video yang kamu cari. Maka Facebook pun akan langsung memutar video tersebut.

Jika kamu tidak menemukan video yang kamu cari, maka kamu bisa mencoba cara kedua yang saya bahas di bawah.

Cara Melihat History Video yang Ditonton Melalui Log Aktivitas

Cara kedua ini bisa digunakan baik melalui aplikasi FB biasa maupun aplikasi FB Lite. Tapi di FB biasa, videonya tidak bisa dibuka. Jadi kalau kamu ingin melihat kembali video yang kamu cari, maka sebaiknya gunakan FB Lite.

Untuk melihat riwayat video melalui Log Aktivitas, langsung saja ikuti langkah-langkah berikut. Dibawah saya pakai aplikasi FB Lite.

1. Tap icon “Hamburger” di kanan atas.

Tap icon “Hamburger” di kanan atas.

2. Scroll ke bawah, lalu tap “Pengaturan”.

Tap “Pengaturan”.

3. Scroll ke bawah hingga ke menu “Informasi Anda”. Di sana, tap “Log Aktivitas”.

Tap “log Aktivitas”.

4. Scroll ke bawah lagi. Kemudian tap “Lihat Tindakan yang Dicatat”.

Tap “Lihat Tindakan yang Dicatat”.

5. Tap ”Filter”.  Lalu pilih menu “Kategori”.

Note: Kamu juga bisa memfilter waktunya, disini kamu bisa pilih menu “Tanggal” dibawah menu “Kategori”, dengan begini kamu bisa mencari lebih spesifik jika kamu tau perkiraan tanggal kamu menonton video tsbt.

6. Selanjutnya pilih kategori “Video yang anda tonton”.

Tap “Video yang anda tonton”.

7. Kamu akan melihat informasi mengenai semua video yang kamu tonton. Diurutkan berdasarkan waktu. Selanjutnya, silahkan tap kata “Video” yang terdapat di tanggal tertentu. Maka Facebook pun akan memutar videonya.

Kamu akan melihat informasi mengenai semua video yang kamu tonton.

Yah, bisa dilihat pada gambar di atas. kalau kamu melakukan cara melihat history video melalui Log Aktivitas ini di FB Lite, maka mungkin kamu akan sedikit kesulitan untuk menemukan video yang kamu cari.

Ini karena halaman “Tindakan dan Aktivitas Lain yang Dicatat” di FB Lite hanya menampilkan informasi mengenai daftar video yang kamu tonton di tanggal tertentu.

Tidak ada informasi yang dapat membantumu mencari video tertentu, seperti apa dan dimana video tsbt kamu tonton, apakah video ditonton dari timeline seseorang, dari grup, dll, itu tidak ditampilkan disini. Bahkan judul video pun tidak ada.

Mungkin akan lebih mudah melakukannya jika menggunakan FB biasa karena seperti yang bisa dilihat pada perbandingan gambar di bawah, di FB biasa terdapat thumbnail video yang memudahkanmu mencari video yang kamu cari.

Namun sayangnya, seperti yang saya katakan di atas, videonya tidak bisa dibuka sehingga mau tidak mau, kalau ingin melihat kembali video yang pernah kamu tonton, maka kamu harus menggunakan FB Lite.

Selain itu, kamu perlu ingat tanggal berapa kamu menonton video tersebut. Kemudian tap setiap kata “Video” di tanggal tersebut hingga kamu menemukan video yang kamu cari.


Itulah cara untuk melihat riwayat video yang pernah kamu tonton di Facebook. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin sekali menonton video yang telah kamu tonton sebelumnya di Facebook.

Sekian untuk artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Jangan lupa tap tombol share jika dirasa bermanfaat. 🙂

2 responses to “Cara Melihat Semua Video Yang Pernah Ditonton di Facebook”

  1. Ronald Dairo Malo Avatar
    Ronald Dairo Malo

    Terimakasih banyak. Sukses selalu. Tuhan memberkati 🙏😇

    1. yudha Avatar
      yudha

      Sama2 mas bro..terimakasih juga sudah berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *