Cara mematikan suara notifikasi pesan Facebook

Bila sudah bermain facebook pastinya kita tidak mau yang namanya ketinggalan sebuah informasi.

Ketinggalan informasi karena jarang login ke facebook nyatanya juga berpengaruh pada pergaulan serta keupdatean kita dengan lingkungan sekitar. Apalagi kalau misalkan ada teman kita yang mengirim pesan di facebook namun kita telat membukanya, pastinya pesan tersebut akan terlihat basi kalau baru dibalas seminggu setelah dapet pesannya.

Itu kenapa sebagian dari kita biasanya mengaktifkan fitur notifikasi pesan dari facebook, agar bisa komunikasi lebih cepat dengan user/teman facebook lainnya.

Masalahnya, setelah facebook-an bertahun2, jumlah teman yang tadi nya cuma 100 sekarang bisa jadi udah 4000, dan jumlah pesan yang kita terima pun semakin hari semakin banyak, entah itu dari teman facebook, bahkan dari pengguna facebook lain yang bukan teman.

Belum lagi, tidak semua pesan tersebut penting, dan perlu respon cepat, bahkan sebagian malah pesan SPAM ato pedekate dari orang yang ga kita kenal di dunia nyata.

Dan ini akan mengganggu, sangat mengganggu menurutku, nah disini, aku akan jelaskan bagaimana cara menonaktifkan pemberitahuan suara untuk pesan2 yang kamu terima tsbt, agar hidup kamu lebih nyaman karena kurangnya suara berisik yang bisa mengganggu istirahat kamu.

Baca Juga:  Cara menyimpan video dari Facebook ke hp atau komputer

Langkah-langkah Mematikan Suara di Pesan Facebook

Untuk mematikan suara di pesan facebook pastinya kita perlu melakukan login facebook terlebih dahulu. Setelah itu kamu dapat melakukan pengaturan dengan cara berikut ini.

Versi 1

  • Akses tab pesan/messenger kamu.Untuk akses messenger bisa melalu beranda dengan cara klik ikon messenger seperti contoh dibawah.

cara mematikan suara pesan facebook

Atau bisa dengan cara klik icon messenger di toolbar facebook, lalu klik link “lihat semua dimessenger”

  • Setelah itu akan muncul laman messenger seperti dibawah ini.

  • Ketika kamu sudah masuk ke messenger, maka kamu akan melihat beberapa pesan yang masuk ke facebook kamu. Setelah itu cari ikon gerigi.

  • Ketika ikon gerigi diklik maka akan muncul beberapa tulisan. Lalu pilihlah Pengaturan.

  • Dalam hal ini kita sudah masuk ke Pengaturan, lalu carilah Suara. Apabila Suara masih aktif maka akan ada centang biru di diaktifkan. Namun sebaliknya bila ingin mematikan suara maka kita hanya perlu mengklik centang biru agar hilang.

  • Lalu jangan lupa untuk mengklik Selesai.

Versi 2

  • Ketika kamu berada di Beranda facebook, kamu hanya perlu mengklik ikon pemberitahuan yang berbentuk lonceng, lalu klik Pengaturan.

  • Setelah itu, cari kalimat Aktifkan Suara ketika pesan diterima. Dalam hal ini kamu hanya perlu memilih nonaktif.

Mematikan suara di pesan facebook sebenarnya bukanlah sebuah keharusan untuk dilakukan .Bila kamu merasa bahwa notifikasi dari facebook itu sendiri masih normal tentunya kamu tidak perlu melakukan pengaturan untuk mematikan suara.

Hal yang membuat suara notif pesan facebook sangat menganggu biasanya karena teman2 facebook kita yang tanpa henti mengirimi kita pesan tanpa memikirkan jeda waktu entah itu siang, pagi ataupun malam.

Yudha note :

Saranku sih, sebisa mungkin menonaktifkan notifikasi yang tidak perlu, ini ga cuma bikin baterai hp tahan lama, tapi juga hidup lebih tenang. Untuk temen2 dekat dan orang terdekat kamu, kamu bisa ajak mereka komunikasi lewat sms atau aplikasi whatsapp/line/dll.

Jadi, sebaiknya pisahin metode komunikasinya, klo temen deket yang perlu di chat tiap hari, undang ke WA ato line, nah nanti, WA nya jangan dipake untuk sembarang orang/disebar pula ke facebook, tujuannya dipisahin tadi biar kamu bisa komunikasi cepat di aplikasi WA, dan untuk pesan2 di FB bisa digunakan untuk ngobrol saat ada waktu luang dengan orang2 baru yang baru kamu kenal.

Ini saran aja sih, dari seseorang yang udah makan asam garam didunia sosmed. 😛

Ini tentu saja berbeda, kalau kamu menggunakan facebook untuk hal lain, jualan misalnya. Jelas perlu aktif terus notifikasi suaranya agar tidak membuat calon pembeli lama menunggu.

Untuk menonaktifkan notif suara butuh pertimbangan memang, kalau kamu jualan, mungkin udah jelas, notifikasi pesan akan jadi sangat penting, tapi kalau kamu hanya user/pengguna normal/biasa , kamu harus tanya lagi, seberapa perlu aktifitas berkirim pesan di facebook dalam keseharian mu.

Hal yang paling penting adalah kamu harus mengetahui tujuan dari notifikasi pesan di facebook itu serta manfaat apa yang akan didapatkan bila dinyalakan serta dimatikan. Ketika kita bijak dalam mengelola social media tentunya hal ini akan berguna bagi diri kita sendiri. Terimakasih.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *