7 Fitur “tersembunyi” telegram yang tidak ada di aplikasi chatting lain

Sampai saat ini jika ditanya aplikasi chating yang paling bagus, pasti sebagian besar menjawab Whatsapp. Hal ini sangat wajar mengingat Whatsapp merupakan aplikasi yang lebih dahulu dikenal secara luas oleh Masyarakat. Kehebatan Whatsapp yang bisa membuat beberapa aplikasi pesaingnya wafat atau mati, membuat Whatsapp menjadi sebuah aplikasi yang sangat fenomenal dikalangan masyarakat terutama di Indonesia.

Namun tahukah kalian, bahwa selain Whatsapp ada sebuah aplikasi yang memiliki banyak sekali fitur “tersembunyi” yang tidak di temukan di aplikasi whatsapp dan aplikasi chatting lainnya. Aplikasi ini adalah Telegram.

Aku asumsikan kamu sudah punya telegram dan ingin tau lebih lanjut tentang fitur-fitur nya yang lain yang mungkin belum pernah kamu coba. Tapi kalau kamu belum punya telegram, bisa langsung download dan install telegram terlebih dahulu.

7 Fitur keren dan “tersembunyi” di aplikasi telegram

Hampir semua fitur dibawah ini tidak dimiliki di aplikasi chatting lain. Bisa dibilang ini kumpulan fitur ekslusifnya telegram. Walaupun popularitas telegram masih kalah jika dibanding whatsapp, tapi bukan berarti dari segi teknologi dan fitur yang ditawarkan kurang menarik. Berikut fitur-fitur tersebut.

1. Fitur edit Message

Ketika berkirim pesan, tentunya kalian pernah salah dalam menulis atau biasa disebut Typo. Jika kesalahan penulisan tersebut masih memungkinkan orang lain mengerti apa yang kalian tulis tentu tidak masalah.

Namun ada saja kejadian salah ketik memiliki makna berbeda sehingga membuat orang yang membacanya menjadi tersinggung atau bahkan salah memahami pesan kalian.

Edit pesan yang sudah terkirim
Edit pesan yang sudah terkirim

Nah jika kalian menggunakan Telegram, kalian tidak perlu khawatir dan menghapus pesan tersebut. Telegram memiliki Fitur Edit Message dimana kalian bisa menulis kembali pesan yang sudah kalian kirim.

2. Fitur Secret Chat

Aplikasi chat bisa juga berbahaya bagi kalian. Informasi yang kalian kirimkan bisa terkuak jika seseorang berhasil membaca percakapan kalian. Oleh karena itu Telegram memberikan fitur secret chat.

Secret Chat
Secret Chat

Dengan fitur ini kalian bisa lebih aman berkomunikasi. Pesan yang kalian kirim tidak akan tersimpan didalam server telegram. Yang lebih hebatnya lagi kalian tidak perlu khawatir pesan tersebut dibaca oleh orang lain karena dalam waktu beberapa saat pesan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Berikut beberapa alasan kenapa kalian harus menggunakan Fitur Ini:

  1. Jika kalian sudah berkeluarga pasti ada pesan rahasia yang tidak boleh dibaca anak anak, kalian bisa menggunakan fitur ini agar pesan kalian tidak dibaca.
  2. Kalian juga bisa menggunakan fitur ini untuk merencanakan kejutan kepada orang yang kalian sayangi.
  3. Jika kalian adalah orang yang sangat menjunjung Privacy, fitur ini sangat cocok untuk digunakan.

Selain itu, yang membuat fitur ini aman adalah kalian juga tidak akan bisa capture pesan yang kalian kirim dengan menggunakan fitur ini. Jika kalian menggunakan perekam layar, maka hasil video akan hitam. Dengan kata lain pesan yang kalian kirim atau terima akan sangat rahasia dan lebih sulit untuk bisa disebarluaskan.

Pembahasan mengenai penggunaan fitur ini sudah ditulis dengan detail di laman https://bukugue.com/secret-chat-di-telegram/.

3. Fitur Auto Night Mode

Selayaknya aplikasi lain Telegram juga memiliki fitur untuk menambahkan Tema pada chat. Namun ada yang berbeda ketika kalian menggunakan aplikasi telegram. Kalian bisa secara otomatis mengubah tampilan aplikasi telegram menjadi gelap ketika waktu malam.

