Cara membuat channel di Telegram

Telegram Messenger adalah aplikasi chatting yang dirilis pertama kali pada tahun 2013. Hanya dalam kurun waktu 3 tahun pengguna Telegram telah mencapai lebih dari 100 juta pengguna aktif.

Meskipun jumlah pengguna aktif Telegram cukup besar, nyatanya belum semua dari kita mengetahui aplikasi chatting yang satu ini.

Telegram muncul sebagai aplikasi chatting yang menawarkan fitur canggih dan lengkap telah menjadi kompetitor nyata aplikasi Whatsapp.

Perlahan tapi pasti, para pengguna aplikasi chatting mulai menjajal aplikasi chatting baru berupa Telegram Messenger yang lebih canggih dan pastinya membuat mereka termasuk kamu makin penasaran terhadap fitur yang ditawarkannya.

Bagi kamu yang sudah terlebih dahulu menjajal aplikasi Telegram ini pasti tidak asing lagi dengan yang namanya “Channel”. Yap, channel secara sederhananya memang hampir sama dengan grup. Kamu bisa bergabung dengan salah satu channel yang menjadi minatmu untuk bisa mendapat informasi dan file – file tertentu yang dibagikan oleh admin channel tersebut.

Nah, jika kamu mungkin tidak ingin bergabung dengan channel tertentu dan justru ingin membuat channel sendiri untuk membagikan ilmu dan file tertentu yang kamu miliki, kamu bisa mengikuti cara – cara membuat channel yang akan aku jelaskan dibawah ini.

Cara membuat channel di Telegram

1.Pastikan kamu sudah menginstal aplikasi Telegram. Lalu buka aplikasinya dan pilih ikon pensil di sebelah kanan bawah.

Tampilan halaman awal Telegram

2.Maka akan muncul tiga pilihan menu yang tersedia. Pilih saja “Channel Baru” untuk membuat channel.

Pilih "Channel Baru" untuk membuat channel di Telegram
Pilih “Channel Baru” untuk membuat channel di Telegram

3.Jika kamu baru pertama kali ingin membuat channel baru, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar. Pilih “Buat Channel” untuk melanjutkan.

Halaman info yang muncul bagi pengguna baru
Halaman info yang muncul bagi pengguna baru

4.Maka kamu akan dihadapkan dengan form untuk membuat nama channel dan deskripsinya. Isikan sesuai dengan rencana awalmu. Kalau kamu sudah memiliki foto untuk profil channel yang kamu buat, silahkan langsung tambahkan saja . Jika sudah, simpan dengan cara pilih checklist di sebelah kanan atas.

Halaman form yang harus diisi untuk membuat channel Telegram
Halaman form yang harus diisi untuk membuat channel Telegram

5.Selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada tampilan seperti pada gambar. Kamu bisa memilih jenis channel yang kamu inginkan. Apakah kamu menginginkan channel buatanmu diketahui dan ditemukan orang dalam pencarian atau tidak.

Disini aku menginginkan channel yang aku buat bersifat publik. Maka aku pilih “Channel Publik”.

Memilih jenis channel Telegram
Memilih jenis channel Telegram

Jika kamu sudah memilih “Channel Publik”, maka kamu bisa membuat sendiri alamat tautan yang nantinya akan bisa ditemukan dan dibagikan oleh orang lain jika mereka ingin bergabung dengan channel buatanmu.

Silahkan pilih “Tautan” atau pada gambar yang aku beri kotak. Disana kamu tentukan sendiri tautan yang sesuai. Jika kamu sudah mengetikkan alamat tautanmu dan tersedia, berarti alamat tautan tersebut bisa digunakan.

Tetapi jika alamat tautan yang kamu ketikkan tidak valid atau tidak tersedia, kamu harus mengganti alamat lain hingga dinyatakan tersedia yang ditandai dengan tulisan berwarna hijau dibawah alamat tautan yang kamu ketikkan tadi.

Jika sudah, silahkan simpan pengaturan dengan cara pilih checklist dibagian kanan atas.

6.Nah, sekarang kamu bisa memasukkan siapa saja yang akan menjadi anggotamu. Pilih beberapa kontak lalu pilih checklist untuk menyimpan pengaturan.

Memilih kontak untuk menjadi anggota Channel
Memilih kontak untuk menjadi anggota Channel

7.Jika kamu sudah menemukan tampilan seperti gambar dibawah ini, berarti kini kamu sudah berhasil membuat channel. Sekarang kamu tinggal mengatur segala pengaturan yang perlu disesuaikan dengan kebutuhanmu. Klik saja nama channelnya, maka akan muncul keterangan lebih detil tentang channel buatanmu.

Tampilan halaman channel yang berhasil dibuat
Tampilan halaman channel yang berhasil dibuat

8.Untuk masuk kedalam pengaturan channel, kamu pilih ikon gerigi dibagian atas, atau pada gambar yang aku lingkari.

Memilih ikon gerigi untuk masuk ke pengaturan channel
Memilih ikon gerigi untuk masuk ke pengaturan channel

9.Di pengaturan ini, kamu bisa mengedit kembali nama channelmu, foto profil, deskripsi, tipe channel, tautan undangan, dan tandai pesan. Silahkan edit sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah jangan lupa menyimpan pengaturan tersebut dengan memilih checklis dibagian kanan atas.

Tampilan halaman channel dalam mode "Edit"
Tampilan halaman channel dalam mode “Edit”

10.Kalau kamu merasa perlu untuk menghapus channel buatanmu, silahkan pilih “Hapus Channel” pada bagian paling bawah.

pilih "Hapus channel" untuk mengahapus channel pada Telegram
pilih “Hapus channel” untuk mengahapus channel pada Telegram

Kesimpulan

Kini kamu bisa membuat channel sendiri jika kamu menginginkannya. Jika kamu memiliki keterampilan dan pengetahuan dibidang tertentu, silahkan bagikan ilmu yang kamu miliki kepada semua orang dengan cara membuat channel di Telegram sesuai dengan cara yang sudah aku jelaskan diatas.

Channel pada Telegram dapat dihuni oleh ratusan ribu anggota. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika kamu akan kesulitan menjangkau lebih banyak orang dalam satu channel di Telegram.

Silahkan dicoba sekarang. Jangan lupa bagikan pengalamanmu membuat channel sendiri di Telegram dengan cara membagian artikel ini pada rekan – rekanmu yang lain.

This Post Has 8 Comments

  1. AGUS

    Apakah channel baru harus memasukkan kontak ?
    Tanpa menambahkan kontak pesan siaran kita langsung terbaca oleh kontak yang ada di telegram ?

    1. yudha

      ga paham aku pertanyaannya mas..

      channel itu seperti grup mas… kalau ada anggotanya, maka pesan akan dibaca oleh anggota, tapi kalau anggota grup kosong, ga peduli berapa banyak kontak mas, kalau mereka ga gabung ke channel tsbt, ya ga akan bisa lihat apa yang dibahas didalam channel.. cmiiw.

  2. apakah channel telegram perlu di optimasi gan untuk mendapatkan pelanggan?

    1. yudha

      aku rasa ga ada yang perlu dioptimasi mas. asalkan nama channel dan deskripsinya jelas, sekaligus tujuannya jelas, aku rasa bakal ada yang gabung…yang penting channelnya jangan di private.

      terus mungkin promosi dibanyakin, misalnya dibuatkan artikel diblog yang khusus promosiin chanel tsbt.. pastikan juga keyword yang ditarget sesuai…

  3. Anastasia

    Bagaimana supaya anggota channel bisa berkomentar ya?
    Awal membuat channel saya atur dgn private.

    1. yudha

      aku ga terlalu aktif di telegram mas.. aku punya channel jg sih buat bukugue.com, cuma memang ga pernah update…

      setauku walaupun channel publik, tetap ga bisa komentar mas…

      barusan aku search, ada alternatif, dengan menambahkan bot ke channel tsbt.. cma belum pernah coba.. bisa search aja di google dengan keyword ” telegram channel comment”..

  4. Granova

    Berarti cuman Admin yg bisa chat di channel kita ya

    1. yudha

      sepertinya gitu sih… tapi aku liat ada bot kok untuk nambahin fitur komen di channel (cma aku belum pernah cobain)..

Tinggalkan Balasan