Cara mengganti tema di Telegram (buat sendiri atau download)

Telegram adalah aplikasi chatting yang memiliki pengguna cukup banyak selain Whatsapp. Telegram hadir dengan fitur – fitur canggih yang mampu mendukung dan memenuhi kebutuhan penggunanya.

Bagi sebagian orang yang hari – harinya beraktivitas dengan Telegram, seberapa seringkah mereka mengubah tampilan tema Telegram mereka? Jawabannya pastilah relatif, ada yang mungkin sering menggantinya, atau bahkan ada yang belum pernah menggganti tema Telegram mereka dengan alasan tertentu.

Lalu bagaimana dengan kamu? Mungkin kamu yang sudah terbiasa menggunakan Telegram sudah tahu bagaimana cara mengubah tema di Telegram supaya tampilannya terlihat menarik dan tak membosankan.

Namun bagi kamu yang awam dengan Telegram karena kamu adalah pengguna baru yang mungkin saja baru bermigrasi dari Whatsapp, ketika kamu merasa bosan bila tampilan Telegram hanya begitu – begitu saja, ingin mengubahnya menjadi lebih menarik tetapi tak tau bagaimana caranya, aku akan membantumu lewat artikel ini.

Memang cara mengubah tema di Whatsapp dan di Telegram berbeda. Di Whatsapp, kamu perlu menginstal aplikasi pihak ketiga hanya untuk mengubah tema keseluruhan, namun tidak untuk Telegram.

Nah, disini aku akan menjelaskan dua cara mengganti tema Telegram, yang pertama melalui pengaturan di Telegram dan yang kedua dengan cara download tema Telegram melalui salah satu channel yang sering membagikan tema – tema unik untuk Telegram.

Penasaran bagaimana caranya? Silahkan simak pembahasannya dibawah ini.

#1 Melalui menu pengaturan (bisa ganti ataupun buat tema baru)

1.Buka aplikasi Telegram kamu, lalu swipe kekanan atau pilih ikon bergaris tiga di sebelah kanan atas untuk menampilkan menu Telegram. Lalu pilih “Pengaturan”.

Menu pengaturan pada Telegram
Menu pengaturan pada Telegram

2.Lalu pilih “Pengaturan Chat” untuk menampilkan semua pengaturan chat, termasuk tema.

Tampilan menu "Pengaturan" di Telegram
Tampilan menu “Pengaturan” di Telegram

3.Jika kamu sudah masuk kedalam pengaturan chat, silahkan pilih “Tema” untuk mengubah atau membuat tema sendiri.

Memilih "Tema" untuk mengubah pengaturan tema
Memilih “Tema” untuk mengubah pengaturan tema

4.Nah, disini kamu bisa mengubah tema chat sesuai dengan yang sudah disediakan oleh Telegram, yaitu warna biru, gelap, dan biru gelap. Pilih saja salah satunya, maka tema akan langsung diterapkan.

Tampilan tema default dari Telegram
Tampilan tema default dari Telegram

5.Kalau kamu ingin membuat tema sendiri dengan warna sesuai dengan keinginan kamu, kamu bisa membuatnya dengan memilih “Buat Tema Baru”.

"Buat tema baru" untuk membuat tema baru
“Buat tema baru” untuk membuat tema baru

6.Masukkan nama tema yang ingin kamu buat. Jika sudah, pilih OK.

Tampilan saat memasukkan nama untuk tema yang akan dibuat
Tampilan saat memasukkan nama untuk tema yang akan dibuat

7.Setelah kamu pilih OK, maka tema yang baru kamu buat tadi otomatis diterapkan. Selanjutnya, kamu bisa pilih ikon tema yang berada di bagian atas atau seperti pada gambar yang aku lingkari.

Tampilan ikon untuk mengedit tema di Telegram
Tampilan ikon untuk mengedit tema di Telegram

8.Maka akan muncul tampilan berikut. Itu adalah bagian – bagian dari tampilan Telegram yang bisa kamu ubah satu persatu warna temanya. Misalnya kamu akan mengubah warna divider atau warna pemisah batasnya saja, atau kamu ingin mengubah warna action bar nya saja. Terserah keinginanmu.

Tapi disini aku akan memberi contoh untuk mengubah warna window background white nya saja. Nanti hasil akhirnya hanya warna background nya saja yang berubah.

Oke, silahkan pilih “WindowBackgroundWhite” untuk mengubah warnanya.

Bagian tampilan Telegram yang dapat diedit
Bagian tampilan Telegram yang dapat diedit

9.Tampilannya akan seperti pada gambar. Sekarang kamu tinggal tentukan saja warna yang kamu inginkan untuk mengubah warna background Telegram kamu. Disini aku akan mengubahnya menjadi warna ungu.

Jika sudah, silahkan pilih “Simpan” untuk menyimpan pengaturannya.

Memilih warna tema yang diinginkan
Memilih warna tema yang diinginkan

10.Nah, tampilan akhirnya akan menjadi seperti ini. Kamu bisa melanjutkan untuk mengubah warna di bagian – bagian lain satu persatu sesuai dengan keinginan. Caranya sama seperti yang baru saja aku jelaskan.

Tampilan saat berhasil mengubah tema
Tampilan saat berhasil mengubah tema

#2 Melalui download di salah satu channel Telegram

1.Buka aplikasi Telegram kamu, lalu pilih ikon search pada bagian kanan atas untuk mencari channel yang menyediakan berbagai macam tema untuk Telegram.

Memilih ikon “Search” untuk mencari channel di Telegram

2.Lalu kamu ketikkan “Android theme”. Maka akan muncul beberapa hasil pencarian. Lalu kamu pilih channel yang berada di urutan paling atas, dengan pelanggan lebih dari 590 ribu anggota.

Mengapa aku rekomendasikan untuk bergabung dengan channel ini? Jawabannya karena disana selalu update tema – tema baru yang unik dan menarik.

Mengetikkan nama Channel di kotak pencarian
Mengetikkan nama Channel di kotak pencarian

3.Selanjutnya, kamu akan masuk kedalam channel tersebut. Kalau kamu tak ingin terlewatkan update tema – tema terbaru, kamu bisa langsung bergabung dengan cara pilih “Bergabung” pada bagian paling bawah.

Tampilan channel "Android Themes"
Tampilan channel “Android Themes”

Nah, untuk selanjutnya kamu harus mendownload terlebih dahulu tema – tema yang kamu inginkan. Cara downloadnya cukup dengan menyentuh judul temanya saja.

Jika sudah terdownload, silahkan pilih ikon bertitik tiga di samping judul tema, atau seperti pada gambar yang aku beri kotak.

4.Lalu akan muncul pilihan seperti pada gambar. Pilih “Terapkan berkas tema” untuk menerapkan tema yang sudah kamu download tadi.

"Terapkan berkas tema" untuk menginstal tema di Telegram
“Terapkan berkas tema” untuk menginstal tema di Telegram

5.Lalu kamu akan mendapatkan tinjauan tema yang akan kamu terapkan tadi. Jika kamu benar – benar ingin menerapkan tema tersebut, silahkan pilih “Terapkan”, maka kamu sudah bisa menikmati perubahan tema sesuai dengan tema yang kamu download tadi.

Tampilan tinjauan tema sebelum diterapkan ke akun Telegram
Tampilan tinjauan tema sebelum diterapkan ke akun Telegram

 

Bagaimana? Lebih suka membuat sendiri tema yang kamu inginkan atau lebih suka mendownload tema dari channel Telegram?

Kalau aku lebih suka mendownload langsung dari channel. Selain karena pilihannya yang banyak dan keren – keren, kita juga tidak perlu repot – repot setting sana sini untuk mengubah tampilan Telegram kita supaya lebih menarik.

Kalau kamu punya rekomendasi channel Telegram yang lain untuk mendownload tema, kamu bisa sharing disini, di kolom komentar.

 

Share woy :D

Tinggalkan Balasan