Mode dark otomatis
Mode dark otomatis

Kalian juga bisa melakukan Schedule untuk menentukan kapan waktu yang pas bagi aplikasi Telegram untuk berubah ke mode gelap. Penggunaan tema gelap ini berfungsi agar mata kalian tidak rusak jika terlalu sering menggunakan smartphone [plus hemat baterai juga]. Tapi ketika siang hari, mode malam ini justru sangan mengganggu. Oleh karena itu fitur ini sangat perlu kalian aktifkan agar Telegram bisa secara otomatis mengubah tampilan sesuai waktu yang telah kalian tentukan.

4. Membuat Thema Sendiri dan Bisa Di Share Juga

Kalian pasti bosan dengan tampilan yang itu itu saja. Namun tidak perlu khawatir, kalian bisa mengubah tampilan Telegram sesuai yang kalian inginkan.  Bahkan pengaturan tema yang sudah kalian buat bisa kalian simpan menjadi thema sendiri dan tema tersebut bisa kalian share ke pengguna lain.

membuat thema
membuat thema

Jika kalian tertarik untuk membuat tema telegram, bukugue juga sudah membahas dengan detail terkait hal ini ditulisan “Cara membuat dan mengganti tema di telegram

5. Mengirim file berukuran sangat besar

Jika di aplikasi messenger yang lain kalian dibatasi, maka di telegram sendiri kalian bisa mengirim pesan berukuran lebih dari 1,5 GB dalam sekali pengiriman. Dengan ukuran segitu, kalian sudah bisa mengirim file apapun dari Smartphone kalian.

Jadi fitur satu ini bisa membuat kalian lebih leluasa, karena kalian tidak harus upload file ke situs file sharing atau cloud storage dulu sebelum mengirimnya.

Di whatsapp bahkan gambar dan video sampai di compress agar pengiriman bisa lebih kecil.

6. Gambar bisa disetting untuk tidak otomatis tersimpan

Hal yang paling “menjengkelkan” ketika menggunakan aplikasi chat adalah pengunduhan otomatis. Ketika ada orang yang mengirim pesan berupa foto dan video, maka file tersebut akan langsung tersimpan di device. Hal ini mengakibatkan memori telpon menjadi penuh oleh file file yang tidak penting.

Namun kalian bisa mengatur pengunduhan otomatis ini jika kalian menggunakan Telegram. Cukup menonaktifkan pengunduh otomatis, maka file file yang terkirim tidak akan tersimpan secara tomatis di device.

Auto Save File
Auto Save File

7. Menu Privacy yang sangat lengkap

Jika diaplikasi lain kalian hanya bisa memblokir orang, maka berbeda di telegram dimana kalian bisa benar benar mengatur privacy secara detail di akun kalian. Kalian tidak hanya bisa memblokir pengguna lain, kalian juga bisa menyembunyikan Nomor telpon, Last Seen&Online, menyembunyikan foto profil, mengatur siapa yang bisa memanggil kalian, mengatur siapa saja yang bisa menambahkan kalian di group, bahkan kalian juga bisa mengatur siapa saja yang bisa forward pesan kalian.

Caranya cukup mudah, kalian bisa melakukan semua fitur diatas dengan cara masuk ke menu setting > privacy and security di telegram.

Menu Privacy
Menu Privacy

Lalu tinggal pilih privacy yang akan kalian ganti. Untuk pilihannya kalian bisa mengatur kepada siapa saja pengaturan itu kalian tujukan misalnya jika kalian ingin menyembunyikan foto profil, kalian bisa mengatur apakah foto profil kalian akan bisa dilihat oleh semua orang, teman teman yang tersimpan di kontak, atau nomor telpon yang sudah kalian atur.


Itulah 7 fitur keren dari telegram yang “sebagian besar” dari fitur tersebut tidak akan kalian temukan di aplikasi chatting online lainnya. Masih banyak sekali fitur-fitur Telegram yang lainnya, kedepannya akan terus diupdate.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa tulis dikolom komentar. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan