Apa itu telegram? Bagaimana cara menggunakan telegram? Semua dibahas disini

Siapa yang tidak tahu aplikasi chatting hari gini. Hampir semua orang yang merasa dirinya pemilik ponsel pintar dan netizen yang aktif di dunia maya pasti mengenal berbagai macam aplikasi chatting. Salah satu aplikasi chatting yang dinilai menyaingi kepopuleran Whatsapp adalah Telegram.

Jadi apa itu telegram? Telegram adalah aplikasi chat seperti wa, line, dll, yang memiliki fitur seperti aplikasi chat pada umumnya, namun memiliki kelebihan tersendiri, sebagai contoh, telegram tidak memiliki iklan, karna aplikasi ini dibuat oleh organisasi non-profit.

Aplikasi dengan ikon pesawat kertas berlatar biru muda ini diluncurkan untuk pertama kalinya oleh Nikolai dan Pavel Durrov pada tahun 2013. Telegram mulai digandrungi sejak para penggunanya mulai mengeksplornya lebih jauh. Betapa aplikasi gratis ini memiliki beberapa karakteristik seperti:

  1. Ada fitur Snapchat dan Whatsapp yang digabungkan dalam Telegram. Hal ini membuat banyak pengguna mudah dalam menggunakannya bahkan untuk kali pertama.
  2. Para pengguna bisa mengaksesnya secara mobile maupun desktop. Dan melalui Microsoft Window, iOS, serta Ubuntu Touch.
  3. Grup di Telegram menjadi keunggulan tersendiri dibandingkan Whatsapp. Kapasitas anggota grupnya sangat besar dibandingkan Whatsapp yaitu bisa sampai 5000 anggota per grup. Anda tentu tahu berapa jumlah maksimal anggota yang bisa ditampung dalam 1 grup Whatsapp. Lebih kecil dari Telegram, bukan?
  4. Aplikasinya berbasis Cloud. Hal ini tentu memudahkan bagi Anda dalam memindahkan percakapan di ponsel pintar, tablet, juga desktop atau komputer Anda. Jadi, kalau sewaktu-waktu Anda harus pindah menggunakan Telegram dari smartphone ke komputer, data Anda tidak akan hilang.
  5. Pesan chatting-nya rahasia diendkripsi end-to-end sebagai keamanan tambahan. Seandainya Anda chatting dengan seseorang, maka hanya Anda berdua saja yang bisa menyimpan memori chatting Telegram tidak akan menjadi pihak ketiga yang turut menyimpan memori percakapan tersebut.
  6. Melalui Telegram Anda bisa berbagi foto, video, dokumen, dan bahkan share location dengan cepat, praktis, dan tanpa ada iklan. Bahkan setiap file yang dibagikan bisa mencapai 1,5 GB. Dan Anda tidak perlu melakukan convert jika mungkin ukuran file-nya terlalu besar.
  7. Istilah grup dalam Telegram adalah channel. Fitur ini menjadi salah satu yang sangat memudahkan bagi para pebisnis dalam melebarkan sayap usahanya.
  8. Pada tahun 2015, Telegram meluncurkan fitur bernama BOT yang merupakan kependekan dari ROBOT. Fitur ini memungkinkan pemilik akun menjalankan fungsi aplikasi Android lainnya secara otomatis. Oh iya, di aplikasi chat lain seperti line juga ada bot ya.
  9. Dalam waktu tidak lama lagi, Telegram akan meluncurkan fitur screenshot alert untuk mengetahui jika ada user lain yang meng-capture percakapan rahasia Anda.

Cara install dan pakai Aplikasi Telegram

Berikut saya sajikan bagaimana agar anda bisa install, dan menggunakan Telegram di ponsel pintar Anda.

  1. Masuk ke App Store atau Google Play Store. Kemudian, search TELEGRAM dengan ikon pesawat kertas berlatar biru. Klik INSTALL.
  2. Tunggu sampai aplikasi terinstal sempurna di ponsel pintar Anda.
  3. Selanjutnya, buat akun pribadi dengan terlebih dahulu memasukkan nomor hp. klik tanda centang di pojok kanan atas. Tunggu selama beberapa saat. Telegram akan mengirimkan kode verifikasi akun melalui pesan singkat.
  4. Masukkan kode tersebut di tempat yang tersedia untuk memverifikasi ke-valid-an akun Anda.
  5. Setelah semuanya berjalan baik, Anda bisa lanjutkan menulis nama akun dan memasang foto profil. Saran saya memasang foto yang mungkin bisa dikenali oleh orang-orang terdekat Anda.

    tampilan aplikasi telegram
    tampilan aplikasi telegram

  6. Lalu, Telegram akan secara otomatis mencari pengguna Telegram lain dalam daftar kontak telepon Anda.
  7. Anda sudah bisa menggunakan Telegram dengan mudahnya karena kurang lebih sama dengan aplikasi chatting

BOT Telegram

Seperti yang tadi sudah saya tulis, BOT yang dimiliki Telegram sangat memudahkan penggunanya. Selain itu, BOT juga bisa membuat Anda menghemat kapasitas RAM dalam ponsel pintar Anda. Lalu, apa saja yang bisa BOT lakukan? Berikut penjelasannya.

  • @Instasave_bot

Anda mungkin punya aplikasi downloader untuk menyimpan gambar atau video dari Instagram? Telegram punya Instasave sendiri.  Cara menggunakannya cukup mudah. Anda tinggal mengirimkan link foto atau video yang ingin di-download. Tunggu respond dari BOT. Selanjutnya, BOT akan mengerjakan pengunduhan tersebut untuk Anda.

  • @ShortUrlBot

Untuk keperluan menyingkat alamat link atau web tertentu, Bot Short URL bisa melakukannya. Anda tinggal masukkan link yang mau disingkat. Selanjutnya, Bot akan melakukannya untuk Anda beberapa saat kemudian.

  • @YtranslateBot

Yandex Translate Bot ini mirip dengan Google Translate. Anda hanya tinggal mengetikkan kata atau kalimat dalam chat Bot. Sekitar 2 detik kemudian, Bot akan mengirimkan hasil terjemahannya. Untuk urusan Grammar, Anda perlu memeriksanya kembali ya. Karena pekerjaannya memang mirip sekali dengan Google Translate.

  • @AndyRobot

Andy English Robot bisa melatih Anda dalam menggunakan Bahsa Inggris sehari-hari. Dalam bentuk percakapan tulisan, mengobrol, dan listening. Ini sangat bermanfaat dalam kegiatan bisnis Anda dengan pebisnis dari luar negeri, bukan?

  • @utubebot

Fungsinya sama dengan Youtube downloader. Untuk menggunakannya, Anda tinggal mengirimkan link Youtube yang videonya ingin Anda download. Selanjutnya, Bot akan bekerja persis seperti aplikasi pengunduh video Youtube. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang sering menonton video tutorial bisnis di Youtube dan ingin mengulang kembali tanpa menghabiskan kuota internet.

Lalu, tunggu apa lagi? Anda bisa langsung instal Telegram untuk kemudahan komunikasi grup dan bisnis Anda.

ulfah

penulis artikel online, penulis buku-buku non fiksi, penulis novel, penulis skenario, guru ekskul menulis, penulis status media sosial dan anak rumah tangga wkwkwk hidup freelance writer!

Tinggalkan Balasan