7 Aplikasi Chat Populer di Indonesia dan 17 Alternatif lainnya

Aplikasi chatting adalah aplikasi yang paling sering digunakan oleh para pengguna gadget. Perlunya komunikasi dengan orang terdekat maupun rekan bisnis membuat berbagai perusahaan berlomba – lomba membuat aplikasi chatting terbaik, gratis, dan tentunya memudahkan para pengguna.

Berbagai aplikasi chatting yang muncul dari berbagai negara membuat para pengguna bingung untuk memilih aplikasi mana yang paling pas dan tentunya paling banyak digunakan.

Berbicara tentang aplikasi chatting yang paling banyak digunakan, untuk di indonesia sendiri whatsapp masih pemenangnya. Selain itu beberapa yang juga cukup populer di indonesia adalah LINE, Telegram, Wechat, dan beberapa lainnya.

Disini kita akan bahas beberapa aplikasi chatting populer sekaligus beberapa alternatif aplikasi chat yang bisa Kalian coba.

7 Aplikasi chat terpopuler saat ini

Perlu diingat, urutan dibawah ini sifatnya “random” dan tidak didasarkan pada popularitas aplikasi tsbt. Mengingat sulitnya mendapatkan data akurat terkait hal ini.

Belum lagi popularitas setiap aplikasi berbeda-beda di tiap negara, dan berbeda pula jika dilihat secara global. Jadi pengurutan dibawah ini memang suka-sukanya bukugue.com saja.

1. Whatsapp Messenger

Aplikasi yang di rilis pada tahun 2009 ini adalah aplikasi nomor 1 yang paling populer di dunia. Sebagian besar negara – negara di dunia menggunakan aplikasi chatting ini sebagai alat komunikasi.

WA

Jumlah pengguna aktif Whatsapp Messenger telah mencapai lebih dari 1.5 milyar pengguna. Hal ini menunjukkan betapa aplikasi ini digemari oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Kemudahan dalam penggunaan, desain aplikasi yang simpel, dan dibekali fitur yang memadai, membuat aplikasi ini terus mengalami pertumbuhan.

Whatsapp Messenger memiliki berbagai fitur penting yang sangat mendukung komunikasi sehari – hari para penggunanya. Fitur – fitur tersebut antara lain:

  1. Kemudahan membuat grup chat serta membagikan pesan, dokumen, foto, video, dan menampung hingga 256 orang dalam satu grup chat.
  2. Kemampuan untuk melakukan panggilan suara dan panggilan video secara gratis, karena hanya menggunakan biaya data dan membutuhkan koneksi internet memadai.
  3. Keamanan dijamin oleh enkripsi end-to-end yang ada didalam pesan serta panggilan.
  4. Dapat membagikan momen seperti foto maupun video layaknya instagram stories.
  5. Kemampuan untuk dapat mengirimkan pesan suara kepada lawan chat maupun grup chat.
  6. Kemudahan dalam membagikan file seperti PDF, dokumen, slideshow, spreadsheet, dan lain – lain dengan batas maksimal ukuran file sebesar 100 MB.

2. Facebook Messenger

Messenger adalah aplikasi chatting besutan Facebook yang dirilis secara mandiri untuk iOS dan Android pada tahun 2011.

FB

Jumlah pengguna aktif messenger berada tepat dibawah Whatsapp Messenger, yakni berjumlah 1.3 milyar pengguna aktif.

Meski Messenger telah dirilis secara mandiri dari Facebook, namun Messenger tetap berhasil mengudara dengan menggabungkan antara komunikasi, game, dan e-commerce didalam satu aplikasi. Inilah yang menjadi perhatian utama dari para pengguna Messenger.

Selain itu, sebagai aplikasi chatting yang selayaknya, Messenger menyematkan berbagai fitur yang tidak kalah dengan Whatsapp. Oleh karena itu, kini Messenger telah menjadi saingan berat untuk Whatsapp .

Berikut ini diantara fitur – fiturnya messenger.

