Cara menghemat kuota data saat menggunakan whatsapp

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna smartphone sebagai sarana komunikasi. Lalu berapa data yang kamu habiskan selama pemakaian whatsapp? Apakah kamu berpikir bahwa penggunaan datamu semakin lama semakin boros?

pemakaian data whatsapp

Jika kamu merasa penggunaan datamu menjadi semakin membengkak, khususnya dalam menggunakan whatsapp, tidak ada salahnya kamu mencoba meminimalisasi penggunaan data whatsapp.

Mengingat whatsapp sebagai sarana komunikasi utama bagi banyak orang, kamu tentu gak bisa serta-merta menghemat penggunaan data hanya dengan tidak membuka aplikasinya saja. Lalu bagaimana ya caranya, supaya pemakaian data whatsapp tak terlalu boros? Simak pembahasan berikut ini.

Hemat kuota WA dengan mematikan fitur Auto-download

Perlu diketahui bahwa pengaturan default whatsapp adalah mengizinkan kita untuk mendownload secara otomatis konten yang dikirimkan kepada kita. Adapun konten yang dimaksud adalah foto dan video. Sehingga langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan cara menonaktifkan fitur ini. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan.

  1. Buka aplikasi whatsapp kamu. Silahkan tap icon titik tiga pada ujung kanan atas, seperti pada tampilan gambar berikut. Setelah itu, tap settings atau pengaturan (dalam bahasa indonesia).
  2. Pilih opsi pengaturan data and storage usage. Disini kamu dapat mengatur penggunaan data dan fitur auto-download.

    tap “data and storage usage”

  3. Setelah itu, tap when using mobile data. Pastikan bahwa tidak ada jenis file yang dicentang. Sehingga semua file yang dikirimkan ke kita tidak akan terunduh secara otomatis. Kamu bisa mengunduhnya hanya jika kamu ingin saja.
  4. Bisa kamu lihat pada gambar berikut, file yang dikirimkan kepada kita tidak akan terdownload secara otomatis.

    auto-download telah dimatikan

Hemat kuota WA dengan mengurangi penggunaan data panggilan

Jika kamu sering menggunakan fitur whatsapp call untuk berkomunikasi, bisa jadi pemakaian datamu cukup tinggi. Lalu bagaimana caranya supaya pemakaian data untuk panggilan whatsapp tak makin membengkak?

  1. Sama dengan langkah menonaktifkan fitur auto-download, buka aplikasi whatsapp – icon titik tiga – settings lalu silahkan buka pengaturan data and storage usage.
  2. Scroll kebawah maka kamu akan menemukan pengaturan panggilan atau call setting. Geser opsi low data usage menjadi hijau untuk dapat menghemat pengeluaran data untuk panggilan whatsapp.

    geser tanda pada “low data usage”

  3. Meskipun masih belum diketahui bagaimana cara kerjanya, namun langkah ini cukup efektif mengurangi pemakaian data untuk whatsapp call di aku.

[Admin note: Itu harusnya bekerja dengan pengurangan kualitas suara sih, pengurangan noise juga mungkin, yang paling simple sih kayaknya memang mengurangi kualitas ataupun volume suara. Tapi selama masih bisa nyaman dipakai teleponan, seharusnya wajib aktifin fitur ini]

Hemat kuota WA dengan melakukan pengaturan backup data

Backup data dapat digunakan, salah satunya saat kamu mengganti ponsel baru dan tak ingin riwayat pesanmu terhapus. Dengan melakukan backup dan restore data, kamu dapat login whatsapp di ponsel lain tanpa harus kehilangan datamu. Kamu dapat melakukan backup data whatsapp dengan cara berikut https://bukugue.com/cara-mencadangkan-file-langsung-di-whatsapp-messenger/

Meskipun demikian backup data juga dapat mempengaruhi peningkatan pemakaian data internetmu. Ini dikarenakan backup sebenarnya adalah merupakan proses upload data ke cloud. Namun jangan kuatir, kamu dapat mengubah pengaturan backup agar pemakaian datamu tak semakin melambung.

  1. Buka aplikasi whatsapp, silahkan tap icon titik tiga. Setelah itu tap settings atau pengaturan.
  2. Setelah itu, buka opsi pengaturan chats. Disini kamu bisa melakukan pengaturan backup, history (riwayat), dan wallpaper.

    tap opsi pengaturan “chats”

  3. Lalu pada tampilan gambar seperti berikut, tap chat backup.

    tap “chat backup”

  4. Disini akan terlihat kapan terakhir kali kamu melakukan backup data. Selain itu kamu juga dapat menekan tombol backup untuk dapat melakukan pencadangan. Kamu dapat mengubah pengaturan back up to google drive menjadi never atau only when I tap back up
  5. Lalu scroll kebawah, maka kamu akan menemukan opsi back up over. Tap opsi tersebut, dan beri tanda pada wi-fi. Ini dilakukan supaya kamu melakukan backup hanya pada saat terdapat jaringan wifi saja.
  6. Sekarang kamu dapat melakukan backup hanya disaat kamu ingin saja, sehingga kamu tak akan makin terbebani pemakaian data whatsapp.

Tergantung seberapa banyak chat dan foto serta video kamu. Sekali backup data bisa sampai ratusan MB. Dan kalau sempat pengaturan backupnya dilakukan weekly atau bahkan daily. Sebulan bisa menghabiskan beberapa giga hanya untuk proses backup data.

Kalau chat cuma satu atau dua biji mungkin hanya butuh beberapa MB untuk sekali backup. Tapi setidaknya kalau kamu ikutin setting diatas, kamu sudah hemat beberapa MB data tiap bulannya.

Kesimpulan

Kamu dapat melakukan ketiga cara tadi sesuai kebutuhanmu. Kamu dapat memilihnya salah satu, dua, atau mungkin ketiganya. Jika ditanya mana yang lebih efektif, rasanya ketiganya cukup efektif. Kalau dari pengalaman aku sendiri, aku pakai ketiganya sehingga pengeluaran data whatsapp-ku gak terlalu banyak.

Jangan lupa untuk cek rutin berapa penggunaan kuota whatsapp kamu selama ini, terutama bagi yang pakai data cellular, agar tau dimana mungkin yang perlu dikurangin agar bisa lebih hemat lagi.

Sekian itu tadi informasi mengenai bagaimana cara dan langkah menghemat penggunaan data pada aplikasi whatsapp. Semoga informasi kali ini bermanfaat, dan selamat mencoba.

Jangan lupa stay tuned terus di Bukugue dot com untuk informasi menarik lainnya, ya.

See you!

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan