7 hal tentang Whatsapp di Android yang tidak kamu tahu

Bagi kamu penikmat android yang menyukai kesederhanaan, menggunakan Whatsapp pasti menjadi salah satu pilihan hidup yang tidak akan kamu sesali.

Meskipun simple, aplikasi messenger yang nggak banyak fitur neko-neko ini juga tetap memperhatikan layanan ke pengguna setianya dengan selalu menambahkan beberapa keunggulan tersendiri.

Sebagian besar pengguna aplikasi apapun hanya menggunakan kurang dari 40% dari kemampuan maksimal aplikasi tersebut.

Sebagai informasi awal, trik yang dibahas disini merupakan trik yang memang legal disediakan oleh developer dan tanpa perlu install aplikasi tambahan.

Yuk, simak beberapa trik yang bisa kamu lakukan dengan aplikasimu ini.

1. Mengirim file besar dengan format apapun.

Selain bisa berbagi pesan, audio, lokasi dan gambar (dari gallery maupun langsung dari jepretan kamera), mulai dari pertengahan tahun kemarin (juli 2017) Whatsapp menambah fitur baru yang memungkinkan pengguna mengirim document dalam format apapun. Iya, benar sekali dalam format apapun, Words/Excels, .mp3, .mp4, PDF, Corel dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, batas ukuran file yang bisa dikirimkan juga cukup besar yaitu 100MB.

Caranya sama saja seperti mengirimkan gambar dari gallery handphone yaitu attach file dengan memilih ikon ‘clip’-> Document -> pilih dokumen yang mau dikirim. Untuk file yang belum ada di folder ‘Document’ lebih baik dipindahkan terlebih dahulu karena tidak akan terdeteksi. Atau bisa langsung dari lokasi file dan gunakan menu ‘share via’-> icon Whatsapp -> pilih contact yang mau jadi penerima.

Oleh whatsapp file dengan format yang tidak lazim akan akan dikonversi dan dikirimkan dalam format ZIP. Dokumen yang diterima, setelah didownload akan langsung masuk ke folder Whatsapp dokumen (storage / whatsapp / media / whatsappdocuments )

2. Mengubah font (font styling)

Banyak yang mengira bahwa yang dimaksud dengan mengubah font Whatsapp disini adalah dengan mengganti pengaturan font Hp secara keseluruhan, tapi bukan lho ya. Mengubah font chat di Whatsapp hanya menjadikan pesan yang kita tulis berubah menjadi typewriter font, huruf tebal, huruf miring atau bergaris tengah. Caranya mudah, tinggal menambakan simbol didepan dan dibelakang pesan yang akan kamu kirimkan. Simbol-simbol yang digunakan bisa dilihat dari gambar dibawah ini:

3. Mengirim pesan ke no sendiri

Untuk trik yang satu ini, jangan berpikiran yang aneh-aneh dulu ya.

Pasti banyak yang bertanya ‘emang perlu ya?’ atau ‘kasihan amat sampe harus ngechat diri sendiri’.

Eh, trik ini cukup berguna juga lho. Beberapa diantaranya yaitu kamu bisa melihat gambar DP (Display Profile) kamu sendiri dari hape kamu, terus bisa menyimpan tulisan (memo, pesan, daftar belanja, daftar utang, dll ), foto, video, dokumen apapun di chat room kamu untuk di lihat lain waktu, dan yang pasti kamu juga bisa membagi file dari perangkat yang berbeda yaitu dari Whatsapp desktop ke Whatsapp kamu yang handphone maupun sebaliknya. Cukup bermanfaat kan?

Begini nih caranya :

  • Simpan no.mu sendiri di phonebook handphone. Untuk lebih mudah disinkronisasi sama Whatsapp jangan lupa mengganti ‘0’ menjadi kode negara Indonesia tercinta yaitu ‘+62xxx’.
  • Tunggu beberapa lama sampai handphone kamu mendeteksi bahwa no.tersebut mempunyai akun Whatsapp yang aktif.
  • Periksa nomor yang baru kamu simpan tadi di daftar contact di phonebook. Jika belum tersinkronisasi coba matikan sementara paket datamu kemudian dinyalakan kembali.
  • Jika sudah tersinkronisasi maka akan keluar ikon Whatsapp pada kontakmu. Pilih ikon tersebut dan kamu akan masuk ke halaman chat, gunakan cara ini untuk mengirimkan pesan pertama kali. Apabila kirim chat pertama langsung dari Whatsapp tidak bisa karena kamu tidak akan menemukan nomormu jika mencarinya langsung di daftar kontak di Whatsapp contacts.
  • Lalu buka chat dari Whatsapp dan dari sini kamu sudah siap untuk berdialog dengan dirimu sendiri. Oiya, jangan heran ya kalo di halaman ini chat cuma sisi kanan yang terisi ya.

4. Melihat informasi pesanmu

Sebelum berantem sama gebetan gara-gara “last seen”, mending cari tahu dulu informasi tentang fitur ini dan bagaimana kamu bisa menggunakannya dengan bijak. Yang dimaksud disini adalah informasi pesan yang kamu kirimkan, waktu diterimanya pesan (Delivered) dan waktu dibacanya pesan (Read) oleh penerima. Jika selama ini kamu hanya melihat dari warna checklist, kini kamu juga bisa langsung mengetahui waktu pasti diterima dan dibacanya pesan yang kamu kirimkan.

Caranya yaitu : Pertama, buka halaman chat, lalu tap dan tahan pesan yang kamu ingin lihat infonya sampai keluar menu tambahan yang berderet dibagian atas. Pilih huruf ‘ i ‘ yang dilingkari dan kamu akan melihat waktu pasti diterima dan dibacanya pesan yang kamu kirimkan.

Fitur ini lebih berguna lagi jika kamu mengirim pesan penting ke group chat, kamu bisa melihat siapa saja yang sudah membaca pesanmu dan siapa yang belum.

Jadi, tidak perlu melihat status last seen satu-satu anggota group chat. Satu yang perlu diingat, kamu harus men-checklist settingan ‘Read receipt’ terlebih dahulu. Pengaturan ini ada di : Menu -> Setting -> Account -> Privacy -> Read receipt.

5. Membaca pesan secara rahasia.

Pernah nggak harus membuka Whatsapp untuk membaca chat dari temen tapi takut ketahuan kalau kamu online dan nggak baca chat seseorang yang sedang kamu hindari. Bukan kamu aja lho, banyak yang merasakan phobia ini. Nah, kondisi kamu ini bisa mengatasinya dengan cara berikut.

Pertama, matikan paket datamu atau aktifkan airplane mode pada settingan Hp. Setelah itu buka semua pesan yang ingin kamu baca. Jika sudah selesai, keluar dari whatsapp dan nyalakan kembali paket datamu (atau matikan airplane mode). Secara otomatis Whatsapp akan mensikronisasi aktivitasmu sebagai sudah membaca pesan orang tertentu namun masih bersifat non-online di status last seen yang dilihat oleh orang lain.

6. Membaca banyak pesan sekaligus.

Apakah kamu termasuk orang yang punya banyak group chat nggak jelas tapi merasa nggak enak untuk ‘left chat’ ? Ditambah lagi sebenarnya di dalam hati kamu nggak suka dan nggak pengen membaca isi percakapan karena hanya didominasi oleh orang-orang yang sama. Tenang, tim Whatsapp sudah memikirkan solusinya.

Tinggal pilih percakapan yang jadi targetmu, bisa lebih dari satu percakapan atau group chat sekaligus lho. Setelah itu pilih menu dan pilih ‘Mark as read’. Dengan begini kamu tidak perlu repot-repot membuka satu satu group chat dan juga tidak perlu membaca isi chat.

7. Menyimpan pesan penting.

Ada kalanya dalam salah satu percakapan baik dengan satu orang atau dalam satu group, ada teman yang mengirimkan quote, opini, alamat, daftar belanja atau yang lainnya. Dan kita ingin menyimpan pesan tersebut karena dianggap penting sehingga bisa dibuka sewaktu-waktu tanpa harus mencari dulu diantara timbunan pesan.
Selain dengan meng-copy-paste ke memo Hp, kamu juga bisa menandainya langsung di whatsapp yaitu dengan menggunakan sistem ‘bookmark’. Pada pesan yang ingin kamu simpan, tap dan tahan sampai muncul menu tambahan dibagian atas. Pilih ikon berbentuk ‘bintang’ dan pesan pentingmu sudah tersimpan secara otomatis. Jika ingin melihat kembali pesan-pesan yang sudah ditandai, kamu bisa langsung ke halaman depan whatsapp  menu  starred messages, dan kamu bisa melihatnya kapanpun.

Selamat Mencoba… 🙂

Share kalau merasa terbantu :)

april

april

I'm an ARMY, are you...?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *