Cara mencari grup atau channel Telegram

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : Juni 6, 2020
  • Post category:Topik : Telegram

Sebelum kita masuk kepembahasan bagaimana cara mencari channel dan grup telegram, kalian perlu tau dulu perbedaan antara grup dan channel.

Simpelnya group Telegram adalah fitur yang memungkinkan kalian untuk berkomunikasi antar banyak anggota dalam grup tsbt. Sedangkan channel, mirip seperti channel di youtube, kalian bisa subscribe dan mendapatkan informasi dari channel tsbt.

Jadi jika kalian gabung di grup, kalian bisa lebih puas berdiskusi, sedangkan di channel, kalian bisa pasif menunggu informasi yang disediakan oleh channel.

Seharusnya sampai disini kalian sudah paham beda channel dan grup di Telegram, sehingga kalian bisa lebih mudah dalam mencari sesuai kebutuhan kalian nanti.

Mencari Channel dan Group Telegram di pencarian google (hasil lebih banyak)

Sebenarnya pencarian grup dan channel telegram, bisa dilakukan langsung melalui aplikasi Telegram, dan ini akan kita bahas dibawah nanti. Tapi dengan menggunakan Google, maka pencarian kalian akan memberikan lebih banyak hasil.

Oleh karena itu untuk mendapatkan pencarian lebih banyak, kalian bisa menggunakan Google.

Untuk melakukan pencarian melalui Google kalian bisa gunakan cara berikut.

1. Masuk ke halaman mesin pencari Google seperti dibawah. Bisa di browser HP, bisa juga di browser laptop. Dicontoh ini, saya menggunakan browser chrome di laptop.
2. Dikolom pencarian masukkan kata kunci seperti ini site:t.me (pencarian). Misalnya kalian ingin mencari grup drakor, maka ketikkan site:t.me drakor, atau jika mencari grup lowongan kerja, bisa cari dengan kata kunci site:t.me lowongan kerja.

masukkan keyword site:t.me kata kunci/

3. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman hasil pencarian seperti dibawah ini. Akan muncul grup-grup dan channel-channel yang terkait dengan keyword kalian tadi.

list group

4. Pilih dan buka salah satunya. Selanjutnya kalian bisa bergabung ke grup tsbt seperti dibawah ini.

halaman group / channel sesuai pencarian

Jika kalian menggunakan ponsel, biasanya kalian akan langsung di redirect dari browser kalian, ke aplikasi telegram di ponsel tsbt. Dicontoh diatas saya menggunakan telegram web, jadi memang ingin mengakses grup telegramnya melalui laptop.

Mencari channel Telegram saja

Kalau di pembahasan diatas, kita mencari channel dan grup secara keseluruhan, disini kita akan fokus mencari channel saja.

Caranya kurang lebih sama, tapi kata kunci yang digunakan ada tambahannya agar yang muncul hanya channel saja.

Jika diawal kita gunakan kata kunci site:t.me (pencarian), sekarang jadi site:t.me (pencarian) view channel.

Jadi misalnya kalian ingin cari channel tentang film, maka ketikkan site:t.me film view channel. Jika kalian ingin mencari channel tentang game, ketikkan site:t.me game view channel.

Perlu diperhatikan, karena kita menggunakan site:t.me (pencarian) view channel, maka kata kunci pencariannya jangan terlalu spesifik (lebih dari dua kata), jadi cukup satu atau dua kata saja maksimum, ini karena semakin spesifik, semakin sedikit channel yang ditampilkan.

Berikut contoh hasil pencariannya.

list channel

Setelah dibuka memang dibawa ke channel, berikut contohnya.

halaman channel Telegram sesuai pencarian

Sekali lagi di ingatkan, saya disini sengaja menggunakan browser laptop, karena menggunakan telegram di laptop. Jadi jika kalian berniat buka dengan aplikasi telegram di ponsel, maka gunakan browser ponsel tsbt, misalnya browser chrome atau opera, dll.

Mencari group Telegram saja

Untuk mencari grup saja juga tidak jauh berbeda dengan mencari channel saja diatas. Jadi kata kunci pencariannya perlu di sesuaikan sedikit.

Untuk mencari grup, gunakan kata kunci site:t.me (pencarian) view group. Berikut dibawah contoh hasil pencariannya.

list group

Dan jika kalian klik salah satu dari hasil pencarian tersebut, maka kalian akan diarahkan ke halaman group yang dimaksud, berikut contohnya dibawah ini

Halaman Group Telegram

Mencari channel dan group Telegram dengan aplikasi Telegram

Seperti yang mungkin kalian sudah ketahui, saat mencari grup atau channel di aplikasi telegram biasanya telegram akan menyediakan beberapa hasil pencarian yang cocok.

Untuk melakukan pencarianpun sangat mudah, kalian tinggal buka beranda telegram kalian, lalu tap “ikon pencarian” seperti gambar dibawah, setelah itu masukkan kata kunci pencarian kalian.

halaman awal aplikasi Telegram

Yang jadi masalah adalah fitur pencarian telegram tidak secanggih google, misalnya saya mencoba menuliskan pencarian minecraft, hasilnya adalah channel terkait minecraft, tapi ketika ditulis channel minecraft, hasilnya adalah channel yang memiliki tulisan “channel” dibagian namanya saja, jadi bukan semua channel minecraft yang muncul.

Berikut contohnya, beberapa channel minecraft besar, pengikutnya sudah puluhan ribu, tapi channel ini hanya muncul ketika dicari dengan pencarian minecraft, dan tidak muncul ketika dicari dengan channel minecraft.

Sedikit berbeda dengan pencarian grup, ketika mencari dengan kata kunci group (pencarian), hasilnya cukup akurat, dan yang muncul hanya grup saja, tapi apakah ada grup yang terlewatkan dengan kata kunci ini, saya tidak bisa pastikan.

Berikut contoh pencarian grup, dengan kata kunci group minecraft.

hasil pencarian

Bagaimana menurut kalian? secara prosesnya, mencari langsung diaplikasi tentu lebih simpel, tapi jika hasilnya tidak lengkap, ini tentu tidak efektif juga.


Mungkin sampai disini bahasan kali ini. Itulah bagaimana cara mudah mencari group dan channel Telegram baik diaplikasi telegram resmi, maupun dengan bantuan mesin pencari google.

Jika ada saran ataupun pertanyaan, bisa tambahkan dikolom komentar dibawah. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

This Post Has 2 Comments

  1. Juliana Sevani

    Bagaimana cara membuat link grub whatsapp

Tinggalkan Balasan