11 aplikasi chatting terbaik dan terpopuler

Aplikasi chatting adalah aplikasi yang paling sering digunakan oleh para pengguna gadget.

Perlunya komunikasi dengan orang terdekat maupun rekan bisnis membuat berbagai perusahaan berlomba – lomba membuat aplikasi chatting terbaik, gratis, dan tentunya memudahkan para pengguna.

Berbagai aplikasi chatting yang muncul dari berbagai negara membuat para pengguna bingung untuk memilih aplikasi mana yang paling pas dan tentunya paling banyak digunakan.

Berbicara tentang aplikasi chatting yang paling banyak digunakan, tahukah kamu aplikasi chatting apa saja yang terbaik dan paling banyak digunakan di dunia ini di berbagai negara?

Untuk mengetahui jawaban tersebut, coba simak pembahasan tentang aplikasi chatting terbaik dan terpopuler di dunia berikut ini.

Aplikasi chatting terbaik dan terpopuler

1.Whatsapp Messenger

Aplikasi yang di rilis pada tahun 2009 ini adalah aplikasi nomor 1 yang paling populer di dunia. Sebagian besar negara – negara di dunia menggunakan aplikasi chatting ini sebagai alat komunikasi.

Jumlah pengguna aktif Whatsapp Messenger telah mencapai lebih dari 1.5 milyar pengguna. Hal ini menunjukkan betapa aplikasi ini digemari oleh sebagian besar masyarakat di dunia.

Kemudahan dalam penggunaan, desain aplikasi yang simpel, dan dibekali fitur yang memadai, membuat aplikasi ini terus mengalami pertumbuhan.

Whatsapp Messenger memiliki berbagai fitur penting yang sangat mendukung komunikasi sehari – hari para penggunanya. Fitur – fitur tersebut antara lain:

  1. Kemudahan membuat grup chat serta membagikan pesan, dokumen, foto, video, dan menampung hingga 256 orang dalam satu grup chat.
  2. Kemampuan untuk melakukan panggilan suara dan panggilan video secara gratis, karena hanya menggunakan biaya data dan membutuhkan koneksi internet memadai.
  3. Keamanan dijamin oleh enkripsi end-to-end yang ada didalam pesan serta panggilan.
  4. Dapat membagikan momen seperti foto maupun video layaknya instagram stories.
  5. Kemampuan untuk dapat mengirimkan pesan suara kepada lawan chat maupun grup chat.
  6. Kemudahan dalam membagikan file seperti PDF, dokumen, slideshow, spreadsheet, dan lain – lain dengan batas maksimal ukuran file sebesar 100 MB.

2. Facebook Messenger

logo aplikasi Messenger
logo aplikasi Messenger

Messenger adalah aplikasi chatting besutan Facebook yang dirilis secara mandiri untuk iOS dan Android pada tahun 2011.

Jumlah pengguna aktif messenger berada tepat dibawah Whatsapp Messenger, yakni berjumlah 1.3 milyar pengguna aktif.

Meski Messenger telah dirilis secara mandiri dari Facebook, namun Messenger tetap berhasil mengudara dengan menggabungkan antara komunikasi, game, dan e-commerce didalam satu aplikasi. Inilah yang menjadi perhatian utama dari para pengguna Messenger.

Selain itu, sebagai aplikasi chatting yang selayaknya, Messenger menyematkan berbagai fitur yang tidak kalah dengan Whatsapp Messenger. Oleh karena itu, kini Messenger telah menjadi saingan berat untuk Whatsapp Messenger.

Untuk mengetahui fitur – fitur yang dimilki oleh Messenger, berikut ini diantara fitur – fiturnya:

  1. Mendaftar tanpa akun Facebook. Kamu bisa mendaftar Messenger tanpa menggunakan akun facebook, melainkan dengan menggunakan nama dan nomor telepon.
  2. Dapat digunakan untuk mengirim Direct Message antar pengguna dengan nomor telepon tanpa harus berteman terlebih dahulu.
  3. Memungkinkan untuk melakukan grup panggilan suara dan grup panggilan video dengan jumlah maksimal grup sebanyak 50 orang.
  4. Kemampuan untuk dapat login ke lebih dari satu akun secara bersamaan dalam satu aplikasi Messenger.
  5. Adanya fitur untuk melakukan percakapan rahasia.
  6. Dapat membagikan peta lokasi secara live kepada teman mu di Messenger.

3.WeChat

logo aplikasi WeChat
logo aplikasi WeChat

WeChat adalah aplikasi perpesanan yang dikembangkan oleh Tencent dari tiongkok.

Aplikasi yang memiliki jumlah pengguna lebih dari 200 juta ini juga memiliki fitur yang dapat membantu kamu untuk berkirim berbagai berkas serta melakukan panggilan.

Tak mau kalah dengan Line, WeChat juga memiliki berbagai emotikon yang lengkap, sehingga dapat dugunakan untuk mewakili perasaan pengguna saat berkirim pesan.

WeChat juga memiliki keunggulan dalam hal panggilan video maupun audio. Kamu dapat beralih ke mode video atau audio saat panggilan sedang berlangsung. Ini memudahkan kamu jika mendadak ingin mengubah mode panggilan.

Dibawah ini adalah fitur – fitur yang disematkan dalam aplikasi ini antara lain:

  1. Kemampuan untuk mengalihkan mode panggilan dari panggilan video ke panggilan audio dan sebaliknya selama panggilan sedang berlangsung.
  2. Adanya fitur “Momen” yang memungkinkan untuk membagikan foto atau kata – kata di timeline.
  3. Dilengkapi emotikon yang lengkap dan beragam, mulai dari emotikon yang sederhana hingga emotikon yang dapat bergerak.
  4. Dapat membuat ataupun bergabung kedalam grup dengan jumlah maksimal 40 anggota setiap grup.
  5. Dapat mencari teman dengan beberapa cara seperti shaking phone, lempar, sekeliling, dan lempar botol.
  6. Adanya fitur “Facebook connect” yang memungkinkan kamu untuk login ke weChat dengan menggunakan Facebook.

4.Telegram

logo aplikasi Telegram
logo aplikasi Telegram

Telegram adalah salah satu aplikasi chatting yang cukup populer.

Aplikasi yang terkenal karena kecepatan dan keamanannya ini dirilis pada tahun 2013. Hingga saat ini, pengguna aktif Telegram telah mencapai lebih dari 200 juta orang.

Aplikasi gratis ini dapat digunakan di banyak device dalam waktu yang bersamaan. Hal ini akan memudahkan kamu jika ingin membuka Telegram di gadget dan di PC secara bersamaan.

Aplikasi ini layaknya aplikasi perpesanan pada umumnya. Aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk berkirim pesan teks, foto, video, dan dokumen dari berbagai format seperti DOC, ZIP, MP3, PDF, dll.

Lanjut, aku akan berbicara mengenai fitur. Telegram memiliki lebih banyak fitur yang terbilang unik dan canggih. Beberapa fitur bahkan tidak dimiliki di aplikasi perpesanan lain, sehingga ini menjadi keunggulan dari aplikasi Telegram.

Berbagai fitur yang dimiliki Telegram diantaranya:

  1. Kemampuan mengirim file berukuran besar hingga sebesar 1.5 GB.
  2. Dapat menampung anggota grup dan channel hingga puluhan ribu orang
  3. Memungkinkan untuk mengirim pesan dengan cara rahasia (secret chat) dan kemampuan self destruct (menghancurkan diri) pada pesan tertentu yang disetting penggunanya.
  4. Fitur “Hide last seen” yang memungkinkan kamu untuk menyembunyikan terakhir dilihat yang di setting secara manual oleh penggunanya.
  5. Adanya fitur “Telegram bot” , yaitu bot yang dapat digunakan untuk kebutuhan otomatisasi segalan kegiatan di Telegram.
  6. Memiliki teknologi sistem keamanan tingkat tinggi yang bernama MTProto yang dibuat oleh salah satu pendiri Telegram yang di klaim tidak ada seorangpun yang mampu membobol teknologi mereka.

5.Line

logo aplikasi Line
logo aplikasi Line

Aplikasi chatting yang populer berkat fitur stikernya yang menarik mampu menggaet pengguna hingga lebih dari 200 juta orang.

Aplikasi yang mendukung platform iOS, Android, Windows Phone, Blackberry, Computer MacOS X, dan Microsoft Windows ini di dirikan oleh Line Corporation pada tahun 2011.

Line adalah aplikasi perpesanan yang menggunakan nomor telepon sebagai ID dan menggunakan ID pengguna untuk dapat mengundang seseorang.

Line memiliki berbagai macam sub aplikasi yang dapat digunakan sesuai peruntukannya. Tak hanya itu, Line juga memiliki berbagai fitur yang lengkap dan menarik sehingga banyak anak muda yang sangat menggandrungi aplikasi ini.

Fitur – fitur yang dimiliki Line diantaranya yaitu:

  1. Dapat mencari teman dengan berbagai cara seperti dengan menggunakan QR Qodes, ID pengguna, Shaking phone, maupun melalui undangan.
  2. Memiliki varian dan jenis stiker, emoji, maupun emoticon yang lengkap dan unik.
  3. Kemampuan dalam membuat ataupun bergabung dengan grup chat hingga mencapai 500 anggota dalam satu grup.
  4. Mampu mengirimkan pesan teks, foto, video, musik, lokasi, pesan suara, dan lainnya dengan cepat dan tampilan antar muka yang menarik dan elegan.
  5. Adanya fitur “Timeline” yang dapat membuat ataupun melihat postingan pengguna, baik berupa foto, teks, video, maupun stiker.
  6. Didukung fitur penggantian tema yang bisa didapatkan melalui Theme Shop yang memiliki beragam tema unik dan menarik

6.Viber

logo aplikasi Viber
logo aplikasi Viber

Viber adalah salah satu layanan perpesanan gratis yang dirilis tahun 2010.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Viber Media, Inc. itu dapat digunakan untuk berkirim pesan, menelepon seseorang, ataupun berkirim foto maupun video kepada sesama pengguna.

Aplikasi yang digunakan oleh lebih dari 200 juta orang itu di klaim mampu melakukan panggilan dengan kualitas bagus.

Selain itu, antar muka aplikasi ini sangat mudah digunakan sehingga para pengguna dengan mudahnya dapat melakukan aktivitas di aplikasi ini.

Sejumlah fitur yang di hadirkan juga mampu menarik perhatian, sehingga pengguna viber menjadi lebih banyak setiap tahunnya. Fitur – fitur tersebut antara lain:

  1. Dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara maupun panggilan video secara gratis dengan kualitas bagus.
  2. Memungkinkan untuk membuat sebuah grup chat dengan jumlah anggota unlimited.
  3. Mampu mengirimkan pesan suara dan video lebih cepat.
  4. Mendukung berbagai jenis stiker dan GIFs menarik.
  5. Adanya fitur “Chat Extentions” yang memungkinkan kamu untuk mencari, menemukan, dan berbagi musik, GIFs, foto, video, event, hotel, restaurant, dan lainnya tanpa meninggalan ruang chat.
  6. Keamanan telah terjamin oleh sistem yang mereka miliki yang akan memproteksi aktivitas kamu mulai dari device yang kamu gunakan hingga sampai penerima.

7.Signal

logo aplikasi Signal
logo aplikasi Signal

Signal adalah aplikasi perpesanan yang dirilis tahun 2014. Aplikasi perpesanan yang di klaim sangat aman ini mendukung beberapa platform antara lain, iOS, Android, dan untuk versi desktop; Linux, Windows, dan MacOS.

Signal adalah salah satu aplikasi yang keamanannya mumpuni. Semua sambungan telah otomatis terenkripsi sehingga dengan leluasa dapat beraktivitas dengan aplikasi ini.

Signal dirancang sebagai aplikasi yang mudah, simpel dan ringan. Untuk itu kamu jangan mengharapkan adanya fitur stiker yang keren dan game populer apapun.

Fitur yang ditambahkan dalam aplikasi ini juga cukup lengkap. Berikut ini fitur – fitur yang ada di dalam aplikasi Signal:

  1. Dapat melakukan panggilan suara dan video ke sesama pengguna Signal.
  2. Kemudahan dalam mengirim pesan teks, file, gambar, pesan suara, GIFs, pesan video, dan lainnya.
  3. Mendukung untuk membuat ataupun bergabung ke suatu grup chat.
  4. Signal dapat dijadikan sebagai aplikasi SMS / MMS default yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan SMS.
  5. Adanya fitur timer pada pesan yang memungkinan pesan untuk menghapus diri sendiri, baik dari sisi pengirim maupun penerima dalam waktu yang ditentukan.
  6. Dapat melakukan backup / restore ke atau dari kartu memori.

8.Imo

logo aplikasi IMO
logo aplikasi IMO

IMO adalah aplikasi pesan instan yang dikembangkan oleh IMO.im yang memungkinkan kamu untuk berkirim pesan singkat, melakukan panggilan suara maupun panggilan video secara gratis dan mudah.

Aplikasi IMO sangat ringan dan sama sekali tidak memakan memori yang cukup besar bagi pengguna ponsel low-end dan memiliki kapasitas memori yang minim.

Antarmuka yang ringan dan simpel membuat apapun bisa dikerjakan dengan mudah dan cepat.

Mengenai masalah fitur, aplikasi ini tidak terlalu memiliki banyak fitur yang hebat seperti aplikasi messenger pada umumnya. Aplikasi ini memang benar – benar dirancang untuk kemudahan, bahkan pengaturan konfigurasi pun sangat minim.

Berikut ini beberap fitur yang bisa kamu dapatkan dengan aplikasi IMO Messsenger ini:

  1. Dapat melakukan panggilan suara dan panggilan video dengan kualitas tinggi dan gratis
  2. Dapat mengirimkan pesan teks secara gratis dan tanpa batas melalui koneksi internet
  3. Memungkinkan untuk berbagi foto dan video
  4. Memungkinkan untuk membuat percakapan grup
  5. Adanya fitur stiker yang cukup lengkap

9.Skype

logo aplikasi Skype
logo aplikasi Skype

Skype adalah aplikasi chatting milik Microsoft yang dapat digunakan untuk berkirim pesan instan, panggilan suara, dan panggilan video yang dapat digunakan secara gratis.

Aplikasi Skype ini didirikan pada tahun 2003 dan menjadi salah satu aplikasi chatting yang populer dengan jumlah pengguna hingga ratusan juta orang di seluruh dunia.

Meskipun gratis, jika kamu ingin menikmati fitur yang lebih untuk meningkatkan produktvitas, kamu bisa membayar ataupun berlangganan untuk dapat menghubungi seseorang melalui telepon atau mengirim pesan SMS kepada mereka.

Mengenai fitur- fitur yang ada di Skype, berikut ini beberapa fitur yang bisa kamu gunakan:

  1. Dapat mengirimkan pesan SMS dengan Skype.
  2. Dapat melakukan panggilan ke seseorang yang tidak menggunakan Skype dengan biaya murah.
  3. Memungkinkan untuk mengedit pesan yang sudah terlanjur terkirim.
  4. Dapat melakukan panggilan video maupun panggilan suara.
  5. Memiliki kemampuan untuk melakukan panggilan suara grup atau panggilan video grup.
  6. Dapat mengirimkan berbagai berkas dan kontak.

10.KakaoTalk

logo aplikasi KakaoTalk
logo aplikasi KakaoTalk

KakaoTalk adalah aplikasi perpesanan yang dirilis oleh Kakao Inc. Pada tahun 2010. kakaoTalk hanya dirilis untuk platform iOS, Android, dan Blackberry.

Aplikasi ini menggunakan nomor telepon dan ID untuk menambahkan teman di kontak dan sekaligus menjadi PIN. KakaoTalk hanya dapat digunakan untuk sesama pengguna KakaoTalk saja. Sehingga bagi kamu yang ingin mencobanya, silahkan mengajak rekan mu untuk menginstal aplikasi kakaoTalk juga.

Jika berbicara mengenai fitur, KakaoTalk memiliki fitur yang cukup mumpuni untuk sebuah aplikasi pesan singkat pada umumnya. Fitur – fitur tersebut diantaranya:

  1. Memungkinkan untuk membuat grup chat dan melakukan chatting dalam grup dengan seseorang yang tidak harus ada di daftar kontakmu. Untuk kapasitas anggota grup, KakaoTalk tidak membatasi dengan jumlah tertentu alias unlimited.
  2. Adanya fitur “Plus Friends”, yaitu fitur yang memungkinkan kamu untuk berteman dan mendapatkan kabar serta konten terbaru dengan orang –orang yang terkenal, baik itu artis maupun media tertentu yang menjadi favorit.
  3. Kemampuan untuk melakukan file sharing, seperti mengirim dan menerima gambar, pesan suara, video, maupun kontak.
  4. Adanya fitur “Passcode Lock” yang akan menjamin privasimu tetap terjaga.
  5. Kemampuan untuk dapat mengubah tampilan sesuai dengan keinginan pengguna.
  6. Adanya fasilitas backup data yang akan dikirimkan melalui e-mail bila pengguna menginginkannya.

11.BBM

logo aplikasi BBM
logo aplikasi BBM

Aplikasi yang dulunya digunakan hanya untuk pengguna platform Blackberry saja, kini sudah mendukung berbagai macam platform termasuk Android dan iOS.

Meskipun aplikasi BBM sudah tidak se-populer dahulu, namun sekitar 100 jutaan orang masih bertahan dengan aplikasi ini. Bahkan masih ada saja yang mendaftar.

Aplikasi yang dirilis tahun 2013 ini dapat di gunakan untuk berkirim pesan, foto, video, kontak, dan lainnya dengan cepat dan mudah.

Kemampuan untuk dapat membagikan dan memantau status pengguna lain menjadi salah satu andalan aplikasi ini.

Untuk mengetahui fitur – fiturnya lebih lanjut, dibawah ini beberapa fitur yang ada di BBM:

  1. Mampu mengirimkan berkas teks, suara, foto, video, kontak dan lainnya secara cepat dan mudah dengan koneksi internet yang memadai.
  2. Memungkinkan untuk membuat grup percakapan dengan jumlah maksimal 30 anggota setiap grup.
  3. Memungkinkan untuk membuat kontak cadangan yang dapat disimpan di dalam memori untuk berjaga – jaga.
  4. Dapat membuat dan memantau perubahan status yang di unggah setiap orang yang masuk dalam daftar kontak.
  5. Kemampuan untuk dapat membagikan lokasi ke pengguna lain.
  6. Dapat melakukan transfer berkas dengan ukuran berkas maksimal sebesar 6 MB.

Kesimpulan

Aplikasi chatting yang begitu banyak membuat seseorang bebas untuk menggunakan aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan serta keadaan lingkungannya, apakah banyak yang menggunakan atau tidak.

Di Indonesia sendiri, aplikasi chatting yang paling banyak digunakan adalah Whatsapp. Mayoritas pengguna smartphone menggunakan aplikasi ini untuk berkirim pesan, menelepon, ataupun berbagi file.

Namun begitu, pengguna aplikasi lain seperti telegram, Line, WeChat, dan lainnya juga tidak bisa dikatakan sedikit.

Jadi, jika kamu penasaran dan ingin mencoba aplikasi – aplikasi chatting yang lain, cobalah untuk menginstalnya. Jangan lupa untuk mengajak salah seorang rekanmu untuk menginstal dan menggunakannnya juga.

Share woy :D

Tinggalkan Balasan