  1. Mendaftar tanpa akun Facebook. Kalian bisa mendaftar Messenger tanpa menggunakan akun facebook, melainkan dengan menggunakan nama dan nomor telepon.
  2. Dapat digunakan untuk mengirim Direct Message antar pengguna dengan nomor telepon tanpa harus berteman terlebih dahulu.
  3. Memungkinkan untuk melakukan grup panggilan suara dan grup panggilan video dengan jumlah maksimal grup sebanyak 50 orang.
  4. Kemampuan untuk dapat login ke lebih dari satu akun secara bersamaan dalam satu aplikasi Messenger.
  5. Adanya fitur untuk melakukan percakapan rahasia.
  6. Dapat membagikan peta lokasi secara live kepada teman mu di Messenger.

3. WeChat

WeChat adalah aplikasi perpesanan yang dikembangkan oleh Tencent dari tiongkok. Aplikasi yang memiliki jumlah pengguna lebih dari 200 juta ini juga memiliki fitur yang dapat membantu kalian untuk berkirim berbagai berkas serta melakukan panggilan.

Wechat

Tak mau kalah dengan Line, WeChat juga memiliki berbagai emoticon yang lengkap, sehingga dapat digunakan untuk mewakili perasaan pengguna saat berkirim pesan.

WeChat juga memiliki keunggulan dalam hal panggilan video maupun audio. Kalian dapat beralih ke mode video atau audio saat panggilan sedang berlangsung. Ini memudahkan Kalian jika mendadak ingin mengubah mode panggilan.

Dibawah ini adalah fitur – fitur yang disematkan dalam aplikasi ini antara lain:

  1. Kemampuan untuk mengalihkan mode panggilan dari panggilan video ke panggilan audio dan sebaliknya selama panggilan sedang berlangsung.
  2. Adanya fitur “Momen” yang memungkinkan untuk membagikan foto atau kata – kata di timeline.
  3. Dilengkapi emoticon yang lengkap dan beragam, mulai dari emoticon yang sederhana hingga emoticon yang dapat bergerak.
  4. Dapat membuat ataupun bergabung kedalam grup dengan jumlah maksimal 40 anggota setiap grup.
  5. Dapat mencari teman dengan beberapa cara seperti shaking phone, lempar, sekeliling, dan lempar botol.
  6. Adanya fitur “Facebook connect” yang memungkinkan Kalian untuk login ke weChat dengan menggunakan Facebook.
  7. Fitur Translate jika kalian chatting dengan user dari China.

di Negara China sendiri banyak sekali aplikasi Chating yang diblokir seperti Whatsapp, Line, dan lainnya. Hal inilah yang menyebabka Wechat menjadi aplikasi wajib di China seperti halnya Whatsapp untuk para masyarakat indonesia. Jadi jika kalian memiliki rekan atau kerabat yang berasal dari negara ini maka kalian wajib menginstal Wechat karena selain kalian bisa berkomunikasi dengan rekan di China, kalian juga bisa mendapatkan fitur translate agar mengerti percakapan mereka.

Beberapa bulan terakhir ini wechat seolah membatasi pengguna baru untuk mendaftar. Kalian hanya bisa mendaftar Wechat dengan syarat kalian harus memiliki teman yang sudah menggunakan Wechat selama lebih dari 6 bulan untuk melewati security Check. Teman anda hanya bisa 1 kali membantu security Check.Jika teman kalian gagal membantu verifikasi, maka teman kaluan tidak bisa membantu untuk kedua kalinya.

4. Telegram

Telegram adalah salah satu aplikasi chatting yang cukup populer. Aplikasi yang terkenal karena kecepatan dan keamanannya ini dirilis pada tahun 2013. Hingga saat ini, pengguna aktif Telegram telah mencapai lebih dari 200 juta orang.

Telegram

Aplikasi gratis ini dapat digunakan di banyak device dalam waktu yang bersamaan. Hal ini akan memudahkan Kalian jika ingin membuka Telegram di gadget dan di PC secara bersamaan.

Aplikasi ini layaknya aplikasi perpesanan pada umumnya. Aplikasi ini dapat Kalian gunakan untuk berkirim pesan teks, foto, video, dan dokumen dari berbagai format seperti DOC, ZIP, MP3, PDF, dll.

Lanjut, aku akan berbicara mengenai fitur. Telegram memiliki lebih banyak fitur yang terbilang unik dan canggih. Beberapa fitur bahkan tidak dimiliki di aplikasi perpesanan lain, sehingga ini menjadi keunggulan dari aplikasi Telegram.

Berbagai fitur yang dimiliki Telegram diantaranya:

  1. Kemampuan mengirim file berukuran besar hingga sebesar 1.5 GB.
  2. Dapat menampung anggota grup dan channel hingga ratusan ribu orang
  3. Memungkinkan untuk mengirim pesan dengan cara rahasia (secret chat) dan kemampuan self destruct (menghancurkan diri) pada pesan tertentu yang disetting penggunanya.
  4. Fitur “Hide last seen” yang memungkinkan Kalian untuk menyembunyikan terakhir dilihat yang di setting secara manual oleh penggunanya.
  5. Adanya fitur “Telegram bot” , yaitu bot yang dapat digunakan untuk membantu pengguna telegram. Cek disini untuk melihat contoh bot telegram.
  6. Memiliki teknologi sistem keamanan tingkat tinggi yang bernama MTProto yang dibuat oleh salah satu pendiri Telegram yang di klaim tidak ada seorangpun yang mampu membobol teknologi mereka.

5. LINE

Aplikasi chatting yang populer berkat fitur stiker-nya yang menarik mampu menggaet pengguna hingga lebih dari 200 juta orang.

Line

Aplikasi yang mendukung platform iOS, Android, Windows Phone, Blackberry, Computer MacOS X, dan Microsoft Windows ini di dirikan oleh Line Corporation pada tahun 2011.

Line adalah aplikasi perpesanan yang menggunakan nomor telepon sebagai ID dan menggunakan ID pengguna untuk dapat mengundang seseorang. Line memiliki berbagai macam sub aplikasi yang dapat digunakan sesuai peruntukannya.

Tak hanya itu, Line juga memiliki berbagai fitur yang lengkap dan menarik sehingga banyak anak muda yang sangat menggandrungi aplikasi ini. Fitur – fitur yang dimiliki Line diantaranya yaitu:

  1. Dapat mencari teman dengan berbagai cara seperti dengan menggunakan QR Qodes, ID pengguna, Shaking phone, maupun melalui undangan.
  2. Memiliki varian dan jenis stiker, emoji, maupun emoticon yang lengkap dan unik.
  3. Kemampuan dalam membuat ataupun bergabung dengan grup chat hingga mencapai 500 anggota dalam satu grup.
  4. Mampu mengirimkan pesan teks, foto, video, musik, lokasi, pesan suara, dan lainnya dengan cepat dan tampilan antar muka yang menarik dan elegan.
  5. Adanya fitur “Timeline” yang dapat membuat ataupun melihat postingan pengguna, baik berupa foto, teks, video, maupun stiker.
  6. Didukung fitur penggantian tema yang bisa didapatkan melalui Theme Shop yang memiliki beragam tema unik dan menarik

6. Skype

Skype adalah aplikasi chatting milik Microsoft yang dapat digunakan untuk berkirim pesan instan, panggilan suara, dan panggilan video yang dapat digunakan secara gratis.

Skype

Aplikasi Skype ini didirikan pada tahun 2003 dan menjadi salah satu aplikasi chatting yang populer dengan jumlah pengguna hingga ratusan juta orang di seluruh dunia.

Meskipun gratis, jika Kalian ingin menikmati fitur yang lebih untuk meningkatkan produktvitas, Kalian bisa membayar ataupun berlangganan untuk dapat menghubungi seseorang melalui telepon atau mengirim pesan SMS kepada mereka.

Mengenai fitur- fitur yang ada di Skype, berikut ini beberapa fitur yang bisa Kalian gunakan:

  1. Dapat mengirimkan pesan SMS dengan Skype.
  2. Dapat melakukan panggilan ke seseorang yang tidak menggunakan Skype dengan biaya murah.
  3. Memungkinkan untuk mengedit pesan yang sudah terlanjur terkirim.
  4. Dapat melakukan panggilan video maupun panggilan suara.
  5. Memiliki kemampuan untuk melakukan panggilan suara grup atau panggilan video grup.
  6. Dapat mengirimkan berbagai berkas dan kontak.

7. KakaoTalk

logo aplikasi KakaoTalk

KakaoTalk adalah aplikasi perpesanan yang dirilis oleh Kakao Inc pada tahun 2010. KakaoTalk hanya dirilis untuk platform iOS, Android, dan Blackberry.

Aplikasi ini menggunakan nomor telepon dan ID untuk menambahkan teman di kontak dan sekaligus menjadi PIN. Jika berbicara mengenai fitur, KakaoTalk memiliki fitur yang cukup mumpuni untuk sebuah aplikasi pesan singkat pada umumnya. Fitur – fitur tersebut diantaranya:

  1. Memungkinkan untuk membuat grup chat dan melakukan chatting dalam grup dengan seseorang yang tidak harus ada di daftar kontakmu. Untuk kapasitas anggota grup, KakaoTalk tidak membatasi dengan jumlah tertentu alias unlimited.
  2. Adanya fitur “Plus Friends”, yaitu fitur yang memungkinkan Kalian untuk berteman dan mendapatkan kabar serta konten terbaru dengan orang –orang yang terkenal, baik itu artis maupun media tertentu yang menjadi favorit.
  3. Kemampuan untuk melakukan file sharing, seperti mengirim dan menerima gambar, pesan suara, video, maupun kontak.
  4. Adanya fitur “Passcode Lock” yang akan menjamin privasimu tetap terjaga.
  5. Kemampuan untuk dapat mengubah tampilan sesuai dengan keinginan pengguna.
  6. Adanya fasilitas backup data yang akan dikirimkan melalui e-mail bila pengguna menginginkannya.

17 Aplikasi chat alternatif lainnya yang bisa kalian coba

Selain aplikasi chat populer diatas, banyak aplikasi chat lain yang mulai dikenal masyarakat, walaupun mungkin penggunannya tidak banyak dan belum bisa menyaingi aplikasi chat populer tsbt.

Aplikasi-aplikasi dibawah ini ada yang diciptakan untuk menyaingi aplikasi chatting diatas, ada juga yang diciptakan untuk fungsi tertentu misalnya mencari teman baru, mencari jodoh ataupun mencari teman sehobi dengan Kalian .

Sebagian dari aplikasi dibawah sudah cukup punya nama, tapi memang jarang terdengar di indonesia. Jadi walaupun mungkin pengguna dari indonesia tidak banyak, mereka punya base pengguna global yang cukup besar. Kalian tidak perlu takut tidak ada lawan chatting disana.

1. Viber

Viber adalah salah satu layanan perpesanan gratis yang dirilis tahun 2010. Aplikasi yang dikembangkan oleh Viber Media, Inc. itu dapat digunakan untuk berkirim pesan, menelepon seseorang, ataupun berkirim foto maupun video kepada sesama pengguna.

Viber

Aplikasi yang digunakan oleh lebih dari 200 juta orang ini di klaim mampu melakukan panggilan dengan kualitas bagus. Selain itu, antar muka aplikasi ini sangat mudah digunakan sehingga para pengguna dengan mudahnya dapat melakukan aktivitas di aplikasi ini.

Sejumlah fitur yang di hadirkan juga mampu menarik perhatian, sehingga pengguna viber menjadi lebih banyak setiap tahunnya. Fitur – fitur tersebut antara lain:

  1. Dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara maupun panggilan video secara gratis dengan kualitas bagus.
  2. Memungkinkan untuk membuat sebuah grup chat dengan jumlah anggota unlimited.
  3. Mampu mengirimkan pesan suara dan video lebih cepat.
  4. Mendukung berbagai jenis stiker dan GIFs menarik.
  5. Adanya fitur “Chat Extentions” yang memungkinkan Kalian untuk mencari, menemukan, dan berbagi musik, GIFs, foto, video, event, hotel, restaurant, dan lainnya tanpa meninggalan ruang chat.
  6. Keamanan telah terjamin oleh sistem yang mereka miliki yang akan memproteksi aktivitas Kalian mulai dari device yang Kalian gunakan hingga sampai penerima.

2. Signal

Signal adalah aplikasi perpesanan yang dirilis tahun 2014. Aplikasi chat satu ini di klaim sangat aman, dan bisa digunakan dibeberapa platform antara lain, iOS, Android, dan untuk versi desktop; Linux, Windows, dan MacOS.

Signal

Signal adalah salah satu aplikasi yang keamanannya mumpuni. Semua sambungan telah otomatis terenkripsi sehingga dengan leluasa dapat beraktivitas dengan aplikasi ini.

Signal dirancang sebagai aplikasi yang mudah, simpel dan ringan. Untuk itu Kalian jangan mengharapkan adanya fitur stiker yang keren dan game populer apapun. Fitur yang ditambahkan dalam aplikasi ini juga cukup lengkap. Berikut ini fitur – fitur yang ada di dalam aplikasi Signal:

  1. Dapat melakukan panggilan suara dan video ke sesama pengguna Signal.
  2. Kemudahan dalam mengirim pesan teks, file, gambar, pesan suara, GIFs, pesan video, dan lainnya.
  3. Mendukung untuk membuat ataupun bergabung ke suatu grup chat.
  4. Signal dapat dijadikan sebagai aplikasi SMS / MMS default yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan SMS.
  5. Adanya fitur timer pada pesan yang memungkinan pesan untuk menghapus diri sendiri, baik dari sisi pengirim maupun penerima dalam waktu yang ditentukan.
  6. Dapat melakukan backup / restore ke atau dari kartu memori.

3. Imo

IMO adalah aplikasi pesan instan yang dikembangkan oleh IMO.im yang memungkinkan Kalian untuk berkirim pesan singkat, melakukan panggilan suara maupun panggilan video secara gratis dan mudah.

IMO

Antarmuka yang ringan dan simpel membuat apapun bisa dikerjakan dengan mudah dan cepat. Mengenai masalah fitur, aplikasi ini tidak terlalu memiliki banyak fitur yang hebat seperti aplikasi messenger pada umumnya. Aplikasi ini memang benar – benar dirancang untuk kemudahan, bahkan pengaturan konfigurasi pun sangat minim.

Berikut ini beberap fitur yang bisa Kalian dapatkan dengan aplikasi IMO Messsenger ini:

  1. Dapat melakukan panggilan suara dan panggilan video dengan kualitas tinggi dan gratis
  2. Dapat mengirimkan pesan teks secara gratis dan tanpa batas melalui koneksi internet
  3. Memungkinkan untuk berbagi foto dan video
  4. Memungkinkan untuk membuat percakapan grup
  5. Adanya fitur stiker yang cukup lengkap
  6. Aplikasi Imo tidak terlalu makan banyak RAM sehingga cocok bagi kalian yang memiliki Hp spek rendah sekalipun

4. BBM Enterprise (BBMe)

Sejak mei 2019 aplikasi BBM messenger sudah ditutup. Namun pihak developer sendiri membuat sebuah aplikasi baru yang diberi nama BBM Enterprise atau BBMe yang ditujukan untuk para penggemar setia BBM.

bbme

Jika kalian meggunakan BBM enterprise atau BBMe, maka kalian akan mendapatkan beberapa fitur seperti berikut :

  1. Melakukan panggilan video atau Video Call seperti aplikasi chatting lainnya.
  2. Mengirim voice note atau catatan suara ke lawan bicara kalian di Chatting
  3. Dapat mengirim lokasi
  4. BBM Channel
  5. Mengetahui kapan pesan diterima dan dibaca
  6. Dapat digunakan di 5 perangkat yang berbeda

Saat artikel ini ditulis, BBMe sudah di unduh oleh satu juta pengguna di playstore. Kelihatannya cukup banyak, tapi mengingat aplikasi ini merupakan aplikasi chat terpopuler dulunya, angka segitu tidak terlihat meyakinkan.

Ditambahkan lagi dengan rating yang hanya 2.9 dari 5 ini menandakan ada “masalah” dengan aplikasi ini. Dalam artian banyak pengguna yang tidak puas.

5. HAGO

Di awal kemunculan-nya, Hago hadir sebagai aplikasi penyedia game ringan yang bisa dimainkan secara multi-player. Game yang hadir di Hago merupakan game interaktif yang bisa dimainkan oleh dua orang atau lebih.

Hago

Namun seiring perkembangannya waktu, Hago menjadi sebuah aplikasi yang multifungsi. Hago bisa kalian jadikan aplikasi untuk bermain game dengan teman, Hago bisa kalian jadikan sebuah aplikasi untuk sekedar mendapatkan teman Chatting, bahkan Hago juga bisa kalian gunakan untuk mendapatkan teman kencan.

Jika kalian menghubungkan Hago dengan Facebook, maka kalian bisa terhubung dengan teman-teman kalian yang ada di facebook. Ini Artinya kalian bisa bermain dan Chat dengan teman teman yang sudah kalian kenal sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya lagi berikut adalah fitur-fitur yang bisa kalian dapatkan melalui Aplikasi Hago.

  1. Fitur Michrophone yang memungkinkan kalian bisa bermain game sambil mengobrol dengan teman.
  2. Banyak sekali room chat yang bisa kalian gunakan untuk sekedar berkenalan atau mencari jodoh.
  3. Ketika kalian masuk kedalam room chat, kalian tidak hanya bisa mengobrol dengan text, namun kalian juga bisa berbicara dan mengobrol dengan fitur voice chat yang sudah disediakan di Hago.
  4. Jika Hago terhubung di Facebook, maka kalian bisa mengajak teman kalian bermain digame yang telah kalian pilih.

6. Tantan

TanTan merupakan aplikasi Chatting yang diperuntukkan bagi kalian yang ingin Chatting sambil mencari pasangan.

Tantan

Berikut adalah fitur fitur yag ada di tantan

  1. Kalian bisa melihat foto dan melihat profil seseorang sebelum memutuskan untuk berhubungan dengan orang tersebut.
  2. Setelah kalian cocok atau match, maka kalian bisa chat, berkirim pesan suara, mengirim gambar, ataupun mengirim video.
  3. Kalian hanya bisa mengobrol dengan orang orang yang cocok dengan kalian saja. Jika orang itu tidak cocok atau tidak match, maka kalian tidak akan bisa mengobrol.
  4. Fitur menyembunyikan nomor kontak sehingga kalian tidak perlu takut privacy kalian terganggu
  5. Jika kalian sudah kehabisan bahan untuk mengobrol, maka kalian juga bisa memainkan beberapa game berdua pasangan kalian.

7. Tango

Tango juga merupakan aplikasi chatting yang memiliki banyak sekali fitur. Fitur yang dimiliki oleh Tango akan membuat kalian bisa mendapatkan banyak sekali teman.

Tango

Berikut adalah fitur fitur yang dimiliki aplikasi Tanggo

  1. Fitur mencari teman melalui Chat Room yang sudah disediakan oleh Tango.
  2. Dengan fitur Nearby kalian bisa langsung mencari teman yang ingin kalian ajak Chat. fitur ini memungkinkan kalian untuk mencari teman yang berada didekat kalian.
  3. Fitur mengirim pesan text, video, dan gambar seperti aplikasi Chatting lainnya.

8. VK

VK merupakan aplikasi yang jarang sekali diketahui oleh orang, namun bagi kalian yang ingin mencari teman teman diluar negeri kalian bisa menggunakan aplikasi ini.

VK
VK

Berikut adalah fitur fitur yang bisa kalian dapatkan jika menggunakan aplikasi Chatting ini.

  1. Mengirim Foto dan pesan suara
  2. Kalian bisa melakukan panggilan video atau Video Call jika kalian ingi tatap muka.
  3. Kalian bisa mencari teman melalui Chat Room yang sudah disediakan oleh aplikasi ini.

9. Nearby

Seperti namanya, Nearby merupakan aplikasi chatting yang memudahkan kalian untuk mencari teman teman yang ada di dekat kalian secara otomatis. Dengan Nearby kalian bisa bertemu dengan teman teman baru sekaligus melihat siapa saja orang yang ada disekitar kalian.

Nearby
Nearby

Berikut adalah fitur fitur yang bisa kaluan dapatkan jika menggunakan aplikasi Nearby

  1. Mengirim pesan suara, pesan gambar, dan video
  2. Mencari teman dengan fitur nearby atau otomatis mencari pengguna terdekat untuk diajak Chating.
  3. Mencari teman dengan menggunakan Chatroom yang sudah disediakan oleh Nearby.

10. Badoo

Bado merupakan aplikasi Chatting yang juga dijadikan aplikasi Dating. Bagi kalian yang suka berkenalan dengan orang orang baru, maka kalian harus mencoba aplikasi ini.

Badoo

Kalian juga bisa berinteraksi dengan orang luar negeri atau bule. Berikut adalah fitur fitur yang bisa kalian dapatkan di aplikasi Badoo

  1. Fitur mencari orang disekitar untuk diajak Chatting.
  2. Keunggulan yang sangat terasa dari Badoo sendiri adalah kemudahan dalam melakukan chatting, aplikasi Badoo tidak berat dan tidak Lemot.

11. OK

Sama seperti aplikasi chatting lainnya, OK merupakan aplikasi chatting yang memungkinkan kalian untuk berinteraksi dengan orang orang baru. Kalian bisa mencari orang disekitar kalian dengan menggunakan aplikasi ini.

OK

Berikut adalah fitur fitur yang sudah disediakan oleh OK

  1. Kalian bisa melakukan video call jika kalian ingin bertatap muka dengan user lain.
  2. Terdapat fitur musik bagi kalian yang ingin mendengar musik sambil Chatting.
  3. Aplikasi ini sangat disarankan jika kalian ingin update tentang musik.
  4. Kalian juga bisa mengirim pesan text, video, dan pesan suara separti halnya aplikasi chatting lain.

12.AMINO

Salah satu alasan mencari teman melakui aplikasi Chatting adalah untuk mendapatkan teman dengan hobi dan passion yang sama.

Sesuai namanya, Amino merupakan aplikasi chatting yang memungkinkan kalian untuk dapat berinteraksi dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama. Misalnya kalian suka programming, maka kalian bisa melakukan chat dan group chat dengan teman teman programmer lainnya.

Amino
Amino

Berikut adalah fitur yang bisa kalian dapatkan melalui aplikasi perpesanan Amino.

  1. Mengirim pesan text, suara, dan video
  2. Terdapat banyak sekali forum chatting dengan berbagai kategori yang bisa kalian pilih sesuai dengan minat kalian.

13.Camfrog

Camfrog merupakan aplikasi yang awalnya sangat populer di PC. Bagi kalian yang suka berkeliaran di warnet beberapa tahun yang lalu, aplikasi ini menjadi salah satu tujuan orang datang ke warnet.

Camfrog
Camfrog

Saat ini Camfrog sudah hadir di smartphone kalian, dengan fitur yang sama persis dengan yang ada di PC. Tidak sedikit pula pengguna Camfrog PC beralih ke Camfrog Android karena di Android bisa dimainkan kapanpun dan dimanapun.

Berikut adalah fitur fitur yang bisa kalian gunakan di Camfrog

  1. Bebas melakukan chatting text, video, dan gambar
  2. Kalian dapat melakukan panggilan suara dan panggilan video
  3. Tersedia banyak sekali stiker menarik
  4. Terdapat beberapa event yang memungkinkan kalian untuk mendapatkan Hadiah.
  5. Jika kalian ingin menggunakan aplikasi lain, maka camfrog bisa berjalan dilatar belakang.
  6. Memungkinkan kalian untuk melakukan panggilan video group
  7. Kalian bisa mencari teman dengan fitur chat room.

10.Yogrt

Banyak dari kalian yang tidak mengenal aplikasi ini. nama Yogrt jarang sekali dikenal khususnya bagi kalian yang tinggal di Indonesia. Namun diluar negeri aplikasi ini sangat dikenal dan banyak sekali digunakan. oleh karena itu jika kalian ingin mencari teman bule kalian bisa menggunakan aplikasi ini

Yogrt
Yogrt

Berikut adalah fitur aplikasi Yogrt yang bisa menjadi pertimbangan kalian untuk menggunakan aplikasi ini

  1. Mendaftar dengan menggunakan akun Facebook sehingga pengguna tidak perlu mengisi data saat pendaftaran.
  2. Memudahkan kalian mencari teman dengan fitur game atau permainan yang bisa dimainkan bersama.
  3. Fitur mengirim pesan berupa text, gambar, dan video
  4. Fitur match yang membuat kalian bisa berteman hanya dengan teman yang cocok dengan kalian saja.

11. Chatouz

Bertukar pendapat juga pemikiran dengan orang yang memiliki hobi sama tentu akan sangat menyenangkan. Aplikasi chatting Chatouz bisa menjadi ilihan jika kaian ingin mencari teman dengan hobi yang sama.

Chatouz

Berikut ini adalah fitur fitur yang bisa kalian dapatkan di aplikasi Chatouz.

  1. Mengirim pesan text, gambar dan video.
  2. Memilih teman yang akan diajak chatting sesuai dengan kategori yang dipilih misalnya jenis kelamin, hobi, atau umur.
  3. Tidak bisa mengganti foto profil dengan foto sendiri, namun kalian bisa mengganti poto profil dengan icon menarik seperti ice cream.
    :

12.Azar

Azar adalah salah satu aplikasi yang bisa kalian jadikan pilihan untuk mencari teman bule. Kalian bisa menggunakan aplikasi azar. Aplikasi ini lebih menekankan ke obrolan chatting dan video call. Hebatnya lagi, kalian bisa melakukan video call dengan seluruh orang didunia.

Azar

Berikut adalah fitur-fitur yang tersedia di aplikasi Azhar

  1. Mengirimkan pesan berupa text, video, dan gambar
  2. Melakukan panggilan video atau video call
  3. Fitur chat room yang memungkinkan kalian untuk berkenalan dengan orang orang baru
  4. Ngobrol dengan pengguna lain dengan fitur Random Video Chat

13.Yippi

Jika kalian ingin chatting namun tetap menjaga rahasia, Yippi merupakan aplikasi chatting yang tepat. Kalian bisa menyamarkan nama kalian dengan aplikasi ini.

Yippi

Berikut fitur-fitur yang bisa kalian dapatkan dari Yippi

  1. Mengirim pesan berupa pesan text, gambar, video, dan pesan suara
  2. Jika kalian memiliki partner kerja atau teman dari luar negeri kalian bisa menggunakan fitur translate yang sudah diberikan oleh Yippi sehingga kalian bisa chat dengan siapapun meskipun orang tersebut tidak bisa bahasa indonesia.
  3. Multifungsi, artinya kalian bisa melakukan Chat seperti Whatsapp, Upload atau unggah foto seperti Instagram, dan bahkan kalian juga bisa unggah video seperti Youtube
  4. Panggilan suara dan video yang sangat jernih
  5. Fitur papan tulis, sehingga kalian tidak perlu lagi mengetik pesan, kalian bisa menggambar seperti dipapan tulis. Sangat berguna bagi kalian yang sedang malas mengetik pesan
  6. Fitur kamera cantik seperti Instagram
  7. Chatting sebagai anonym sehingga nama kalian bisa dirahasiakan

Kesimpulan

Aplikasi chatting yang begitu banyak membuat seseorang bebas untuk menggunakan aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan serta keadaan lingkungannya, apakah banyak yang menggunakan atau tidak.

Setiap negara memiliki sebuah aplikasi yang dominan digunakan, misalnya Di Indonesia sendiri, aplikasi chatting yang paling banyak digunakan adalah Whatsapp. Mayoritas pengguna smartphone menggunakan aplikasi ini untuk berkirim pesan, menelepon, ataupun berbagi file. Namun di China sendiri karena aplikasi whatsapp diblokir maka mereka menggunakan Wechat untuk berkomunikasi. Di Korea sendiri kakaotalk lebih banyak digunakan dibanding whatsapp dan line.

Jadi, jika kalian penasaran dan ingin mencoba aplikasi – aplikasi chatting yang lain, cobalah untuk menginstalnya. Jangan lupa untuk mengajak salah seorang rekanmu untuk menginstal dan menggunakannya juga.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan