Cara menggunakan telegram web di desktop/PC

Hello reader, sehat semuakan? Syukurlah. Jadi bisa baca dengan konsentrasi artikel ini. 😎 . Disini aku akan kenalin kamu sama Telegram yang gak kalah fitur2 nya dengan WhatsApp.

Ada banyak sekali fitur menarik yang disediakan oleh telegram yang tidak ada di aplikasi WhatsApp. Contohnya seperti adanya fitur channel, tema tanpa aplikasi pihak ketiga, secret chat, group dengan anggota bisa mencapai 30.000 member, wow bukan?

Tapi memang sih jika kita bandingkan 1 sama lain whatsapp Vs telegram,  mereka mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Buat kamu yang penasaran dan belum ada aplikasi ini di ponsel kamu, coba deh unduh dan daftar telegram menggunakan nomor pribadi kamu. Gampang ko, gratis lagi. 😆

Telegram web

Sampai disini masih membicarakan mengenai WhatsApp dengan Telegram, tentu bagi kamu pengguna whatsapp tidak asing lagi mendengar WhatsApp Web atau biasa di sapa dengan WA Web, Penggunaan aplikasi WhatsApp Web melalui web browser di komputer kamu, tanpa harus mengunduh aplikasi tersebut.

Dan pastinya Telegram juga bisa kamu akses melalui web brower di PC kamu. Sama seperti wa, telegram web juga bisa sync dengan akun telegram di ponsel kamu.

Disini kita akan bahas semua hal mengenai telegram web, mulai dari login sampe log out, dan juga perbedaan telegram versi web dengan aplikasi telegram biasa di smartphone kamu.

Cara login atau masuk ke Telegram web

Pertama, Silahkan kamu klik tautan halaman login web telegram ini.

Kemudian ketik nomor Hp kamu di kolom phone number, dimulai dari angka 8 ya, karena sudah tertera kode untuk Indonesia 62 sebagai pengganti angka 0. Lalu klik Next di bagian pojok kanan atas.

Masukkan nomor Hp kamu, lalu ketuk Next
Gambar 1. Masukkan nomor Hp kamu

Kemudian muncul notif “is this phone number correct?” /bener ini nomornya? klik saja “ok”

Gambar 2. Klik Ok

Telegram akan mengirimkan SMS ke nomor Hp kamu durasi waktu 2 menit kemudian ketik kode yang tertera dengan benar.

Gambar 3. Ketik Kode Verifikasi
Gambar 3. Ketik Kode Verifikasi

Jika kode benar maka akan tampil beranda chat kamu. Dan kamu bisa cek inbox dari telegram notifikasi di HP kamu bahwa ada beberapa informasi login akun kamu

Gambar 4. Inbox di HP Telegram Services notifications di
Gambar 4. Inbox di HP Telegram Services notifications.

Silahkan kalian nikmati komunikasi dengan lancar menggunakan PC kamu.

Gambar 5. Laman Web Telegram
Gambar 5. Laman Web Telegram

Oh ya, hati-hati penipuan yang minta kode2 verifikasi. Intinya kode OTP ini sifatnya rahasia dan jangan dibagikan ke pihak manapun.

Cara logout atau keluar dari telegram web

Setelah kamu selesai menggunakan web telegram di PC kamu, kamu bisa logout atau langsung close tab browser. Kalau kamu pakai komputer publik misalnya diwarnet, maka wajib log out.

Untuk log-out, pertama Klik pada tool garis tiga pojok kiri atas.

Klik tool garis tiga pojok kiri atas
Klik tool garis tiga pojok kiri atas

Kemudian klik menu setting.

Klik Menu Setting
Klik Setting

Setelah itu scroll paling bawah, klik saja tulisan “logout”. Ada notif “are you sure want to logout?”, klik saja “logout”

Telegram web vs Telegram di hp

Terus perbedaan dan persamaannya ada ga? Tentu ada, beberapa perbedaan yang mencolok di antara keduanya dan beberapa persamaan fungsi walaupun berbeda tata letak menu dan tampilannya.

Mari kita jabarkan perbedaan dan persamaan keduanya.

Cara memulai chat

Telegram di HP memulai chat tinggal ketuk saja menu seperti pensil dibagian beranda chat, dan langsung menuju kontak.

Sedangkan web telegram di PC memulai percakapan baru dengan tool garis tiga pojok kiri dan pilih kontak.

Filter chat

Pada menu chat di web telegram, ada tool titik tiga pojok kanan atas yang berfungsi untuk memfilter/menunjukkan setiap media yang diterima atau dikirimkan. Ada pula di Telegram Hp “shared content”.

Laman Web Telegram di PC
Laman Telegram di HP
Laman Telegram di HP

Fitur chat

Untuk penggunaan chatingnya sendiri hanya tampilan, letak menu dan cara yang berbeda saja tapi fungsi tetap sama, seperti masih ada menu untuk menghapus chat, forward, mengirim dan menerima emoji, stikers dan beberapa media seperti foto, Voice note pun bisa melalui web telegram.

Telegram di HP ada menu call, mute notifications, tidak dengan web telegram di PC.

Tidak ada Secret Chat di web telegram. Jadi jika ada percakapan tersebut di telegram Hp tidak tertera di beranda chat web telegram.

Untuk menu clear history dan delete chat di web telegram PC sebenarnya ada, hanya saja letak menu tersebut ada di kontak info. Beda dengan telegram di HP ada di menu chat pada tool titik tiga pojok kanan.

Laman Web Telegram di PC
Laman Web Telegram di PC
Laman Telegram di HP
Laman Telegram di HP

Kalau menu search chat di web telegram ada hanya saja tata letaknya yang berbeda.

Setting tema chat d telegram HP tidak berpengaruh jika di buka melalui web telegram yang artinya tema tersebut tidak muncul.

Menu tool titik/garis tiga di pojok kiri atas

  1. Tidak ada menu New Channel/ buat channel baru di web Telegram. Tapi tetap muncul di beranda chat kamu channel yang kamu ikuti.
  2. Tidak ada menu Saved Messages, calls dan invite friends.
  3. Isi kontak keduanya tetap sama. Via web telegram di PC pun masih bisa menambahkan kontak.
  4. Pada menu setting tampilan dan setiap submenu dari keduanya berbeda-beda tapi ada juga yang fungsinya sama. Lihat gambar.


Laman Setting di Telegram HP
Laman Setting di Telegram HP

Ok, itulah kurang lebihnya perbedaan dan persamaan antara web Telegram di PC/komputer Vs Telegram di HP.

Kesimpulannya

Untuk keseluruhan fungsi penggunaan fitur2 maupun menu2 yang ada pada web Telegram PC sama saja dengan aplikasi telegram di HP. Hanya saja web telegram tidak bisa menggunakan;

  • Via call telegram
  • Secret chat/pesan rahasia
  • Tema pada ruang chat kamu.
  • New channel/buat channel baru
  • Saved Messages/pesan tersimpan

Walaupun ada beberapa perbedaan seperti yang disebutkan, tapi tidak mengurangi kenyamanan ketika menggunakan web telegram di PC.

Penggunaan web telegram di PC sendiri pun tergantung kamu sebagai pengguna, kalau untuk mengirim kan file di dalam komputer kamu atau berlama2 mengetik pesan via telegram, aku rasa sih lebih mudah, cepat dan gak capek kalau via web Telegram. Sekian untuk hari ini, semoga membantu.

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan